P. 1
Agama Islam Dan Ruang Lingkupnya

Agama Islam Dan Ruang Lingkupnya

|Views: 70|Likes:
Published by epoll149

More info:

Published by: epoll149 on Jun 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/03/2012

pdf

text

original

PAPER MATAKULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AGAMA ISLAM DAN RUANG LINGKUPNYA

“Disusun untuk memenuhi tugas terstruktur matakuliah pendidikan agama islam”

Oleh: Kelompok 2 Ganik Daniarti Ilham Nugroho Isti Nurrohimah 0910440087 0910440101 0910440110

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012

Jadi. islam adalah agama yang ajaran-ajarannya diberikan Allah kepada masyarakat manusia melalui para Rasul-Nya. tunduk dan damai. islam mengandung makna umum. 2:136) Dan pada ayat lain disebutkan tentang ucapan Nabi Nuh : َ ِ َ ُ َ ْ َ ُ ْ ِ َُ ّ ‫ٱلمسلمين فإن توليتم فما سألتكم من أجر ۖ إن أجرى إل على ٱل ۖ وأمرت أن أكون من‬ ِ ََ ّ ِ َ ِ ْ َ ْ ِ ٍ ْ َ ْ ّ ُ ُ ْ َ َ َ َ ْ ُ ْ َّ َ َِ َ ِ ِْ ُ ْ “Jika kamu berpaling (dari peringatanku). dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Ketundukan. dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim. bukan hanya nama dari suatu agama. sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta`bir mimpi. . Yaqub dan anak cucunya. dan aku disuruh supaya aku termasuk golongan orang-orang yang berserah diri (kepada-Nya)".(QS. (Ya Tuhan). Ismail. Ini berarti segala sesuatu yang tunduk dan patuh terhadap kehendak alla adalah “islam”.AGAMA ISLAM Islam berasal dari kata aslama-yuslinu yang berarti menyerah. islam adalah agama Allah yang dibawa oleh para nabi pada setiap zamannya yang berakhir dengan kenabian Muhammad SAW. Allah SWT berfirman: َ ِ َ َ ْ ّ َ ِ ُ ْ َْ َ َ َ ْ ِْ َ ُ ّ َ ُ َ َ َ ْ ِ ‫إذ قال له ربه أسلم قال أسلمت لرب العالمين‬ “Ketika Tuhannya berfirman kepadanya:` Tunduk patuhlah! Ibrahim menjawab: `Aku tuduk patuh kepada Tuhan semesta alam” (Al Baqarah : 131) Dan Allah berfirman dalam mengisahkan Yusuf : ّ َ ْ َ ِ َ ْ َ َ ِ ِ ْ ُ ْ َ ِ َ ْ َّ ِ ِ ِ ْ َ َ ِ ِ َ َ ِ َ َ َ ّ ِ َ ْ َ ِ ‫ض لر وا ات السماو فاطر حاديث ال تأويل من علمتني و الملك من آتيتنيقدرب‬ ‫بالصاِلحين وَأْلحقني مسِلما توفني خرة وال نيا الد في وليي‬ ّ َِ ِ ّ َ ُ َ ِ َ ِ ِ ّ َ َ ً ْ ُ ِ ْ ِ َ َ ِ ّ ِ “Ya Tuhanku. Ishaq.(Yunus : 72) Mengenai Nabi Ibrahim. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya`. Menurut Al-Qur’an. ketaatan dan kepatuhan merupakan makna islam. Penamaan agama islam bagi para nabi didasarkan kepada firman Allah. aku tidak meminta upah sedikitpun dari padamu. Upahku tidak lain hanyalah dari Allah belaka. yaitu : ‫قولوا آمنا بال وما أنزل إلينا وما أنزل إلى إبراهيم وإسماعيل وإسحاق ويعْقوب والسباط وما أوتي موسى وعيسى‬ َ ِ َ َ ُ َ ِ ُ َ َ ِ َ ْ َْ َ َ ُ َ َ َ َ ْ َِ َ ِ َ ْ َِ َ ِ َ ْ ِ َِ َ ِ ْ ُ َ َ َ ْ َِ َ ِ ْ ُ َ َ ّ ِ ّ َ ُ ُ ِ َ ُ ِْ ُ ُ َ ُ ْ َ َ ْ ُ ْ ِ ٍ َ َ َ ْ َ ُ ّ َ ُ َ ْ ِ ّ َ ْ ِ َ ّ ِ ّ َ ِ ُ َ َ ‫وما أوتي النبيون من ربهم ل نفرق بين أحد منهم ونحن له مسلمون‬ Katakanlah (hai orang-orang mukmin): `Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami. Secara bahasa.

Pencipta langit dan bumi. jika kamu beriman kepada Allah.”(Yusuf: 101) Berkenaan dengan Nabi Musa Allah berfirman : َ َ َ ٰ َ ُ ْ َ َٰ ُ َ َ ُْ ُ ‫ءامنتم كنتم إن يقوم موسى وقال‬ ِ ِ َّ ‫ِبٱلله‬ ِ َّ َ ُ َ َ ْ ُّ ْ‫ميَنمسل كنُتم إن َتوكُلوٓ۟ا فعَلي‬ ‫ه‬ ِ ِ ِ ِ “Berkata Musa: "Hai kaumku.“(Ali Imran :52) Allah mengutus Rasul penutup pembawa agama islam. dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri. Yunus(10):84 Tentang Nabi Isa Al-Qur’an mencatat : ّ ‫ِم َ َح‬ ‫بأنا ٱشهد و بٱل ءامنا ٱل أنصار نحن يون ٱلحوار قال ٱل إل أنصارى من قال ٱلكفر منه ُ عيسى أ َس‬ ٰ ُ ْ ِ َ ْ ُ ْ َ َ ْ َ ِٓ ‫ّ َ َ ُ َ ْ ُ ّ َ ْ َ َ ِ َ َ ّ َِ َ ى‬ َ ِ ِ َّ َ ّ ِ َ ْ َ ْ ِ ّ َِ َ َّ ‫فَل‬ ‫ما‬ َ ُ ِْ ُ ‫مسلمون‬ “Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani lsrail) berkatalah dia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?" Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: "Kamilah penolongpenolong (agama) Allah. maka bertawakkallah kepada-Nya saja. sebagaimana firman-Nya : . yaitu Nabi Muhammad SAW. wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh. jika kamu benar-benar orang yang berserah diri". kami beriman kepada Allah. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat.

(Mereka kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Ia merupakan nilai dan etos yang membentuk sikap jiwa yang bebas dan kreatif dalam menunaikan tugas kemanusiannya. Yunus.“Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang sesudahnya. Keuniverslan islam membebaskan islam dari berbagai kekurangan dan kelemahan yang lebih membuktikan akan kebenarannya. Ya’qub dan anak cucunya. Ishaq. Keuniversalan konsep islam merupakan jawaban terhadap keterbatasan manusia dan pemikirannya yang temporal dan parsial. dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Keuniversalan ajaran agama islam pada hakekatnya terwujud dari hal yang paling mendasar dan pokok dari seluruh konsep islam. Karena keparsialan ini muncullah kekurang dan dari ketemporalan lahirlah kegoyahan yang menuntut perubahan-perubahan. dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim. penekana. Konsep tauhidullah adalah konsep khas islam dan menjadi azas yang paling esesnsial dalam seluruh sistem islam yang dapat melahirkan jiw akaum muslimin merdeka dari intervensi. Isma’il. di mana setiap kurun waktu dan perkembangan peradaban manusia senantiasa dapat dijawab dengan tuntas oleh ajaran islam melalui Al-Qur’an sebagai landasannya. Harun dan Sulaiman. Keabadian dan keaktualan islam telah dibuktikan sepanjang sejarahnya. Dan (kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.” (An-Nisa`: 163-165) Dan rangkaian ayat diatas tampaklah bahwa agama islam adalah agama yang diturunkan Allah kepada manusia melalui para Rasul dan pada saat terkhir agama ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. dan intimidasi manusia lain. Ayyub. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Jadi islam dalam pengertian yang peling baru dan sempurna merupakan ajaran dan wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. ‘Isa. Ajaran islam bersifat universal dan berlaku setiap zaman. Dlam pada itu tauhid . Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung. yaitu keyakinan akan keesaan Allah atau tauhidullah.

memberikan pemenuhan kebutuhan jasmani sekaligus kebutuhan rohani.at islam yang menafikan kodrat tersebut. Dalam konsep ini berarti islam tidak membutuhkan penyempurnaan atau penambahan dari luar. Tujuan syari’at islam yang sangat menonjol adalah meneguhkan nilai-nilai kemanusian yang sehat. agar tercipta hak yang menjamin kebahagian di dunia dan akherat. Dengan demikian di dalam konsep ialma kematian adalah pembuka kearah kebaikan dan buka suatu tragedy yang perlu ditakutkan. Jadi kehidupan dlam islam menyimpan optimism menyambut masa depan dengan penuh harapan. karena ia adalah ciptaan Allah sehingga akan sesuai denganya apapun yang diciptakan Allah. mahkluk Allah. Penolakan terhadap konsep islam berarti pengingkaran terhadap nilai dan makna kemanusiaannya. Tauhidullah melahirkan prinsip keseimbangan dan harmoni. Syari’at islam yang datang dari Allah itu ditujukan kepada manusia. Dari tauhidullah ini lahir pula konsep islam selanjutnya berupa integralitas dan kesempurnanaan. Karena itu tidak heran jika syari’at islam sesuai dengan kodrat kemanusiaan dan tidak ada satupun ajaran syari. yaitu mencakup kehidupan hari ini dan hari esok (dunia dan akherat).melahirkan pada ketundukan. member perhatian terhadap individu maupun manusia dengan mahkluk lainnya termasuk dengan lingkungannya. Dengan demikian tujuan yang dibimbing oleh syari’at islam bukan hanya tujuan yang bersifat sementara. kepasrahan dan ketaatan tanpa reserve terhadap undang-undang dan peraturan-peraturan Allah. termasuk didalamnya manusia sebagai sasaran dari konsep islam. karena kapasitas manusianya yang telah disesuaikan dengan beban dan bobot syari’at. Karena tertanamnya keimanan. maka realisasi syari’at islam dalam kehidupan manusia telah terencana dengan sempurna sebagai perbuatan yang mampu dilakukan manusia. Aspekaspek yang berkenaan dengan hidup dalam bentuk nilai dan norma islam disebut syari’at. Dengan demikian penolakan manusia terhadap syari’at islam merupakan penolakan manusia terhadap kodrat asasi dirinya sendiri sebagai manusia. Di sini islam dpat lebih dipahami sebagai ajaran yang sesuai dengan atribut kemanusiaan. tetapi tujuan akhir(ultimategoal) berupa kebahagian yang abadi yang dipenuhi kebaikan di akherat. Keran sumber syari’at adalah Allah. .

kerukunan. Aslama-yuslimu. Agama Islam dan Ruang Lingkupnya a. aktifitas dan kreatifitas kemanusiaan dalam alam nyata. bukan imaginative. yang berarti berserah diri. tuntunan. hubungan manusia dengan alam dan hubungan manusia dengan khaliknya. Maksudnya agama Islam menganjurkan kepada pemeluknya untuk dapat mewujudkan perdamaian dan keamanan dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat. Kata Islam juaga berasal dari kata Assilm. Melalui kerealistisan inilah islam menghadapi alam yang berwujud realistis yang menjelmakan dan mendorong munculnya sikap. istilah Islam diambil dari bahasa Arab. artinya perdamaian.Ali Imron:83 dan QS. patuh dan taat kepada ajaran. yaitu kehidupan sehari-hari sebagai individu dan masyarakat di tengah-tengah lingkungan alamnya.. Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah kepada manusia melalui RasulNya. Definisi Islam Ditinjau dari segi ethimologi atau asal usul bahasa. (Achmad Abdullah Al Masdosy. tunduk. Karena itu dalam konsep islam tidak dapat dipisahkan antara keimanan yang abstrak dengan realitas indrawi yang kongkrit berupa tingkah laku yang dikenal dengan istilah amal shaleh. petunjuk dan peraturan hukum Allah SWT QS. Metode dalam mengkaji Islam Menurut Nasrudin Razaq (1989:49) dalam bukunya Dienul Islam.Konsep islam berhubungan dengan realitas-relitas nyata dan menyakinkan yang tidak terlepas hakekat ilahi yang membekas dlam jejak-jejak nyata dan dapat diserap secara indrawi. dijelaskan bahwa ada empat metode atau cara mengkaji Islam yang benar. keamanan. hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam semesta. dalam buku Depag RI:2000). baik lahir maupun batin. b.An Nisa:125. Agama islam adalah risalah (pesan-pesan) yang diturunkan Allah kepada para nabi dan rasul sebagai petunjuk dan pedoman yang mengandung hukumhukum sempurna untuk dipergunakan dalam menyelenggarakan tata cara kehidupan manusia. yaitu mengatur hubungan manusia dengan manusia lainnya. yang berisi hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Allah. Islam menghendaki ralitas kongkrit. patuh. . Ditinjau dari segi terminologi/istilah. taat.

