PENYAKIT PADA TUMBUHAN

Mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit dapat berupa virus, jamur, protozoa, bakteri dan lain-lain. Jenis penyakit pada tanaman, antara lain: 1. Penyakit rebah kecambah Pembusukan pada leher akar tanaman yang baru tumbuh (sedang berkecambah). Disebabkan oleh serangan jamur Phytium sp. dan Rhizoctonia solani. Akibatnya leher akar mengecil sehingga tak mampu lagi menopang batang tanaman. Batang menjadi busuk dan kering sehingga keadaan tanaman akan rebah. 2. Penyakit embun tepung Menyerang biji yang sedang tumbuh sehingga biji yang belum mempunyai daun pertama menjadi keropos dan akhirnya mati. Disebabkan oleh jamur Peronospora parasitica. Akibatnya adalah keadaan tanaman menjadi kerdil, pada daunnya terdapat bercak-bercak hitam. 3. Penyakit pada tanaman kentang Disebabkan oleh jamur, yaitu Phytophtora infestan.

4. Penyakit pada tanaman padi Disebabkan oleh sejenis jamur, yaitu Pyricularia oryzae. Jamur ini menyerang ruas-ruas batang dan butir padi. Akibatnya, ruas-ruas batang menjadi mudah patah dan akhirnya tanaman padi mati.

Daun jeruk menjadi lebih kecil dan berwarna kuning serta pertumbuhan kuncupnya lambat. Penyakit Mosaik pada tembakau Disebabkan oleh virus TMV (Tobacco Mosaic Virus). Gejalanya berupa kuncupkuncup daun yang menjadi kecil lalu akhirnya berwarna kuning dan diikuti dengan buah yang juga menjadi berwarna kuning. Pada stadium lanjut. Penyakit pada tanaman jeruk Disebabkan oleh bakteri. . yaitu sejenis bakteri yang menyebabkan penyakit pada tanaman anggrek. yaitu Bactery Like Organism yang menyerang pembuluh tapis (floem) pada batang jeruk. Penyakit pada tanaman anggrek Disebabkan oleh Pseudomonas cattleyas. 7. CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) Disebabkan oleh virus yang merusak pembuluh tapis (floem) tanaman jeruk. daun jeruk akan gugur sehingga menjadi tidak produktif lagi dan mati. Menyerang permukaan bagian atas dari daun tembakau. 8. Daun tanaman tembakau menjadi berkerut dan memiliki bercak-bercak kuning. 6.5.

perubahan warna kuning pada daun. armillaria mellea Gejala : kelayuan dan kematian tanaman secara cepat. Jika pada tanaman gandum. sehingga tanaman kehilangan turgor dan layu. verticillium dahliae. Penyakit embun tepung (powdery mildew)  Penyebab : oidium spp dan erysiphe spp .net/index. Jika dibelah. pertumbuhan kerdil. pembuluh di dalam batang berwarna coklat 12.9. alboatrum Gejala : patogen menyerang pembuluh xylem tanaman. http://edukasi. Pada gejala sistemik menyebabkan daun menjadi klorosis 13.php?mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/view&id=320&uni q=3309 18. Penyakit busuk akar (root rot)   Penyebab : thielaviopsis basicola. cendawan ini tumbuh seperti bulu putih keabu-abuan. Penyakit embun bulu (downy mildew)   Penyebab : sclerospora maydis. fusarium solani. Penyakit layu pembuluh   Penyebab : fusarium oxysporum.58 02/04/2012 10. v. disebabkan oleh Ustilago scitaminea. Mosaik pada jagung Disebabkan oleh sejenis jamur. yaitu Ustilago maydis. dan gugur daun sebelum waktunya 11. pseudoperorospora cubensis Gejala : pada kondisi kelembaban yang cocok. disebabkan oleh Ustilago avenae. Jika pada tanaman tebu. yang terdiri dari tangkai spora dan spora.

com/macam_macam_penyakit_pada_tumbuhan_info1982. http://carapedia. daun yang terserang menjadi kuning. Lama kelamaan daun akan terserang semua dan dapat mengakibatkan kematian pada tanaman.html 02/04/2012 18. coklat dan akhirnya mengering.58 . Gejala : gejala awal ditandai dengan adanya tepung putih pada daun terbawah dari tanaman.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful