P. 1
Tips Agar Printer Tahan Lama Printer Anda Jarang Dipakai

Tips Agar Printer Tahan Lama Printer Anda Jarang Dipakai

|Views: 1,232|Likes:
Published by Sonata ERh

More info:

Published by: Sonata ERh on Jun 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/15/2013

pdf

text

original

Tips Agar Printer Tahan Lama Printer Anda jarang dipakai ?

Simak tips berikut.Dewasa ini alat pencetak ini terus berkembang dengan berbagai kecanggihan. Tapi akan sangat percuma jika Anda buang uang mahal-mahal kemudian tak bisa merawat printer dengan baik. Coba tips berikut ini untuk membuat printer Anda lebih tahan lama. 1. Jangan diamkan tinta dalam waktu lama. Tinta yang bergerak bisa membuat print head macet. Solusi terbaiknya, hidupkan printer secara rutin seminggu sekali agar tinta kembali encer karena head printer hangat kembali. 2. Hindari meninggalkan kartrid dalam keadaan kosong. Walaupun Anda berencana menyimpan printer Anda, usahakan kartrid dalam keadaan terisi tinta. 3. Jangan gunakan kertas yang terlalu tebal saat mencetak. Ini membuat motor printer berkerja terlalu keras, hingga roda penarik berjalan tidak normal. 4. Saat tidak dipakai, usahakan tinggalkan printer dalam keadaan terutup rapi. Ini untuk mencegah debu masuk dan menumpuk di dalam printer. Tentu saja debu juga bisa mempenga ruhi kerja printer. 5. Jika tidak gunakan, lebih baik printer dimatikan saja. Jangan biarkan printer menyala dalam jangka waktu panjang. 6. Jangan keseringan membeli tinta suntik dan mengganti-ganti merek tinta saat mengisi kartrid. Karena jika terjadi kebocoran, printer akan rusak.(anw-berbagai sumber)

10 Tips Merawat Printer
Berikut 10 Tips Merawat Printer 1. Bersihkan Printer, agar umur printer lebih panjang, tentunya kita harus rajin-rajin membersihkannya, bersihkan bodi printer yang kotor dengan kuas atau kain. Khusus untuk bagian dalam, gunakan kuas untuk membersihkan sela-sela yang sulit di jangkau. Inget, kondisi printer harus mati saat kita membersihkannya. 2. Printer Jangan Nganggur, jangan sampai printer kita tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Paling tidak, dua hari sekali printer digunakan untuk mencetak, tidak hanya warna hitam, tapi semua warna. Hal ini dilakukan untuk mencegak tinta mengering dan menggumpal di head printer. 3. Cartridge Jangan Kosong, jangan biarkan cartridge sampai benar-benar kosong, segera isi ulang jika tinta di dalam cartridge mulai kosong. Tips ini berlaku untuk yang menggunakan tinta isi ulang. 4. Jangan Ganti Merek Tinta, gunakan tinta dengan merek yang sama dengan tinta yang

tapi jangan menutupnya terlalu rapat. Saat mencetak. atau sering kita dengar dengan istilah “paper jam”. yang dampaknya akan memperpendek umur head printer kita. maka BIOS komputer bisa error. lebih parahnya BIOS rusak secara fisik. seperti kotak hitam ataupun font dengan ukuran besar. Semua printer memiliki batasan jumlah mencetak. usahakan jangan terlalu sering mencetak gambar yang pekat. karena pin ini rusak jika terkena listrik static dari tubuh kita. kenapa? Ya karena kertas lecek bisa tersangkut. 8. 9. kotoran tersebut dapat menempel di head printer. Matikan Sesuai Aturan. Tutupi printer dengan kain. ada penghitung yang menambahkan jumlah cetak. Jangan langsung mencabut kabel listriknya. . yang artinya tidak boleh disentuh. yaitu menekan tombol off barulah mencabut kabel yang terhubung dengan listrik. Jangan Mencetak Dengan Kertas Rusak/Kotor. Karena hal ini dapat membebani kerja head. Jangan Langusung Matikan Setelah Mencetak. Pastikan juga kertas yang kita gunakan adalah kertas yang bersih. jika hal ini sering dilakukan. selalu gunakan kertas yang masih layak digunakan ( tidak lecek ). 10. Bahaya lainnya adalah saat kita mencabut kabel langsung. dapat menyebabkan tinta menggumpal di head. karena menutup rapat tanpa didukung pencegah udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer. pin ini sudah diberi tanda tangan yang di silang. Gonta-ganti merek tinta. Akibatnya. jangan sekali-sekali menyentuh pin cmos. 7. Bisa-bisa kita diminta untuk mereset penghitung yang ada pada BIOS printer. Jika Tidak Diperlukan Jangan Mencetak Gambar Yang Pekat. Jika benar-benar diperhatikan.digunakan sebelumnya. Jangan Sentuh PIN CMOS. Jika printer sering digunakan jangan langsung matikan printer setiap kali habis mencetak. Setiap kita menyalakan printer. pastikan cartridge benar-benar kosong barulah mengisikan tinta dengan merek baru. Dan jika memang berniat menggunakan merek baru. 6. 5. Tutupi Printer. posisi head printer saat itu mungkin belum pada posisi yang seharusnya. karena jika kertas kotor. tinta mengendap dan mengering pada head. matikan printer sesuai dengan aturan. Bayangkan selama 8 jam kita mematikan dan menyalakan printer 10 – 20x. yang menyebabkan tinta menjadi macet. No No.

Biaya perbaikannya lebih mahal ketimbang harga dari printer itu sendiri. 3. Jangan keseringan menghidupkan dan mematikan printer. Saat printer dinyalakan. Baca cara merawat printer yang menggunakan tinta infus. 2-3 ml tinta terbuang percuma. Jadi segeralah isi jika cartridge anda sudah mulai kehabisan tinta. jangan mencabut colokan/stekernya langsung. Jangan dibiarkan terlalu lama atau anda harus membeli lagi cartridge baru. begitu juga sebaliknya. matikanlah dari tombol power pada printer. Jika anda mematikan printer dan lain waktu anda menghidupkannya lagi. Jika anda membiarkan cartridge warna kehabisan tinta. Tinta adalah pelumas untuk head printer. Jika tinta pada cartridge habis. Dengan mematikannya lewat tombol power pada printer. berarti anda merusak head printer karena tidak adanya pelumas/tinta pada saat gesekan saat mencetak. segeralah isi. 2. Ini adalah penghamburan tinta. Dan jika busa tersebut mulai basah kuyup. dan saat dilakukan cleaning. Itulah alasan kenapa beberapa printer tidak bisa mencetak jika tidak adanya tinta warna meskipun anda tidak menggunakannya. Usahakan untuk membiarkan printer tetap hidup. hal-hal tersebut akan dilakukan oleh printer. tinta warna tetap digunakan meskipun yang akan dicetak adalah warna hitam. Semoga Bermanfaat . maka printer tetap akan melakukan penggantian tinta pada head. maka tinta sisa yang ada akan menyumbat head printer dan lama-lama akan permanen sampai cartridge tersebut tidak bisa digunakan. Jika anda terpaksa untuk mematikan printer. Berikut ada beberapa tips untuk merawat cartridge printer inkjet agar awet dan tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Tanpa printer kita tidak bisa mencetak hasil pekerjaan kita. Contohnya. Disamping itu. Seperti membersihkan tinta sisa pada head dan menutupnya agar tidak terjadi penyumbatan. Usahakan untuk tetap menghidupkan printer dan jangan keseringan di-cleaning. di samping tidak menyedot banyak daya alias hemat listrik juga karena bisa memperpanjang umur cartridge. Jika anda mencetak dengan tanpa adanya tinta warna. maka printer tidak akan bisa mencetak. busa penampung tinta akan cepat basah/penuh.Tips Merawat dan Menjaga Cartridge Segala Printer Printer adalah barang yang penting. Printer akan melakukan shutdown sendiri sebagaimana mestinya. Tapi printer seringkali diabaikan untuk pemeliharaannya. 1. Beberapa cartridge printer bisa menampung 3-7 ml tinta. printer mengirimkan sinyal untuk segera mengganti tinta pada head agar tidak tersumbat.

Gunakan merk tinta yang sama saat isi ulang/refile. Usahakan cetakan berimbang dalam hal warna… artinya jangan warna hitam saja tetapi cetaklah tulisan/gambar yang mengandung unsur warna hitam. Segera isi Cartridge apabila tinta mulai kosong/habis. Pin tersebut sangat sensitif (bisa rusak) akibat listrik statis yang berasal dari tubuh kita. Bayangkan kalau selama jam kerja (misal 8 jam) kita mematikan dan menyalakan printer sampai 10 kali atau 20 kali…. khususnya Inkjet printer yaitu yang menggunakan Tinta Cair : 1. Setiap kita menyalakan printer maka Counter akan bertambah (dianggap 1 kali mencetak). Semua printer memiliki batasan jumlah mencetak (rata-rata 2000 kali). 8. Kalau printer Anda sering digunakan (biasanya untuk kantor) jangan sering-sering mematikan printer pada setiap habis ngeprint… biarkan printer tetap menyala. Berikut ini saya share tips perawatan printer atau cara merawat printer sesuai pengalaman pribadi saya. merah. Saat mencetak gunakan kertas yang bersih dan masih “layak” artinya tidak lusuh atau “lungset” karena kertas yang lusuh dapat menyebabkan macet/berhenti mencetak atau “mbulet” akibat kertas yang slip pada rol printer. . Gunakan printer secara berkala dan teratur. 2. kuning dan biru (warnawarni) sehingga diharapkan seluruh Head bekerja semua. jangan sampai menyentuh pin CMOS (ditandai dengan gambar telapak tangan yang di silang). Ini yang biasanya sering dilupakan dalam tips perawatan printer. Dalam melakukan isi ulang/refile khususnya saat melepas cartridge. 6. Bersihkan printer yang kotor menggunakan kuas atau lap dengan kain. 9. Hal ini untuk menghindari adanya reaksi penggumpalan tinta akibat merk tinta berbeda yang dapat menyumbat lubang tinta pada Head.Tips Perawatan Printer atau Cara Merawat Printer Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam tips perawatan printer atau cara merawat printer.?!! maka hal tersebut akan mempercepat kita melakukan RESET Counter pada BIOS printer kita. Jangan terlalu sering mencetak gambar / tulisan yang dipertebal atau Fill dengan kepadatan yang tinggi karena akan memperberat kerja Head yang otomatis akan memperpendek usia Head. Jangan menggunakan penutup (menutup rapat) dengan plastik karena udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer. Khusus bagian dalam gunakan kuas kecil untuk dapat mencapai sela-sela yang sulit. 5. Hal ini bertujuan menjaga agar tinta pada seluruh Print Head tidak mengering/menggumpal. Anda dapat menutupnya rapat dengan kain sehingga masih ada pertukaran udara. Setiap hari atau dua hari sekali printer harus dipakai untuk mencetak paling tidak 2 – 3 lembar dan pastikan hasil cetakannya sempurna. Kalaupun berbeda pastikan tinta pada cardtridge telah benar-benar kosong/habis. Namun kalau hal itu kita lakukan dengan benar akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan usia pakai printer kita. Hal ini untuk meminimalisir Over Hit Counter pada Limit Counter BIOS. 4. Gunakan penutup printer supaya terlindung dari debu. 3. Saat melakukan pembersihan pastikan printer dalam keadaan OFF atau Mati total (kabel listrik tercabut). Selain itu kertas yang berdebu dapat menyebabkan debu nempel ke Head. Jangan membiarkan printer “nganggur” dalam waktu yang cukup lama. 7. Jangan biarkan Cartridge/Ink Tank kosong dalam waktu cukup lama.

