Manajemen Operasional

BAB I PENDAHULUAN

Bab I Pendahuluan Menurut Handoko (1993) manajemen produksi dan operasi merupakan usaha-usaha pengelolaan secara optimal penggunaan sumber daya (sering disebut dengan faktor produksi) seperti tenaga kerja. mesin. Money. Para manajer produksi dan operasi mengarahkan berbagai masukan (input) melalui proses transformasi menjadi keluaran (output) dalam jumlah. dan sebagainya sebagai input yang sering diringkas dalam istilah 5 M (Material. bahan mentah. waktu dan tempat tertentu sesuai dengan permintaan konsumen. harga. Method) dalam proses transformasi menjadi berbagai produk berupa barang ataupun jasa. S.TP. Machine. MT . Man. Operasional-Diana P. kualitas. 2 6/3/2012 Man.

Kemampuan intelektual dan fisik MONEY . dll JASA -Perawatan kesehatan. Operasional-Diana P.Bahan baku. perbankan. ekonomi. Controlling LINGKUNGAN EKSTERNAL . makanan.MASUKAN (INPUT) MATERIAL . MT 3 . Actuating.Pemerintah. perkembangan teknologi. dll Umpan ablik (feed back) 6/3/2012 Man.TP.Modal berupa uang baik modal sendiri maupun pinjaman MaCHINE . mainan.Mesin dan peralatan yang digunakan METHOD . Organizing.Cara-cara /prinsip kerja yang digunakan sebagai dasar dari perubahan input PROSES TRANSFORMASI dengan menggunakan : FASILITAS MESIN METODE KELUARAN (OUTPUT) BARANG -Mobil. minuman. bahan tambahan. peraturan. asuransi. dll MAN . dll Permintaan barang dan jasa Fungsi-fungsi manajemen Planning. S.

Sejarah Perkembangan Manajemen Operasi (1)     1764 ketika James Watt menemukan ketel/mesin uap yang merupakan sumber utama tenaga mesin mobil untuk pertanian dan pabrik-pabrik. Penghematan waktu kerja yang hilang karena perubahan pekerjaan. S. MT 4 6/3/2012 . 1801 Jacquard menemukan cara menenun yang baru 1832 Charles Babbage mengemukakan bahwa spesialisasi tenaga kerja tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga memmungkinkan perusahaan untuk memberi upah hanya untuk keterampilan-keterampilan terbatas dan tertentu yang diperlukan Man. Peningkatan keterampilan karyawan. 3).TP. 1776 Adam Smith mengtemukakan bahwa spesialisasi tenaga kerja atau pembagian kerja (division of labour) akan dapat meningkatkan output produksi karena tiga faktor: 1). 2). Pada masa inilah dimulai terjadinya masa Revolusi Industri. Penemuan peralatan-peralatan dan mesin-mesin. Operasional-Diana P.

Henry Ford pada 1913 mengembangkan proses perakitan pada industri mobil. Knoappel (1908) memanfaatkan analisis impas. Selanjutnya gagasan-gagasan Taylor dikembangkan lebih lanjut oleh beberapa tokoh aliran manajemen ilmiah.Sejarah Perkembangan Manajemen Operasi (2)     akhir 1800-an Revolusi Industri berkembang lebih lanjut dengan pengembangan bahan bakar mesin dan listrik. antara lain pada tahun 1905 A. Revolusi industri semakin berkembang karena kebutuhan yang mendesak akan produktivitas yang tinggi sehingga mendorong timbulnya otomatisasi dan produksi volume tinggi.TP. muncul gagasan mengenai Manajemen Ilmiah yang dikembangkan pertama kali oleh Frederick Winslow Taylor pada tahun 1881.W. Harris pada tahun 1914 memperkenalkan penggunaan model kuantitas pesanan ekonomis untuk pertama kali. S.K. Operasional-Diana P. C. Emerson mengemukakan cara efisiensi organisasi.E. Setelah Revolusi Industri berkembang lebih lanjut. Erlang menerapkan teori antrian pada industri telepon untuk pertama kalinya. 1910 suami iistri Frank dan Lilian Gilbreth mengembangkan studi gerak dan waktu. F. Man. MT 5 6/3/2012 .

komputer. S. Gantt pada 1916 yang memperkenalkan penggunaan grafik penjadwalan. seperti pemanfaatan riset operasi.W. dan pada tahun 1940 Mitrofanov memperkenalkan pentingnya teknologi kelompok. pengawasan kualitas secara statistik oleh Walter Shewart pada tahun 1924. mulai tahun 1940 sampai sekarang. Operasional-Diana P. 1934 F. MT 6 .Sejarah Perkembangan Manajemen Operasi (2)    Selanjutnya diikuti oleh Henry L.TP. dan pemakaian robot. Trippet memanfaatkan sampling kerja dalam menciptakan standar. pendekatan sistem. Elton Mayo pada tahun 1930 meneliti peranan perilaku manusia pada produktivitas kerja. 6/3/2012 Man.

