P. 1
Cara Membuat Layout PCB Dengan Menggunakan Eagle 5

Cara Membuat Layout PCB Dengan Menggunakan Eagle 5

|Views: 455|Likes:
Published by Dhika Chestara

More info:

Published by: Dhika Chestara on Jun 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2014

pdf

text

original

Cara Membuat Layout PCB dengan menggunakan Eagle 5.4.0 atau Eagle 5.6.

0
 

By riandyfikar Postado Rabu, 20 Juli 2011 at 00:41

Cara membuat layout pcb dengan menggunakan Eagle 5.4.0 atau Eagle 5.6.0 1. Install program eagle pada pc anda 2. Buka program eagle, dengan mengklik 2 kali atau klik kanan-open

3.

Setelah program eagle kebuka , langsung aja pilih mau buat apa? Skema dulu apa langsung lay outnya.

untuk mengambil komponen-komponen yang ada di dalam skema 8. Mulai menggambar skema 7. Ketik nama komponen untuk mulai mencari komponen yang diinginkan . 5. Klik icon Add.4. maka pilih aja schematic Tampilannya kayak gini gan 6. Karena kita mau buat lay out dari skema.

Klik icon move untuk mindahin komponen . Setelah komponennya udah diambil semua kayak gini a langsung diatur aja gan 11. Pilih ok untuk mengambil komponen itu gan 10.9.

untuk melakukan proses wiring . kita tinggal ngerangkainya gan 14. Klik icon rotate untuk memutar kedudukan komponen 13. Pilih icon net. Kalo udah diatur.12.

. Caranya gini gan 18. Pindahin atau diubah jadi bentuk lay out Pindahin atau diubah jadi bentuk lay out 17. 20. maka gunakanlah icon yang ada disebelah kiri untuk mengaturnya seperti ini. Setelah di wire dan diatur seperti ini. Klik file trus pilih switch to board 19.15. Gambar lay out tersebut masi ada diluar kotak dan belum diatur secara baik. maka langsung aja gan 16.

maka perlu dilakukan pengaturan tentang lebar jalur yang digunakan dan jarak antar jalur/track. 24. Seperti berikut ini 22. Klik icon tools dan pilih DRC 23. dengan mengubah ukuran copper menjadi 50mil . Ganti ukuran wire menjadi yang lebih besar lagi. contohnya ganti dengan ukuran 50 mil. Selanjutnya ganti ukuran jarak antar wire. Untuk hasil lebih memuaskan.21.

Jadi deh lay-outnya kayak gini . Dan langsung mulai ngelay-out dengan bantuan auto-router nya eagle. Setelah semua sudah diatur maka langsung pilih select aja gan 27. 28. Caranya pilih tools-auto. Langsung OK gan 29.25. Ubah juga minimum width atau minmal lebar jalur menjadi 50mil 26. Pilih Top pada N/A dan Bottom pada *.

31. 32.30. Nah sekarang kita buang sebagian layernya untuk nempilin tata letaknya aja. 33. Lay-out yang ini masih terdiri dari banyak layer yang ngebentuk tata letak ama jalurnya. Hilangkan layer merah. Adapun langkahnya sebagai berikut. Klik icon display di sebelah kiri ini. . hijau dan kuning lalu ok. Sehingga tampilan gambar akan seperti ini. Selanjutnya gambar diatas langsung kita convert ke bentuk image. Caranya kayak gini. Klik file-pilih export.

File-export . Sekarang yang kedua buat tampilan jalurnya aja. Jadinya kayak gini gan 36. Caranya sama gan ama yang tadi. Caranya hamper sama bedanya Cuma layer yang dihapus adalah semua layer kecuali layer merah hijau ama kuning. Nah tinggal proses terakhir yaitu mengkonvertnya ke bentuk image. langung ok aja gan 35.Ketik nama nya and ok dah 34.

Nah ini hasilnya gan . ok 37.Kalo mau tampilannya warna hitam. langsung diceklis aja gan yang monochrome nya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->