P. 1
PETROKIMIA

PETROKIMIA

|Views: 124|Likes:
Published by Emmanuel Wibi

More info:

Published by: Emmanuel Wibi on Jun 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2013

pdf

text

original

PETROKIMIA

PENGERTIAN UMUM PETROKIMIA

Petrokimia adalah bahan kimia apapun yang diperoleh dari bahan bakar fosil. Ini termasuk bahan bakar fosil yang telah dipurifikasi seperti metana, propana, butana, bensin, minyak tanah, bahan bakar diesel, bahan bakar pesawat, dan juga termasuk berbagai bahan kimia untuk pertanian seperti pestisida, herbisida, dan pupuk, serta bahan-bahan seperti plastik, aspal, dan serat buatan.

Bahan/produk petrokimia adalah semua bahan/produk yang dibuat atau dihasilkan secara sintetik dari bahan baku migas atau komponen fraksi-fraksi, seperti;

1. Pakaian, produk kosmetik dan parfum

2. Kantong plastik, botol plastik dll.

3. Jendela pesawat, payung penerjun, interior dan cat dinding, fiber gelas, lapisan teflon pada penggorengan, sikat rambut, sikat gigi, katup jantung, container, dll.

SEJARAH PRODUK PETROKIMIA

Tahun 1918

produk kimia organik melalui 3 jalur:

Fermentasi bahan organik

Ekstraksi dari senyawa yang terdapat di alam terutama batu bara

2. proses industri petrokimia melalui3 tahapan. mengubah produk antara menjadi produk akhir.aromatika. mengubah bahan dasar menjadi produk antara. dan gas – sintesis(syn-gas) a. • Iso propanol pertama kali dibuat dari kilang gas propilena. 1939 – 1945 • Kebutuhan untuk perlengkapan perang dikembangkan karet sintetis (Du Pont Company.dan 3. yaitu: 1. Jadi produk kimia organik sudah mulai dibuat melalui jalur proses petrokimia. mengubah minyak dan gas bumi menjadi bahan dasar petrokimia. karena negara penghasil karet terbesar jatuh ke tangan Jepang Faktor lain yang menunjang perkembangan industri petrokimia waktu itu – tahun 1970 karena harga minyak bumi relatif rendah/murah. Hampir semua produk petrokimia berasal dari tiga jenis bahan dasar .• Tranformasi/konversi dari minyak bumi dan lemak nabati 1920-an. BAHAB DASAR PETROKIMIA PROSES PETROKIMIA: Pada umumnya . USA). olefin (alkena – alkena) . yaitu : olefin.

dan xilena (C6H4(CH3)2).10 hingga C – 30 atau C-40. Begitu kompleksnya hasil perengkahan . Hasil perengkahan propaana atau alkana yang lebih besar tentu lebih kompleks. Steam reforming . sehingga dapat dikatakan bahwa ” semua yang mungkin terjadi akan terjadi ”. b. c. Aroamatiak dibuat dari nafta melalui proses yang disebut reforming. Etana dan propana dapat berasal dari gas bumi atau dari fraksi minyak bumi.atau minyak gas ( gasoil) melalui proses perengkahan (cracking). dan butadiena. syn – gas dibuat dari reaksi gas bumi atau LPG melalui proses yang disebut steam reforming atau oksidasi parsial. butilena(butena).: campuran metana (gas bumi) dan uap air dipanaskan pada suhu dan tekanan tinggi dengan bantuan katalis ( bahan pemercepat reaksi) Oksidasi parsial : Metana direaksikan dengan sejumlah terbatas oksigen pada suhu dan tekana tinggi. Hasil – hasil perengkahan etana diberikan . Olefin pada umumnya dibuat dari etena. Produksi olefin di seluruh dunia mencapai miliaran kg per tahun.Olefin merupakan bahn dasar petrokimia paling utama. nafta berasal dari fraksi minyak bumi dengan molekul C-6 hingga C-10 . sedangkan gas oil berasal dari fraksi minyak bumi dengan molekul dari C. propana.meskipun hasil perengkahan etan bermacam – macam . Gas Sintetis Gas sintetis (syn-gas) adalah campuran dari karbon monoksida (CO) dan hidrogen (H) . Di antara aromatika yang terpenting adalah benzene (C6H6). . propilena(propena). bergantung pada iaktan man yang diputuskan. Di antara olefin yang terpenting (paling banyak diprouksi) adalah etilena (etena) .nafta. secar kolektif disebut BTX. Proses perengkahan menghasilkan campuran berbagai jenis hasil. toluene (C6H6CH3) . Aromatika Aromatika adalah benzena dan turunanaya. Ketiga jenis senyawa ini . pabrik dirancang untuk menghasilkan sebanyak – banyaknya etilena.

polipropilena . selain mengandung polietilena juga menggandung berbagai bahn tambahan. Polietilena Polietilena adalah plastik yang paling banyak diproduksi. Etilena glikol atau glikol Glikol digunakan sebagai bahan anti beku dalam radiator mobil di daerah beriklim dinggin. Etanol digunakan untuk bahan bakar atau bahan antara untuk berbagai produk lain. yang antara lain digunakan untuk membuat pipa (paralon) dan pelapis lantai. misalnya bahan pengisi. c. b.PETROKIMIA DARI OLEFIN Beberapa produk petrokimia yang berbahan dasar etilena adalah : a. Plastik polietilena antara lain digunakan sebagai kantong plastik dan plastik pembungkus / sampul. Etanol Etanol adalah bahan yang sehari – hari biasa kita kenal sebagai alkohol. plasticer. PVC PVC atau polivinilklorida juga merupakan plasik. misalnya asam asetat. d. Plastik polietilena ( maupun plastik lainya) yang kita kenal. 1.dan pewarna. Berikut adalah beberapa produk petrokimia yang berbahan dasar propilena.

seperti SBR dan polistirena. Polipropilena antara lain digunakan untuk karung plastik dan tali plastik. Produksi petrokimia yang berbahan dasar isobutilena antara lain adalah MTBE ( metil tertiary butyl eter). Beberapa contoh produk petrokimia berbahan dasar totulen dan xilena antara lain: . stirena digunakan untuk membuat karet sintetis. misalnya nilon-6. seperti SBR ( styrene-butadiene-rubber) dan neoprena. 2. karet sintetis . selain itu. misalnay aseton( bahan pelarut.kumena. sebagian benzena digunakan sebagi bahan dasar untuk membuat detergen. nilon. 3. yaitu nilon 6.6. Gliserol Zat ini antara lain digunakan sbagai bahn kosmetik ( pelembab ) industri makana. Zat ini digunakan untuk menaikkan nilai oktan bensin. 2. sikloheksena digunakan terutama untuk membuat nilon. Petrokimia dari Aromatika Aroamtiak yang terpenting adalah benzena . umumnya benzena diubah menjadi stirena. 1. selanjutnya fenol digunakan untuk membuat perekat dan resin. misalnya ABS dan LAS.dan sikloheksena. dan xilena(BTX) Pada industri petrokimia berbahan dasar benzena. dan bahn peledak ( nitrogliserin) 3. digunakan sebagai pelarut pelais kuku / kutek) Beberapa produk petrokimia yang berbahan dasar butadiena antara lain: 1.6 dan nilon-6. kumena digunakan untuk membuat fenol. 2. Isopropil alkohol Zat ini digunakan sebagai bahan – antara untuk berbagai produk petrokimia lainya. toluena.plastk polipropilena lebih kuat dibandingkan dengan plastik polietilena.

sintetik (sn-gas) merupakn campuran dari karbon monoksida (CO) dan hidrogen(H2). 4. plastik. Sebagian besar produk amonia digunakan untuk membuat pupuk seperti urea. dan amonium nitrat. petrokimia dari gas-sintetis(syn-Gas) Seperti telah disebutkan. Asam tereftalat yang merupakn bahan dasar untuk membuat serat seperti metiltereftalat.1. dan campuran bahn bakar. bahan peledak. gas. sedangkan gas hidrogen dari syn-gas. 3. metanol metanol dibuat dari syngas melalaui perpanasan suhu dan tekanan tinggi dengan bantuan katalis. Pada industri petrokimia gas nitrogen diperoleh dari udar.industri perekat. seperti asam nitrat dan berbagai bahan untuk membuat resin dan plastik. Sebagian lainya digunakan untuk membuat berbagai senyawa nitrogen lain. Kegunaan yang lain yaitu untuk makanan ternak. yaitu trinitrotoluena (TNT) 2. Amonia (NH3) Amonia dibuat dari nitrogen dan hidrogen. dan resin. Berbagai contoh petrokimia dari syn-gas adalah : 1. Sebagian yang lain digunakan untuk membuat serat . Sebagian besar metanol diubah menjadi formaldehida. urea sebagian besar urea digunakan sebagai pupuk. Formaldehida . 2.

. lem Formaldehida banyak digunakan untuk industri kayu lapis. cumene. Produk Dasar CO dan H2 sintetik. benzene.Formaldehida dibuat melalui oksidasi metanol dengan bantuan katalis. etilklorida. Formalin digunakan untuk mengawetkan preparat biologi(termasuk mayat). butadiena. etilena. caprolactam dan LAB (linear alkyl Benzene).Formaldehida dan lem . toluena. isobutilena. etil alkohol. Larutan Formaldehida dalam air dikenal dengan nam formalin. TPA (terephthalic acid). Produk antara Amonia. butil alkohol. PRODUK PETROKIMIA BERDASARKAN PROSES PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN 1. nitrotoluena. carbon black. xilena. penggunaan utama dari Formaldehida adalah untuk membuat resin urea. urea. Akan tetapi. DMT (dimethyl terephthalate). dan n-parafin 2. Industri Petrokimia Hilir: Industri yang menghasilkan produk petrokimia yang sudah berupa produk akhir dan/atau produk jadi. propilena oksida. metanol. propilena. Industri Petrokimia Hulu: industri yang menghasilkan produk petrokimia yang berupa produk dasar/primer dan produk antara atau produk setengah jadi (masih merupakan bahan baku untuk produk jadi) 2. nitrobenzena. PTA (purified terephthalic acid). PRODUK-PRODUK PETROKIMIA 1.

TNT (trinitro toluena). Pertamina kini memasarkan dua macam polytam PP. Produk tersebut dibuat dengan menggunakan bahan polytam pp. Produk akhir Urea. sebagai cadangan bila lampu dari PLN padam. Polytam PP (Polipropilena Pertamina) Kantong plastik. . LAB-sulfonate (surfactant). film. carbon black. pelapis tahan air. nilon. bahan baku semir serta pengkilap lam\ntai dan mebel. poli stirena.Kegunaan lain aspal digunakan untuk pelapis tanggul. dimusim kemarau berdebu. Lilin jenis ini oleh pertamina diproduksi dengan nama Hard Semi White Wax dan Fully Refined White Wax. kita semua pasti mengenal dan merasakan manfaatnya. poli propilena.3. poli vinil klorida. Apa jadinya jika jalan tidak dilapis aspal? dimusim hujan becek. karung plastik.yaitu Fill Grade -F600 dan Yarn Grade -F401. poli etilena. kedua jenis lilin tersebut juga dapat digunakan sebagai kertas lilin pembungkus. formaldehida. sebagai bahan isolasi. Misalnya aspal. Aspal Manfaat produk petrokimia yang beragam tersebut tentu saja sangat besar bagi masyarakat . asetilena. poli ester. produk cetakan (moulding) dan tali rafiaadalah produk yang sangat memasyarakat. 4. Lilin Hampir disetiap rumah tangga ada lilin. Produk Jadi Pada umumnya berupa barang-barang atau bahan-bahan yang banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga Beberapa manfaat dari produk industri petrokimia : A. B. Tapi selain untuk penerangan. C. poli uretan. pelapisa anti korosi pada logam dan juga sebagai bahan campuran pada pembuatan briket batubara.

Solvent Pertamina memproduksi lima macam solvent. resin. industri . bahan baku pestisida. industri tekstil (printing). digunakan pada industri farmasi. yakni. thinner vernis.Minasil-M. industri kosmetika.Special Boiling Point (SBP-XX) yang berguna sebagai adhesive dan pelarut karet.bahan bakar padat atau bahan penambahan kadar karbon pada industri logam. bahan bakar kendaraan bermotor sebagai methytertiary buthylether. F. digunakan sebagai industri cat. maka petrlium cokes tersiri dari dua macam yakni.industri farmasi seperti perekat pada salonpas). bahan baku industri elektroda grafit. dan sebagai bahan baku untuk industri protein sintesis dengan fermentasi berkesinambungan. E. methycloride. khususnya pembuatan pil kina.dehidrator gas alam. Green coke bermanfaat sebagai bahan baku Calcined coke. pelarut untuk warna cetakan. bahan pelarut jenis nitro cellulose. methylmetha orylate. . bahan pembersih (dry cleaning solvent).Satunya lagi adalah Calcined coke berguna sebagai elek troda dalam proses pengolahan aluminium pada industri Kalsium Karbida (CaC2). atau merupakan saudara kandung coca cola yang di America serikat populer disebut Cokes. bahan bakar pesawat. insektisida. Green coke merupakan produk samping dari proses pengolahan residu untuk bahan dasar minyak.Low Aromatic White Spirit (LAWS) yang berguna sebagai pengencer cat dan vernis. dyes. Petrolium Cokes Hati-hati dengan produk satu ini bukanlah sebagai minuman.D. dan sebagai unsur pengisi pada industri baja (sebagai karbon). sbagai solvent dalam proses ekstraksi kulit kina.Special Gas Oil. bahan bakar jenis methyl fuel. Methanol Methanol dapat digunakan sebagai lem untuk industri plywood (formaldehyde/ adhesive) bahan baku untuk pembuatan dimeti tereptalate. pelarut pada industri (cat dan tinner. bahan bakar padat atau bahan penambah kadar karbon pada industri modern. .yang berfungsi sebagai reduktor dalam proses peleburan timah. . . Bila cokes diproduksi dengan bahan dasar tanaman cola.tinta cetak. methylamines.

sol sepatu kanvas dan sol karet cetak. dan industri farmasi. Processing Oil Processing Oil terdiri dari dua macam yakni Minarex . . vernis. Hari demi hari. H.B yang berguna. sedangkan Pertasol CB banyak digunakan sebagai pengencer pada cat. industri karet dan adhesive. dry cleaning solvent printing pada tekstil. minggu demi minggu. petasol CA banyak digunakan sebagai pengencer pad acat.tinta cetak. adhesive seperti lem/gum. Keanekaragaman produk petrokimia diatas menunjukan bahwa kehidupan umat manusia sulit dipisahkan dari hasil . Sedangkan TB 192 berguna untuk menutup luka tanaman / bidang sadap tanaman karet. yakni. sol lentur cetak PVC. pertama. G.Pertasol CA dan CB. pelarut dan pengencer pada tinta cetak. Kedua. venis. Paraffinic Oil 60 dan 95 bermanfaat sebagai processing oil pada telapak ban. lascuers. lacquers. sepatu dan sol karet. produk petrokimia selalu menjadi dambaan kehidupan kita. karpet karet. . pipa plastik. komponen dalam proses pembuatan karet pada pabrik ban dan vulkanisir. pengganti dioktilptalat pada industri tinta cetak. dan sebagai palarut pada industri tinta cetak.hasil minyak bumi. Kimia Pertanian Produk kimia pertanian terbagi menjadi dua macam. kulit imitasi. Tenac Stiker yang bermanfaat sebagai bahan perekat dan perata pestisida. mencegah pengeringan bidang sadap. pelarut dan pengencer tinta cetak. platicizer secunderpada industri selang PYC. industri farmasi (kosmetika) dan industri cleaning dan degreasing.sebagai processing oil pada industri telapak ban kendaraan bermotor. bantalan jembatan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->