P. 1
Apakah bunga itu

Apakah bunga itu

|Views: 23|Likes:
Published by LatifRahman

More info:

Published by: LatifRahman on Jun 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/07/2013

pdf

text

original

TUGAS BAHASA INDONESIA *Rangkuman buku

*
tumbuhan bebunga oleh john farndon

Di susun oleh : Nama : latif rahman Kelas : x
a

Apakah bunga itu ?
Bagi sebagian besar kita, bunga adalah tumbuhan dengan kembang yang berwarna-warni. Pada kenyataannya, hampir semua tumbuhan adalah tumbuhan berbunga-bukan hanya yang ada dikebun atau yang hidup liar, melainkan juga tumbuhan terna, biji-bijian, rumput=rumputan, perdu, buahbuahan, dan sayuran.

Akar, batang, dan daun
Setiap tumbuhan berbunga mempunyai empat bagian utama: akar, batang, daun, dan bunga. Batang menopang daun dan bunga. Batang juga menjadi pipa untuk jalan air, mineral, dan makanan ke atas dan ke bawah di antara akar dan daun. Banyak tumbuhan mempunyai batang yang berwarna hijau dan lentur

Daun hijau
Sebagian besar daun berwarna hijau. Daun menangkap sinar matahari untuk membuat makanan yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh

Memasukan akar
Akar adalah bagian tumbuhan yang tumbuh ke bawah menuju tanah atau air. Akar membantu tumbuhan tetap berada pada tempatnya dengan menancapkan ke tanah. Akar juga menyerap air dan mineral yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh.

Makanan dari cahaya
Tidak seperti hewan, tumbuhan membuat makanannya sendiri dengan menyerap sinar matahari. Matahari memberi tumbuhan energi untuk membuat makanan yang disebut pati. Didalam setiap sel terdapat paket-paket sangat kecil yang disebut kloroplas.

Tumbuhan dan air
Tumbuhan bergantung pada air. Tanpa air, tumbuhan segera mati. Air mengisi setiap sel yang membentuk tumbuhan. Air membawa gas-gas, mineral, dan nutrisi terlarut ke tempat yang memerlikan.

Serbuk sari dan biji
Tugas bunga adalah membuat biji yang dapat menyebar dan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Bagian jantan bunga disebut benang sari ( stamen ). Bagian betina bunga disebut putik ( pistil ), dan putik membuat telur, atau bakal biji ( ovule ), yang merupakan sel kelamin betina. Proses ini dimulai ketika sebutir serbuk sari mendarat ke kepala putik ( stigma ) bunga yang berjenis sama.

Menyebarkan serbuk sari
Beberapa bunga menyerbuk sendiri. Ini artinya serbuk sari pindah dari benang sari ke putik dari tumbuhan yang sama. Beberspa tumbuhan, seperti rumput, tergantung pada angin untuk membawa

benang sari. Tumbuhan lain bergantung pada serangga, atau bahkan burung atau kelelawar, untuk membawa serbuk sarinya.

Menyebar dan tumbuh
Setelah diserbuki, bunga dapat mulai membentuk biji yang akan menjadi calon tumbuhan baru. Ketika botaniwan membicarakan tentang buah , mereka tidak hanya membicarakan buah jeruk atau lemon. Mereka membicarakan bakal buah yang mengandung biji yang sedang berkembang. Banyak buah berbentuk besar, berair dan manis, seperti jeruk. Ini disebut buah lunak.

Buah kering
Buah yang kering dan seperti kertas sering dapat menyebar dengan sendirinya tanpa bantuan hewan. Tumbuhan yang hidup di dekat aliran air sering mempunyai biji kering yang dapat mengapung air.

Kacang keras
Kacang , seperti kacang brazil dan kacng hazel, adalah buah sebenarnya. Kacang-kacang itu pada dasaarnya adalah biji besar dengan bagian luar ( kulit ) yang keras.

Tumbuhan dari biji
Biji adalah paket-paket kecil yang menanti untuk tumbuh menjadi tumbuhan. Tumbuhan muda atau kecambah tumbuh hanya ada ujung akar dan taruknya. Maka pertama-tama, kecambah tumbuh memanjang bukan melebar. Ini disebut tumbuhan primer.

Masa hidup
Tumbuhan berbunga di kebun dan di alam liar mempunyai waktu berbunga sendiri. Masing-masing beradaptasi untuk berbunga pada waktu tertentu, umumnya awal musim semi hingga akhir musim panas.

Bunga berumur pendek
Efemeral adalah tumbuhan yang tumbuh dari biji, bunga dan mati dalam beberapa minggu.

Bunga berumur panjang
Tumbuhan dwi musim bertahan selama du musim atau dua siklus iklim. Tumbuhan tahunan hidup paling sedikit selama tiga musim atau tiga siklus iklim.

Warna bunga
Bunga mempunyai banyak warna dan corak warna dari bunga violet biru lembut hingga mawar merah.

Tempat hidup tumbuhan berbunga
Setiap jenis bunga liar mempunyai tempat hidupnya sendiri. Beberapa memerlukan iklim panas dan kering.

Hutan dan prairi
Hutan adalah rumah bagi tumbuhan yang memilih keadaan yang ternaungi di bawah pohon dari pada di bawah sinar matahari penuh. Padang rumput terlihat membosankan dari kejauhan, tetapi dari dekat terlihat beraneka macam tumbuhan.

Gunung dan tanah basah
Cuaca menjadi lebih dingin lebih berangin dan lebih lembab di daerah yang lebih tinggi, maka tumbuhan yang tumbuh di gunung harus mempunyai ketahan hidup yang tinggi. Tumbuhan pertama kali berkembang di dalam air kemudian pindah ke daratan.

Tumbuhan aneh
Selain bunga di kebun dan bunga liar yang berwarna-warni, masih ada banyak tumbuhan yang penampilannya jauh lebih aneh. Mereka juga memiliki berbagi macam bentuk.

Bunga raksasa
Bunga bangkai adalah bunga tertinggi di dunia. Bunga ini dapat tumbuh lebih dari 2,5 meter. Bunga ini hidup di hutan-hutan sumatra dan sangat jarang berbunga. Tumbuhan yang bahkan lebih aneh dari bunga bangkai adalah bunga terbesar dan terberat di dunia, refflesia.

Pemakan daging
Yang lebih aneh dari tumbuhan berbau seperti daging adalah tumbuhan yang memakan daging. Oleh penangkap lalat venus, serangga dipikat mendekati rahang dengan nektar. Daun tumbuhan karnivora embun matahari diselimuti oleh tentakel-tentakel yang menguluarkan tetesan-tetesan zat lengket yang disebut musilase atau lendir

Mencirikan bunga
Ada sekitar 250.000 spesies ( jenis ) bunga. Kamu dapat mulai mencirikannya dengan melihat bentuk bunganya. Ketika melihat bentuk suatu bunga kamu akan melihat bahwa banyak bunga yang tumbuh dalam kelompok, seperti kapas cinde.

Bunga komposit
Pada bunga komposit, bunga-bunga individu terlihat seperti daun mahkota pada sebuah bunga. Ciri-ciri :    Banyak daun mahkota yang sempit, sering dalam lapisan Bunga sering tidak bertangkai tetapi tumbuh dari bonggol di ujung batang bunga Setiap bunga panjang da tipis. Terlihat seperti daun bunga mahkota

Karangan membulat
Bunga-bunganya saling terpisah, tetapi berkelompok dalam karangan membulat.

Ciri-ciri :   Bunganya kecil-kecil tetapi terpisah dengan jelas dalam karangan. Karangan bunga berbentuk batang tipis panjang.

Karangan memanjang
Bunga-bunganya terpisah, tetapi mengelompok dalam karangan bunga panjang sering seperti bulir. Ciri-ciri :   Bunganya kecil tetapi terpisah secara jelas dalam karangan bunga. Bulir bunga panjang.

Bunga teratur
Banyak bunga benar-benar simetris dengan sebuah lingakaran daun mahkota yang identik. Ciri-ciri :   Setiap bunga mempunyai tangkai sendiri. Pada setiap bunga terdapat tujuh daun mahkota atau kurang.

Bunga tak teratur
Beberapa bunga termasuk anggrek, memiliki helaian daun mahkota yang masing-masing bentuk tidak sama. Ciri-ciri :   Setiap bunga mempunyai tangkai sendiri. Bentuk masing-masing daun mahkota tidak sama.

Terompet dan genta
Beberapa bunga mempunyai bunga kecil atau besar berbentuk terompet, genta, dan corong. Ciri-ciri :   Setiap bunga memiliki tangkai sendiri. Bunganya berbentuk cangkir.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->