SILABUS MATA KULIAH

1. IDENTITAS MATA KULIAH: Nama Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Jumlah SKS Semester Kelompok Mata Kuliah Program Studi/Jurusan Status Mata Kuliah Prasyarat Dosen Anggota Tim : Manajemen Kurikulum : AP 402 : 2 (dua) SKS : 3 (Tiga) : MKPBS : Administrasi Pendidikan : MKK Program Studi : Mata Kuliah Teori Organisasi : Dr. Diding Nurdin, M.Pd. : Dr. Nurdin, M.Pd.

2. TUJUAN MATA KULIAH: Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan tentang konsep dan praktik yang komprehensif dan terpadu tentang Manajemen Kurikulum di tingkat makro, messo maupun mikro pada satuan pendidikan. Dalam kaitan ini dibahas mengenai konsep-konsep manajemen pendidikan dan konsep-konsep kurikulum, sehingga mahasiswa dituntut untuk lebih memahami posisi keilmuan manajemen kurikulum secara komprehensif dalam tataran implementasi manajemen kurikulum dengan menganalisis berbagai perubahan dan perkembangan manajemen kurikulum. 3. DESKRIPSI ISI: Dalam perkuliahan ini dibahas tentang wawasan yang komprehensif, sistematis dan terpadu tentang manajemen kurikulum pada satuan pendidikan (persekolahan) menurut jalur, jenis dan jenjang pendidikan, lembaga pendidikan non formal dan lembaga diklat formal dan non formal dengan mengacu pada pembahasan konsep-konsep aktual mengenai manajemen kurikulum, ruang lingkup manajemen kurikulum, masalah dan kendala dalam implementasi manajemen kurikulum, tahapan-tahapan dalam manajemen kurikulum serta analisis dan identifikasi manajemen kurikulum.

1

dan LCD Proyektor dan White Board. diskusi dan pemecahan masalah. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN PERTEMUAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 7. KOMPONEN EVALUASI: 1) 2) 3) 4) 5) 6) Kehadiran siswa minimal 80% Tugas individu Tugas terstruktur Penyajian makalah Ujian Tengah Semeter (UTS) Ujian Akhir Semester (UAS) 6.4. : Membuat Makalah. 5. tanya jawab. DAFTAR BUKU POKOK BAHASAN (Topik dan Rincian) Introduction dan orientasi perkuliahan. penyajian kelompok dan diskusi. PENDEKATAN PEMBELAJARAN: Metode Tugas Media : Ceramah. preview materi manajemen kurikulum Konsep Manajemen Kurikulum Ruang lingkup manajemen kurikulum lembaga pendidikan Masalah-masalah dan kendala dalam implementasi kurikulum Tahapan-tahapan dalam manajemen kurikulum dalam satuan pendidikan Perencanaan dalam manajemen kurikulum Analisis dan identifikasi sumber daya yang dibutuhkan pada tingkat satuan pendidikan Efektifitas dalam implementasi manajemen kurikulum pada satuan pendidikan Ujian Tengah Semester (UTS) Evaluasi manajemen kurikulum pada satuan pendidikan Tugas pokok dan fungsi manajer dan personil satuan pendidikan dalam manajemen kurikulum Inovasi dalam implementasi manajemen kurikulum Kompetensi dalam penyusunan jadwal di tingkat satuan pendidikan Model dan organisasi pengembangan kurikulum Peranan dan aplikasi IT dalam manajemen kurikulum dan analisis kasus dalam manajemen kurikulum Ujian Akhir Semester (UAS) 2 . : OHP.

Determining Faculty Effectiveness. Curriculum. (2000). (1998). Harcourt Brace Jovanovic Inc: New York Saylor. C. Curriculum Planning for Better Teaching and Learning (Fourth Edition). John. (1991). (1981). L.al. Jossey Bas Publisher: San Fransisco Centra. et. (1992). Design. Jossey Bas Publisher: San Fransisco Depdiknas. The School Manager. et. Holt Richard and Winston: New York. 3 . Daniel and Candy Lynn Robert. Turney.al. et. Evans. Schoool Policy.al. (1980). et. Allen and Urwim: North Sydney. Grid. Mc Graw-Hill Inc: New York.Blake.al. (1982). Jossey Bass Publisher: San Fransisco Pratt. (1981). Educational Management Roles and Task. A. and Development. Student Development in College. The Academic Administrator. David. Panduan Manajemen Sekolah. Dirjen Dikdasmen: Jakarta Duke.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful