Animasi sederhana dengan Photoshop CS3

Apa itu Animasi? Sebelumnya Anda harus paham dulu apa itu animasi? animasi merupakan serangkaian gambar ( tiap gambar diistilahkan sebagai frame ) yang ditampilkan dalam kurun waktu tertentu. Animasi memiliki satuan, yaitu FPS ( Frame Per Second ) yang menunjukkan berapa banyak sequence ( rangkaian gambar ) yang ditampilkan dalam waktu satu detik. Standar film animasi ialah 24 fps, yang artinya ada 24 gambar/frame yang ditampilkan dalam satu detik. Dengan kecepatan seperti ini, rangkaian gambar diam tersebut akan menimbulkan ilusi pada mata kita sehingga seolah-olah bergerak. Catatan Penting Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum membuat animasi menggunakan Photoshop CS3/ImageReady: Animasi dalam photoshop/Imageready berkisar pada perubahan posisi, penggunaan layer style dan tampil-tidaknya objek ( berupa gambar atau teks ). Ini artinya, Anda tidak dapat membuat animasi dengan mengandalkan perubahan warna dan ukuran objek. Karena apabila Anda mengubah ukuran objek, maka seluruh frame yang menampilkan objek tersebut akan ikut berubah. Tutorial Animasi 1 Sudah kenyang dengan teori? sekarang mulailah membuka program Photoshop CS3 atau ImageReady CS2 ( dalam contoh ini saya menggunakan Photoshop CS3, jadi mungkin beberapa perintah agak berbeda dengan ImageReady, namun secara konsep bisa digunakan juga untuk ImageReady koq ) 1. Buat sebuah dokumen baru berukuan sedang, 300×250 px dengan latar belakang putih saya rasa sudah cukup memadai.

Pastikan objek lingkaran ini berada di urutan teratas pada palet Layers lalu sembunyikan layer ini dengan menghilangkan icon mata di sebelahnya. Buat tiga buah objek lingkaran lagi dengan ukuran yang sama satu sama lainnya. .2. Bila tidak ingin repot. Gunakan Ellipse tool untuk membuat objek lingkaran kecil berwarna hitam. Buat sebuah objek lingkaran lagi dengan ukuran yang sama. cukup gandakan saja objek lingkaran tersebut dengan menekan Ctrl+J lalu susun horisontal seperti yang terlihat pada Gambar dibawah ini: 4. ( Klik pada gambar untuk memperbesar ukurannya – pada jendela browser baru) 3. sehingga objek lingkaran tersebut dibuat pada layer shape baru. namun gunakan warna merah. Pastikan Anda menggunakan pilihan shape layers.

Buat frame 4. frame 4 dan seterusnya sesuai dengan urutan frame tersebut dibuat. Untuk itu. frame selanjutnya akan diberi nama frame 3. Buat frame 3. tampilkan kembali objek lingkaran merah. Cukup jelas yah? mudah2an 7. 6. Lihat gambar untuk lebih jelasnya. Tampilkan palet Animation melalui menu Window> Animation.5. Ingat. Untuk membuat animasi. klik tombol Duplicates Selected Frames ( tombol ini sudah mendefinisikan sendiri fungsinya bukan ? ) Frame hasil duplikat ini dinamai Frame 2. di sini Anda hanya melihat sebuah frame. lalu pindahkan objek . 9. Anda harus menambah jumlah frame dan melakukan perubahan yang diperlukan dalam tiap-tiap frame tersebut. Masih pada frame 2. 8. Berikutnya apabila Anda mengulang langkah ini. lalu pindahkan objek lingkaran merah ke atas lingkaran hitam 2.

lingkaran merah ke atas lingkaran hitam 3.2 sec. 13. artinya jarak waktu untuk menampilkan tiap-tiap frame adalah 0. untuk memilih delay time yang diinginkan. Anda dapat mengatur jarak tayang ( delay ) antar frame. 11. Dalam contoh ini saya memilih delay 0.2 detik. OK sudah cukup. 10. Buat frame 5. . Bila gerakan animasi dirasa terlalu cepat. lalu pindahkan objek lingkaran merah ke atas lingkaran hitam 4. untuk mengatur delay seluruh frame. Kemudian klik salah satu tulisan 0 sec yang berada dibawah kotak frame. 12. pilih Select All Frames. sekarang coba mainkan animasi dengan mengklik tombol play. seleksi seluruh frame terlebih dahulu melalui tombol menu.

misalnya GIF 32 No Dither ( Anda ikuti saja dulu. 16. segitu dulu deh. kini gerakan animasi menjadi sedikit lebih lambat. 18. jangan lupa untuk menyimpan gambar animasi dalam format PSD juga. Untuk menjadikan gambar ini sebagai animasi. pilih salah satu Preset GIF. mudah2an tutorial sederhana ini bisa bermanfaat untuk pengunjung setia blog pixelisme Tunggu tutorial animasi saya berikutnya ya… . 15. Selesai sudah Bila diperlukan untuk lain waktu. pilih Forever. mungkin di lain kesempatan saya akan jelaskan maksud pilihan ini ). tentukan lokasi penyimpanan serta nama file. Klik kembali tombol Play. Klik tombol Save. 17.14. soalnya terlalu bertele-tele kalau saya jelaskan lagi kenapa pilih Preset ini. Anda harus menyimpannya ke dalam format GIF. Dalam kotak dialog yang tampil. Klik menu File> Save for web and Devices atau Save Optimize image ( kalau nggak salah ) untuk ImageReady. Pada bagian Looping options.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful