TUGAS: PEMASARAN GLOBAL

PENGARUH LETAK GEOGRAFIS TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA

DISUSUN OLEH

ZAINAL
NIM. B2B1 110 33

Oleh:

PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN

UNIVERSITAS HALUOLEO

FAKULTAS EKONOMI

KENDARI
2012

misalnya: adanya suhu yang berbeda-beda sangat berpengaruh terhadap jenis tanaman. Letak geologis ialah letak suatu daerah atau negara berdasarkan struktur batu-batuan yang ada pada kulit buminya. . dan perluasaannya ke arah utara tenggelam di bawah permuakaan air. Australia. kepulauan Indonesia dibagi kedalam tiga zona geologi (pertemuan tiga lempeng lithosfer). B. menentukan ada tidaknya mineral-mineral yang dikandung oleh batuan tersebut. dasar Samudera Hindia. yaitu: • bagian utara berbatasan dengan tameng Asia dan perluasannya ke arah selatan tenggelam di bawah permuakaan air laut. PENDAHULUAN Letak Geografis ialah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. misalnya tempat-tempat yang morfologi daratannya berbukit atau terjal kepadatan penduduknya kecil. Perbedaan letak geomorfologis mempunyai pengaruh yang bermacam-macam.PENGARUH LETAK GEOGRAFIS TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA A. yang dikenal dengan Paparan Sunda (disebut Lempeng Asia) • bagian barat dan selatan dibatasi oleh “Benua Gondwana” yang terdiri dari India. menentukan kepadatan penduduk. jembatan-jembatan. gedung-gedung. dan perlu memperhitungkan morfologi daerah sebelum membangun bangunan-bangunan. Letak Geomorfologis adalah letak berdasasrkan morfologi suatu tempat di muka bumi. dan jalan-jalan raya. GAMBARAN UMUM LETAK GEOGRAFIS INDONESIA Dilihat dari formasi geologinya. yakni pada Paparan Sahul (disebut Lempeng Indo-Australia) • bagian timur dibatasi oleh dasar Samudera Pasifik (disebut Lempeng Dasar Samudera Pasifik yang meluas ke arah barat daya).

Dilihat dari jalur-jalur pegunungannya. apabila di Jakarta pukul 12. Oleh karena itu. Daerah peralihan antara kedua dataran tersebut disebut Daerah Wallacea.7) WIB : meridian standarnya adalah 1050 meliputi : Sumatera.Indonesia terletak antara 95 °BT dan 141° BT sehingga wilayah Indonesia terdiri dari 3 daerah waktu yaitu : Waktu Indonesia Barat (WIB). Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Bali. di Indonesia: • terdapat banyak gunung berapi yang dapat menyuburkan tanah. NTT. . dan bauksit.WIB=GMT+7dan sebaliknya GMT = WIB . • sering terjadi gempa bumi. WITA : meridian standarnya adalah 1200 meliputi : Kalimantan Timur. Sulawesi dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.00 pagi. dan • terdapat bukti-bukti tersier yang kaya akan barang tambang. yakni rangkaian Sirkum Pasifik dan rangkaian Sirkum Mediterania. batu bara. WIT : meridian standarnya adalah 1350 meliputi : seluruh kepulauan Maluku dan Papua (Irian Jaya) Dataran Indonesia Timur (Paparan Sahul) memiliki jenis batuan sama dengan batuan di Benua Australia. Kalimantan Barat. Kalimantan Selatan. Dengan selisih waktu 1 jam untuk setiap 150 dan jika dibandingkan dengan waktu Greenwich (GMT) dengan WIB ada selisih waktu 7 jam. NTB. seperti minyak bumi. Jawa dan Madura. Kalimantan Tengah dan pulaupulau kecil di wilayah itu. (ingat rumus.00 WIB maka menurut waktu GMT adalah pukul 05. Indonesia terletak pada pertemuan dua rangkaian pegunungan muda.

