P. 1
Wawancara Pra Siklus C

Wawancara Pra Siklus C

|Views: 12|Likes:
Published by Donny Bastiantoro

More info:

Published by: Donny Bastiantoro on Jun 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/01/2012

pdf

text

original

39

Lampiran C Transkip Wawancara Prasiklus Transkip Wawancara dengan Guru Ekonomi
1. Media apa saja yang ibu gunakan dalam pembelajaran ekonomi selama ini?

Jawab : Sebenarnya dalam mengajar saya lebih banyak memakai metode di bandingkan memanfaatkan media, kalau pemanfaatan media biasanya saya menggunakan media OHP, LKS dan Papan tulis. 2. Media apa yang belum pernah ibu Anna terapkan dalam mengajar kelas X? Jawab : Selama ini saya belum pernah memakai media komputer hal ini karena saya belum begitu menguasai cara mengajar menggunakan media komputer.
3. Bagaimana kondisi proses belajar mengajar di kelas?

Jawab

:

Beragam, ada kelas yang siswanya sangat aktif dan mudah di atur tapi ada juga kelas yang sangat pasif dan susah untuk di atur. 4. Kelas X berapa yang agak susah untuk diatur ? Jawab: Dari ke-5 kelas yang paling sulit di kontrol yaitu kelas X,5 hal ini memang siswa yang masuk kelas ini adalah para siswa yang memiliki nilai akademik yang rendah di banding dengan kelas lainnya
5. Bagaimana karakteristik siswa kelas X.5?

Jawab: Kalau menerima pelajaran tidak serius, kadang ada yang mainan, bercanda. Kalau disuruh bertanya, tidak ada yang bertanya, kalau diberi pertanyaan tidak menjawab, padahal jawabannya ada di buku. Padahal saya sudah menjelaskan sejelas-jelasnya, masih saja tidak mengerti, mungkin kurang memperhatikan materi yang diajarkan. Kalau soal nilai, kelas X.5 nilainya lebih rendah jika dibandingkan dengan kelas lain”

6. Hambatan/kendala apa saja yang ibu Anna hadapi dalam proses belajar mengajar?

7. antara menjelaskan materi dan memberikan perhatian kepada siswa. Solusi apa yang digunakan untuk menghadapi kesulitan-kesulitan tersebut? Jawab : Kadang saya diam.1 dan X. tapi cara itu tidak efektif karena saya juga harus menyelesaikan materi. Kalau saya sedang menjelaskan siswa malah ramai sendiri. Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar? Jawab : Dalam beberapa kelas terutama kelas X. atau saya ancam. diperingatkan sepertinya tidak berhasil. karena nanti pasti ramai lagi.40 Jawab : Terkadang saya bingung. kalau setiap hari seperti itu materi tidak akan selesai 8.2 hasil pembelajaran sangat memuaskan akan tetapi untuk kelas X. saya tidak akan mengajar kalau masih ramai. Transkip Wawancara Dengan Siswa Yang Memperoleh Aktivitas Dan Hasil Belajar Rendah P : Di antara pelajaran ekonomi dan akuntansi pelajaran mana yang kamu senangi? Jelaskan!? .5 hasilnya masih di bawah rata-rata standart ketuntasan minimum.

bu Anna juga sering marah” P : Seberapa tertarik kalian untuk belajar pelajaran ekonomi? S : Tertarik kalo materinya mudah dimengerti. Kalau akuntansi selalu menghitung dan banyak tugas. kalau dibandingkan dengan pelajaran akuntansi yang banyak rumus” P . tapi kadang banyak hafalan. dan sering memberikan tugas untuk mengerjakan LKS.41 S : Ekonomi karena hanya mendengarkan. P : Berapa nilai ulangan terakhir untuk pelajaran ekonomi? Alasan! S : 35. P : Kata bu Anna. tidak belajar soalnya saya lupa kalau ada ulangan” P : Tolong ceritakan cara mengajar bu Anna di kelas! S : Mengajarnya selalu memakai OHP dan lebih banyak bercerita” P : Kata bu Anna. soalnya belajar dan jawabannya ada di buku semua” P : Tolong ceritakan cara mengajar bu Anna di kelas! S : Menjelaskan seperti yang ada di dalam buku. kelas ini adalah kelas yang sulit diatur. anak-anak sering ramai. Berapa nilai ulangan terakhir untuk pelajaran ekonomi? Alasan! S : 90. benar demikian? S : Iya. dan materinya kadang tidak bisa dimengerti jadi males untuk belajar” Transkip Wawancara Dengan Siswa Yang Memperoleh Aktivitas Dan Hasil Belajar Tinggi P : Di antara pelajaran ekonomi dan akuntansi pelajaran mana yang kamu senangi? Jelaskan! S : Ekonomi pelajarannya santai. kalau dibilangi gak mau nurut” . benar demikian? S : Benar sekali anak-anak dalam mengikuti pelajaran Ramai sekali. kelas ini adalah kelas yang sulit diatur.

42 P : Seberapa tertarik kalian untuk belajar pelajaran ekonomi? S : Kalau pelajaran yang di sampaikan menarik saya pun akan tertarik mengikuti pelajaran tapi kalau hafalannya banyak ya tidak tertarik” .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->