»

Norma-norma dalam masyarakat

si

Dasar :

an hakekat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat.

ebutkan pengertian norma ebutkan macam-macam norma askan pentinya norma di masyarakat askan perbedaan norma berdasarkan sumber asal dan sanksinya

an

sehingga akhirnya dimasukkan dalam ah dinyatakan bersalah oleh pengadilan. lah sesuatu yang harus dikerjakan. berikut disajikan macam-macam norma yang syarakat. larangan dan sanksi. macam Norma dahkan kalian mempelajari tentang macam-macam norma. Larangan adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan. gan orang yang berprilaku negatif. berprilaku epada orang tua dan guru. Orang tersebut selayaknya akan mendapatkan sanksi atau hukuman. Sanksi adalah akibat n yang diberikan kepada seseorang yang melanggar norma.NORMA DI MASYARAKAT n Norma alian mendengar istilah norma? Norma-norma apa saja yang ada atau berlaku dalam masyarakat kita? Norma h atau aturan yang berlaku bagi segala tingkah laku manusia yang berisi perintah.NORMA. . tidak pernah datang terlambat. sebagai berikut: cam Norma - cam norma empat upa u diingat a. selalu tepat waktu. selalu mentaati peraturan sekolah. gkutan dapat saja melakukan perbuatan yang melanggar norma hukum. Siswa tersebut sepantasnya mendapatkan pujian dan g baik pula. berpakaian seragam dengan rapih dan bersih. selalu mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas-tugas dari guru dengan baik njadi siswa berprestasi dan membanggakan sekolahnya. yang dinyanyikan seperti syair atau nada lagu Ampar-ampar Pisang.

seperti terlihat r berikut: . maka yang terjadi adalah kekacauan. keributan. kerusuhan (tidak aman dan tidak tertib) at pada gambar berikut: rakat ada norma dan norma itu ditaati. maka akan tercipta kehidupan yang aman dan tertib.silaan panan ma hukum a yang melanggar anksi aati uji bisa mua ma yang ada macam norma yang berlaku dimasyarakat kita terdiri dari: ma Agama ma Kesusilaan ma Kesopanan ma Hukum ya Norma di Masyarakat rakat tidak ada norma.

itu keberadaan norma sangatlah penting dalam kehidupan bermasyarakat. norma dimasyarakat disebabkan karena norma tersebut mempunyai peranan berikut ini: at menciptakan kehidupan di masyarakat menjadi aman dan tertib mencegah terjadinya benturan kepentingan di masyarakat beri petunjuk/pedoman bagi setiap individu dalam menjalani kehidupan dimasyarakat Asal dan Sanksi Norma berlaku dimasyarakat kita ada 4. berbangsa dan bernegara. yaitu: ma Agama sumber asalnya dari Tuhan k). at pada gambar berikut ini: sanksinya berupa dosa (balasannya di akherat Contoh norma agama seperti .

ma Kesusilaan sumber asalnya dari hati nurani manusia sanksinya berupa penyesalan atau cilkan. Contoh perbuatan yang entangan dengan norma kesusilaan seperti terlihat pada gambar berikut ma Kesopanan sumber asalnya dari pergaulan manusia moohkan. panan sepert terlihat pada gambar berikut ini: sanksinya berupa Contoh norma .

Norma Hukum sumber asalnya dari negara/pemerintah njara/hukuman. m seperti terlihat pada gambar berikut ini: sanksinya berupa denda atau Contoh norma mbang untuk materi Norma-norma dalam Masyarakat : Toto Muharyadi : Drs.net. M. M.Pd. Sarkadi.Kom.Si : Wiwik Akhirul Aeni.. M.Kom : Nasehadin. ri a m ol Copyright © 2010 Edukasi.4. S. All rights reserved. S.Si : Anas Sabayasa.Kom : Wiwik Akhirul Aeni. M. .Kom : Wiwik Akhirul Aeni. M.