1. Apasajakah pedoman yang digunakan oleh guru PKn dalam pembuatan evaluasi pembelajaran?

Jawaban : Panduan membuat soal dengan taksonomi bloom 2. Apasajakah bentuk tes yang diberikan oleh guru PKn dalam proses pembelajaran? Jawaban : Bentuk tesnya bisa berupa diskusi dan presentasi yang di bagi biasanya menjadi 6 kelompok tergantung dari materi dan jumlah siswa. Cara diskusi ini dilakukan dengan sosio-drama, presentasi dan wawancara, cara ini dilakukan untuk melatih siswa agar nantinya siswa berani tampil dan tidak gugup apabila sudah membaur dengan masyarakat. Penilaian dalam bentuk ini dilakukan oleh guru dan siswa itu sendiri. Contohnya siswa disuruh untuk menghafal UUD 1945 apabila siswa mampu menghafal sampai alinea ke-4 nilai 50, alinea ke-3 nilai 25, alinea ke-2 nilai 15, alinea ke-1 nilai 10. Selain iti tentunya dilakukan juga tes tertulis. 3. Aspek penilaian a. Aspek apa saja yang dilakukan oleh guru dalam melakukan penilaian? Jawaban : meliputi semua aspek, baik afektif kognitif, dan psikomotor. b. Apakah bisa membuat contoh? Jawaban : Afektif dari sikap, misal dari presensi absen. Kognitif untuk pengetahuan diambil dari tes atau ulangan. Sedangkan psikomotor untuk ketrampilan, misal kecakapan berbicara/mengemukakan pendapat. c. Berdasar indikator apa untuk penilaian setiap aspek? Jawaban : berdasarkan indikator yang ada dalam RPP dan silabus, misal menjelaskan untuk kognitif dan lain sebagainya. 4. Pemberian skor soal a. Bagaimana pemberian skor yang dilakukan oleh guru untuk tes obyektif? Jawaban : untuk tes obyektif betul nilainya 1,5 dan jika salah 0. Bobot soal • • Obyektif Essay Nilai 40 soal x 1,5 persoal 5 essay x 8 personal = = 60 = 40 100

b. Apakah ada pembobotan untuk tiap soal essay? Apa pertimbangannya? Jawaban : Dalam pembuatan essay bobot nilainya bisa sama/berbeda tergantung dari guru yang membuat soalnya, tapi biasanya disamakan agar lebih mudah dalam pengoreksiaannya. Jika dibuat beda didasarkan pada tingkat kesukaran seperti menjelaskan, menyebutkan, menganalisis.

Apakah ada pembelajaran remidi bagi siswa yang belum mencapai KKM? Jawaban Tiap siswa apabila tidak lulus dalam ujian akan diberikan kesempatan untuk melakukan remidi yang dilakukan per Standar Kompetensi yang di ujikan. b. kognitif. Bagaimana hasil belajar siswa di SMK ini untuk mata pelajaran PKn. 6. Tapi biasanya KKM untuk satu tim MGMP sama. Hasil belajar a. Mohon contoh alat evaluasinya? Jawaban : Evaluasi melalui lembar pengamatan. dahulu nilai pendidikan karakter ini hanya sebagai tambahan saja dalam raport tetapi sekarang disesuaikan dengan standart KKM 7. kebersihan. KKM itu ditentukan oleh sekolah sendiri atau MGMP? Jawaban : KKM bisa ditentukan oleh sekolah atau berdasarkan MGMP karena sistem KTSP. Selain itu dalam silabus juga disipkan pendidikan/nilai karakter jadi ini secara otomatis dalam RPP juga terdapat pendidikan karakternya yang nanti menjadi acuan dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam penilaian pendidikan karakter ini selain dilakukan oleh wali kelas juga dilakukan PPKS ( Pengawas Pendidikan Karakter Sekolah ) yang melakukan pengamatan kepada siswa secara berkala. Pembelajaran remidi a. Bagaimana guru melaksanakan penilaian pendidikan karakter pada PKn? Jawaban : Dalam pendidikan karakter diberikan guru kepada siswa dalam kegiatan Patuh Diri seperti kerapian siswa. dan psikomotor? Jawaban : Di SMK 4 sendiri siswa yang mencapai KKM mencapai 90% sisanya ada remidi. apakah sudah mencapai KKM baik dalam aspek afektif. Berapakah capaian KKM untuk mata pelajaran PKn di sekolah ini? Jawaban : Batas minimal kelulusan (KKM) siswa perujian yaitu : Kelas 1 = 75 Kelas 2 = 76 Kelas 3 = 76 c. b. Walaupun hasil belajar hasil belajar dinilai kurang oleh guru tetapi ini bisa dimaklumi karena di SMK cenderung lebih mengutamakan ketrampilan dalam penjurusannya sehingga mengabaikan mata pelajaran yang bersifat teori seperti PKn contohnya. alat evaluasi pendidikan karakter ini dinilai dari A-E. Tapi juga bisa dijadikan motivasi bagi guru untuk bisa .5. kedisiplinan. Penilaian pendidikan karakter a.

Apakah guru PKn menyusun kisi-kisi sebelum membuat soal? Jawaban : Ya. dengan pembagian 60 menit untuk tes obyektif dan 30 menit untuk tes essay. b. Apakah mungkin siswa yang remidi dapat memperoleh prestasi belajar diatas KKM? Jawaban : bagi yang mengikuti remidi nilai akhirnya paling tinggi hanya pada btas KKM saja. cinta tanah air. menyanyikan lagu pop kesukaan siswa tetapi lyriknya diganti dengan nilai-nilai kewarganegaraan misal nasionalisme. Alokasi waktu tes a. jadi untuk soal obyektif alokasi waktu 60 menit. Dalam pembuatan soal ini disesuaikan dengan kisi kisi agar nanti soal yang diberikan kepada siswa sesuai dengan apa yang diajarkan kepada siswa . sebagai contoh untuk soal obyektif tiap 1. Untuk soal essay 30 menit untuk 5 soal.5 menit. Bagaimana pemberian alokasi waktu dalam pelaksanaan tes? Jawaban : Alokasi waktu tes keseluruhan 90 menit. 8. b. misalnya mencari bahan di internet. dengan demikian diharapkan tidak sling contek dan dapat selesai secara serentak.5 menit tayangan slide berubah ke soal berikutnya secara otomatis. Sehingga total waktu untuk mengerjakan keseluruhan soal 90 menit 9. Soal tidak dibagikan dalam bentuk hard/lembaran soal. Bila belum mencapai KKM maka bagaimana guru melakukan pengajaran remidi? Jawaban : pengajaran remidi dilakukan dengan memberikan tugas. dll c.mengembangkan metode yang tepat dan efektif hingga pembelajaran yang bersifat teori bisa tersampaikan tanpa mengganggu penjurusan bagi siswa itu sendiri. tetapi soal ditayangkan dalam LCD dengan durasi waktu personal. dengan perbandingan waktu menyesuaikan. Bagaimana perbandingan waktu antara soal obyekti dan soal essay? Jawaban : Soal Obyektif terdapat 40 soal dan tiap soal dibatasi waktu 1. membuat kisi-kisi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful