P. 1
rpp-geografi-sma-kelas-xii-semester-i

rpp-geografi-sma-kelas-xii-semester-i

|Views: 667|Likes:

More info:

Published by: Afief Prakoso Atmaja on Jun 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2014

pdf

text

original

BAB 1.

PETA DAN PEMETAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMA NEGERI 1 BERASTAGI : Geografi : XII (dua belas)/1 (satu) : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan : 1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan : - Menjelaskan kembali pengertian peta - Membedakan jenis-jenis peta - Menunjukkan komponen-komponen peta : 2 x 3 JP

Alokasi Waktu

A. Tujuan Pembelajaran Siswa mampu untuk: - Mengungkapkan kembali pengertian peta dari berbagai referensi - Membandingkan berbagai jenis peta - Mengidentifikasi komponen dan kelengkapan pada peta - Menjelaskan pengertian, jenis, dan manfaat proyeksi peta B. Materi Pembelajaran - Pengertian Peta - Jenis-jenis Peta - Komponen Peta C. Metode Pembelajaran Ceramah bervariasi, tanya jawab, inquiry, unjuk kerja, dan penugasan D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama 1. Kegiatan Pendahuluan  Memberi salam dan mengabsen  Guru menanyangkan contoh peta. 2. Kegiatan Inti  Guru menjelaskan pengertian peta dari berbagai ahli secara garis besar dengan menggunakan peta  Secara individu, siswa mencermati pengertian peta dari berbagai ahli dan membandingkan berbagai jenis peta.  Tanya-jawab tentang jenis-jenis peta. 3. Kegiatan Penutup  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.  Guru memberikan soal post test / pertanyaan mengenai materi yang telah dibahas. Pertemuan Kedua 1. Kegiatan Pendahuluan: 20 menit  Memberi salam dan mengabsen  Apersepsi materi: guru menayangkan peta dan menanyakan jenis peta yang ditayangkan tersebut.

10 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII

2. Kegiatan Inti: 70 menit  Guru ceramah bervariasi mengenai komponen peta.  Secara individu, siswa mengidentifikasi dan menunjukkan komponen-komponen peta pada peta yang telah disediakan.  Tanya-jawab tentang proyeksi peta.  Secara individu, siswa mengerjakan soal uji penguasaan materi hal 13. 3. Kegiatan Penutup: 45 menit  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.  Guru memberikan soal post test / pertanyaan mengenai materi yang telah dibahas. E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar - Buku sumber Geografi SMA XII IPS - Buku-buku penunjang yang relevan - Peta, Atlas, dan Globe - OHP atau Slide Proyektor - Internet F. Penilaian Pertemuan Pertama - Penilaian untuk post test. Soal post test: 1. Rumuskanlah pengertian peta dari berbagai ahli dengan bahasamu sendiri! (skor 2) 2. Jelaskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe! (skor 2) 3. Jelaskan perbedaan antara peta kuantitatif dan peta kualitatif! (skor 2) 4. Apabila kita ingin menggambarkan keadaan persebaran penduduk Indonesia, termasuk jenis peta apakah peta tersebut? (skor 1) 5. Dalam membuat peta, kemampuan apa sajakah yang harus dimiliki oleh pembuat peta? Jelaskan alasanmu! (skor 3) Skor total = 10 Kunci Jawaban 1. Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala. 2. Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala. Atlas merupakan kumpulan peta yang dibukukan. Globe adalah tiruan bola bumi dalam bentuk kecil. 3. Peta kuantitatif menggambarkan lokasi keberadaan suatu objek beserta besar nilai objek tersebut. Peta kualitatif hanya menggambarkan keberadaan suatu objek di lokasi tertentu. 4. Peta tematik berupa Peta Persebaran Penduduk Indonesia. 5. Pembuat peta harus menguasai 50% pengetahuan geografi, 30% seni, 10% matematika, dan 10% ilmu lainnya yang berhubungan dengan isi peta.

11 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII

Pertemuan Kedua - Penilaian untuk post test / pertanyaan. Soal post test: 1. Sebutkan komponen-komponen peta! Jelaskan dengan singkat komponen-komponen peta tersebut! (skor 5) 2. Jelaskan perbedaan penggunaan simbol titik, simbol garis, dan simbol luas dalam pemetaan! (skor 4) 3. Suatu peta diperbesar 25% dari ukuran sebenarnya. Apabila pada peta sebenarnya memiliki skala 1 : 100.000, hitunglah skala hasil perubahannya! (skor 2) 4. Pembuatan proyeksi peta dilakukan guna menghindari kesalahan-kesalahan dalam pemetaan. Jelaskan kesalahan yang ingin dihindari dalam pembuatan peta? (skor 3) 5. Proyeksi apakah yang paling cocok digunakan untuk menggambarkan daerah di sekitar ekuator? (skor 1) Skor total = 15. Nilai = [(15 x 2) / 3] Kunci Jawaban 1. Komponen-komponen peta antara lain sebagai berikut.  Judul Peta adalah nama peta yang ingin digambarkan.  Tanda Arah (orientasi) merupakan tanda yang berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin peta yang bersangkutan.  Legenda merupakan bagian peta yang memuat keterangan simbol-simbol yang digunakan di dalam peta.  Garis Astronomis adalah garis khayal yang mengelilingi bumi, terdiri atas garis lintang (paralel ) dan garis bujur (meridian).  Inset Peta adalah peta kecil yang menggambarkan posisi wilayah yang dipetakan dibandingkan wilayah sekitarnya yang lebih luas.  Tahun Pembuatan dan Sumber Peta  Simbol Peta berfungsi untuk menyederhanakan kenampakan alami objek-objek di muka bumi.  Skala Peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. 2. Simbol titik digunakan untuk menggambarkan persebaran suatu fenomena atau objek geografi. Simbol garis digunakan untuk menggambarkan batas administratif ataupun garis kontur. Simbol luas digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu data dianggap merata di suatu wilayah tertentu. 3. 25 % x 100.000 = 25.000. Jadi, skala peta yang baru adalah 1 : 25.000 4. Kesalahan-kesalahan yang ingin dihindari dalam pembuatan peta antara lain bahwa bentuk-bentuk di permukaan bumi tidak mengalami perubahan. Begitupun dengan luas dan jarak suatu tempat di permukaan bumi tidak mengalami penyimpangan setelah dihitung menggunakan skala peta. 5. Proyeksi Silinder.

Mengetahui, Kepala Sekolah/Yayasan ……………..

…………., …………………….. Guru Geografi

____________________________ NIP.

_________________________ NIP.

12 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII

Kegiatan Pendahuluan: 20 menit  Memberi salam dan mengabsen  Apersepsi materi: bersama-sama mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan ketiga.  Bersama-sama mendiskusikan tentang prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan.  Menarik kesimpulan kelompok. Tujuan Pembelajaran Siswa mampu untuk: .Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan . 2.  Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Kegiatan Inti: 100 menit  Secara mandiri. Setiap kelompok mendiskusikan peta tersebut dan membuat laporan hasil diskusi.  Secara individu. 13 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII .RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu : SMA NEGERI 1 BERASTAGI : Geografi : XII (dua belas)/1 (satu) : 1.Menganalisis peta dengan baik berdasarkan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan B. life skills. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit  Memberi salam dan mengabsen  Apersepsi materi: guru menjelaskan secara garis besar mengenai prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan. Kelompok lain diminta tanggapannya. siswa mencari prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan dari berbagai referensi di perpustakaan. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ketiga 1. Kegiatan Inti: 90 menit  Guru membagi kelas menjadi lima kelompok. diskusi.  Setiap kelompok menganalisis peta persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000 (Analitika hal 14). Metode Pembelajaran Ceramah bervariasi. 2. Kegiatan Penutup: 20 menit  Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan . Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan : . Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan : 1. tanya jawab.Menganalisis peta dengan baik : 2 x 3 JP A. Pertemuan Keempat 1. inquiry. 3.1. siswa mencermati prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan. Materi Pembelajaran .Prinsip Dasar Peta dan Pemetaan C. dan penugasan D.  Setiap kelompok diberi waktu 7 menit untuk mempresentasikan hasil diskusi masingmasing kelompok.

14 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII . Penilaian .. : Laporan hasil diskusi Rubrik Penilaian Diskusi Aspek yang dinilai Kemampuan mengidentifikasi masalah Kemampuan merumuskan masalah Kemampuan menganalisis masalah Kemampuan memecahkan masalah Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi Nilai rata-rata Komentar Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) Kriteria Penilaian: Nilai kualitatif Memuaskan Baik Cukup Kurang Nilai kuantitatif 4 > 80 3 68 .Buku sumber Geografi SMA XII IPS . Guru Geografi ____________________________ NIP.Bentuk tagihan : Unjuk kerja (diskusi).Internet F.79 2 56 .OHP atau Slide Proyektor . Sumber/ Bahan/ Alat Belajar .Buku-buku penunjang yang relevan .  Bersama-sama menarik kesimpulan materi. …………. Atlas.  Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. _________________________ NIP. Kegiatan Penutup: 25 menit  Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa..Peta. dan Globe .Teknik .. E.67 1 < 55 Mengetahui.3. Kepala Sekolah/Yayasan ……………. …………………….

Merumuskan data hasil pengukuran di lapangan . Kegiatan Pendahuluan: 10 menit  Apersepsi: guru menyampaikan tujuan diadakannya kunjungan ke Bakosurtanal.  Kelompok lain diminta menanggapi. Tujuan Pembelajaran Siswa mampu untuk: .2.Pendekatan model ICT dan life skills . 2. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan : . 15 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII . Kegiatan Penutup: 10 menit  Memberikan kenang-kenangan kepada Bakosurtanal sebagai ucapan terima kasih. Metode Pembelajaran .Membaca Peta C.Unjuk kerja dan pemberian tugas D. Kegiatan Inti: 115 menit  Secara berkelompok. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Kelima 1.  Setiap kelompok diberi waktu 20 menit untuk presentasi.Membuat peta wilayah hasil pengukuran di lapangan dengan baik .  Mencermati proses pemetaan yang dilakukan oleh Bakosurtanal.Menginterpretasi peta hasil pengukuran di lapangan B. Kegiatan Inti: 100 menit  Siswa mempresentasikan laporan hasil kunjungan Bakosurtanal. Materi Pembelajaran . Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan : 1. 3.Membuat peta hasil pengukuran di lapangan : 3 x 3 JP Alokasi Waktu A.  Melakukan pengamatan terhadap peta yang dibuat oleh Bakosurtanal. siswa melakukan wawancara kepada pegawai Bakosurtanal mengenai proses pembuatan peta. 2.Ceramah bervariasi .Membuat laporan hasil pengukuran di lapangan .Membuat Peta .Menggunakan alat-alat bantu pemetaan .RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMA NEGERI 1 BERASTAGI : Geografi : XII (dua belas)/1 (satu) : 1. Pertemuan Keenam 1.Melakukan pengukuran di lapangan . membuat laporan hasil kunjungan Bakosurtanal.Membuat laporan hasil pengukuran .  Apersepsi materi: tanya jawab mengenai langkah-langkah pembuatan peta. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit  Memberi salam dan mengabsen.  Penugasan kelompok.

Tugas ini dipresentasikan pada pertemuan berikutnya. 3. Kegiatan Inti: 115 menit  Guru membagi kelas menjadi empat kelompok.  Apersepsi materi: guru menanyakan kembali tentang langkah-langkah pembuatan peta. Kegiatan Inti: 100 menit  Setiap kelompok mempresentasikan laporan hasil pengukuran di lapangan dan menayangkan peta hasil pengukuran masing-masing. E.Teodolit.  Penugasan kelompok membuat laporan hasil pengukuran di lapangan dan memetakannya pada kertas kalkir. Pertemuan Ketujuh 1. Kelompok lain diminta menanggapi.  Secara berkelompok. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar . Penilaian  Teknik  Bentuk tagihan  Topik pembuatan peta! : Unjuk kerja : Laporan Wawancara : Wawancarailah pegawai Bakosurtanal mengenai proses Rubrik Penilaian Laporan Wawancara 16 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII . Kegiatan Pendahuluan: 15 menit  Memberi salam dan mengabsen. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit  Memberi salam dan mengabsen. Kegiatan Penutup: 20 menit  Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi kelompok.Bakosurtanal . siswa mempraktekkan langkah-langkah pembuatan peta wilayah sekolah dengan menggunakan alat bantu pemetaan. dan Globe .Buku-buku penunjang yang relevan . Setiap kelompok membuat kesimpulan masing-masing.Internet F. kalkir . 3.OHP atau Slide Proyektor . Pertemuan Kedelapan 1.  Bersama-sama menarik kesimpulan materi. Kegiatan Penutup: 10 menit  Guru memeriksa hasil pengukuran wilayah sekolah yang dilakukan oleh siswa. 2. Kegiatan Penutup: 20 menit  Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi kelompok. Atlas. kompas. 2.  Bersama-sama menarik kesimpulan materi.Peta.  Apersepsi materi: guru memberikan pengarahan cara menggunakan alat-alat yang dipakai dalam pembuatan peta.  Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk presentasi.Tape recorder . 3.Buku sumber Geografi SMA XII IPS .

Aspek yang dinilai Nilai Nilai kualitatif kuantitatif Deskripsi (Alasan) Kemampuan menyiapkan daftar pertanyaan Pertanyaan tepat sasaran dan tidak berputarputar Pengembangan pertanyaan saat wawancara Penggunaan bahasa yang baik dan benar saat wawancara Pencatatan hasil wawancara yang lengkap dan jelas Menuliskan hasil wawancara secara ringkas dan padat Nilai rata-rata Komentar Kriteria Penilaian: Nilai kualitatif Memuaskan Baik Cukup Kurang Nilai kuantitatif 4 > 80 3 68 . foto. hasil wawancara.67 1 < 55  Teknik  Bentuk Tagihan  Tema : Tugas Kelompok : Laporan Kunjungan ke Bakosurtanal : Langkah-langkah pemetaan Rubrik Penilaian Laporan*) Aspek yang dinilai Pengantar menunjukkan isi Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik Isi menjelaskan langkah-langkah pembuatan peta Isi menunjukkan data-data berupa gambar.79 2 56 . dan sebagainya sebagai bukti penjelasan tentang langkah-langkah pembuatan peta Isi disajikan dengan bahasa yang baik Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi Penutup disajikan dengan bahasa yang baik Nilai rata-rata Komentar Nilai Nilai kualitatif kuantitatif Deskripsi (Alasan) * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian wawancara!  Teknik : Unjuk Kerja 17 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII .

 Tagihan : Presentasi Laporan Kunjungan Bakosurtanal Rubrik Penilaian Presentasi Aspek yang dinilai Kemampuan mengidentifikasi masalah Kemampuan merumuskan masalah Kemampuan menganalisis masalah Kemampuan memecahkan masalah Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam presentasi Kerja sama dalam kelompok Nilai rata-rata Komentar Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian laporan!  Teknik  Bentuk Tagihan  Tema : Tugas Kelompok : Laporan Hasil Pemetaan Wilayah Sekolah : Langkah-langkah pemetaan Rubrik Penilaian Laporan*) Aspek yang dinilai Pengantar menunjukkan isi Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik Isi menjelaskan langkah-langkah pembuatan peta Isi menunjukkan data-data hasil pengukuran di lapangan Isi menunjukkan cara menggunakan alatalat pemetaan Isi disajikan dengan bahasa yang baik Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi Penutup disajikan dengan bahasa yang baik Nilai rata-rata Komentar Nilai Nilai kualitatif kuantitatif Deskripsi (Alasan) * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian wawancara!  Teknik  Tagihan : Unjuk Kerja : Presentasi Laporan Hasil Pemetaan Wilayah Sekolah 18 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII .

.Rubrik Penilaian Presentasi*) Aspek yang dinilai Kemampuan mengidentifikasi masalah Kemampuan merumuskan masalah Kemampuan menganalisis masalah Kemampuan memecahkan masalah Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam presentasi Partisipasi dalam presentasi Kerja sama dalam kelompok Nilai rata-rata Komentar Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) *Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian wawancara!  Penilaian Produk: membuat Peta Wilayah Sekolah Rubrik Penilaian Produk*) Aspek yang dinilai Kelengkapan komponen peta Kerapihan dan kejelasan isi peta Pemakaian warna yang sesuai Kebersihan dan kerapihan peta Nilai rata-rata Komentar * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian wawancara! Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) Mengetahui. Kepala Sekolah/Yayasan ……………. ……………………. …………. _________________________ NIP... 19 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII . Guru Geografi ____________________________ NIP.

Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan : 1.  Penugasan secara individu. membuat peta tematik mengenai persebaran penduduk di Kecamatan Makmur. portofolio. Tujuan Pembelajaran Siswa mampu untuk: .  Apersepsi materi: bersama-sama mengidentifikasi manfaat peta dan pemetaan.Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian . siswa mengerjakan Aktivitas hal.Memetakan hasil analisis lokasi industri dan pertanian B.Melakukan analisis pemanfaatan peta dalam menentukan lokasi industri dan pertanian . 20 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII . 2. Pertemuan Kesepuluh 1. Metode Pembelajaran Inquiry. dan penugasan D. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit  Memberi salam dan mengabsen. siswa menggali informasi tentang manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian.3.Menentukan Lokasi Industri dan Pertanian C.  Apersepsi materi:.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMA NEGRI 1 BERASTAGI : Geografi : XII (dua belas)/1 (satu) : 1. 3. unjuk kerja.  Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Kegiatan Penutup: 10 menit  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.Mengidentifikasi manfaat-manfaat peta dan pemetaan .Menganalisis lokasi industri dan pertanian melalui peta . Kegiatan Inti: 110 menit  Secara berkelompok.Membuat laporan hasil diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian : 2 x 3 JP Alokasi Waktu A. Kegiatan Inti: 100 menit  Secara mandiri. Materi Pembelajaran . 16 – 17 dalam bentuk karangan. Kegiatan Pendahuluan: 25 menit  Memberi salam dan mengabsen. Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta : . kemudian mendiskusikan pembagian wilayah tersebut (Aktivitas hal 17 – 19). Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Kesembilan 1. 2.

Penilaian  Teknik : Portofolio  Tagihan : Karangan Analitis  Tema : Berdasarkan peta tersebut.Buku-buku penunjang yang relevan . Atlas.Peta. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar .  Penugasan individu.Media cetak F.OHP atau Slide Proyektor . Kegiatan Penutup: 15 menit  Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi siswa.79 2 56 .67 1 < 55 21 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII . dan Globe . tentukan kegiatan ekonomi apakah yang dapat dikembangkan di wilayah tersebut? Apakah kegiatan yang berhubungan dengan pertanian atau industri? (Analitika hal 16 – 17) Rubrik Penilaian Karangan Aspek yang dinilai Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) Pengantar menunjukkan isi Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik Isi menunjukkan penjelasan tentang kegiatan ekonomi yang dapat dikembangkan pada wilayah yang digambarkan pada peta Isi menunjukkan analisis siswa terhadap lokasi industri dan pertanian pada peta Isi disajikan dengan bahasa yang baik Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap masalah tersebut Penutup disajikan dengan bahasa yang baik Nilai rata-rata Komentar Kriteria Penilaian: Nilai kualitatif Memuaskan Baik Cukup Kurang Nilai kuantitatif 4 > 80 3 68 . mengerjakan soal Evaluasi hal 20 – 22. Bersama-sama mendiskusikan pembagian wilayah pada peta yang telah tersedia.Internet .  Setiap kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi.Buku sumber Geografi SMA XII IPS .  Menarik kesimpulan bersama. 3.

c 6. Pilihan Ganda 1. a 9.21 (skor 1 s/d 10) .Essai dan Soal Terapan hal 22 (skor jawaban betul 3. a 7. mendekati skor 1) . b 10. a 3. 22 Buku Guru Geografi untuk SMA dan MA Kelas XII . c 2.Pilihan ganda hal 20 . a 4. e 8.Skala Sikap hal 22. Kunci Jawaban I. b 5. Teknik  Bentuk tagihan : Unjuk kerja : Diskusi Rubrik Penilaian Diskusi *) Aspek yang dinilai Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) Kemampuan mengidentifikasi masalah Kemampuan merumuskan masalah Kemampuan menganalisis masalah Kemampuan memecahkan masalah Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain Kemampuan penggunaan bahasa yang baik Keaktifan Nilai rata-rata Komentar * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!  Penilaian Produk: membuat Peta Persebaran Penduduk Kecamatan Makmur Rubrik Penilaian Produk*) Aspek yang dinilai Kelengkapan komponen peta Kerapihan dan kejelasan isi peta Pemakaian warna yang sesuai Kebersihan dan kerapihan peta Nilai rata-rata Komentar * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!  Penilaian Evaluasi Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) : .

2. dan pariwisata. Biayanya pun relatif murah. Essai 1. 4.  Tahun Pembuatan dan Sumber Peta  Simbol Peta berfungsi untuk menyederhanakan kenampakan alami objek-objek di muka bumi. Peta topografi wilayah Kalimantan Barat.  Legenda merupakan bagian peta yang memuat keterangan simbol-simbol yang digunakan di dalam peta. hasilnya adalah bidang datar yang terpotong-potong menjadi beberapa bagian. 5. pengusaha tersebut harus memperhatikan lokasi bahan baku dan daerah pemasaran.  Judul Peta adalah nama peta yang ingin digambarkan. Tujuan pembuatan peta antara lain untuk memberikan informasi yang dibutuhkan dalam perencanaan tata kota atau permukiman.  Inset Peta adalah peta kecil yang menggambarkan posisi wilayah yang dipetakan dibandingkan wilayah sekitarnya yang lebih luas.  Cara mekanis yang mudah dilakukan adalah dengan menggunakan peralatan sederhana seperti pantograph. III.  Cara optis. Perikanan. Hasil pengubahan ukuran peta dengan cara ini sangat tergantung pada kecermatan tangan pekerja di dalam menggerakkan alat.  Garis Astronomis adalah garis khayal yang mengelilingi bumi.  Cara fotografis biasanya dilakukan dengan menggunakan kamera reproduksi. tambak. Karena apabila peta berbentuk bola bumi langsung dipindahkan ke dalam bidang datar tanpa proyeksi. Kelebihan penulisan skala angka adalah mudah dibaca karena tertulis angkanya. terutama untuk daerah kutub. serta menyimpan data mengenai kenampakan yang ada di muka bumi. 3. maka skala harus dihitung kembali berdasarkan perbesaran peta tersebut.  Skala Peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. Namun. 2. tetapi biayanya mahal. dan optis. fotografis.  Tanda Arah (orientasi) merupakan tanda yang berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin peta yang bersangkutan. perlu diingat bahwa penyimpangan perubahan dengan cara ini cukup besar. Untuk mengembangkan usaha pakaian jadi. termasuk di dalamnya dengan menggunakan mesin fotokopi. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengubah ukuran peta antara lain dengan cara mekanis. 11 . 3. Soal Terapan 1. Hasil pengubahan dengan cara ini biasanya cukup bagus. Pengubahan ukuran peta dengan cara optis sangat mudah dilakukan.II. terdiri atas garis lintang (paralel ) dan garis bujur (meridian). Angka skala yang terbaru harus ditulis ulang setelah terjadi perubahan. Adapun kekurangannya adalah apabila terjadi pengecilan atau pembesaran peta. Komponen kelengkapan peta. Lokasi bahan baku dan daerah pemasaran jangan sampai menambah biaya produksi dan biaya angkut agar harga jual pakaian tersebut dapat ditekan.

Guru Geografi ____________________________ NIP.67 1 < 55 Mengetahui. …………………….79 2 56 .IV. Skala Sikap Rubrik Penilaian Skala Sikap Aspek yang dinilai Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) Pemahaman tentang materi Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis Nilai rata-rata Komentar Kriteria Penilaian: Nilai kualitatif Memuaskan Baik Cukup Kurang Nilai kuantitatif 4 > 80 3 68 . 12 . _________________________ NIP. Kepala Sekolah/Yayasan ……………. …………....

Kegiatan Pendahuluan: 20 menit  Memberi salam dan mengabsen. Materi Pembelajaran . Kegiatan Penutup: 25 menit  Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dipahami.  Apersepsi materi: Guru menjelaskan secara garis besar mengenai penginderaan jauh dengan menggunakan peta konsep.Mengidentifikasi pemanfaatan penginderaan jauh : 3 x 3 JP Alokasi Waktu A.Membandingkan macam-macam citra penginderaan jauh . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Kesebelas 1. dan penugasan.Mengidentifikasi bentang alam dan bentang budaya dalam citra penginderaan juah B.  Bersama-sama mereview materi yang telah dibahas.  Penugasan individu. inquiry.BAB 2.Unsur-unsur Citra Penginderaan Jauh . siswa menjelaskan pengertian penginderaan jauh dari berbagai ahli (hal 25).Menyebutkan manfaat penginderaan jauh . life skills. Metode Pembelajaran Tanya jawab.1.Mendeskripsikan pengertian penginderaan jauh dari berbagai ahli . PENGINDERAAN JAUH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMA NEGERI 1 BERASTAGI : Geografi : XII (dua belas)/1 (satu) : 2. 2. 3.  Guru ceramah bervariasi tentang unsur-unsur penginderaan jauh.Pemanfaatan Penginderaan Jauh . Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) : 2.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.Pengertian Penginderaan Jauh .  Guru menayangkan contoh citra penginderaan jauh  Tanya jawab tentang penginderaan jauh.  Menarik kesimpulan materi. diskusi jigsaw.Identifikasi Bentang Alam dan Bentang Budaya C. mencari citra penginderaan jauh dari berbagai sumber dengan mencantumkan sumber. D. Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh : . Tugas ini diinterpretasi pada pertemuan berikutnya. Tujuan Pembelajaran Siswa mampu untuk: . 13 .Menjelaskan pengertian penginderaan jauh . Kegiatan Inti: 90 menit  Secara individu.Membedakan unsur-unsur penginderaan jauh .Mengidentifikasi unsur-unsur penginderaan jauh .

E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar . 2. menginterpretasi citra secara manual atas dasar gambar yang ada pada citra.OHP atau Slide Proyektor .  Penugasan kelompok. Kegiatan Penutup: 10 menit  Bersama-sama menarik kesimpulan materi.  Kelompok lain diminta menanggapi. Pertemuan Ketiga belas 1.  Secara individu.38.  Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk presentasi.Buku-buku penunjang yang relevan . dilakukan berdasarkan ciri-ciri yang terekam oleh sensor.  Diskusi jigsaw tentang pemanfaatan penginderaan jauh dalam berbagai bidang di Indonesia. 2.Internet F. Kegiatan Inti: 105 menit  Setiap kelompok mempresentasikan makalah mengenai pemanfaatan penginderaan jauh dalam berbagai bidang di Indonesia. Kegiatan Inti: 90 menit  Siswa mengidentifikasi kenampakan yang tergambar pada citra. 3. Kegiatan Pendahuluan: 25 menit  Memberi salam dan mengabsen.  Menarik kesimpulan materi. Tugas ini dipresentasikan dan didiskusikan pada pertemuan berikutnya. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.Pertemuan Kedua belas 1. membuat makalah mengenai pemanfaatan penginderaan jauh dalam berbagai bidang di Indonesia.  Apersepsi materi: guru menjelaskan secara garis besar mengenai interpretasi citra penginderaan jauh. Penilaian  Teknik  Bentuk tagihan : Tanya Jawab : Uraian 14 . 3.Peta Konsep .  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.  Apersepsi materi: tanya jawab tentang macam-macam citra penginderaan jauh. mengerjakan soal Evaluasi hal 36 . Kegiatan Penutup: 15 menit  Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.Peta . Kegiatan Pendahuluan: 15 menit  Memberi salam dan mengabsen.Citra Penginderaan Jauh .  Penugasan individu.Buku sumber Geografi SMA XII IPS .

79 2 56 . Jenis tagihan Bentuk tagihan Bahan diskusi : Unjuk kerja : Interpretasi Citra : Interpretasikanlah citra yang kamu dapatkan dari berbagai sumber.Rubrik Penilaian Tanya Jawab Aspek yang dinilai Kemampuan mengidentifikasi masalah Kemampuan merumuskan masalah Kemampuan menganalisis masalah Kemampuan memecahkan masalah Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam tanya jawab Keaktifan Nilai rata-rata Komentar Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) Kriteria Penilaian: Nilai kualitatif Memuaskan Baik Cukup Kurang Nilai kuantitatif 4 > 80 3 68 . amatilah unsur-unsur penginderaan jauh yang terdapat pada citra tersebut! Rubrik Penilaian Interpretasi Citra *) Aspek yang dinilai Kelengkapan data-data yang diperlukan dalam menginterpretasi citra Ketepatan dalam menginterpretasi citra penginderaan jauh Kemampuan mengidentifikasi unsurunsur penginderaan jauh dengan tepat Kemampuan penggunaan bahasa yang baik Nilai rata-rata Komentar Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab! 15 .67 1 < 55 2.

Jenis tagihan Bentuk tagihan Bahan diskusi : Tugas kelompok : Makalah : Pemanfaatan penginderaan jauh dalam berbagai bidang di Indonesia Rubrik Penilaian Makalah*) Aspek yang dinilai Kemampuan mengidentifikasi masalah Kemampuan merumuskan masalah Kemampuan menganalisis masalah Kemampuan memecahkan masalah Kemampuan menyusun makalah secara sistematis Kelengkapan makalah disertai dengan gambar dan daftar pustaka Penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam penulisan makalah Orisinalitas makalah Nilai rata-rata Komentar Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab! 4.3. Jenis tagihan Bentuk tagihan Bahan diskusi : Unjuk kerja : Diskusi jigsaw : Pemanfaatan penginderaan jauh dalam berbagai bidang di Indonesia Rubrik Penilaian Diskusi*) Aspek yang dinilai Kemampuan mengidentifikasi masalah Kemampuan merumuskan masalah Kemampuan menganalisis masalah Kemampuan memecahkan masalah Kemampuan mencari data Partisipasi dalam diskusi Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi Nilai rata-rata Komentar Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab! 16 .

dan klasifikasi pixel dalam satu citra ke dalam kelompok-kelompok. citra yang diperoleh akan lebih mudah diintegrasikan secara visual. 2. Wahana yang digunakan antara lain pesawat udara. dan asmoferik. Penilaian Evaluasi : . 4.37 (skor 1 s/d 10) . c 2. pertanian.  Sensor adalah alat pengindera yang dipasang pada wahana. 17 .Pilihan ganda hal 36 . dan balon udara.  Rektifikasi dan Restorasi Citra. Penajaman citra bertujuan untuk meningkatkan kualitas citra. Kunci Jawaban I. Langkah-langkah dalam analisis citra digital. c 5. meteorologi.citra foto merupkan hasil pemotretan foto udara. a II.  Wahana yaitu kendaraan pembawa alat pemantau. d 8. Pemanfaatan penginderaan jauh dapat dilakukan antara lain untuk keperluan sebagai berikut. yaitu tenaga alamiah berupa sinar matahari dan tenaga buatan. Proses ini hanya didasarkan pada beda nilai spektral. pesawat ulang alik. d 10. a 3. oseanografi. c 7. Restorasi atau pemulihan citra bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra dan mendapatkan kembali citra yang telah mengalami degradasi atau penurunan ke bentuk citra yang sesuai dengan aslinya. a 9. Essai 1. a 4. dan geologi. Citra non foto merupakan gambaran yang dihasilkan menggunakan sensor bukan kamera.  Citra (keluaran/ output) merupakan hasil keluaran atau gambaran yang terekam oleh sensor penginderaan jauh. Sedangkan citra non foto merupakan hasil perekaman satelit. Pemanfaatan hasil penginderaan jauh dapat digunakan dalam berbagai bidang antara lain bidang kehutanan. Tujuan koreksi adalah untuk menghilangkan kesalahankesalahan geometrik.  Tenaga (sumber energi) dibedakan menjdi dua. atmosfer. mendekati skor 1) . 3. Klasifikasi citra bertujuan untuk identifikasi. Citra foto adalah gambaran yang dihasilkan menggunakan sensor kamera.  Penajaman citra. d 6. radiometrik. Sensor berfungsi sebagai alat perekam objek yang sedang diamati.Skala Sikap hal 38. Komponen-komponen dalam sistem penginderaan jauh. hidrologi.  Zat Antara (atmosfer) mengandung gas-gas dan partikel yang memengaruhi intensitas pancaran cahaya dari sumber tenaga dan objek yang diamati.Essai dan Soal Terapan hal 37 (skor jawaban betul 3.  Objek penginderaan jauh dapat berupa sasaran di bumi. Pilihan Ganda 1. satelit. atau ruang angkasa. geomorfologi. Melalui proses penajaman.  Klasifikasi citra. Rektifikasi (pembetulan dan koreksi) data perlu dilakukan terhadap data mentah satelit pada awal pengolahan. evaluasi.

pencemaran laut. Identifikasi dapat dilakukan dengan memantau warna air laut di Teluk Jakarta tersebut. baru kemudian dipetakan.  Dalam bidang hidrologi. Informasi 5.  Penarikan informasi linier dapat diinterpretasikan dalam bentuk pola garis. pemantauan luas daerah.  Bidang geofisika. dan intensitas banjir. partikel terlarut.  Ukuran berhubungan dengan skala foto. Ukuran kenampakan suatu benda pada citra biasanya dibandingkan dengan ukuran lainnya. sedimentasi sungai. Penginderaan jauh digunakan untuk memetakan distribusi sumber daya alam. terutama dalam penanganan masalah polusi air di daerah perairan laut atau danau.  Pemodelan biofisik adalah perekaman data pada kenampakan lingkungan biotik dan gejala yang diukur pada permukaan tanah. III. tutupan awan dan temperatur permukaan. 3. Soal Terapan 1. penginderaan jauh dapat dimanfaatkan untuk pemantauan daerah aliran sungai. ukuran. linier ini biasanya digunakan dalam menarik informasi berbentuk struktur garis/ linier dalam citra. yaitu bentuk.  Bentuk merupakan konfigurasi atau kerangka suatu objek yang dapat mempelihatkan kesan benda yang sedang diidentifikasi sesuai dengan kenampakan pada foto udara.  Rona merupakan tingkat kegelapan atau kecerahan objek yang terekam pada citra hitam-putih. lebih baik digunakan citra penginderaan jauh.  Situs merupakan posisi suatu objek relatif terhadap objek lainnya. konsentrasi ozon. objek dikenali berdasarkan ciri spasialnya. relief dasar laut. 2. tumpahan minyak. bahan tambang.  Pola merupakan hubungan susunan keruangan suatu objek yang sedang diidentifikasi.  Bayangan dapat mempermudah penafsiran kenampakan suatu objek yang diidentifikasi. hutan. atau plankton. Dalam menginterpretasi foto udara. pemetaan sungai. Melakukan pemantauan kualitas air melalui penginderaan jauh. pencemaran udara.  Tekstur merupakan perubahan tingkat kecerahan atau kegelapan pada citra. Warna perairan sangat dipengaruhi oleh penyerapan dan pemantulan terhadap molekul air. Pengenalan wilayah potensial ini dilakukan dengan menganalisis citra satelit. persebaran debu vulkanik. .  Pengenalan wilayah potensial sebagai tujuan wisata pesisir. serta memantau aktivitas gunung berapi. Pemantauan kualitas air. Karena melalui citra penginderaan jauh persebaran daerah banjir lebih mudah dan akurat untuk diketahui dan dianalisis. pola. Untuk mengidentifikasi citra baik secara manual maupun secara digital digunakan tujuh karakteristik dasar citra foto sebagai berikut. tekstur. Dalam upaya memantau daerah banjir dan memetakannya.

. Guru Geografi ____________________________ NIP. Kepala Sekolah/Yayasan ……………. ……………………..IV.. Skala Sikap Rubrik Penilaian Skala Sikap Aspek yang dinilai Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) Pemahaman tentang materi Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis Nilai rata-rata Komentar Kriteria Penilaian: Nilai kualitatif Memuaskan Baik Cukup Kurang Nilai kuantitatif 4 > 80 3 68 .79 2 56 . …………. _________________________ NIP.67 1 < 55 Mengetahui. .

Tahapan Kerja dalam SIG .Mengidentifikasikan sumber data SIG .Mengidentifikasikan komponen-komponen pada SIG . Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) : 2. inquiry. Materi Pembelajaran . portofolio. siswa membaca buku dan mencermati komponen-komponen SIG.Mengidentifikasikan manfaat-manfaat SIG dalam berbagai bidang B.Menjelaskan pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG) .Mengaplikasikan SIG dalam kajian geografi .  Secara mandiri. Tujuan Pembelajaran Siswa mampu untuk: .Mengidentifikasikan manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi : 5 x 3 JP Alokasi Waktu A. life skills.Merumuskan pengertian SIG dari berbagai referensi . unjuk kerja. .BAB 3.Pengertian SIG . dan penugasan D.Pemanfaatan SIG dalam kajian geografi C.Penerapan SIG dalam kajian geografi .  Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan Inti: 100 menit  Siswa secara individu. mencermati pengertian SIG dari berbagai referensi.2.Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG .Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG . SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMA NEGERI 1 BERASTAGI : Geografi : XII (dua belas)/1 (satu) : 2.Melakukan kegiatan meng-overlaykan peta transparansi . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Keempat belas 1.Mengidentifikasikan komponen-komponen pada SIG .Melakukan praktek overlay peta transparansi ke kertas kalkir . tanya jawab.  Tanya jawab tentang komponen-komponen SIG.Komponen SIG . 2. Metode Pembelajaran Ceramah.  Merumuskan pengertian SIG dengan menggunakan bahasa masing-masing berdasarkan berbagai pendapat ahli. Kegiatan Pendahuluan: 25 menit  Memberi salam dan mengabsen. dan menceritakan tentang kebutuhan informasi geografis sekarang ini.Mengaplikasikan SIG dalam kajian geografi . Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis : .

 Apersepsi materi: guru menjelaskan pemanfaatan SIG dalam berbagai bidang. Pertemuan Kelima belas 1. Kegiatan Penutup: 10 menit  Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.  Menarik kesimpulan materi.  Apersepsi materi: tanya jawab tentang tahapan-tahapan kerja dalam SIG. Kegiatan Penutup: 60 menit  Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa. Pertemuan Ketujuh belas 1. Kegiatan Inti: 100 menit  Secara berkelompok. 52). Analisis ini dibuat dalam bentuk karangan analitis. Pertemuan Keenam belas 1. kemudian menyimpulkan hasil overlay tersebut (Aktivitas hal 52). 2. Tugas ini dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.  Setiap kelompok mengidentifikasi manfaat-manfaat SIG dalam berbagai bidang. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit  Memberi salam dan mengabsen. Kegiatan Penutup: 15 menit  Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa. .  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.  Penugasan kelompok.  Apersepsi materi: guru menanyakan tahapan kerja dalam penginderaan SIG secara konvensional. kepadatan penduduk.  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing.  Setiap kelompok menarik kesimpulan masing-masing. Kegiatan Inti: 100 menit  Secara berkelompok. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit  Memberi salam dan mengabsen. Kegiatan Pendahuluan: 20 menit  Memberi salam dan mengabsen.  Diskusi jigsaw tentang pemanfaatan SIG dalam berbagai bidang. melakukan overlay peta transparansi dan mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG. dan curah hujan di daerah pada peta tersebut (Aktivitas hal.3. 3. 2. Kegiatan Inti: 60 menit  Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. 58). 2.  Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas. 3. morfologi.  Mempresentasikan hasil diskusi siswa mengenai identifikasi peta komposit yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok.  Setiap kelompok membuat kesimpulan kelompok masing-masing. Kegiatan Penutup: 200 menit  Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa. mencari informasi dari peta komposit yang telah kelompok buat mengenai karakteristik temperatur. 3. mendiskusikan tahapan-tahapan pengerjaan SIG yang harus dilakukan agar perusahaan tekstil dapat menentukan lokasi industri yang tepat (Aktivitas hal.

2.Media cetak F.  Apersepsi materi: guru menjelaskan tentang sumber data dalam identifikasi SIG.OHP atau Slide Proyektor . siswa mengerjakan soal evaluasi (hal 59 – 60) dan evaluasi semester 1 (hal 61 – 64).  Menarik kesimpulan materi. Kegiatan Inti: 100 menit  Secara individu. Kegiatan Pendahuluan: 20 menit  Memberi salam dan mengabsen.Internet .Buku sumber Geografi SMA XII .  Siswa bertanya mengenai materi selama satu semester yang kurang dimengerti. E.Foto udara .Peta .Buku-buku penunjang yang relevan . 3.Sumber data SIG .Gambar atau chart SIG .Hardware dan Software SIG . Kegiatan Penutup: 15 menit  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Penilaian  Teknik  Bentuk tagihan  Tema : Tanya Jawab : Uraian : Pengertian dan Komponen-komponen SIG Rubrik Penilaian Tanya Jawab Aspek yang dinilai Kemampuan mengidentifikasi masalah Kemampuan merumuskan masalah Kemampuan menganalisis masalah Kemampuan memecahkan masalah Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam tanya jawab Keaktifan Nilai rata-rata Komentar Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) .Pertemuan Kedelapan belas 1. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar .

dan curah hujan di daerah pada peta tersebut (Aktivitas hal.Kriteria Penilaian: Nilai kualitatif Memuaskan Baik Cukup Kurang Nilai kuantitatif 4 > 80 3 68 .67 1 < 55  Penilaian Produk: membuat Peta Komposit Rubrik Penilaian Produk*) Aspek yang dinilai Kelengkapan komponen peta Kerapihan dan kejelasan isi peta Pemakaian warna yang sesuai Kebersihan dan kerapihan peta Nilai rata-rata Komentar * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!  Jenis tagihan  Bentuk tagihan  Bahan diskusi Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) : Unjuk Kerja : Diskusi : Identifikasi peta komposit mengenai karakteristik temperatur. 52). Rubrik Penilaian Diskusi Aspek yang dinilai Kemampuan mengidentifikasi masalah Kemampuan merumuskan masalah Kemampuan menganalisis masalah Kemampuan memecahkan masalah Partisipasi dalam diskusi Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi Nilai rata-rata Komentar Nilai kualitatif Nilai Kuantitatif Deskripsi (Alasan) * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab! . kepadatan penduduk.79 2 56 . morfologi.

 Jenis tagihan  Bentuk tagihan  Bahan diskusi : Portofolio : Karangan Analitis : Manfaat-manfaat SIG dalam berbagai bidang Rubrik Penilaian Karangan Aspek yang dinilai Pengantar menunjukkan isi Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik Isi menunjukkan penjelasan tentang manfaat-manfaat SIG dalam berbagai bidang Isi menunjukkan contoh-contoh pemanfaatan SIG dalam berbagai bidang Isi disajikan dengan bahasa yang baik Penutup memberi kesimpulan akhir Penutup disajikan dengan bahasa yang baik Nilai rata-rata Komentar Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!  Jenis tagihan  Bentuk tagihan Bahan diskusi Rubrik Penilaian Diskusi Aspek yang dinilai Kemampuan mengidentifikasi masalah Kemampuan merumuskan masalah Kemampuan menganalisis masalah Kemampuan memecahkan masalah Partisipasi dalam diskusi Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi Nilai rata-rata Komentar * Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab! : Unjuk Kerja : Diskusi : Manfaat-manfaat SIG dalam berbagai bidang Nilai kualitatif Nilai Kuantitatif Deskripsi (Alasan) .

Pilihan Ganda 1. Salah satunya adalah keterbatasan informasi yang bisa disajikan.Tahap editing . dan sebagai alat bantu pemahaman pada pembelajaran geografi.Pemasukan data nongrafis  Tahap Analisis . data yang dihasilkan SIG dapat dimanipulasi dengan cepat dan efisien.Essai hal 60 (skor jawaban betul 3.60 (skor 1 s/d 10) . a 5. Selain itu.Merancang siklus basis data  Tahap Pembuatan Peta . Selain memakan waktu yang lama dan biaya yang besar. 4. Essai 1. Tahapan pengolahan data menggunakan SIG yaitu sebagai berikut. mendekati skor 1) . Keuntungan penggunaan SIG adalah memudahkan dan mempercepat pemrosesan data geografis yang berhubungan dengan lokasi. peta yang dibuat dengan cara konvensional juga memiliki kelemahan lainnya. serta mampu mencari dan menunjukkan lokasi suatu objek dan memberikan keterangan mengenai obejk tersebut. sehingga dapat diubah kapan saja diperlukan. membuat sistem informasi pendidikan.Tahap anotasi . c 8.  Tahap Persiapan . .Tahap konversi . a 10. Penilaian Evaluasi : . menyajikan kecenderungan perubahan atau perkembangan suatu fenomena. 5. Karena banyak bidang kehidupan dan disiplin ilmu yang memerlukan informasi tentang ruang dan lokasi.Pilihan ganda hal 59 . a II. a 2. a 9. 3. akan mempermudah dalam pengolahan data yang berkaitan dengan segala bidang. Manfaat SIG antara lain sebagai berikut.Skala Sikap hal 60 Kunci Jawaban Evaluasi I.Kajian kebutuhan .  Bidang pendidikan: menentukan lokasi sekolah. Karena adanya peningkatan kebutuhan akan informasi geografis dalam bentuk peta ternyata tidak mampu lagi dipenuhi hanya dengan menggunakan cara-cara konvensional. mampu menganalisis pola suatu fenomena. Melalui penggunaan SIG. e 4.Penggabungan tersebut menghasilkan suatu peta baru atau peta komposit yang siap dianalisis lebih lanjut sesuai kebutuhan. 2. Hal ini disebabkan kemampuan SIG diantaranya mampu mencari lokasi yang memenuhi persyaratan atau kriteria tertentu. b 3. . c 7.Pemasukan data grafis .Melakukan penggabungan atau tumpang susun beberapa peta (overlay) suatu daerah dengan skala yang sama.Pemenuhan konsep dan rencana analisis . mampu membuat model keruangan.Tahap pembelian label . b 6.

Dengan demikian. IV. Soal Terapan 1. Bidang transportasi dan perhubungan: manajemen pemeliharaan dan perencanaan perluasan jaringan transportasi. analisis rawan kemacetan dan bahaya kecelakaan.  Bidang ekonomi: menentukan lokasi bisnis yang prospektif. pembuatan peta elektronik yang dihubungkan dengan radar yang akan mendeteksi kendaraan-kendaraan ataupun pesawat-pesawat militer musuh sebagai usaha pertahanan negara. Sementara daerah rawan tsunami dapat diidentifikasi dengan memantau daerah pesisir pantai dan melakukan pengamatan pasang surut air laut. Iya. Tahapan selanjutnya adalah pembuatan peta digital. Setelah itu. Hal-hal yang harus dilakukan Johan antara lain mempersiapkan kebutuhan informasi yang diperlukan. 2. Kemudian peta-peta tersebut di-overlaykan sehingga dihasilkan peta baru yang menunjukkan perbandingan luas lahan hijau dan permukiman penduduk. 3. tahap anotasi. dapat dilakukan mitigasi bencana alam. tahap editing. Setelah peta selesai dibuat.  Bidang telekomunikasi: perencanaan. dan analisis perluasan jaringan telekomunikasi. III. penentuan jalur transportasi yang efektif. Iya. tahap labelling. Skala Sikap Rubrik Penilaian Skala Sikap Aspek yang dinilai Pemahaman tentang materi Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis Nilai rata-rata Komentar Kriteria Penilaian: Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) . dan pemasukan data nongrafis. peta tematik yang dibutuhkan Johan adalah peta penggunaan lahan wilayah Depok sejak tahun 1995-an. Daerah rawan tanah longsor dapat diketahui melalui identifikasi daerah bervegetasi sedikit atau hutan gundul dengan kemiringan lereng yang terjal. pemeliharaan. serta inventarisasi jaringan transportasi. kemudian dilakukan analisis sesuai dengan kebutuhan. yaitu untuk mengetahui lokasi penempatan lembaga pendidikan yang tepat dan sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar. kemudian membuat konsep dan rencana analisis berupa penentuan peta-peta tematik yang dibutuhkan. Aplikasi SIG dapat digunakan dalam bidang pendidikan. Melalui SIG. Johan perlu melakukan perencanaan pengorganisasian data yang akan dimasukkan ke dalam sistem.  Bidang militer: penyediaan data spasial untuk analisis rute perjalanan logistik dan peralatan perang. antara lain pemasukan data grafis.

a 13. a 6. informasi.  Menurut Michael N.  Menurut Star. e 17. Pengertian sistem. d 19. c 11.  Sistem adalah sekumpulan objek. Demers. Sistem Informasi Geografis (SIG ) adalah sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat geografi. Pilihan Ganda 1.  Geografis yaitu persoalan mengenai bumi. e 20. d 3. b 22.Essai hal 64 (skor berbeda tiap bobot soal) Kunci Jawaban Soal Evaluasi Semester I I.Pilihan ganda hal 61 . c 4. a 12.63 (skor 1 s/d 25) . menyimpan.Nilai kualitatif Memuaskan B 3 68 aik 79 Nilai kuantitatif 4 > 80  Penilaian Evaluasi Semester 1 : . Essai 1. . e II. Sistem Informasi Geografis (SIG ) adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi berbagai informasi geografi. Definisi Sistem Informasi Geografis (SIG ) dari berbagai ahli. memeriksa. d 8. e 24. Untuk mencapai tujuan tersebut sistem terdiri atas sejumlah subsistem yang saling terkait. yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan atau sasaran bersama. b 7. menganalisis dan menampilkan data yang berhubungan dengan posisi suatu objek di permukaan bumi. Sistem Informasi Geografis (SIG ) adalah sistem komputer yang digunakan untuk mengumpulkan. d 21. a 9. a 23. dan SIG. e 10. a 16. ide.  Menurut Aronoff.  Informasi adalah analisis dan sintesis terhadap data. c 25. Sistem Informasi Geografis (SIG ) adalah sistem komputer yang digunakan untuk memasukkan. menyimpan. d 2. d 15. c 14. Informasi juga dapat dikatakan sebagai data yang telah diorganisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan. a 18. geografis.  SIG adalah suatu sistem berbasis komputer yang mampu melakukan pekerjaan mengumpulkan. memanipulasi. mengintegrasikan.  Menurut Rice. 2. mengintegrasikan. dan menganalisis berbagai informasi yang berhubungan dengan permukaan bumi. dan menganalisis suatu data geografis secara spasial. d 5. e 26.

 Proyeksi ekuidistan menunjukkan bahwa jarak yang melalui pusat peta memiliki panjang yang tetap. Jenis proyeksi berdasarkan distorsi (kesalahan yang ingin dihindari) antara lain sebagai berikut. Kondisi geografis yang digambarkan dengan simbol garis adalah objek geografis yang memiliki panjang. yaitu citra foto dan citra non foto atau citra satelit. peta pariwisata. Pemanfaatan data penginderaan jauh. Citra adalah hasil atau keluaran sistem penginderaan jauh. yaitu sebagai berikut. gedung. 8.  Keperluan Geologi. sehingga penampilannya menjadi lebih hidup. Contoh kondisi geografis yang berupa area adalah. Contoh peta umum.  Legenda merupakan bagian peta yang memuat keterangan simbol-simbol yang digunakan di dalam peta. Peta tematik adalah peta yang menggambarkan objek tertentu yang dibuat sesuai kebutuhan. misalnya kualitas udara yang berkenaan dengan pencemaran udara. dan rel kereta api. danau. seperti garis pantai.  Garis Astronomis adalah garis khayal yang mengelilingi bumi. dan peta Jawa Tengah. terdiri atas garis lintang (paralel ) dan garis bujur (meridian).  Inset Peta adalah peta kecil yang menggambarkan posisi wilayah yang dipetakan dibandingkan wilayah sekitarnya yang lebih luas. simbol peta terdiri atas empat jenis.  Tahun Pembuatan dan Sumber Peta  Simbol Peta berfungsi untuk menyederhanakan kenampakan alami objek-objek di muka bumi. dan kawasan industri. serta letak kota. penginderaan jauh dimanfaatkan untuk mengidentifikasi keadaan udara. dan peta curah hujan. Peta Umum adalah peta yang memberikan gambaran keadaan muka bumi yang sesungguhnya. dan bandara di suatu wilayah. hutan. Contoh penggunaan simbol titik adalah untuk menggambarkan bentukan alam berupa gunung. 5. jalan raya.  Proyeksi ekuivalen menunjukkan luas pada peta sama dengan luas di muka bumi.  Proyeksi konform menunjukkan sudut atau bentuk di permukaan bumi sama dengan bentuk pada peta. 6.  Simbol luas/ area.  Keperluan Meteorologi. Berdasarkan bentuknya. Simbol yang digunakan untuk memperlihatkan persebaran berbagai kenampakan di permukaan bumi. penginderaan jauh dimanfaatkan untuk mengetahui bentuk informasi linier berupa garis sesar atau patahan.  Simbol garis. Komponen kelengkapan peta.3.  Tanda Arah (orientasi) merupakan tanda yang berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin peta yang bersangkutan. sawah. Simbol area menunjukan adanya luasan dari sebuah objek geografis. 7.  Simbol volume merupakan simbol yang ditampilkan secara tiga dimensi. dan simbol luas. peta Republik Indonesia. sungai. antara lain peta dunia. simbol garis. Contoh peta tematik antara lain peta kepadatan penduduk. citra dibedakan menjadi dua jenis. . Simbol ini dapat merupakan perubahan bentuk dari simbol titik. 9.  Skala Peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi.  Judul Peta adalah nama peta yang ingin digambarkan.  Simbol titik. Berdasarkan wahana yang digunakan. 4.

temperatur permukaan. dan konsentrasi ozon.. analisis cuaca. _________________________ NIP.  Konvergensi bukti merupakan penggunaan beberapa unsur interpretasi citra sehingga ruang lingkupnya menjadi semakin sempit ke arah atau kumpulan tertentu. luas. berupa jarak.  Asosiasi merupakan keterkaitan antarobjek. ……………………. 10.Selain itu.  Tekstur merupakan frekuensi perubahan rona pada citra.  Bayangan dapat mempermudah penafsiran kenampakan suatu objek yang diidentifikasi. penginderaan jauh dapat digunakan untuk memantau kondisi iklim.  Skala foto  Bentuk atau gambar yang terdapat pada foto udara merupakan konfigurasi atau kerangka suatu objek. Mengetahui. pola angin.  Pola merupakan kecenderungan bentuk suatu objek. . tutupan awan. …………. Unsur-unsur yang digunakan dalam interpretasi citra antara lain sebagai berikut.  Ukuran merupakan atribut objek. tinggi. Guru Geografi ____________________________ NIP. kemiringan.  Rona merupakan tingkat kecerahan atau kegelapan suatu objek yang terdapat pada foto udara atau citra.  Situs merupakan posisi suatu objek relatif terhadap objek lainnya.. Kepala Sekolah/Yayasan ……………. Ukuran foto udara berkaitan dengan skala foto udara tersebut.. volume.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->