P. 1
Materi Mikroskop Fixed

Materi Mikroskop Fixed

|Views: 196|Likes:

More info:

Published by: KarunNia Galih Permadani on Jun 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/15/2014

pdf

text

original

MIKROSKOP

• • • • • Mikroskop adalah suatu alat optik yang berfungsi untuk melihat benda-benda kecil Mikroskop pertama kali ditemukan oleh Anthony Van Leeuwenhoek pada tahun (1632 Mikroskop memiliki dua lensa yaitu lensa obyektif dan lensa okuler. Mikroskop Yang memiliki sebuah lensa okuler disebut mikroskop monokuler Macam mikroskop berdasarkan sumber cahaya, dibagi menjadi2 yaitu: yang tidak dapat dilihat secara langsung dengan mata. – 1723).

sedangkan mikroskop yang memiliki dua lensa disebut mikroskop binokuler. a). Mikroskop cahaya menggunakan lensa dari kaca untuk memperbesar penampilan suatu benda. Sumber cahaya mikroskop ini dapat berasal dari cahaya matahari atau cahaya lampu. Mikroskop cahaya mampu memperbesar bayangan suatu benda sampai 1.000 kali ukuran benda aslinya. b). Mikroskop elektron mampu memperbesar bayangan suatu benda hingga ratusan ribu kali ukuran benda aslinya. Mikroskop elekron tidak menggunakan cahaya untuk mendapatkan bayangan benda, tetapi menggunakan berkas elektron. Mikroskop cahaya yang sering digunakan dalam pengamatan di sekolah-sekolah memiliki beberapa jenis. • Bagian-bagian mikroskop:

Fungsi bagian-bagian mikroskop:  Lengan mikroskop berfungsi untuk pegangan saat mikroskop diangkat  Tabung okuler berfungsi untuk mengatur fokus  Revolver berfungsi untuk memilih lensa objektif yang akan digunakan

a). bagian mekanik terdiri atas

By: karunia Galih Permadani Biology Education ‘08 Semarang State University

Menemukan bidang pandang cara menemukannya dengan mengatur cermin dengan melihat lensa okuler d). mikroskop diletakkan dimeja datar yang cukup cahaya tetapi tidak langsung menghadap cahaya c).Objektif By: karunia Galih Permadani Biology Education ‘08 Semarang State University .  Penjepit berfungsi untuk menjepit preparat diatas meja preparat. tutup diagframa. bagian optik terdiri atas  Lensa okuler berfungsi untuk memperbesar penampakan benda yang dibentuk oleh lensa okuler  Lensa obyektif berfungsi untuk untuk memilih lensa objektif dan memperbesar benda  Diafragma berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang dikehendaki  Kondensor berfungsi untuk intensitas cahaya yang masuk dalam mikroskop  Cermin berfungsi untuk mengarahkan cahaya agar tetap masuk ke dalam mikroskop • Cara menggunakan mikroskop: a). Membawa mikroskop. turunkan kondensor.Okuler x perbesaran L. b). Alas/kaki berfungsi untuk menjaga mikroskop agar dapat berdiri dengan mantap diatas meja. Mengatur fokus dan menemukan bayangan yaitu dengan cara menggerakkan fokus kasas dan menggerakkan fokus halus secara hati-hati e). Meletakkan mikroskop. Ambil objek kemudian bersihkan lensa objektif. Menyimpan Mikroskop setelah pengamatan selesai maka naikan tabung mikroskop dengan cara menggerakkan pengatur fokus kasar.  Sekrup penggeser obyek berfungsi untuk menggeser obyek sesuai dengan  Meja benda berfungsi untuk meletakkan objek yang diamati. dan posisikan cermin • Rumus perbesaran benda Perbesaran benda = perbesaran L. mikroskop dibawa dengan tangan satu memegang lengan mikroskop dan tangan satu memegang kaki mikroskop b).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->