ULANGAN SEMESTER GENAP

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL-HIKMAH ANNAJIYAH TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012
Mata Pelajaran Hari/tanggal : Qurdis : ……………….. Nama Kelas : ………………… : VII

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang benar ! 1. Yang tidak termasuk hukum bacaan mim sukun ialah …. a. Idgham mutamatsilain b. Idgham bighunnah c. Idzhar syafawi d. ikhfa’syafawi

2. Mim sukun ( (‫م‬bertemu salah satu huruf hijaiyah selain mim (‫ )م‬dan ba’ (‫ )ب‬disebut … ْ ْ a. Idgham mutamasilain b. Idzhar syafawi c. ikhfa syafawi d. idzhar

3. ‫ لم يكن الذين كفروا‬kata yang di garis bawah termasuk bacaan … ّ a. Idgham mutamatsilain b. Idzhar syafawi c. ikhfa’syafawi d. ikhfa’ syafawi

4. Yang termasuk contoh bacaan ikhfa’ syafawi adalah … a. b.

‫لكم دينكم‬ ‫دينكم ولي دين‬

c.

‫هم شر البرية‬ ّ ّ ‫فأصبحتم‬

d. ‫بنعمته‬

5. Mim sukun (‫ )م‬bertemu ba (‫ )ب‬disebut … ْ a. Idgham mutamatsilain b. Idzhar syafawi c. ikhfa’ syafawi d. ikhfa’

6. Al-Bayyinah memiliki arti …

memusuhi nabi akhir zaman b. sikap saling menghargai 9. seruan. Sikap fanatik dan toleran adalah dua sifat yang … a. Dalam surah al-Bayyinah. Nabi akhir zaman dengan agama yang didakwahkan 8. Beriman kepada nabi akhir zaman c. Arti dakwah menurut bahasa adalah … a. tidak bisa dimiliki secara bersamaan apabila 10. kebangkitan Isa Al Masih d. Meninggalkan agama mereka sebelum d. Kegiatan yang mengajak b. mengganggu peribadatan orang islam Datang bukti yang nyata 11. Bani Ismail yang benci c. Sikap tenggang rasa b. Orang yang menjadi obyek dakwah disebut …. Selalu berlawanan b. Ajakan. orang-orang kafir dari ahli kitab dan musyrik menyatakan tidak akan a. Bani Israil yang ditunggu-tunggu b. Sikap fanatik c. berita bohong 7. bukti yang nyata d. sikap tolong menolong d. .a. mendekati perasamaan artinya d. Tidak selalu berlawanan c. memberi nasihat 12. dorongan d. Yang dimaksud “Al-Bayyinah” menurut surah al-Bayyinah ayat 1 ialah … a. Kabar gembira c. Orang-orang musyrik b. Toleransi adalah … a. dan panggilan c.

mendakwahkan islam d. mad’u d. Nahi ma’ruf b. Dipercaya masyarakat c. pelaksanaan tugas yang terpercaya 16. artinya … a. 3 dan 4 d. Hal ini sesuai dengan surah al-Lahab ayat . Pasti penuh resiko b. Mubaligh c. 4 15. Amar ma’ruf c. Manusia pilihan Allah SWT b.Istri Abu Lahab termasuk calon penghuni neraka. a. Tindakan tersebut tergolong …. Dai b. mengajak mereka untuk beragama d. Tidak dapat dipercaya b. situasi tidak mendukung . Rasulullah saw. Semata-mata menaati perintah Allah b. Dakwah harus dilaksanakan dengan secara ikhlas. 3 c. disebut seorang dai karena … a. Tanpa pamrih apa pun c. nahi munkar d.a. penyeru 13. sulit dilaksanakan d. Resikonya lebih berat c. a. mendakwahkan Islam 17.. Kurang menghargai agama mereka c.Seorang remaja di suatu kampung menghambat remaja lain untuk mendatangi pengajian. Mempengaruhi manusia untuk mengikuti paham kita d. karena beliau … a. Dakwah dengan nahi munkar harus lebih hati-hati daripada dakwah amar ma’ruf karena … a. 2 b. Masyarakat membenci Rasulullah saw. amar munkar 18. Sesuai misi dan visi organisasi dakwah 14.

19. Terciptanya kehidupan masyarakat yang rukun dan damai merupakan hikmah dari sifat … 8. Dakwah yang dilakukan dengan bijaksana bisa juga disbeut … a. Dakwah bil hikmah c. Dakwah yang lebih mengutamakan atau mengedepankan keteladanan disebut dakwah … 9. Rasulullah saw. Surat al-Kafirun diturunkan di … 5. Cara membaca bacaan idzhar syafawi adalah …. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar ! 1. Huruf ikhfa’ syafawi yaitu … 4. Dakwah bil hal b. Problematika dakwah yang terdapat dalam surah al-Lahab adalah … . Sikap fanatik terhadap ajaran agama disebut … 7. dakwah bil jidal d. muamalah 20. 2. Ibadah c. disebut seorang dai karena … 10. Cara membaca bacaan ikhfa’ syafawi adalah … 3. dakwah bil mu’idlah hasanah II. 6. Yang dimaksud orang kafir adalah orang yang …. Aqidah b. Toleran terhadap pemeluk agama lain (non islam) tidak berlaku dalam hal … a. aqidah dan ibadah d.

Jelaskan pengertian fanatik dan toleransi ! 4. Berilah contoh hukum bacaan mim sukun masing-masing dua contoh ! 3. Apa yang dimaksud dengan hukum bacaan mim sukun itu ? 2.III. Jelaskan pengertian dakwah menurut bahasa dan istilah ! 5. Apa yang dimaksud amar ma’ruf nahi munkar? Jelaskan disertai contoh! . Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar ! 1.

Lafadz ‫ “ " وارسل عليهم‬huruf ra’ sukun pada kalimat tersebut harus dibaca tebal karena … a. Huruf ra’ tafkhim biasanya huruf ra’ tersebut berharakat … a. Dalam hukum bacaan lam ada yang dibaca taghliz. Lafadz jalalah yang harus dibaca tafkhim apabila … a. tebal c. didahului huruf berharakat kasrah d. Boleh dibaca tafkhim dan tarqiq c.. kasrah b. Boleh dibaca sugra dan kubra b. b. dhammah c. fathah atau dhammah d. karena adanya sahabat Nabi yang menimbun harta c. Nama Kelas : ………………… : VIII I. boleh dibaca dengung dan tidak 3. Didahului huruf berharakat dhammah c. karena adanya para sahabat yang bertanya tentang harta . karena jatuh sesudah huruf wawu b. Jawajul wajhain. diwaqafkan 2. Berilah tanda silang (X) pada huruf a. sebelumnya ada huruf berharakat fathah 4. tipis b. karena adanya orang yang banyak harta b. boleh dibaca besar dan kecil d. Sesudahnya ada huruf sin d. artinya … a. Didahului huruf berharakat sukun b. sukun 5. c atau d di depan jawaban yang benar ! 1. boleh tipis/tebal d. dengung 6.ULANGAN SEMESTER GENAP SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL-HIKMAH ANNAJIYAH TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012 Mata Pelajaran Hari/tanggal : Qurdis : ………………. Taghliz menurut bahasa artinya … a. Sebelum hamzah wasal c. Di antara sebab-sebab turunnya surah al-Humazah adalah … a.

Surat at-Takatsur diturunkan di … a. Peringatan bagi orang-orang yang tidak mau beribadah 12. neraka yang bahan bakarnya batu b. yang dimaksud dengan neraka Khuthamah adalah …. Orang yang meriwayatkan hadits disebut … a. matan c. Madinah c. Surat at-Takatsur adalah surah yang ke … a. rawi d. rawi d. pengumpat d. a. matan c. hadits 13. neraka yang dalam dan bahan bakarnya manusia d. neraka dengan api yang menyala-nyala c. Peringatan bagi orang yang tidak suka sombong d. 102 b. pembohong c. Baghdad 10. Peringatan bagi orang yang hidup bermegah-megah b. 105 11. hadits . 104 d. 103 c. Urut-urutan orang yang meriwayatkan hadits disebut … a. Syiria d. Kata al-Humazah diambil dari ayat pertama yang berarti … a. sanad b. karena adanya tokoh Quraisy yang banyak harta dan terus menghina rasul 7. a. neraka yang panasnya sepadan dengan api dunia 9. Sanad b. Surat at-takatsur berisi tentang …. pencela b.d. Makkah b. penganiayaan 8. Peringatan bagi orang yang mencela dan mengumpat c.

Jadikanlah b. kecuali … a. hati menjadi sedih a. hati menjadi tentram d. Kehidupan akhirat c. amal buruk d. Surah al-Qashas ayat 77 berisi tentang …. Segala sesuatu itu adalah untuk kepentingan akhirat c. ibadah c. selalu mengingat Allah c. a. dibawah ini adalah perilaku menyeimbangkan hidup di dunia dan akherat. keseimbangan hidup di dunia dan akhirat d. hati menjadi gelisah 19. Aktivitas yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan didasari tuntunan Allah dan Rasul-Nya disebut … a. kehidupan dunia dan akhirat 17. berikanlah c. nikmat Allah . perbuatan b. amal sholeh 20. Segala sesuatu itu adalah datangnya dari Allah d. Segala sesuatu yang di miliki adalah hasil usahanya sendiri b. Sikap mencintai dunia adalah …. a.. selalu beramal shaleh c. selalu mengingat Allah b. senang kepada urusan dunia 15. memperbanyak amal saleh d. Segala sesuatu atas dasar kebetulan 18.14. lafaz ‫ وابتغ‬dalam Al-Qur’an surah al-Qashash ayat 77 mempunyai arti . hati menjadi senang b. a. carilah d. Lafadz ‫تطمئن القلوب‬ mempunyai arti … c. bertambahnya iman b. a. Surat ar-Ra’d ayat 28 menjelaskan tentang …. tunjukannlah 16. kehidupan alam barzah d. Kehidupan dunia b.

Orang yang punya prinsip hidup di dunia dan akhirat akan selalu mengingat … 10. 2.. ال الدار الخرة‬ Lafadz yang tepat untuk mengisi titik-titik di samping adalah … 9. Sikap mencintai dunia adalah … 8. Bunyi surat al-Baqarah ayat 201 adalah …. Berdasarkan hadits Rasul “Seorang muslim dengan muslim lainnya itu bagaikan …” Lanjutkan arti hadits di atas ! . Jelaskan pengertian tentang keseimbangan dunia dan akhirat ! 5. Dua qabilah Anshar yang menyombongkan diri dengan kekayaan dan kedudukan yaitu … dan … 7. Huruf ra’ pada kalimat ‫ وطور‬dibaca …. ‫وابتغ فيما ... Surat at-Takatsur terdiri dari atas … ayat dan diturunkan di … 6. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar ! 1. Ra’ yang dibaca tipis dan tebal disebut ra…. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar 1. III. Sebutkan ciri-ciri ra yang dibaca tafkhim dan tarqiq ! 2.II... Sebutkan pokok-pokok isi kandungan surah at-Takatsur ! 4. 4. Neraka khuthamah adalah … 5. Huruf isti’la ada … macam dan huruf nya di baca … 3. Jelaskan pokok-pokok isi kandungan surah al-Humazah ! 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.