P. 1
Program Kerja Audit Pendahuluan

Program Kerja Audit Pendahuluan

|Views: 421|Likes:
Published by Pita Retha Sianturi

More info:

Published by: Pita Retha Sianturi on Jun 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2014

pdf

text

original

PROGRAM KERJA AUDIT PENDAHULUAN Nama Perusahaan : PT Tirta Makna Bahagia Program yang diaudit : Fungsi Keuangan Periode

Audit : Agustus 2008 No KKA :

No

Langkah-Langkah Audit Pendahuluan

Dilaksanakan Oleh

Waktu yang Diperlukan

1. 2. 3.

Tujuan : Mendapatkan Sumber Informasi daripada Fungsi Keuangan Mengkaji Masalah yang terkait dengan fungsi keuangan PT Tirta Makna Bahagia Pengujian dan review atas sistem pengendalian manajemen Langkah-langkah Kerja :

1. Menggunakan daftar pertanyaan, flow chart, tanya jawab, laporan manajemen,dan observasi dalam pelaksanaan audit pendahuluan.Daftar pertanyaan terdiri dari pertanyaanpertanyaan yang berhubungan dengan masalah yang mempengaruhi efektivitas, efisiensi dan performa operasi.

Elvira

30 Menit

2. Diaudit Oleh : Elvira 20 menit Catatan : Diterima Oleh Elvira Adam . kemudian auditor mengumpulkan buktibukti untuk memperkuat jawaban yang diterima. Menilai jawaban yang diperoleh.

auditor dapat lebih memahami pengendalian yang berlaku pada objek audit sehingga dengan lebih mudah dapat diketahui potensi-potensi terjadinya kelemahan pada berbagai aktivitas yang dilakukan Jawaban ICQ Ya Tidak Pelaksana Langkah Kerja Pelaksana Waktu 1. Dari hasil pengujian ini.PROGRAM KERJA REVIEW DAN PENGUJIAN ATAS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN Nama Perusahaan : PT Tirta Makna Bahagia Periode Audit : Agustus 2008 No. KKA Program yang Diaudit : Fungsi Keuangan Nomor ICQ Lk Internal Control Questionnaire dan Langkah-langkah kerja Tujuan Review dan Pengujian Pengendalian Manajemen: Menilai efektivitas pengendalian manajemen dalam mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Internal Control Questionnaire Apakah dalam menyusun anggaran penerimaan dan pengeluaran tahunan sudah didukung dengan data-data yang akurat dan tepat waktu? Ya: Langkah kerja :  Elvira 30 menit .

Dibuat dengan data yang relevan. Langkah Kerja : 1. 2. Anggaran perusahaan dirapatkan setiap tahunnya. 2. 2. Laporan keuangan disusun berdasarkan transaksi yang ada.1. Internal Control Questionnaire -Apakah dilakukan pemeriksaan ulang terlebih dahulu terhadap laporan keuangan sebelum ditandatangani? Ya.  Elvira 30 menit Diaudit Oleh Ya Elvira Agustus 2008 2 Jumlah Jawaban Tidak Catatan : Direview Oleh Adam Agustus 2008 . Pengeluaran dan pendapatan didata setiap bulannya.

3. Elvira 30 menit 1.PROGRAM KERJA AUDIT LANJUTAN Nama Perusahaan : PT Tirta Makna Bahagia Periode Audit : Agustus 2008 No KKA : Program yang diaudit : Fungsi Keuangan Nomor Temuan Lk 1. Elvira 30 menit . 2. Judul Temuan : Pemeriksaan laporan keuangan diperiksa oleh beberapa atasan. Langkah kerja : Pelaksanaan langkah-langkah Kerja Dilaksanakan oleh Waktu Diperlukan 2. Judul Temuan : Anggaran pendapatan dan pengeluaran disusun berdasarkan perhitungan laba kotor Langkah kerja : Mendapatkan ketentuan bagian anggaran pendapatan dan pengeluaran Mendapatkan keakuratan data pendapatan dan pengeluaran. Temuan yang Dikembangkan dan Langkah Kerja Audit Tujuan Audit Lanjutan : Audit lanjutan dilakukan untuk mendapatkan bukti yang cukup untuk mendukung tujuan audit definitif yang telah diperoleh pada tahap review dan pengujian terhadap system pengendalian manajemen.

Mendapatkan keabsahan laporan keuangan. 2. Mendapatkan kriterian laporan keuangan yang diinginkan perusahaan. Diaudit Oleh Ya Elvira Agustus 2008 2 Jumlah Jawaban Tidak Catatan : Direview Oleh Adam Agustus 2008 .1.

Terjadi rangkap jabatan oleh beberapa karyawan keuangan Memberikan kesempatan untuk melakukan kecurangan dan membuat beban kerja yang berlebihan. Tanggapan Auditor Sebaiknya posisi-posisi jabatan keuangan yang ada di perusahaan tidak boleh dirangkap atau dipegang oleh satu orang saja Rekomendasi 1. KKA Program yang Diaudit : Fungsi Keuangan No Kondisi Kriteria Penyebab Akibat Komentar Manajemen Perusahaan Terjadi rangkap jabatan dikarenakan kurangnya karyawan yang berkompeten di bidang mereka. perusahaan disarankan untuk menambah jumlah karyawan dengan tujuan menutupi kekurangan orang pada posisi tertentu. Selain itu.DAFTAR TEMUAN DAN REKOMENDASI Nama Perusahaan : PT Tirta Makna Bahagia Periode Audit : Agustus 2008 No. Terjadi rangkap jabatan oleh beberapa karyawan keuangan Tidak boleh terjadi rangkap jabatan. Melakukan pemisahan jabatan yang dirangkap oleh satu orang. .

Data-data keuangan dari kantor cabang harusnya datang tepat waktu sesuai yang dijadwalkan oleh kantor pusat. Pelatihan untuk karyawan sering tidak dilakukan dan hanya dianggap simbolis saja.2. Perusahaan tidak memberikan pelatihan bagi karyawan Perusahaan seharusnya mengadakan pelatihan karyawan yang memadai Perusahaan tidak memberikan pelatihan bagi karyawan Karyawan menjadi kurang terlatih. 3. Optimalisasikan waktu bagi pelatihan untuk peningkatan kinerja karyawan untuk menciptakan etos kerja yang baik . Data-data keuangan dari kantor cabang yang dibutuhkan kantor pusat untuk pembuatan laporan keuangan sering datang terlambat. Data-data keuangan dari kantor cabang yang dibutuhkan kantor pusat untuk pembuatan laporan keuangan sering datang terlambat. Optimalisasi penggunaan computer dan jaringan internet yang ada harus segera dilakukan untuk mempercepat proses pengiriman datadata keuangan kantor cabang ke kantor pusat. akan susah beradaptasi pada lingkungan kerja dan kinerjanya kurang maksimal. Melaksanakan pelatihan karyawan yang memadai serta berkala untuk meningkatkan keahlian kerja karyawan. Proses data yang kami sediakan butuh proses lama dikarenakan Analisis transaksi keuangan Data keuangan harusnya dibuat secepat mungkin karena para pihak intern dan ektern memerlukan informasi keuangan. Pembuatan laporan keuangan dan pengambilan keputusan di kantor pusat sering terlambat.

4. Tempat penyimpanan kas kecil harus aman. Kas kecil biasa disimpan pada laci meja atau brangkas kecil yang dapat dipindah tempatkan. Mengganti tempat penyimpanan kas kecil dengan brangkas permanen yang tidak dapat dipindah tempatkan. . biasa disimpan pada laci meja atau brangkas kecil yang dapat dipindah tempatkan. Mudah terjadi pencurian kas kecil perusahaan Penyimpanan kas kecil memang kurang aman untuk itu ada brangkas yang tidak diketahui siapapun keberadaannya Sebaiknya untuk penyimapan kas kecil hanya bias ketahui bendahara perusahaan saja. Kas kecil disimpan di tempat yang tidak aman.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->