11. Khusus yang no. Pada beberapa kasus dipakai trik yaitu dengan mengeluarkan slang yang masuk penghisap dan ditampung pada wadah tersendiri. .12 ini kalau Anda belum berpengalaman bisa minta bantuan Teknisi. Hal ini untuk menjaga agar tinta tidak mengalir secara langsung ke Catridge pada saat printer tidak digunakan.10. Biasanya ditandai dengan tidak berjalannya Proses Cleaning Head atau ada luberan tinta dibagian dalam printer. Sedangkan Untuk Reset Cartridge setiap setelah kita isi ulang tinta pada printer-prunter di atas silahkan Baca dulu di Sini. Bersihkan/cuci Busa/Spon Penghisap tinta yang ada dibagian Dalam printer paling tidak 1 tahun sekali atau kalau dirasa daya hisapnya mulai melemah. Kalau hal tersebut dibiarkan bisa berbahaya bagi rangkaian elektronik/mekanik printer. Tips Perawatan Printer atau Cara Merawat Printer diatas kalau kita laksanakan dengan benar dapat mengoptimalkan kinerja printer dan memperpanjang usia pakai printer kita. Khusus printer yang pakai Infus.… Letakkan Tangki Tinta Infus sejajar (agak rendah sedikit) dengan Catridge.

Lain halnya dengan Printer Merk Epson.Bagimanakah Cara Merawat Printer yang menggunakan tinta Infus? Well. pada kesempatan kali ini beritamandiri akan sedikit memberikan tips bagimana cara merawat printer yang menggunakan tinta infus agar awet dan tahan lama. yang selangnya dipasang pada cartridge yang bukan asli. atau sebulan sekali) . Tinta infus itu adalah tabung dengan tinta tambahan yang dipasang pada bagian luar printer dan dipasok kedalam printer melalui selang infus. Cara Merawat Printer Tinta Infus Baca Juga: Cara Reset Printer CANON IP1880 Bila anda jarang memakai printer (katakanlah seminggu sekali. Selang yang dipasang pada printer Merk Canon selalu dimasukkan kedalam cartridge asli.Cara Merawat Printer Tinta Infus Agar Awet Cara Merawat Printer Infus . selangnya terdiri dari 4 warna. atau beberapa tipe printer seperti Epson R230 selangnya ada 7 warna.

Bila anda telah selesai melakukan servis infus anda. maka perhatikan selangnya apakah ada mengalami kebocoran. maka pemompa tinta didalam cartridge yang bermasalah. karena infus printer adalah tinta yang bukan asli dari produk printer yang anda beli. Selagi memperbaiki selang atau elbow harap ikat dulu selangnya dengan karet atau lakban agar tinta tidak meluber kemana-mana.saya sarankan anda untuk tidak memasang tinta infus. bila anda tetap mau menginfus printer anda maka perhatikanlah saran-saran berikut ini agar printer anda tetap awet adanya : 1. 2. Satu hal yang perlu diperhatikan juga. karena tidak dapat diperbaiki. Bila terjadi gelembung udara pada selang cukup gunakan fasilitas "cleaning" dari software printer anda. Jadi sebaiknya gunakan saja tinta jenis suntikan karena headnya akan lebih awet. Hal ini bertujuan agar tekanan isap dari head printer yang mengambil tinta tidak terlalu sukar atau juga tidak terlalu mudah (Seimbang). Bila kualitas cetak tidak memuaskan. Atau karetnya koyak juga ganti dengan yang baru. atau juga karet elbow mengalami koyak. Perhatikan juga dengan garansi anda. Tinta infus adalah modifikasi printer yang notabene tidak dilegalkan oleh produsen printer. . Genangan tinta ini muncul karena cartridge selalu berisi penuh tinta. Tempatkanlah tabung infus sejajar dengan head printer anda.Bila tinta dapat keluar dengan lancar. . disebabkan genangan tinta yang selalu ada pada celah head printer.lepaskan selang dan elbownya dari cartridge printer. Karena tinta infus biasanya mengalami masalah pada tekanan selang. maka ganti dengan elbow yang baru. Maka kekosongan tinta tadi akan terisi kembali. . coba lakukan print nozzle check. karena tinta akan terisi banyak kedalam cartridge dan akan menyebabkan melubernya tinta pada head printer. Nah. Printer yang telah diinfus tidak ada lagi garansinya. . disebabkan adanya perbedaan tekanan dengan udara luar yang bila dibiarkan cukup lama akan mengakibatkan turunnya tinta(muncul gelembung udara pada selang). tetapi tidak muncul saat mencetak.Ambil selembar tissue dan coba tempelkan pada head beberapa kali sampai tintanya muncul ditissue. Seandainya elbownya patah.ikat dahulu selangnya agar tinta tidak meluber. Bila ada tinta yang tidak muncul maka kemungkinan besar ada penyumbatan pada celah head printer anda. Hal ini disebabkan karena desain cartridge yang dikunci mati dengan head printer. . Dalam hal ini cartridge harus diganti baru. atau elbownya ada yang patah/retak. Seandainya selangnya yang koyak. bila anda mengangkat tabung infus tinggi-tinggi maka itu adalah kesalahan. Bila dibuka maka saat menutupnya kembali akan ada celah yang mengakibatkan udara masuk sehingga tabung infus tidak akan bekerja dengan normal. Cara mengatasinya yaitu: . Dan juga pada head printer akan cepat mengalami kerusakan. Perhatikan apakah tintanya dapat keluar semua atau tidak. Coba lakukan cleaning satu atau dua kali. coba tambal lubangnya. pasang kembali selangnya .Bila tinta tetap tidak muncul-muncul coba ambil suntikan dan hembuskan udara dengan suntikan tersebut melalui lubang cartridge secara perlahan sampai tintanya keluar. Bila setelah di cleaning ternyata tinta tetap tidak naik. Jadi lebih baik jika anda habiskan dulu tinta aslinya baru menginfus printer.

maka suatu saat akan muncul suatu pesan error yang mengakibatkan anda tidak bisa mencetak. Solusinya adalah dengan mereset counter absorber printer anda. Untuk tipe Canon IP1980. cara mereset absorbernya sbb: .Sambil menahan tombol powernya.dengan benar. Bukan berbasiskan monitoring banyaknya isi tinta cartridge. padahal tinta infus anda masih banyak. Absorber tinta didalam printer berbentuk spons berbentuk balok panjang dan terhubung oleh selang pembuangan tinta printer. Hal ini bertujuan agar tinta tidak mengalir secara perlahan kedalam cartridge (Mengunci tinta) . IP1300.Tekan dan tahan tombol powernya . toh anda tetap bisa mencetak. Hal ini adalah normal. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya error Absorber Full. 3. karena cartridge didesain oleh pabriknya memiliki umur cetak. Bila absorber printer anda full.Lepaskan tombol powernya . Bila anda sudah menservis absorber printer anda. printer juga masih tetap akan menampilkan pesan error tersebut. tekan tombol resume 2x . 4.Cabut kabel powernya .Sambil menahan tombol powernya. Jangan lakukan cleaning terlalu sering. karena akan mengakibatkan penuhnya penampungan tinta buangan pada printer. Maksud dari menekan tombol resume. 5. adalah mengabaikan pesan error tinta habis. Jangan kaget bila anda mendapati bahwa status tinta di komputer anda menjadi kosong setelah mencetak sekian lama. IP1200. Solusinya adalah tekan dan tahan tombol resume pada printer anda selama 5 detik.Hidupkan printer . . Hal ini disebabkan karena sistem monitoring tinta pada cartridge adalah berbasiskan counter kertas yang diprint. maka anda harus mengganti absorber printer anda dengan yang baru atau mengeringkan tinta buangannya secara manual. Bila anda baru pertama kali menggunakan tinta infus. jangan sampai selangnya tersangkut ketika printer akan digunakan. Maka printer akan kembali dapat mencetak seperti biasa. IP1700.Maka settingan absorber printer anda akan kembali 0 6. Selalu tutup kembali infus anda setelah selesai menggunakan printer. pasang kabel powernya kembali.Matikan dahulu printer anda (Power Off) . IP1880. dengan membongkar printer anda. Jadi biarkan saja status tinta anda kosong adanya.

Ayunkan perlahan ke kiri dan ke kanan beberapa kali lalu ke atas dan ke bawah. tinta habis dan printer rusak 4. Hindarkan chip tersentuh oleh tangan (untuk beberapa jenis cartridge yang dilengkapi dengan Microchip) 6. Bila printer rusak segera periksakan ke Jasa Pelayanan Service Printer (CR Solution) 7. Sebaiknya cartridge dipakai minimal seminggu sekali (Jangan disimpan terlalu lama) 3. kerusakan alamiah pada Cartridge baik Original maupun isi Ulang dapat terjadi setiap saat.Pegang kedua sisi cartridge dalam posisi horisontal . .. Caranya sebagai berikut: . 4. kecuali bila Anda siap menanggung resiko untuk mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Harus dipahami . Bila Tinta habis. CARTRIDGE LASERJET 1. 7. 5. Bongkar pasang Catridge yang terlalu sering dapat mengakibatkan Cartridge menjadi rusak (Plat putus atau tidak diproses oleh printer). Jangan menyentuh permukaan drum. 6. ada tiga kemungkinan: Tinta macet atau bocor. Bila tinta macet gunakan Jasa Service Cartridge di Outlet isi Ulang (CR Solution) 5. Hindari permukaan Drum dari kemungkinan tergores. Pada dasarnya cartridge dapat dipergunakan berulang-ulang akantetapi beberapa komponennyamemiliki usia teknis sehingga apabila telah sampai batasnya (rusak/aus) diperlukan penggantian dan anda akan mendapatkan print-out yang baik kembali. 8. Kocok terlebih dahulu sebelum pemakaian (Jika diperlukan). hindari isi ulang sendiri . Harus dipahami Cartridge adalah barang yang semakin sering dipakai semakin bagus hasil cetaknya dan mempunyai umur ekonomis (daya tahan) 2.TIPS PERAWATAN CARTRIDGE CARTRIDGE INKJET 1. 3.. Permukaan Drum dilapisi oleh bahan yang peka terhadap sinar oleh karena itu hindarkan Drum dari sinar matahari langsung. Hentikan pemakaian bila saat ngeprint tinta tidak keluar. Simpan cartridge ditempat sejuk dan kering (suhu antara 0-30o Celcius) dalam posisi horisontal 2...

biru. Berikut ini bagaimana cara merawat printer agar tetap awet. 3.merah dan kuning. Gunakan tinta yang sesuai dengan merek printer. Apabila anda menggunakan printer sistem infus. Hal ini bertujuan untuk menghindari kebekuan tinta pada printhead. ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar printer dapat awet dan bekerja dengan baik. maka taruhlah printer sejajar atau lebih tinggi (5-10 cm) daripada tabung infus dan sebelum printer dinyalakan pastikan lubang udara pada tabung infus (tutup infus yang kecil) sudah dibuka. Cara Perawatan Printer dan Infus Printer May 28th. Jangan salah mengisi warna tinta ke dalam catridge atau tabung infus. Karena bila tercampur sedikit saja maka warna tinta akan rusak dan apabila sudah terlanjur tercampur maka catridge atau tabung tinta harus dikuras dan diisi dengan tinta yang baru. 2011 dfian 7 Comments Bila anda memiliki printer. (Disarankan untuk nge-print meskipun hanya 1 lembar). CR Solution sebagai gerai jasa refill professional siap membantu Anda. 1. 2. Kalau sebelumnya anda memakai merek tinta A dan ingin pindah/ganti ke merek B tidak masalah asalkan harus sesuai dengan merek printer. Usahakan untuk menyalakan printer setiap hari baik untuk nge-print maupun tidak. 4. Pada dasarnya tinta memiliki 4 warna primer yaitu hitam. Cara perawatannya pun cukup mudah dan efisien. .8.

gunakanlah printer Anda secara periodik sedikitnya 2-3 kali seminggu. karena tinta yang jelek akan bisa merusak head printer Anda. 1. perlakukanlah selalu cartridge dengan hati-hati. Termasuk saat mengganti tinta. *Jangan biarkan tinta habis dalam jangka waktu yang sangat lama. Anda bisa melakukannya secara berkala. Jangan simpan printer di tempat yang berdebu atau penuh serangga. 9. Hal ini perlu untuk menjaga kemampuan printer dalam mencetak. *Jangan biarkan printer Anda terlalu lama tidak dipergunakan. Gunakan Diagnostic Tools Umumnya seluruh printer memiliki perangkat lunak mengenai bagaimana merawat atau mengatasi permasalahan mengenai printer tersebut. Hal ini akan membuat aliran tinta dari lubang tetap lancar. 4. Gunakan printer secara periodik Agar kualitas cetakan tetap optimal. *Jangan mengisi tinta terlalu penuh karena jika tumpah maka dapat merusak printer Anda. 5. Lakukan printing atau pencetakan dengan printer Anda minimal seminggu sekali. *Jangan gunakan suntikan biasa saat me-refill tinta. 4. Bila perlu. Jagalah kondisi cartridge Karena cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus dan akan berpengaruh pada hasil cetakan. *Pastikan Anda menggunakan produk refill printer yang berkualitas baik dan aman. *Pergunakan tinta refill yang berkualitas baik. 7. 5. 8. *Pastikan Anda telah memasang cartridge printer dengan benar. karena setiap printer memiliki cara pemasangan yang berbeda-beda. 2. Jika Anda tidak yakin. jangan sampai tumpah ke printer Anda.Untuk menghindari dari kerusakan kerusakan printer : 1. 3. Bersihkan kotoran yang ada dalam printer Setiap satu atau dua minggu. bacalah buku manual printer Anda. *Lakukan proses clean-head jika kualitas printing atau pencetakan sudah mulai menurun. karena dapat menyebabkan clogging pada spon cartridge. 6. karena itu bisa membuat tinta di dalamnya menjadi kering. hal ini dapat menyebabkan munculnya gelembung udara kecil dalam cartridge printer (clogging) yang dapat merusak kualitas print dan jika terus-menerus dapat merusak print head printer. 3. bungkus printer dengan plastik agar terhindar dari kotoran. Pelajari . bersihkan bagian dalam printer. Hal ini akan mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam kepala printer. *Saat mengisi tinta. Printer usahakan selalu nyala. 2.

sofware tersebut karena mungkin saja informasi yang disediakan bisa menolong Anda mengatasi permasalahan dalam printer. Setelah sepuluh menit. 6. kemudian mencabut kabel daya. Matikan printer jika gagal mencetak. kegagalan dalam mencetak bisa diatasi dengan mematikan tombol printer.Terkadang. nyalakan printer dan cobalah mencetak kembali. . masukkan lagi kabel daya tersebut pada colokannya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->