Keamanan Host (host security

)
Password Untuk dapat mengakses sistem operasi Linux digunakan mekanisme password. Pada distribusidistribusi Linux yang lama, password tersebut disimpan dalam suatu file teks yang terletak di /etc/passwd. File ini harus dapat dibaca oleh setiap orang (world readable) agar dapat digunakan oleh program-program lain yang menggunakan mekanisme password tersebut.

Keamanan Jaringan (network security)
FTP FTP merupakan protokol yang mendefinisikan standar untuk mentransfer data melalui jaringan (RFC 765). Program-program ftp dapat dikategorikan menjadi dua yaitu ftp server dan ftp client. FTP mulanya ditujukan untuk memudahkan transfer data dari beragam komputer yang berjauhan letaknya. FTP memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut :

 

FTP menggunakan autentikasi berdasarkan mekanisme username/password standar. Akibatnya server tidak dapat memastikan bahwa pemakai adalah benar-benar seperti yang dikatakannya. Secara default password dikirim dalam bentuk plaintext, sehingga dengan menggunakan sniffer, attacker dapat mengambil password tersebut. Sesi FTP tidak dienkripsi sehingga tidak ada privacy.

Selain itu jika di server anda terdapat suatu direktori yang dapat digunakan oleh semua orang untuk memasukkan datanya maka ada kemungkinan server anda akan digunakan sebagai pirate softwares repository. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemungkinan holes pada FTP server anda adalah :
   

Menggunakan software ftp server yang relatif aman, contohnya proftpd (www.proftpd.org) dan FTP BSD (www.openbsd.org). Batasi orang-orang/host-host yang boleh mengaksesnya dengan cara memodifikasi filefile /etc/ftphosts dan /etc/ftpusers. Jika ada direktori yang diperuntukkan bagi upload file, batasi ruang yang disediakan . Pastikan permisi akses file untuk file-file berikut sudah benar. Jika belum set file-file berikut :
chmod chmod chmod chmod 555 555 111 555 [ftp-home] [ftp-home] [ftp-home] [ftp-home] ftp/ ftp/bin ftp/bin/ls ftp/etc

   

Ada dua hal yang harus dilakukan untuk mengatasinya yaitu :   melindungi server dari penetrasi sehingga attacker tidak dapat mengakses sistem anda. pesan akan diterima dan disimpan. Server SMTP memiliki cara kerja sebagai berikut :     menerima pesan masuk memeriksa alamat si penerima : apabila untuk alamat lokal. sendmail akan diinstal dan dijalankan sebagai salah satu service di host anda. jika menggunakan instalasi default. sehingga pemakai dapat menentukan alamat email yang mereka inginkan dan server SMTP akan memproses email dengan alamat palsu ini. Email Email merupakan salah satu fasilitas Internet yang paling banyak digunakan oleh orang. Protokol yang digunakan untuk transpor email adalah Simple Mail Transport Protocol (SMTP).2. chmod 444 [ftp-home] ftp/etc/passwd dan set seluruh ownership file-file di atas kepada root chown -R root [ftp-home] ftp/   Pastikan pada direktori /bin tidak terdapat shell script yang dapat menjalankan sesuatu yang tidak kita inginkan. pesan akan di-forward Server SMTP memiliki kelemahan utama yaitu mereka mempercayai setiap orang. melindungi service SMTP dari penyalahgunaan sehingga outsiders tidak dapat mengirimkan spam atau fake mail menggunakan server mail anda.com). Gunakan program pengganti seperti scp (client) dan sshd (server) yang terdapat pada OpenSSH (www. selain diperlukan SMTP server juga dibutuhkan Mail Transport Agent (MTA). Sendmail sering menjadi sasaran para attacker karena : . apabila untuk alamat remote.openssh. Salah satu MTA yang paling banyak digunakan adalah sendmail. Untuk mengirimkan email. transmisi data dilakukan dalam bentuk terenkripsi. Pada distribusi Red Hat 7. Dengan menggunakan kedua program ini.

x anda dapat mengkonfigurasi server anda untuk me-relay hanya dari host-host yang diijinkan. Selalu perbarui program sendmail anda. Jika site anda hanya memproses email dalam jumlah kecil. sehingga setiap orang dapat menggunakannya. mungkin sebaiknya anda menggunakan MTA lain. Attacker menggunakan kedua perintah ini untuk mengidentifikasi pemakai yang valid dan mengekspansi daftar distribusi. Sendmail dapat digunakan untuk menetapkan untuk menerima atau menolak email dari domain tertentu. tetapi apabila tetap ingin menggunakannya ada beberapa program pengganti yang relatif lebih aman : .postfix. yang berfungsi sebagai server. Hal ini sangat berguna untuk mengatasi spammer yang diketahui. Kedua perintah SMTP ini menyebabkan kebocoran informasi. Telnet Tujuan protokol telnet adalah menyediakan fasilitas komunikasi dua arah. yang berfungsi sebagai client.org). Oleh karena tidak didesain dengan mempertimbangkan keamanan maka banyak kelemahan yang mengemuka yaitu :    password yang digunakan untuk login ke remote machine tidak dienkripsi.    sendmail memiliki sejarah keamanan yang panjang. Jika anda kesulitan dengan semua hal tersebut. jika attacker dapat menemukan hole maka kemungkinan ia dapat memiliki akses root di host yang menjalankan sendmail. Pada sendmail versi 8. Tujuan utamanya adalah memungkinkan sebuah metode standar interfacing peralatan-peralatan terminal dan proses berorientasi terminal satu sama lainnya. postfix (www.qmail. Telnet terdiri dari dua buah program yaitu telnetd. Real time blacklist. Untuk melindungi sistem anda dari serangan attacker yang berusaha memanfaatkan kelemahan sendmail dapat dilakukan beberapa hal berikut :      Protecting against unauthorized relaying. Secara umum telnet adalah program yang memungkinkan seseorang untuk mengakses komputer dari remote machine. Pastikan anda memiliki program sendmail terbaru yang telah memperbaiki bugs yang telah diketahui. telah banyak ditemukan bugs pada program sendmail yang dapat berakibat fatal. sendmail biasanya dijalankan sebagai root. sendmail merupakan program yang kompleks dan sulit dikonfigurasi dan attacker berharap terjadi kesalahan konfigurasi. Menggunakan TCP Wrappers untuk memblok traffic. dan telnet. keamanan sendmail dapat diintegrasikan d engan TCP Wrappers untuk meningkatkan keamanan. berorientasi 8-bit.org). data yang berjalan di jaringan tidak dienkripsi tidak menerapkan session integrity checking Disarankan untuk mengganti telnet dengan program lain seperti secure shell (SSH).9. Disabling perintah EXPN dan VRFY. sendmail merupakan service yang tersedia secara publik. Gunakan MTA pengganti : qmail (www.

kemungkinan terdapatnya bugs yang mengganggu sistem akan semakin besar.dsi. Dapat diperoleh di http://www. perlu diamankan software web server. karena dengan semakin banyaknya software yang terinstal.edu/ftp/security/TAMU/ SRP (Stanford University).apache.sec. Dapat diperoleh di ftp://srp. .com) Netscape (www.stanford. Selain itu minimalkan service-service yang terinstalasi. Berikut ini adalah beberapa program web server yang banyak digunakan :    Apache (www. Selain itu. Yang akan dibicarakan di sini adalah Apache. maka terbuka peluang bagi attacker untuk menyerang web server anda. karena Apache merupakan software web server yang paling banyak digunakan saat ini. Jika suatu komputer hanya berfungsi sebagai web server maka beberapa service berikut dapat ditiadakan :          lpd (line printer daemon) r services (rshd. seluruh distribusi Linux telah menyertakan Apache sebagai software web servernya.    deslogin : memberikan pelayanan login jaringan dengan autentikasi yang aman. Data yang ditransmisikan dienkripsi dengan DES sehingga terlindungi dari electronic eavesdropping.tamu.unimi. Autentikasi yang digunakan berdasarkan RFC 1416. Dapat diperoleh di ftp://idea. Untuk mengurangi kemungkinan attacker menyerang data yang terdapat pada web server. namun dokumen publik. rlogin.it/pub/security/cert-it/ SRA Telnet. komputer yang berfungsi sebagai web server sebaiknya meminimalkan software-software yang terinstal.net.netscape. deslogin dapat diperoleh di ftp://ftp.edu/pub/srp/ Web Web Server Web server merupakan service yang harus dijalankan apabila kita ingin agar site yang telah dibangun dapat diakses dari Internet. maka sebaiknya data yang ditaruh pada web server tidaklah bersifat rahasia.net/pub/security/des/ STEL (Secure Telnet).com) Dengan memasang web server untuk dapat diakses oleh banyak orang. rwhod.uu.microsoft. dan rexec) ftp finger NFS (Network File System) SMB (Server Message Block) ypbind dan ypserv amd portmap Selanjutnya setelah mengamankan web server anda.org) IIS (www.

Karena program-program tersebut tidak bebas dari bugs software. Berikut ini adalah beberapa options yang dapat mempengaruhi keamanan web server :     ExecCGI : menspesifikasikan bahwa script CGI dapat dijalankan pada hierarki direktori ini. metode autentikasi.htaccess.htgroup.0 hingga 4. . lokasi file-file konfigurasi. Apache dapat pula dikonfigurasi dengan menambahkan proteksi password dan akses kendali pada tingkat direktori dengan htpasswd. Ia menyerupai file /etc/passwd. Includes : menspesifikasikan bahwa Apache akan memproses server side include. Merupakan file akses htpasswd.htpasswd. . Selain itu dengan semakin banyaknya site yang memanfaatkan teknologi dynamic web seperti Javascript. FollowSymlink : membolehkan user membuat symbolic link hanya dengan meng-click pada hyperlink mereka. Apache telah menyediakan mekanisme keamanan yang telah built-in. ActiveX akan semakin meningkatkan risiko keamanan. Merupakan file database password kelompok.Apache merupakan pengganti httpd dari National Center for Supercomputer Applications.74 untuk sistem operasi Windows. Ia menyimpan informasi keanggotaan kelompok dan dalam hal ini menyerupai file /etc/group. selain itu juga memungkinkan Java mengakses sembarang URL termasuk file lokal [ ]. yang memungkinkan Java membuka suatu server yang dapat diakses oleh sembarang client. diperlukan bila ingin mengimplementasikan kendali akses kelompok. Pada bulan Agustus 2000. 3 . Netscape Communicator versi 4. File ini merupakan database password dan menyimpan nama user dan passwordnya. UNIX dan Macintosh memiliki kelemahan pada distribusi Java yang disertakan. deny). Ia menyimpan aturan-aturan akses (allow. yaitu :    . Web Client Penggunaan browser seperti Netscape Communicator dan Internet Explore juga memiliki risiko keamanan. Sistem htpasswd memberikan kendali akses pada level pemakai dan kelompok melalui tiga buah file konfigurasi. termasuk :    Host-based network access control Kendali untuk mengkonfigurasi lokasi script CGI Kendali untuk mengkonfigurasi ulang setting anda. Index : memungkinkan ditampilkannya listing direktori ketika tidak ada halaman default yang ditemukan. dan sebagainya. .htgroup adalah optional.