JAJAR GENJANG A.

Pengertian Jajar Genjang

Pada gambar bangun jajar genjang diatas, terlihat bahwa sisi AB // CD dan sisi AD/BC. Sisi AB dan sisi DC saling berhadapan sisi AD dan sisi BC juga saling berhadapan. Jadi dapat disimpulkan bahwa jajar genjang adalah segiempat yang sepasang sisi-sisinya yang berhadapan adalah sejajar. Cara membuat jajar genjang, missal dengan menurut suatu segitiga sejauh 180o dengan pusat titik tengah salah satu sisinya, gambar (a) segitiga ABC dengan titik tengah sisi AC adalah O, gambar (b) segitiga CDA adalah hasil putaran segitiga ABC jadi bangun ABCD adalah jajar genjang yang berbantuk dari segitiga ABC dan hasil putarannya (segitiga CDA)

B. Sifat-Sifat Jajar Genjang 1. Pada jajar genjang ABCD, sisi-sisi yang berhadapan adalah sejajar (AB // DC dan AD // BC) 2. Pada jajar genjang ABCD, sisi-sisi yang berhadapan adalah sama panjang (AB = CD DA ad = BC)

sudut-sudut yang berhadapan adalah sama besar (U < A = U < C dan U < B = U < D) 4.3. Pada jajar genjang ABCD. Pada jajar genjang ABCD. diagonal-diagonalnya saling membagi dua sama (AC dan BD berotonga di tengah-tengah) 5. Pada jajar genjang ABCD. sudut-sudut yang berdekatan berpelurus sesamanya 9U < A + U < B = U < B + U < C = U < C + U < D = U < A + U < D = 180O) .

A B O D (i) (ii) (iii) (iv) (v) (vi) Gambarlah persegi dan diagonal-diagonalnya! C Guntinglah menurut sis-sisi persegi tersebut! (Gambar (i)) Lipatlah persegi tersebut menurut salah satu diagonalnya! (Gambar (ii)) Lukislah dengan garis putus-putus seperti gambar (iii) di atas! Guntinglah lipatan tersebut menurut garis putus-putus sehingga diperoleh seperti gambar (iv)! Bukalah lipatan tadi sehingga diperoleh bangun segiempat yang baru seperti gambar (v)! Segiempat tersebut dinamakan BELAHKETUPAT. gunting. Selanjutnya untuk mengetahui bagaimana sifat-sifat yang terdapat pada belahketupat cobalah lakukan kegiatan dalam lab mini berikut ini! Lab . Namailah belahketupat tersebut dengan ABCD dan perpotongan diagonalnya dengan titik O! (Gambar (vi)) Berdasarkan kegiatan di atas.BELAH KETUPAT Perhatikan bangun segiempat pada di samping! Bangun tersebut dinamakan belahketupat.Mini Kerjakanlah secara bersama dengan teman sebangkumu! Alat dan bahan: kertas. coba selidiki bagaimana sisi. karena bentuknya mirip dengan penampang ketupat yang dibelah melebar dari atas sampai bawah. sudut dan diagonalnya! Cobalah membuat suatu kesimpulan tentang sifat-sifat apa saja yang terdapat pada belahketupat tersebut! Jelaskan . penggaris.

Semua sisinya sama panjang Sisi-sisi yang berhadapan sejajar Sudut-sudut yang berhadapan sama besar Diagonal-diagonalnya membagi sudut menjadi dua sama besar Kedua diagonal saling tegak lurus dan saling sama panjang. kamu dapat mencoba menjelaskan apakah belahketupat itu. Belahketupat Belahketupat adalah segiempat yang semua sisinya sama panjang. membagi dua Gambar 8.5 5. Diagonal membagi belahketupat menjadi dua bagian sama besar atau diagonal-diagonalnya merupakan sumbu simetri. Jumlah dua sudut yang berdekatan 180°. A B ≡ O O ≡ D C Belahketupat ABCD 1. sekarang dapat disimpulkan sifat-sifat belahketupat sebagai berikut. 7. Setelah memahami sifat-sifat belahketupat di atas. Dapat juga dikatakan bahwa: . Sebagai contoh seperti berikut ini. 6. 3. 4. 2.Dengan memperhatikan cara memperoleh belahketupat tersebut di atas.

Buat lingkaran L2 dengan pusat titik A dan jari-jari AP. 5. 3. 4. maka segiempat Cara Menggambar Belah Ketupat tersebut adalah belahketupat. diagonal-diagonalnya saling berpotongan tegaklurus. sehinga memotong lingkaran L2 di dua titik yaitu di P dan Q.Adapaun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 1. maka dapat melukis garis yang melaluyi titik P yang tegak lurus garis k dengan membentuk belah ketupat dengan garis k menjadi salah satu diagonalnya serta titik P salah satu titik sudutnya. Buat lingkaran L1 dengan pusat P dan jari-jari PA sehingga lingkaran L1 memotong garis k di dua titik yaitu di A dan B. Buat lingkaran L3 dengan pusat titik B dengan jari-jari BP.Jika sebuah segiempat kedua diagonalnya saling tegaklurus dan saling membagi dua sama panjang. P K A B Q . Misalkan diberikan sebuah garis k dan sebuah titik P di luar garis itu : Bagaimanakah cara melukis garis yang melalui titik P dan tegak lurus garis k ? Dengan memanfaatkan sifat belah ketupat. Gambarlah sebarang garis k dan sebuah titik P di luar k 2. Tentukan sebuah titik A sembarang pada garis k.