PROPOSAL KELOMPOK TERNAK Mifssa Jaya Tahun 2012

Maju dan bekerja cerdas menuai kesuksesan Menuju masa depan yang cerah

Alamat : Jl.Panagan Kp. Barukupa Rt 04/03Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur 43253 Jawa Barat

ta ka

MJ
ni,Pacet,Cia

ur

K el o

ok T mp

ak er n
Su

nj

Panagan Kp.Alamat : Jl. Kami para kader pemuda mempunyai keinginan untuk change agent dimasyarakat memberi tauladan dengan berkarya positip bergerak dalam bidang ternak Domba untuk bisa menjadi warga yang mandiri. Kecamatan Pacet. Kami kelompok ternak mifssa jaya mengharapkan dengan kewenangan dan rasa empati bapak Gubernur untuk bisa memberi bantuan moril maupun materil dalam upaya mengembangkan ternak tersebut.Wb Salam silaturahmi kami sampaikan semoga bapak senantiasa ada dalam lindungan Allah SWT dan sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kabupaten Cianjur 43253 Jawa Barat Nomor Perihal Lampiran Kepada Yth Bapak Gubernur Jawa Barat Di Bandung Assamu’alaikum Wr. sebagai bahan pertimbangan bapak selanjutnya kami lampirkan data-data yang diperlukan. Barukupa Rt 04/03Desa Sukatani.Pacet.Cia ur K el o ok T mp KELOMPOK TERNAK MIFSSA JAYA ak er n Su nj : 03/ KTMJ/II/2012 : Permohonan Bantuan Dana : 1 (satu Berkas) . ta ka MJ ni.

Amin.i Iwan Setiawan S.Si Suryanah. Sukatani. Nunung Rahmat SH. MSI NIP: 19600915198603101 Asmil Rudi S. 27 April 2012 Kelompok Ternak Mifssa Jaya Ketua Sekretaris Ayi Suryana S.Pd.Md NIP : 197602062006042 .E Mengetahui Camat Pacet Kepala Desa Sukatani Paramedik Veteriner Kec. semoga bapak dapat mengobulkannya. H.Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. atas segala perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Pacet Drs. A.

demikian pula halnya dengan kondisi yang dihadapi oleh desa sukatani kecamatan pacet kabupaten Cianjur. Pacet kab. oleh karena itu dibutuhkan suatu integrialitas. Sebagai sebuah lembaga yang langsung bersentuhan dan berhadapan dengan masyarakat.I. LATARBELAKANG Pemerintah terendah yang berada dalam sistim undang undang Republuk Indonesia adalah desa. maka Desa menjadi ujung tombak pembangunan. sinergisitas dan kontinuitas pembangunan desa yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat yang bersangkutan. Dalam sistem undang undang nomor 22 tahun 1989 tentang pemerintah desa khususnya diatur bahwa sebutan desa dapat diganti dengan istilah lain yang dikenal dalam sebuah tatanan kemasyarakatan di daerah bersangkutan misalnya Nagari. Beberapa potensi khususnya antara lain adalah keberadaan lahan perkebunan yang cukup luas. Kampung dan sebagainya untuk wilayah Cianjur istilah desa diganti dengan nama Desa. Jika dilihat dari geografisnya. yang mana dalam jenisnya ladang yang ada adalah sawah tadah hujan pekon dengan jumlah penduduk ± …. pendidikan. .3325 jiwa pada tahun 2007 dan mempunyai luas wilayah ± 248. lahan perladangan dan tanah tegalan yang masih menghampar luas serta bahan baku makanan ternak yang cukup banyak (seperti areal untuk menggembalakan ternak dan melimpahnya makanan untuk ternak).56 hektar ini sebagian wilayahnya adalah pertanian.Desa Sukatani kec. ekonomi produtif dan sektor sarana prasarana perhubungan khususnya sarana jalan dan jembatan. Sektor-sektor yang pada umumnya masih dirasakan sangat kurang oleh masyarakat Sukatani antara lain sektor kesehatan. Desa Sukatani secara geografis memiliki beberapa potensi belum tergarap seperti pemeliharaan domba belum lagi jenis ternak yang lain seperti sapi dan kerbau. Cianjur dikelilingi oleh daerah perkebunan.

Perawatan domba tidak memerlukan perawatan yang neko. jadi petani dalam pengelolaannya masih menggunakan sistem tradisionil. kelompok ternak mifssa Jaya berkeinginan untuk meningkatkan taraf hidup dengan mencari bidang atau sumber penghasilan alternatif sehingga taraf hidup dan pendapatan anggota dapat meningkat kegiatan tesebut adalah pemeliharaan domba. .Misi Menghasilkan Output warga belajar /Anggota yang mandiri Tumbuhnya jiwa kewirausahaan untuk mencapai kemandirian III. .Visi dan MISI .Maksud Dalam Rangka untuk meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat kelompok ternak Mifssa jaya kab.neko. inipun bagi mereka sudah sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Supaya dapat memberikan hasil yang maksimal dan bisa menjadi investasi di masa depan maka tata cara tradisional yang selama ini mereka terapkan harus diubah ke arah yang lebih professional lagi. II. upaya pengembangan tersebut harus dilakukan melalui pendekatan kemitraan dengan lembaga kemasyarakatan yang memiliki kemampuan di bidang pemeliharaan domba dan lembaga penyedian dana yang dapat memberikan bantuan dana.Sehubungan dengan keunggulan dan potansi tersebut. Cianjur Propinsi Jawa Barat bermaksud mengajukan permohonan bantuan Ternak domba kepada Bapak sebagai usaha peningkatan ekonomi kerakyatan dan taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat. usaha ini sudah banyak digeluti oleh petani bahkan sudah ada puluhan tahun namun belum ada yang menjadikan usaha ini sebagai penghasilan pokok.Maksud Dan Tujuan .Visi Menciptakan peternak yang professional dan unggul .

Mendidik patani untuk wirausaha ternak domba 3. 4. Pengenalan peternakan terpadu dalam hal kambing Dalam hal ini petani tinggal memperluas pengetahuan dari pakar kambing yang nantinya didatangkan untuk memberikan penyuluhan dan terjun langsung ke lapangan (Learning By doing). Sebagai wahana petani dalam bersilaturahmi yang dapat mempererat persaudaraan antar anggota masyarakat. Kemandirian dan meningkatkan pendapatan petani.. yang nantinya akan menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dari tingkat petani yang . Pemanfaatan lahan yang belum produktif menjadi produktif 2. Menambah pengetahuan. 5. 2.Sasaran Yang Ingin Di Capai 1. Sebagai Usaha tambahan yang dikelola sungguh-sungguh diharapkan mampu menambah pendapatan petani. Mengurangi angka pengangguran dan Urbanisasi. Peningkatan pendapatan Petani tradisional 3. dan mengurangi pengangguran. Membuka lapangan pekerjaan 5. IV. Tersedianya sumber protein Hewani 6. Membuka lapangan pekerjaan Dengan terlaksananya program ini diharapkan ikut membantu program pemerintah dengan penyediaan lapangan pekerjaaan.Tujuan 1. Tersedianya sumber protein Hewani Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan gizi petani dengan tersedianya sumber protein Hewani yang ada sehingga kebutuhan akan protein hewani bisa tercukupi. Tersedianya pupuk kandang yang melimpah Berdasarkan sasaran di atas maka usaha pemeliharaan domba harus dikelola secara Profesional. Pengenaan sistem peternakan terpadu dalam hal domba 4.

Dengan jarak antara tanah dengan lantai kandang setinggi 75 Cm -100 cm dan bentuk atap kandang yang miring ini diharapkan agar sistem sirkulasi udara dapat berlangsung secara kontinyu dan cepat. kotor dan menimbulkan penyakit. Usaha usaha kelompok 1. Dukungan Masyarakat Sekitar Dengan adanya peternakan domba masyarakat merasa senang karena membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan memanfaatkan sumber makanan ternak yang melimpah. Yang Sudah Dijalankan Pertanian (Cocok Tanam sayuran) 2. karena domba bisa dikatakan hampir tidak pernah keluar kandang. becek. Usahakan agar kandang domba dapat terkena sinar matahari langsung sehingga bibit penyakit yang akan berkembang bisa di minimalisir sekecil mungkin. Perkandangan Untuk ternak domba oleh para petani dibuatkan kandang khusus yaitu kandang yang dibuat dengan panggung. Yang akan dijalankan ternak domba . Untuk ukuran kandang yang ideal tiap 1 (Satu) meter persegi diisi 1 (Satu) ekor domba.akan berimbas dengan kualitas sumber daya manusia. jika tidak dibuatkan kandang yang panggung maka kandang akan menjadi lembab.

E Mengetahui Camat Pacet Kepala Desa Sukatani Paramedik Veteriner Kec. Nunung Rahmat SH.Md NIP : 197602062006042 . Pacet Drs. sehingga benar-benar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani desa kami. 27 April 2012 Kelompok Ternak Mifssa Jaya Ketua Sekretaris Ayi Suryana S. Sukatani. MSI NIP: 19600915198603101 Asmil Rudi S.VI. H. A. PENUTUP Demikian Proposal permohonan ini dibuat dan diajukan semoga dapat berkenan mengabulkan permohonan kami.Si Suryanah.i Iwan Setiawan S.Pd.

Kecamatan d.Pd.i . Email h. CIANJUR TAHUN 2012 I. PACET KAB. Kabupaten e. Desa / Kelurahan : Mifssa Jaya : Pacet : Panagan Indah : Sukatani : Pacet : Cianjur : 43235 : 081912581072 : Surya_Mifssa@yahoo.id/ :  BRI KCP CIPANAS No. Rek 3453-01-026723-53-5 Mifssa Jaya IV. Jalan b. Luas tanah yang dibangun : 200 m2 : 150 m2 : Per-orangan c. Telepon/Hp g. Luas seluruh tanah b. 27 April 2012 Ketua Ayi Suryana S. No.PROFIL PETERNAKAN MIFSSA JAYA DESA SUKATANI KEC. Rekening Sukatani.co. Nama Kelompok Alamat a. Kode Pos f. Status Tanah Fasilitas : a. VIII.

Sukatani. Panagan Indah Kp. Cianjur 43253 Pembina Penasehat Pengarah Penanggung Jawab Ketua Sekretaris Bendahara Anggota : Ayi Nurdin S. Ceceng Muhaemin 3. Egi Saputra . Nanang 10.pd.i : Iwan Setiawan S. Ayom Mukarom 2.Hi : Ende Supriadi S.DATA BASE KELOMPOK TERNAK MIFSSA JAYA 1.i : Dedi Jumana : Ridwan Hidayatullah : Ayi Suryana S.E : Dedi Mulyana : 1. Ai Rahmawati 9. Pacet. Barukupa Atas Ds. Amit Enggal 6.Pd. Badrudin 7. IDENTITAS Nama Kelompok Alamat : Ternak Mifssa Jaya : Jln. Dadan Damaludin 4. Mamay 8.

DATA KEPEMILIKAN TERNAK DOMBA KELOMPOK MIFSSA JAYA No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Nama Pemilik Ayi Suryana Ceceng Muhaemin Dadan Damaludin Amit Enggal Badrudin Mamay Ai Rahmawati Nanang Egi Saputra Ayom Mukarom Jumlah Betina 1 2 2 2 3 4 3 3 5 2 27 Jantan 5 2 1 0 1 0 2 0 3 1 15 Jumlah 6 4 3 2 4 4 5 3 8 3 42 .

.

Rp.000 Rp. 750.700. 15.050. 3.Rp.Rp. 500.000.Produksi dan produksi ternak Mifssa Jaya No 1 2 3 4 5 6 7 Jenis ternak Renovasi kandang Vitamin Administrasi Transfortasi Pakan tambahan Fasilitas kesekretariatan komputer ATK Volume Harga satuan 250 600 Kg 2 Rp. 70. 54.000. 1. 2.- Rekavitulasi Jumlah kebutuahan ternak Jumlah Kebutuhan Produksi Jumlah Total Terbilang : Tujuh Puluh Juta lima Puluh Ribu Rupiah Rp.000.Rp.Rp.500. 1. 1.Rp. 54. 500. 8.000. 500.000.000 Jumlah Rp.000 Jumlah Total Data kebutuhan pra.000.000.- Jumlah Total Rp.- .Rp.200.000.000.000. 7.350. 5.000.00.000.000 Rp.500.000 Rp.000.DATA KEBUTUHAN TERNAK MIFSSA JAYA Tahun 2012 No 1 2 3 4 5 6 Jenis ternak Kambing Indukan Kambing jantan Kambing bakalan jantan Kambing bakalan betina Kambng bunting Kambing Muda betina Volume Harga satuan 15 8 9 10 6 10 Rp.- Rp.200.000.000 Rp.Rp.000.000. 2.000.Rp. 15.000.Rp.- Rp.000.000. 4.Rp.Rp.000.500.000.000 7. 15.000.000.000.- Rp.700.000. 500. 5. Rp.00. 5. 12. 9. 1.000 Jumlah Rp.000 Rp.400.350.000 Rp. 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times