MEMANDIKAN BAYI BY. SUPRIATNA 1.

Pengertian : Membersihkan tubuh bayi dengan cara di lap / mandi rendam pada bak mandi. 2. Tujuan : 1. Memberikan kenyamanan pada bayi 2. Menjaga kebersihan bayi 3. Sosialisasi orang tua, bayi dan keluarga 3. Persiapan alat : 1. Pakaian bersih 2. Celana bayi / popok 3. Gurita bayi 4. Lampin 5. Sabun khusus bayi / milk soap 6. Wash lap 3 buah 7. Handuk ukuran sedang 2 buah 8. Kapas mata lembab dalam kom tertutup 9. Shampo bayi 10. Cotton bats 11. Kelengkapan perawatan tali pusat 12. Bak mandi bayi yang berisi air hangat 13. Schoot 14. Baskom berisi air hangat 2 buah 15. Sisir lembut 4. Cara kerja : 1. Perawat cuci tangan 2. Siapkan keperluan mandi dan dekatkan peralatan mandi 3. Pastikan ruangan dalam keadaan hangat 4. Siapkan air hangat dalam bak mandi / dalam baskom sesuai keperluan 5. Bentangkan handuk diatas meja mandi 6. Bawa bayi dengan hati – hati kemeja mandi 7. Topang kepala bayi, basuh kepala bayi bila perlu dishampo , dibilas dan keringkan 8. Bersihkan mata dari kantus dalam kekantus luar secara bergantian dengan kapas lembab yang berbeda 9. Bersihkan telinga secara perlahan 10. Bersihkan wajah dengan menggunakan washlap lembab secara perlahan, jangan disabuni, lalu keringkan. 11. Bersihkan lipatan leher, sabuni dan keringkan. 12. Buka pakaian bayi 13. Sabuni badan, lengan dan kaki bilas dengan air bersih 14. Keringkan bayi menggunakan handuk yang lain 15. Jika tali pusat sudah pupus / lepas, setelah disabuni dimeja mandi, bayi dapat dimandikan dalam bak mandi yang berisi air hangat kuku : - Dengan cara pegang bayi, tempatkan jari – jari anda pada pangkal lengan dengan ibu jari pada bahu, tangan lain menopang bayi pada bokong dan kaki. - Cuci bagian depan dada bayi , mulai dari depan kebelakang antara kaki - Cuci belakang bayi dengan tangan lepas - Setelah itu bawa bayi kemeja madi lalu keringkan dengan handuk bersih 16. Cuci genitalia jika laki – laki tarik preputium kebelakang dan bila bayi perempuan bersihkan labia

Rapikan peralatan 28. Bayi boleh dimadikan dalam bak mandi setelah tali pusat pupus/ lepas /setelah 10 – 12 hari 10. Mandi pertama dilakukan setelah suhu bayi 36. Berikan minyak telon/ minyak kayu putih pada badan bayi untuk menghangatkan bayi 19. Gunakan sabun susu tanpa parfum. Amati kondisi bayi 6. jangan berusaha menggosok dengan keras karena dapat menyebabkan lecet pada kulit 5.Kasa steril 1 buah . 21. paha. Lakukan perawatan tali pusat. Jangan memandikan bayi sesaat setelah bayi disusukan karena dapat menyebabkan bayi muntah 4.mayora dan minora lalu keringkan. jika basah karena air mandi keringkan 18. Cegah bayi kedinginan dan pastikan ruangan dalam keadaan hangat 2. Cuci tangan 29. 17. Persiapan Alat . Ajari cara memandikan pada ibu bayi 7. Berikan bedak / talk pada wajah dan tubuh bayi jika diperlukan ( tetapi berhati – hati jangan sampai terhirup oleh bayi. aksila 20. Berikan lotion / baby oil pada lipatan leher. Mencegah terjadinya infeksi 2.5 C atau setelah 2 jam. Catat tindakan yang telah dilakukan 5. Sisir rambut bayi menggunakan sisir yang lembut 26. 1. Memandikan bayi dengan cepat dan hati – hati 3.  TUJUAN 1.Alkohol 70% dalam tempatnya . Hal – hal yang perlu diperhatikan . Kenakan pakaian yang kering dan bersih 24. Kenakan popok / celana dengan pas ( yakinkan bahwa ujung atas popok berada dibawah sisi tali pusat. 9. Bila bayi bab bersihkan dahulu bekas bab agar bayi dapat mandi dengan nyaman. 8. Bila ada kotoran kering pada kulit bayi. Kenakan gurita jika diperlukan dan pengikatan tidak boleh terlalu kencang 22. Letakkan bayi pada tempat tidur dengan hati – hati 27. jika tali pusat belum pupus ) 23. karena zat kimia dan parfum dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan menjadi sensitif. Mempercepat proses pengeringan tali pusat 3. MEMANDIKAN BAYI Perawatan Tali Pusat pada Bayi baru Lahir . Mempercepat terlepasnya tali pusat  PERSIAPAN a. Bungkuslah bayi dengan selimut yang hangat 25.Untuk Pembuatan Leaflet 19:25 Kebidanan No comments PENGERTIAN Memberikan perawatan tali pusat pada bayi baru lahir sampai tali pusat mongering dan lepas dengan spontan.

bila susah di buka. Kemudian oleskan betadine 10% seperti cara diatas (dari pangkal ke ujung tali pusat) 5. 6. 4. Daerah sekitar tali pusat harus selalu dalam keadaan kering dan bersih untuk mencegah terjadinya infeksi 3. Dilarang menggunakan plester untuk menguatkan ikatan karena bisa terjadi iritasi pada kulit bayi . Buka kasa pembungkus tali pusat. Tali pusat kemudian di bungkus dengan kasa steril (Bentuk segitiga) dan ikatkan dengan cara lipatkan. Cuci tangan kembali. Kemudian pakaian bayi dikenakan dan dirapikan 7. kasa pembungkus terlebih dahulu dibasahi dengan lidi waten alcohol 70% 3. 2. Bila tali pusat masih basah/lembab bersihkan tali pusat dengan lidi waten alcohol 70% dari pangkal menuju ujung tali pusar sampai bersih.  PELAKSANAAN 1.b. Perawatan tali pusat dilakukan secara rutuin setiap selesai mandi dan sewaktu-waktu bila diperlukan.  PERHATIAN 1. Persiapan klien Setelah dimandikan dan dikeringkan. Cuci tangan 2. bayi dibaringkan diatas meja khusus atau tempat tidur.