antara Benua Asia dan Benua Australia.044 buah yang memiliki nama. Hal ini akan dapat meningkatkan pemanfaatan sumber-sumber kekayaan alam laut. Luas seluruh wilayah Negara Indonesia adalah 9. • Karena terletak di antara dua samudera yang sangat ramai pelayarannya. Pantai ini merupakan pantai paling panjang di dunia. Luas daratnnya sekitar 1. terdiri dari lautan atau laut-laut dan daratan yang berupa pulau-pulau besar dan kecil. • Indonesia terletak di daerah tropis yang panasnya merata sepanjang tahun dan hanya mempunyai dua musim. Indonesia merupakan negara terluas di Asia Tenggara. Letak geografis yang demikian itu menempatkan Indonesia pada posisi silang yang strategis dan baik. perikanan. dan pada pertemuan dua rangkaian pegunungan. Hal ini dapat terlihat pada hal-hal berikut ini. yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. dan sumber-sumber mineral. Indonesia terletak antara 6ºLU – 11ºLS dan 95ºBT – 141ºBT. Dari seluruh pualu tersebut baru 6.9 juta km2 atau kirakira 19% dari luas seluruhnya. Pulaunya terdapat di daerah paparan atau laut dangkal.9 juta km2 atau kira-kira 81% dari luas seluruhnya. dan peternakan dapat berlangsung sepanjang tahun.110 buah pulau (besar dan kecil). akan sangat menunjang lalu lintas perdagangan dan menambah sumber devisa negara. sedang yang berpenghuni (didiami manusia) baru 931 buah. Tidak adanya musim dingin di Indonesia menyebabkan kehidupan pertanian. antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Oleh karena itu. . Luas lautannya kira-kira 7. Pulau-pulau itu merupakan pegunungan sisa dari pegunungan tua yang telah terkikis. Itulah sebabnya bangsa Indonesia harus mempunyai sifat kemaritiman. Seluruh wilayah Indonesia terdiri atas 18. yaitu musim penghujan dan musim kemarau. ditambah dengan adanya kekayaan flora. Panjang pantainya ± 81. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia.8 juta km2. Negara Indonesia yang berbentuk kepulauan dikelilingi oleh laut-laut yang luas. Menigkatkan dan mengembangkan pelayaran sangat penting pada masa pembangunan seperti sekarang ini.497 km atau lebih kurang dua kali panjang keliling bumi.Kalau kita lihat secara geografis. fauna.

Mereka pada umumnya tersebar di wilayah Indonesia bagian Barat. nikel. dan lain-lain. Sekitar 60% penduduk . Indonesia menempati urutan keempat dunia setelah Amerika Serikat. sebagian besar suku bangsa di Indonesia berasal dari keturunan rumpun bangsa Mongoloid. Wilayah Indonesia yang sangat luas dengan kondisi alam yang beraneka ragam menghasilkan suatu pola kehidupan masyarakat yang beraneka ragam pula. kopi.8 juta jiwa (BPS. • Karena terletak pada daerah lipatan muda. Sunda (14% jumlah penduduk Indonesia). Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. tembakau. iklim tersebut sangat berpengaruh baik terhadap usaha perkebunan. terutama yang tinggal di wilayah Indonesia bagian Timur. Ini berarti Indonesia mempunyai banyak mitra kerja sama dalam pembangunan. batu-bara. Berdasarkan dari data-data kependudukan yang ada persebaran penduduk di beberapa wilayah di Indonesia masih belum merata. Penduduk Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dan keturunan. Tercatat tidak kurang dari 250 suku bangsa yang telah dapat diidentifikasi di Indonesia. Beberapa suku bangsa memiliki jumlah penduduk yang besar. Sebagian lagi. Madura (8%). dan Batak (7%). Berdasarkan jumlah penduduk tersebut. yang samasama berjuang menciptakan kemakmuran bangsanya. • Di bidang sosial/politik. besi. dan sebagainya. karet. Indonesia dapat dengan mudah berhubungan dengan bangsa-bangsa lain dan dapat ikut serta dalam percaturan politik dunia. merupakan keturunan Melanesia dan Negroid. maka sangat dimungkinkan pengeksploitasian terhadap sumber-sumber mineral. yaitu musim penghujan dan musim kemarau. tebu. Secara etimologis. urutan ketiga di Asia setelah India dan merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di kawasan Asia Tenggara. • Indonesia teletak di antara negara-negara yang sedang berkembang. Jumlah penduduk Indonesia adalah 205. Tentu saja hal ini membuat Indonesia dapat memperbesar ekspor hasil-hasil perkebunan tersebut. Hal inilah yang menyebabkan bangsa Indonesia memiliki beraneka ragam suku bangsa dengan berbagai adat dan budayanya yang unik. 2005). Kebiasaan masyarakat yang tumbuh dan berkembang dipengaruhi oleh kondisi fisik lingkungan setempat.• Letak di antara dua benua besar menyebabkan Indonesia memiliki iklim musim yang bergantian setiap 6 bulan sekali. di antaranya adalah suku Jawa (45% jumlah penduduk Indonesia). seperti minyak bumi. seperti teh.

Eropa. sehingga Indonesia berada pada jalur transportasi perdagangan yang ramai. Letak ekonmis Indonesia sangat baik. Dampak dari posisi silang ini menyebabkan Indonesia kaya akan keragaman budaya dan suku bangsa. Hal ini perlu mendapat perhatian dan upaya penanganan dari pemerintah mengingat penduduk merupakan salah satu unsur penting yang dapat menunjang perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Selain itu. C. Bahkan sejak zaman dahulu. negara tetangga Indonesia ini membutuhkan hasil-hasil pertanian dan hasil pertambangan yang . Ketidakmerataan penduduk di Indonesia menyebabkan pula ketidakseimbangan daya dukung wilayah antara Pulau Jawa dengan di luar Pulau Jawa. dan Cina. perairan Nusantara merupakan perairan yang ramai dilalui kapal-kapal dagang dari India. misalnya: Kuala Lumpur dan Singapura. secara periodik memengaruhi keadaan cuaca dan iklim di Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa. Kondisi demikian.Indonesia masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. letak di antara dua benua dan dua samudra mempengaruhi kondisi cuaca dan iklim. sebab terletak antara Benua Asia dan Australia ditambah dengan beberapa tempat di sekitar Indonesia yang merupakan pusat lalu lintas perdagangan. PENGARUH LETAK GEOGRAFIS TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA. Letak ekonomis adalah letak suatu negara ditinjau dari jalur dan kehidupan ekonomi negara tersebut terhadap negara lain. Benua dan samudra yang memiliki karakteristik iklim yang berlainan. Letak geografis Indonesia menempatkan Indonesia di posisi silang. merupakan suatu masalah bagi pemerintah terkait dalam upaya pemerataan pembangunan maupun dalam hubungannya dengan pertahanan dan keamanan.

ketersediaan air. dan keamanan negara. Luas suatu negara dalam perwujudannya memiliki bentuk yang bermacam-macam. Adanya kerja sama dan kontak sosial ini dapat dilihat dengan dibentuknya ASEAN. Akan tetapi. tidak terkecuali dengan kehidupan sosial ekonominya. Indonesia mempunyai banyak persamaan umum dengan negaranegara tetangga. suatu negara dengan wilayah luas akan memperoleh keuntungan lebih banyak dibandingkan negara dengan wilayah sempit. Dengan melihat kondisi-kondisi sosial tersebut. umumnya dan Asia Tenggara. sama-sam sedang menghadapi masalah ledakan penduduk. Kemungkinan Indonesia menjadi pusat pasar dunia yang besar sehingga banyak negara industri yang menanamkan modalnya di Indonesia. Pada umumnya. Misalnya. topografinya datar atau landai. sangat berpengaruh terhadap keadaan-keadaan tertentu. sama-sama berlandaskan kehidupan beragama. terutama jika diikuti dengan teknologi modern. Suatu negara dengan wilayah luas menuntut kepemimpinan dan kebijaksanaan yang mantap dari pemerintah dalam memacu penduduk mengejar tujuan negara. kemiringan lereng. Asean Games. luas memanjang. dan berbagai bentuk kerja sama lainnya Pola kehidupan manusia cenderung dipengaruhi oleh kondisi fisik lingkungan setempat. sama-sama bekas negara jajahan. dan keadaan ekonomi. Yang pada gilirannya. ekonomi. tidak mengherankan apabila bangsabangsa di Asia. ataupun dengan kondisi curah hujannya. dan kondisi tanah yang subur. Namun. Di pihak lain diperlukan kesetiakawanan dari masyarakat dalam menjaga kestabilan politik. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. sama-sama merupakan negara sedang berkembang. cuaca. Pembangunan ekonomi akan lebih dimungkinkan. strategi pertahanan. akan menghasilkan devisa lebih besar bagi negara. kondisi ideal ini tidak . pemanfaatan lahan oleh manusia harus disesuaikan dengan kondisi fisik lainnya. pemusatan manusia atau penduduk menempati wilayah yang mempunyai ciri fisik ideal. dan lain-lain. Secara umum. misalnya bentuk bulat.banyak dihasilkan Indonesia. khususnya. antara lain. mudah memperoleh air tanah. hal ini tidak otomatis tercapai. misalnya terhadap iklim setempat. budaya. sempit memanjang. dan sebagian besar penduduknya mempunyai persamaan ras. sosial. Bentuk-bentuk tersebut. Negara luas akan memberikan ruang hidup yang lebih luas untuk mengejar peningkatan kesejahteraan penduduk. kondisi udara sejuk. berupaya memajukan masyarakat dan memperbaiki keadaan sosiokulturalnya. antara lain jenis tanah. Secara sosiokultural.

dilakukan budidaya perkebunan kelapa dan pengolahan sawah pasang surut. Pembuatan tambak-tambak untuk budidaya ikan dan udang. meliputi hal-hal berikut ini. Jenis tanaman yang cocok.  Dari segi pembangunan sarana dan prasarana sosial. dataran rendah juga sangat cocok digunakan sebagai kawasan industri. kacang-kacangan. ataupun bentuk-bentuk penggunaan lahan yang lain. Oleh karena itu. sehingga membuka peluang pengembangan sektor perdagangan dan jasa.  Di beberapa wilayah pantai. palawija. antara lain. Kegiatan manusia yang tinggal di daerah Dataran Rendah  Topografinya yang relatif datar membuat kawasan ini layak untuk semua bentuk penggunaan lahan.  Sebagai lahan pertanian. daerah ini dapat cepat mengalami perkembangan ke segala arah. permukiman. telah difungsikan sebagai objek wisata. daerah dataran rendah pada umumnya subur karena proses sedimentasi. Hal ini dikarenakan reliefnya datar sehingga sedikit ditemui barier alam serta kondisi tanah yang cukup stabil.  Sehubungan dengan ketersediaan sarana dan prasarana. di daerah payau. aktivitas sosial ekonomi manusia dapat dibedakan menjadi tiga. Berdasarkan pengaruh kondisi lingkungan fisiknya. industri. di daerah dataran rendah. . dan buah-buahan. dan di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Pembuatan tambak-tambak untuk menghasilkan garam. antara lain. baik itu untuk pertanian. manusia dituntut mampu beradaptasi dan mengembangkan kemampuan dirinya agar dapat mengurangi pengaruh lingkungan yang kurang menguntungkan. daerah dataran rendah lebih mudah diusahakan. yaitu aktivitas manusia di daerah pantai. padi. Budidaya mutiara dan rumput laut.  Sebagai lokasi permukiman. Kegiatan manusia yang tinggal di daerah pantai erat kaitannya dengan kegiatan perikanan atau kelautan. Dalam bidang pertanian.tersebar merata di permukaan bumi ini.      Usaha-usaha nelayan dalam menangkap ikan.

Jenis tanaman perkebunan utama adalah kelapa sawit. Hal ini sangat cocok untuk kegiatankegiatan. perikanan. dari beberapa daerah tersebut. dan peternakan. kegiatan ekonomi agraris didominasi oleh hutan primer dan hutan produksi. berikut ini. dan kehutanan.  Sebagai tujuan wisata. Keberadaan hutan di Kalimantan merupakan salah atu yang terluas di dunia. perkebunan. Pertanian padi diusahakan di daerah pedesaan. Secara umum. Kegiatan ekonomi agraris adalah kegiatan ekonomi penduduk dalam memanfaatkan faktor-faktor alam. dan sebagian Sulawesi. kopi. karet. sedangkan perikanan darat banyak diusahakan di danau. perkebunan. Meskipun luas. kegiatan ekonomi agraris lain yang diusahakan adalah perikanan darat. kegiatan ekonomi agraris . Bali. terutama untuk padi. di samping teh. terutama sapi. karena pada umumnya. rawa-rawa. Pulau Jawa merupakan pusat penghasil padi utama. Akan tetapi. Selain pertanian. Sumatra.  Peternakan. teh. dan sungai sungai besar dengan menggunakan sistem karamba. termasuk di dalamnya adalah peternakan. lahan pertaniannya semakin berkurang dari tahun ke tahun. Di wilayah Kalimantan. kopi. pertanian atau persawahan banyak diusahakan di daerah pedesaan Pulau Jawa.  Pertanian dan perkebunan. danau. Kalimantan. daerah dataran tinggi dan daerah pegunungan mempunyai pemandangan alam yang indah. Di wilayah Sumatra. Di samping itu. di dalamnya tersimpan kekayaan flora dan fauna. Adapun jenis ternak yang diusahakan relatif sama dengan jenis ternak di Pulau Jawa. dan agrowisata. Pada umumnya. seperti air terjun. sayuran. biasanya pemanfaatannya terbatas untuk areal hutan lindung yang fungsinya telah dikembangkan lebih lanjut menjadi hutan produksi ataupun hutan wisata. hal ini dikarenakan kondisi alam di Pulau Jawa sangat mendukung. dan beberapa jenis buah-buahan. buah-buahan. kegiatan ekonomi agraris didominasi oleh tanaman perkebunan. khususnya dalam bidang pertanian. kegiatan ekonomi agraris berpusat di daerah-daerah pedesaan yang masih menyediakan lahan yang cukup luas. Perkebunan kelapa sawit di Sumatra merupakan yang terluas di Asia Tenggara.Kondisi iklim di dataran tinggi dan pegunungan pada umumnya sedang hingga dingin. serta berbagai jenis bunga dan tanaman hias.  Pada lereng-lereng pegunungan. hal ini dikarenakan ketersediaan rumput dan air yang pada umumnya cukup melimpah.

3) Perdagangan nasional. Jenis peternakan yang diusahakan relatif hampir sama dengan jenis peternakan di Pulau Jawa. maupun udara. Adapun jenis perikanan darat banyak diusahakan di danau. ketersediaan sumber daya manusia (tenaga kerja). sedangkan impor adalah kegiatan perdagangan dalam membeli atau mendatangkan barang dari luar negeri. umbiumbian. Dalam hal ini. 2) Perdagangan regional. sagu. Ekspor adalah kegiatan perdagangan dalam menjual barang ke luar negeri. dan rawa-rawa. 1) Perdagangan lokal. tergantung ruang lingkup pemasarannya. laut. Jika wilayah negara tersebut berbentuk kepulauan (seperti Indonesia). maka akan terjadi perdagangan antarpulau yang disebut dengan perdagangan intersuler.lain adalah perkebunan (khususnya perkebunan kayu). Di wilayah Papua. kegiatan ekonomi agraris masih didominasi oleh kegiatan kehutanan. atau dari satu provinsi ke provinsi lain. namun ada jenis peternakan yang unik dilakukan di Kalimantan. yaitu perdagangan yang berlangsung di sekitar kota atau daerah tempat penjual atau produsen bertempat tinggal. perdagangan dapat dibedakan menjadi berikut ini. yaitu perdagangan yang terjadi antarbangsa di dunia. perkebunan sagu. misalnya penjualan dalam satu kota atau dalam satu eks karesidenan. . ibukota provinsi. yaitu perdagangan yang terjadi antarwilayah. Dalam perdagangan internasional dikenal istilah ekspor dan impor. hingga ibukota negara. misalnya dari satu eks karesidenan ke wilayah eks karesidenan lain. baik darat. sungai. dan sistem pertanian lahan kering (peladangan dan tegalan). pusatpusat perdagangan merupakan daerah-daerah yang merupakan simpul komunikasi dan transportasi. dan palawija yang digunakan sebagai bahan makanan pokok. Perdagangan adalah suatu kegiatan jual beli (transaksi) barang dari produsen kepada konsumen. Berdasarkan luas jangkauan pemasaran. antara lain. Pusat-pusat perdagangan biasanya terdapat di kota-kota. Perkembangan sektor industri ini didukung oleh beberapa faktor. ketersediaan sumber daya alam. Jenis tanaman yang diusahakan oleh penduduk pada umumnya jenis sayuran. 4) Perdagangan internasional. kota tingkat II. yaitu perdagangan yang terjadi antarwilayah di dalam negeri dan meliputi seluruh wilayah negara yang bersangkutan. yaitu peternakan jenis kerbau rawa. baik di kota kecamatan.

dan udara merupakan faktor penting bagi kelancaran pembangunan dan perekonomian negara. Indonesia akan banyak memiliki pilihan produk yang dapat dikembangnya sebagai komoditi perdagangan. D. Secara langsung atau tidak langsung. . negara Indonesia memegang peranan penting di dunia internasional dalam bidang ekonomi. politik. baik yang terdapat di daratan maupun dilautan. Keikutsertaannya akan memberi dampak yang positif bagi negara dalam rangka meningkatkan prokdutivitas ekonomi dan menambah sumber-sumber pembiayaan bagi pembangunan nasional. listrik. dan komunikasi). Demikian pula juga jika masih banyak pihak luar yang secara ilegal mengambil kekayaan alam Indonesia di berbagai kepulauan. Indonesia berada di urutan pertama. Sebagai bangsa yang hidup di wilayah persimpangan kegiatan perekonomian dunia. Indonesia tentu akan terlibat dalam kegiatan tersebut. Tanahnya luas dan subur. dan keamanan. Dengan demikian dituntut koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengamankan kepulauan Indonesia tersebut dari pihak-pihak yang tidak berhak mendapatkannya. di kawasan Asia Tenggara. Dengan kemampuan menggali dan memanfaatkan kekayaan alam yang ada. serta lautannya luas dan kaya ikan. serta kemampuan dalam penerapan teknologi. Hal itu sangat menentukan keadaan fisik maupun sosial-budaya serta kelangsungan hidup penduduk daerah atau Negara Keadaan geografis Indonesia dapat menjadi suatu kekuatan dan kesempatan bagi perkembangan perekonomian kita. jalur transportasi. Dilihat dari banyaknya sumber-sumber kekayaan alam. pembangunan. dalam hal luas. PENUTUP Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa faktor letak dan tata geografi sangat penting bagi suatu daerah atau negara. Jika sumber daya yang ada di setiap pulau hanya dinikmati oleh sebagian masyarakat saja.ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai (air bersih. dan sebaliknya dapat menjadi kelemahan dan ancaman bagi perekonomian kita. laut. potensi pasar yang besar. baik untuk pasar lokal maupun untuk pasar internasional. hutannya luas dan lebat. negara Indonesia dapat digolongkan ke dalam suatu negara yang mempunyai potensi besar untuk mencapai kemakmuran bagi masyarakatnya. Wilayah Indonesia yang begitu luas itu menyebabkan hubungan lalu lintas darat. Bahkan. yang secara geografis memang sulit untuk dilakukan pengawasan seperti biasa.

w3.DAFTAR PUSTAKA http://www.com/2011/07/14/pengaruh-letak-geografisindonesia-terhadap-keadaan-penduduk/ .dtd " http://dahlanforum.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.wordpress.