KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT. Bahwa penulis telah menyelesaikan makalah demi memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1. Dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang telah memberikan

tugas dan petunjuk kepada penulis sehingga penulis termotivasi dan menyelesaikan tugas ini. 2. Orang tua yang telah turut membantu, membimbing, dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai. Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai, Amiin.

Cilegon, 13 Mei 2012

Penulis

1

. Pengertian Media Pendidikan Islam ………………………… 2. Kesimpulan …………………………………………………… 2... Tujuan Penulisan ………………………………………. Makna media pendidikan bagi guru Agama 5 6 7 Islam ……………………………………………………….. Fungsi Media Pendidikan Islam …………………………… 4. Jenis Media Pendidikan Islam ……………………………… BAB III: PENUTUP 1.. Rumusan Masalah …………………………………………... 3. BAB II: Pembahasan 1...DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ………………………………………… DAFTAR ISI …………………………………………………. Saran …………………………………………………………. Daftar Pustaka 9 9 5 3 4 4 1 2 2 . BAB I: Pendahuluan 1.. Latar Belakang ……………………………………………… 2. 3. 3...

agar proses belajar mengajar pada khususnya dan proses pendidikan pada umumnya dapat berlangsung secara efektif. karena peserta didik yang akan menerima pesan-pesan pendidikan. maka faktor peserta didik mulai menjadi perhatian dari para pakar pendidikan. banyak siswa yang merasa bosan terhadap pelajaran tertentu. Namun. meskipun begitu pentingnya media bagi tercapainya tujuan pendidikan. Dengan mulai meluasnya penggunaan media pendidikan. yaitu media pendidikan termasuk salah satu sub sistem pendidikan yang menjadi pokok bahasan yang disampaikan menjadi lebih tepat guna dan bermakna. sehingga siswa mengalami banyak kesulitan dalam menyerap dan memahami pelajaran yang disampaikan. Maka mulailah digunakan orang pendekatan sistem. Rumusan Masalah 3 . contoh dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam. Terbukti banyak ditemukan kasus guru yang tidak mempergunakan media sesuai dengan bahan yang diajarkan. Hal ini dapat diidentifikasikan sebagai masalah kurangnya penggunaan media dalam pengajaran sedangkan materi pendidikan makin beragam dan perkembangan ilmu teknologi yang sudah semakin pesat. guru kesulitan menyampaikan bahan pelajaran. fungsi guru sebagai penyampai pesanpesan pendidikan tampaknya perlu dibantu dengan media pendidikan. Media pendidikan telah menjadi katalisator dunia pendidikan. masih banyak dijumpai lembaga-lembaga pendidikan yang kurang mementingkan suatu alat / media tersebut.BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Dalam sistem pendidikan modern.

Apa sajkah jenis media pendidikan Islam? Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan makalah adalah agar kita dapat mengetahui: 1. Pengertian media pendidikan Islam 2. Jenis media pendidikan Islam BAB II 4 . Apa fungsi media pendidikan Islam? 4. Fungsi media pendidikan Islam 4.Rumusan masalah akan yang kami angkat dalam makalah ini adalah : 1. Apa makna media pendidikan bagi guru agama Islam? 3. Apa yang dimaksud dengan media pendidikan Islam? 2. Makna media pendidikan bagi guru agama Islam 3.

2. Sedangkan dalam bahasa latin. perasaan. media pendidikan agama Islam ialah semua aktivitas yang ada hubungannya dengan materi pendidikan agama.PEMBAHASAN 1. waktu dan tempat yang tidak mungkin dihadirkan guru secara kenyataan apa adanya. Menurut Association For Education and Communication Technology (AECT). Ia dapat mengatasi masalah materi pendidikan yang berkenaan dengan ruang. dan kemauan audiens (siswa) sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya. atau benda yang dapat dimanipulasikan. dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar. dilihat. media berasal dari bentuk jamak medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. yang dimaksud dengan makna media pendidikan bagi guru agama Islam adalah media pendidikan yang digunakan itu mempunyai arti tersendiri bagi guru agama yang memakainya. karena ia dapat menyajikan pokok bahasan yang telah diprogramkan dengan penampilan yang lebih menarik perhatian mereka. didengar. sehingga dapat membantu peserta didiknya memproses pesan-pesan pendidikan yang disampaikannya (achievement). atau sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran. Makna Media Pendidikan Bagi Guru Agama Islam Di sini. media adalah perantara ( ‫ ) ﻞﺋﺋ ﺎﺴﻭ‬atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. baik yang berupa alat yang dapat digunakan oleh guru agama dalam rangka mencapai tujuan tertentu dan tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam. media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Pengertian Media Pendidikan Islam Dalam bahasa Arab. Maka. Media pendidikan secara pedagogis dan psikologis dapat memenuhi harapan peserta didik untuk aktif mengikutinya dari awal sampai akhir karena 5 .

menelaah dan menjelajah sendiri akan membuahkan hasil belajar yaitu menguasai bahan pelajaran tersebut karena diperoleh dengan usaha sendiri (experience. Selain itu. sikap sosial. Pesan-pesan pendidikan agama yang dibantu 6 . minat. Fungsi Media Pendidikan Islam Fungsi media pendidikan yang digunakan oleh para guru agama dalam proses belajar mengajar yaitu: a.unsur gerak. media pengajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa. berpikir. emosi dan perkembangan kepribadian mereka. pembentukan akhlak karimah dan sebagainya. Membantu guru dalam bidang tugasnya Media pendidikan agama bila digunakan secara tepat dapat membantu mengatasi kelemahan dan kekurangan guru dalam penggunaan metodologi pengajarannya. b. Dengan meningkatkan aktivitas mereka ini. suara dan latar belakang gambar yang ditampilkan memberikan kesan tersendiri bagi mereka karena hal-hal demikian makin menambah bobot sajian yang ditampilkannya. ibadah. perhatian. exploration and discovery). berarti prinsip belajar aktif dengan mengalami sendiri. berarti guru agama telah membantu peserta didiknya mengaktifkan unsur-unsur psikologis yang ada dalam diri mereka seperti pengamatan. muamalah. daya ingatan. Membantu para peserta didik Dengan menggunakan media pendidikan yang dipersiapkan dengan baik. yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar anak didik karena kegiatan belajar dengan bantuan media akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa bantuan media. Sikap jiwa mereka yang tenang dengan minat belajar yang besar ini sangat potensial sekali ditumbuhkembangkan sebagai dasar materi keimanan. 3. agar keaktifan belajar mereka makin meningkat. fantasi. Sehingga metode mengajar yang berpusat kepada guru atau guru sentries dapat dikurangi.

Nabi selalu memberikan contoh tauladan atau menjadikan dirinya sebagai model dalam menda’wahkan seruan Allah. Fiqih. transparan. Sebagai contoh teladan yang bersifat uswatun hasanah. Sejarah. radio. seperti video. 2. media tulis. Ketiga. Sebagai contoh. 21). tumbuh-tumbuhan dan lain-lain. Tauhid. Jenis Media Pendidikan Islam Para ahli mengklasifikasikan media kepada dua bagian. tape. gambar-gambar yang dirancang seperti grafik. Media yang bersifat bukan benda Para nabi menyebarkan agama kepada kaumnya atau kepada umat manusia bertindak sebagai guru-guru yang baik dan sebagai pendidikan keagamaan yang agung. sewaktu meletakkan Hajarul Aswad ketika membangun kembali Ka’bah. Hadis. seperti kaset.dengan media pendidikan agama dapat membangkitkan motivasi kegairahan dalam belajar. manusia. 1. seperti Al-Qur’an. Contoh teladan yang baik tersebut sangat besar pengaruhnya dalam misi pendidikan Islam dan dapat menjadi faktor yang menentukan terhadap keberhasilan dan perkembangan tujuan pendidikan secara luas. Hal ini diungkapkan dalam Al-Qur'an surat Al Ahzab: 21. Usaha Nabi dalam menanamkan aqidah agama yang dibawanya dapat diterima dengan mudah oleh umatnya. Keempat. Media yang bersifat benda Pertama. yaitu alat yang bersifat benda (materiil) dan yang bukan benda. 7 . Kelima. audio recording (alat untuk didengar). 4. dan lain-lain. Nabi selalu menunjukkan sifat-sifat yang terpuji. gambar yang diproyeksikan. dengan menggunakan media yang tepat yakni melalui media perbuatan Nabi sendiri dan dengan jalan memberikan contoh teladan yang baik. benda-benda alam seperti hewan. Al Ahzab. yang artinya : "Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagi kamu" (QS. Kedua.

Melalui tingkah laku atau suri tauladan yang ditampilkan oleh para pendidik dalam kehidupan di lingkungan sekolah merupakan alat peraga atau media pendidikan yang hidup di dalam jiwa para peserta didiknya. BAB III PENUTUP 8 . Ing Madyo Mangun Karso 3. Dalam konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara. Sebab itu contoh tingkah laku dapat dijadikan media pendidikan yang sangat ampuh bagi diri peserta didik di lingkungan pendidikan formal. contoh tingkah laku mendapat kedudukan utama dan dijadikan media pendidikan dalam upaya membentuk kepribadian peserta didik. Contoh-contoh tingkah laku yang ditampilkan adalah media pendidikan yang sangat bermakna bagi peserta didik kita dan dapat mewarnai pembentukan kepribadian mereka bila contoh tingkah laku ini secara terus menerus ditampilkan secara sengaja dan berencana. Tut Wuri Handayani Melalui contoh tingkah laku lingkungan khususnya di sekolah akan diinternalisasikannya. Mereka dapat melihat yang dikerjakan pendidiknya dan mendengarkan ucapan yang dituturkan di hadapan mereka. Mereka secara psikologis dan sosiologis cenderung meniru atau mengiritasi semua penampilan pendidik mereka yang menjadi idola dalam diri mereka. Ada tiga konsep media pendidikan dalam konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara yang amat terkenal yaitu: 1. Ing Ngarso Sung Tulodo 2.

dan situasi pengajaran yang akan berlangsung dan lain-lain. kita tinggal memilih media pengajaran apa yang cocok untuk dipraktekkan kepada siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. peserta didik akan memiliki pemahaman yang bagus tentang materi yang didapatkan. Karena dalam kegiatan tersebut. disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Dengan menggunakan media. bahan/materi yang akan disampaikan. Terkait dengan pembelajaran agama Islam. Kesimpulan Dalam proses belajar mengajar. minat dan kemampuan siswa. yaitu sebagai usaha yang ditujukan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari pengajaran agama Islam. hendaknya disesuaikan dengan tujuan pengajaran agama itu sendiri. Selanjutnya. kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. maka media yang digunakan juga bermacam-macam. Saran Dalam pemilihan media pengajaran agama. pribadi guru. dan juga akan memiliki moral atau akhlak yang tinggi. Daftar Pustaka 9 . sehingga penggunaan media bukan sekedar upaya untuk membantu guru dalam mengajar. Sehingga besar kemungkinan tujuan pendidikan akan tercapai secara efektif dan efisien. tetapi lebih dari itu.1. 2. ketersediaan alat.

htm 10 .com.com/2010/01/media-pendidikan-agamaALAT DAN SARANA PENDIDIKAN media-pembelajaran-pai.html ISLAM~Imronfauzi.htm islam.html Metode dan media pendidikan islam.blogspot.wordpress.• • • • Karom-kingsoka.