P. 1
Definisi Distribusi Poisson

Definisi Distribusi Poisson

|Views: 19|Likes:
Published by Felh Maneta Maniani

More info:

Published by: Felh Maneta Maniani on Jun 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/14/2013

pdf

text

original

Definisi Distribusi Poisson

Diposkan oleh lagaknya.com Minggu, 21 Maret 2010 Distribusi poisson disebut juga distribusi peristiwa yang jarang terjadi, ditemukan oleh S.D. Poisson (1781–1841), seorang ahli matematika berkebangsaan Perancis. Distribusi Poisson termasuk distribusi teoritis yang memakai variabel random diskrit. Distribusi poisson adalah distribusi nilai-nilai bagi suatu variabel random X (X diskret), yaitu banyaknya hasil percobaan yang terjadi dalam suatu interval waktu tertentu atau di suatu daerah tertentu. Menurut Walpole (1995), distribusi poisson adalah distribusi peluang acak poisson X, yang menyatakan banyaknya sukses yang terjadi dalam suatu selang waktu atau daerah tertentu. Bilangan X yang menyatakan banyaknya hasil percobaan dalam suatu percobaan poisson disebut peubah acak poisson dan sebaran peluangnya disebut sebaran poisson. Karena nilai-nilai peluangnya hanya bergantung hanya pada , yaitu rata-rata banyaknya hasil percobaan yang terjadi selama selang waktu atau daerah yang diberikan, maka akan dilambangkan dengan .

, untuk x = 1, 2, 3, ..., Keterangan: e = 2,71828  = Rata-rata banyaknya hasil percobaan.  = n*p X = 1, 2, 3, ...,n

sebanding dengan panjang interval waktu atau besarnya daerah tersebut dan tidak bergantung pada banyaknya hasil percobaan yang terjadi di luar interval waktu atau daerah tersebut. Bila p nilainya dekat dengan 1. bila kedua kondisi itu dipenuhi. Banyaknya kesalahan ketik per halaman sebuah buku. a. luas. dengan demikian mengubah p menjadi suatu nilai yang dekat dengan nol. 1995).Sebaran poisson dan binom memiliki histogram yang bentuknya hampir sama bila n besar dan p kecil. Probabilitas terjadinya hasil percobaan selama suatu interval waktu yang singkat atau dalam suatu daerah yang kecil. kita dapat saling menukarkan apa yang telah didefinisikan sebagai keberhasilan dan kegagalan. Distribusi poisson banyak digunakan dalam hal berikut: a. Probabilitas lebih dari satu hasil percobaan yang terjadi dalam interval waktu yang singkat atau dalam daerah yang kecil dapat diabaikan. b. Ciri–Ciri Distribusi Poisson Ada beberapa ciri untuk menentukan apakah data tersebut temasuk dalam kriteria Distribusi Poisson atau tidak (Walpole. Selain itu. seperti menghitung probabilitas dari: Banyaknya penggunaan telepon per menit atau banyaknya mobil yang lewat selama 5 menit di suatu ruas jalan. Menghitung probabilitas terjadinya peristiwa menurut satuan waktu. ruang atau isi. sebaran poisson dengan  = n * p dapat digunakan untuk menghampiri peluang binom. Banyaknya bakteri dalam satu tetes atau 1 liter air. Oleh karena itu. Banyaknya hasil percobaan yang terjadi dalam suatu interval waktu atau suatu daerah tertentu tidak bergantung pada banyaknya hasil percobaan yang terjadi pada interval waktu atau daerah lain yang terpisah. panjang tertentu. Adapun ciri-ciri tersebut adalah: a. dan .

rumus yang dipakai harus sesuai dengan kalimat data yang ada untuk membedakan antara rumus yang satu dengan yang lainnya (Walpole.71828 b. Sedangkan dalam hal ini adalah rata–rata banyaknya hasil percobaan yang terjadi selama selang waktu atau dalam daerah yang dinyatakan. 3. Rumus Poisson Kumulatif Probabilitas poisson kumulatif adalah probabilitas dari peristiwa Poisson lebih dari satu. a. Menghitung distribusi binomial apabila n besar (n  30) dan p kecil (p <> Rumus Distribusi Poisson Rumus Distribusi poisson tersebut terbagi lagi menjadi beberapa bagian.. Probabilitas poisson kumulatif dapat dihitung dengan menggunakan rumus: PK= = . .. Rumus Poisson Suatu Peristiwa Sebaran peluang bagi peubah acak poisson X. untuk x = 1. Dalam Distribusi poisson ini. adalah . yang menyatakan banyaknya hasil percobaan yang terjadi selama suatu selang waktu atau daerah tertentu. 2. 1995). dan e = 2.. b.Banyaknya kecelakaan mobil di jalan tol selama minggu pertama bulan Oktober.

Momen Kurtosis Label: STATISTIKA INDUSTRI 1 . dan koefisien momen kurtosis sebagai berikut : Tabel Sifat-Sifat Distribusi Poisson Nilai Tengah Varians Simpangan Baku Koef. koefisien momen kemencengan. Momen Kemencengan Koef. varians.Distribusi poisson mempunyai nilai tengah. simpangan baku.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->