Islam harus dikaji dari kepustakaan Muslim atau sarjana Pada umumnya mereka orang-orang yang memiliki kemampuan pemahaman yang integral tentang Islam. yaitu dengan memasuki dan mendalami tasawuf dan melaksnakan ajaran-ajarannya secara Istiqomah. 3. Jangan mengkaji Islam dari kenyataan hidup atau realita umatnya. keawaman. Disamping cara tersebut. Pemahaman yang parsial terhadap Islam akan berakibat seperti hikayat pengenalan empat orang buta terhadap seekor gajah. yaitu Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah 2. kebodohan. yaitu pemahaman yang lahir dari ilmu yang dalam terhadap AL Qur'an dan Sunnah Rasulullah. masih ada cara lain yang lebih penting dalam mengkaji Islam secara benare. Islam harus dikaji secara integral. menjelaskan bahwa agama Islam mempunyai beberapa ciri khusus. kesalahn besar.1. 4. Apabila mengkaji Islam dari realita kehidupan umatnya. Jika kita mengkaji yang demikian itu. Memahami Islam hanya mengenal dari ulama-ulama dan pemeluk-pemeluknya atau mengenal Islam hanya dari kitab-kitab fikih orientit adalah suatu kekeliriuan. Islam harus dikaji dari sumber asli (Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah). banyak ditemukan umat Islam terbelakang dalam bidang pendidikan. maka dari itu Islam harus dikaji dari sumber asli. tetapi dari ajarannya yang komprehensif. Karakteristik Islam Menurut Yusuf Qordawi (1996:16) dalam bukunya Karakteristik Islam. . Yang dengan yang lainnya tidak ada yang sama persepsinya tentang gajah karena kebetulan yang diraba atau dipegang bagian yang berbeda dari gajah tersebut. Ini adalah permasalahan umum umat Islam di Indonesia. c. Apabila Islam dipelajari secara sebagian-sebagian saja dari ajarannya akan melahirkan pemeluk Islam yang ragu terhadap Islmanya dan akan dimungkinkan banyak timbul pertentangan dan kesalahpahaman dalam Islam. bukan parsial Islam harus dikaji secara integral artinya harus mempelajari Islam secara menyeluruh sebagai suatu kesatuan yang utuh tidak sebagian atau sepotongpotong saja. kemiskinan.

hubungan manusia dengan manusia. sedangkan menurut terminologi ialah kekuatan jiwa yang mendorong perbuatan-perbuatan dengan mudah dan spontan tanpa dipikir dan direningkan lebih dulu. janji. akan tetapi dapat memperhatikan kesimbangan kehidupan dunia dan akhirat. yaitu: 1. dan hubungan manusia dengan alam semesta. yaitu agama yang berlaku secara universal artinya agama yang berlaku bagi semua zaman. mengucapkan dengan lisan dan melaksankan dengan amal perbuatan. 3. Wasatiyah. Sedangkan menurut terminologi Syarial ialah norma yang mengatur hubungan manusia dengan Tugan melalui ibadah. yang artinya membenarkan dalam hati. 4. spiritual maupun material.1. 2. Syariah Menurut Etimologi Syariah:artinya jalan. Syumuliyah. aturan. Akidah Menurut ethimologi Akidah artinya : ikatan. dan semua tempat serta dapat diterima oleh semua manusia di dunia sampai akhir masa. yang membuat jiwa tenang dan menjadi kepercayaan yang bersih dari kebimbingan dan keragu-raguan. Akhlak Menurut etimologi Akhlak:budi pekerti. Rabbaniyah. hukum sunnah. 3. yaitu agama yang tujuan akhirnya adalah berhubungan dengan Allah. Ruang lingkup Ajaran Islam Endang Saifudin Anshory (1980:73) dalam bukunya Kuliah Al Islam mebagi ajaran Islam terdiri dari tiga bagian. Insaniyah. hukum mubah. yaitu agama yang bersifat moderat (pertengahan) artinya agama yang mengajarkan pada pemeluknya agar tidak condong pada kehidupan materi saja. bermanfaat untuk manusia itu sendiri. . huku makruh dan hukum haram. 2. d. Akidah didalam Al Qur'an disebut dengan Iman. semua kehidupan. sedangkan menurut terminologi Akidah adalah sesuatu yang mengharuskan hati membenarkannya. yaitu agama yang sesuai dengan jiwa manusia. Semua perintah dan larangannya. Hukum Syariah dalam Islam terdiri dari hukum wajib.

Bandung.Kuliah Al Islam.Grasindo .Karakteristik Islam.Jakarta.Bandung. 2000. 1996. Pustaka Salman.1996.Surabaya.Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam. Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum.2009. Jakarta.Nasrudin.Risalah Gusti Saifuddin Ansori.1980. Razak. Diuenul Islam.Yusuf. Wahyuddin dkk.Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.Daftar Pustaka Departemen Agama RI.PT. Al Ma'arif Qordawi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->