MT 7 . manajemen ilmiah memiliki dua pengertian. analisis. Operasional-Diana P.  Seleksi ilmiah untuk karyawan.  Kerjasama yang baik antara manajemen dan tenaga kerja.Manajemen Ilmiah (1) Dalam manajemen operasi. yang pertama manajemen ilmiah merupakan penerapan metode-metode ilmiah pada studi. agar setiap karyawan dapat diberikan tanggung jawab atau suatu tugas sesuai dengan kemampuannya. Sedangkan pengertian yang kedua adalah seperangkat mekanisme-mekanisme dan teknik-teknik untuk meningkatkan efisiensi operasi organisasi. dan pemecahan masalahmasalah operasi.  Latihan dan pengembangan para karyawan.TP. S.  6/3/2012 Man. Pemikiran aliran manajemen ilmiah bertujuan untuk menemukan metode kerja terbaik melalui penggunaan pendekatan ilmiah berikut ini Observasi metode-metode kerja sekarang dan pengembangan metode-metode kerja yang lebih baik melalui pengukuran dan analisis ilmiah.

6/3/2012 Man. Operasional-Diana P.TP. S. Jadi pendekatan ini lebih memanusiawikan tempat kerja selain meningkatkan produktivitas. MT 8 .Manajemen Ilmiah (2) Pendekatan hubungan manusiawi yang menekankan pentingnya motivasi dan unsur manusia dalam desain kerja yang dikembangkan oleh Elton Mayo ini melengkapi pendekatan manajemen ilmiah dengan memperhatikan unsur manusiawi seperti perilaku karyawan. motivasi karyawan.

dan lain-lain. Selain operations research berkembang pula model matematis yang diterapkan dalam penjadwalan. Edwards. MT 9 . sistem CAD (Computer Aided Design) untuk rancang bangun dan CAM (Computer Aided Manufacturing) pada pabrik secara terpadu. peramalan. W. Tokoh-tokoh yang berperan penting dalam perkembangan masa ekspansi otomasi ini antara lain George Dantzig. Elwood Buffa.TP. S.B. H. Operasional Saat Ini    Teknik-teknik yang menggunakan model matematis ini dikenal dengan nama management science atau operations research. dan sebagainya.Perkembangan Man. Deming. Du Pont. 6/3/2012 Man. Operasional-Diana P. simulasi. Maynard.

waktu dan tempat tertentu sesuai dengan permintaan konsumen.Konsep dan Definisi Manajemen Produksi dan Operasi    manajemen produksi dan operasi mengarahkan berbagai masukan (input) melalui proses transformasi menjadi keluaran (output) dalam jumlah. Jenisjenis masukan atau sumber daya yang digunakan berbeda untuk berbagai jenis industri. Sistem produktif adalah proses pengubahan masukan atau sumber daya menjadi barang dan jasa yang lebih berguna atau meningkatkan nilai tambah dari sumber daya yang dimiliki. MT 10 . Jadi memandang sistem transformasi sebagai suatu sistem produktif. S. 6/3/2012 Man. kualitas.TP. Operasional-Diana P. Manajemen produksi dan operasi juga didefinisikan sebagai manajemen-manajemen sistem transformasi yang mengubah masukan-masukan menjadi barang dan jasa. harga.

maka dapat dikatakan bahwa terjadi pengingkatan produktivitas. Atau mungkin juga peningkatan produktivitas ditunjukkan dengan penurunan penggunaan sumber daya untuk menghasilkan produk dalam jumlah yang tetap tetapi dengan kualitas yang lebih baik. 6/3/2012 Man. Dengan kata lain bila sumber daya yang digunakan tetap tetapi mampu menghasilkan produk dalam jumlah yang lebih tinggi serta kualitas yang baik. S. maupun berdasarkan pada penggunaan sumber daya yang dimiliki. Operasional-Diana P.Produktivitas (1)    Peningkatan produktivitas dapat diukur berdasarkan pada peningkatan jumlah produk yang dihasilkan dengan tetap memperhatikan kualitasnya.TP. MT 11 .

Produktivitas (2) Jadi prodktivtas dinyatakan bertambah atau meningkat bila rasio keluaran (output) per masukan (input) meningkat. Operasional-Diana P. MT 12 .TP. S. Output Produktivitas = Input (measureable) + Input (Invisible) Sebagai contoh dapat dilihat ilustrasi sebagai berikut : 100 (output) menjadi 50 (input) atau 100 (output) menjadi 50 (input) 150 (output) 50 (input) 100 (output) 70 (input) 6/3/2012 Man.

ketersediaan sumber daya. Jadi faktor yang berpengaruh terhadap perubahan produktivitas ada dua jenis. MT 13 . antara lain : modal/tenaga kerja. kualitas tenaga kerja. S.TP. inovasi dan perkembangan teknologi. Operasional-Diana P. 6/3/2012 Man. perubahan angkatan kerja.Produktivitas (3)  Perubahan produktivitas dapat terjadi karena pengaruh beberapa faktor. regulasi. yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Operasional-Diana P. seperti kemampuan kerja (ability). pemakaian energi yang lebih ekonomis.TP. motivasi kerja. 6/3/2012 Man. serta hal lain yang berhubungan dengan factor manusia sebagai tenaga kerja yang merupakan salah satu input dalam proses produksi. factorfaktor yang berpengaruh terhadap perubahan produktivitas juga dapat dibedakan atas faktor teknis dan factor manusiak Faktor teknis : yaitu faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan fasilitas produksi. Faktor manusia : yaitu factor yang berhubungan dengan manusia sebagai tenaga kerja. maupun penggunaan metode maupun mesin dan peralatan dengan lebih efektif dan efisien. seperti penggunaan bahan baku yang lebih ekonomis. S. MT 14 .Produktivitas (4) Selain dapat dibedakan atas faktor internal dan faktor eksternal.

Manajemen Operasi sebagai Kegiatan-kegiatan Manajerial       Uraian secara ringkas dari kegiatan-kegiatan manajerial adalah sebagai berikut : Pemilihan : meliputi keputusan strategik yang menyangkut pemilihan proses melalui berbagai barang dan jasa yang akan diproduksi atau disediakan. Pengoperasian : meliputi perencanaan tingkat keluaran jangka panjang atas dasar forecast permintaan dan keputusan-keputusan scheduling pekerjaan dan pegalokasian karyawan jangka pendek Pengawasan : meliputi prosedur-prosedur yang menyangkut pengambilan tindakan korektif dalam operasi-operasi produksi barang atau penyediaan jasa Pembaharuan : meliputi implemetasi perbaikan-perbaikan yang diperlukan dalam sistem produktif berjalan berdasarkan perubahan permintaan. S. 6/3/2012 Man.TP. Operasional-Diana P. tujuan organisasi. teknologi. dan manajemen. Perancangan : meliputi keputusan-keputusan taktikal yang menyangkut kreasi metode-metoda pelaksanaan suatu operasi produktif. MT 15 .

Operasional-Diana P.TP. S. administrasi dan umum. penelitian dan pengembangan. dan sebagainya Kegiatan Manajemen Umpan Balik Personalia Tenaga Kerja Masukan Proses Transformasi Keluaran Pemasaran Permintaan produk dan jasa (pesanan atau peramalan) Manajemen Produksi dan Operasi Keuangan Sosial dan budaya Lembaga-lembaga keuangan Peralatan Modal Para pemegang saham Langganan 6/3/2012 Man. distribusi.Hubungan Antara Fungsi Produksi dan Operasi dengan Lingkungannya Bahan Mentah Kondisi Perkembangan Lingkungan Masyarakat Barang atau jasa Faktor-faktor politik dan pemerintah Fungsi-fungsi : pembelian. MT 16 .

TP. Persediaan. Kapasitas.Kerangka Keputusan Operasi Secara umum kegiatan-kegiatan produksi dan operasi mempunyai lima tanggung jawab keputusan utama. S. Operasional-Diana P. MT 17 . sebagai berikut : Proses. Tenaga Kerja Kualitas. 6/3/2012 Man.

Kualitas.Kriteria Keputusan Operasi Secara umum ada empat sasaran dalam keputusan operasi.TP. Fleksibilitas. MT 18 . Dependability. yaitu :     Biaya. S. Operasional-Diana P. 6/3/2012 Man.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful