P. 1
konseling

konseling

|Views: 88|Likes:
Published by Hery Try

More info:

Published by: Hery Try on Jun 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/06/2013

pdf

text

original

Merupakan hal yang amat penting, karena dapat membantu klien keluar dari berbagai pilihan dan alternative

masalah kesehatan reproduksi dan keluarga berencana (KB). Konseling yang baik membuat klien puas (satisfied). Juga membantunya dalam menggunakan metoda KB secara konsisten dan sukses. Lalu, apa yang dibutuhkan dalam konseling yang baik? Terutama untuk klien yang baru pertama kali mengunakan alat KB, ada 6 prinsip yang perlu diperhatikan. Konseling yang baik tidak banyak menyita waktu, yang penting informasi yang diberikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan klien. * Kenali klien dengan baikà dengan sikap ramah, respek, tumbuhkan rasa saling percaya. Konselor dapat menunjukkan bahwa klien dapat berbicara terbuka sekalipun hal yang sensitive. Jawablah pertanyaan yang diajukannya secara lengkap dan terbuka. Jaga kerahasiaan dan jangan membicarakannya kepada orang lain. * Interaksià dengarkan, pelajari, dan respon klien. Karena tiap klien itu berbeda, mengerti benar apa yang dibutuhkannya, penuh perhatian, dan mengerti keadaannya. Oleh karena itu, dorong klien untuk bicara dan menjawab tiap pertanyaan yang diajukan secara terbuka. * Sesuaikan informasià pelajari informasi yang dibutuhkan klien, sesuaikan dengan tahap kehidupan yang dilaluinya. Contoh, pasangan muda tentunya ingin mengetahui lebih banyak tentang metoda sementara guna menunda kehamilan; wanita usia tua dengan informasi kontap/sterilisasi (MOW/vasektomi); lain hal dengan anak muda yang belum menikah, mereka butuh pengetahuan tentang bagaimana mengindari IMS termasuk HIV/AIDS. Oleh karenanya, onselor memberikan informasi yang akurat dengan bahasa yang dimengerti klien. * Hindari informasi berlebihà klien tidak dapat menggunakan semua informasi tentang tiap metoda KB. Informasi berlebih membuat klien sulit mengingat informasi pentingnya. Kita sebut ini dengan istilah, “overload information”. Jangan menyita banyak waktu dalam menyampaikan pesan/ informasi. * Metoda konselor, diharapkan klienà membantu klien menentukan pilihan, dan mengahrgai pilihannya. Konseling yang baik di mulai dari apa yang dipikirkan dan diajukan klien. kemudian mengamati apakah klien memahami metoda tersebut. Termasuk untung dan ruginya, bagaimana cara menggunakannya, Bantu klien memikirkan metoda lain juga dan bandingkanlah. Dengan cara ini memberi keyakinan atas metoda pilihannya. Jika tida ada pertimbangan medis, klien dapat menggunakan metodanya. Yang penting ialah klien menggunakan dalam waktu lama (konsisten) dan efektif. * Bantu klien untuk mengingat dan mengertià menunjukkan sampel/contoh alat KB, dorong ia menggunakannya. perlihatkan dan jelaskan dengan plifchart, poster, pamplet bergambar. Tiap saat amati klien, jika ia pulang, ingatkan untuk membagi informasi kepada orang lain.

. Informasi adalah keterangan. sikap dan praktek KB sehingga tercapai penambahan peserta baru. gagasan maupun kenyataan yang perlu diketahui masy (pesan yang disampaikan). Komunikasi kesehatan adalah usaha sistematis untuk mempengaruhi perilaku positif dimasyarakat. Pendidikan kesehatan merupakan kompetensi yang dituntut dari tenaga kesehatan karena merupakan salah satu peranan yang harus dilaksanakan dalam setiap memberikan pelayanan kesehatan. yaitu : · Meningkatkan pengetahuan. DEFINISI KIE Komunikasi adalah penyampaian pesan secara langsung/tidak langsung melalui saluran komunikasi kpd penerima pesan u/ mendapatkan efek. JENIS-JENIS KEGIATAN DALAM KIE . 2. TUJUAN KIE Tujuan dilaksanakannya Program KIE. Edukasi adalah proses perubahan perilaku ke arah yang positif. sikap dan praktik masyarakat (klien) secara wajar sehingga masyarakat melaksanakannya secara mantap sebagai perilaku yang sehat dan bertanggung jawab 3. peningkatan pengetahuan. dengan menggunakan prinsip dan metode komunikasi baik menggunakan komunikasi pribadi maupun komunikasi massa. · Membina kelestarian peserta KB · Meletakkan dasar bagi mekanisme sosio-kultural yang dapat menjamin berlangsungnya proses penerimaan · Mendorong terjadinya proses perubahan perilaku ke arah yang positif.

· Meningkatkan kualitas pelayanan KIE melalui analisa sasaran yang semakin tajam . · Menumbuhkan lingkungan yang mendukung terhadap peningkatan penggunaan kontrasepsi.kesepakatan pengelola program. · Mengarahkan gerakan KB nasional kepada gerakan yang menuntut partisipasi dari seluruh masyarakat. b. KIE Massa : Suatu proses KIE tentang program KB yang dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat dalam jumlah besar. PRINSIP LANGKAH KIE · Pemantapan kelestarian ber_KB dengan metode kontrasepsi efektif terpilih. Menurut Media yang digunakan .a. KIE Individu : Suatu proses KIE timbul secara langsung antara petugas KIE dengan individu sasaran program KB. perkembangan isi pesan yang berkaitan dengan reproduksi sehat.kegiatan KIE dapat diperincikan sbb: Ø Radio Ø Televisi Ø Pers/Surat kabar Ø Film Ø Mobil Unit Penerangan Ø Penerbitan/Publikasi Ø Kegiatan Promosi Ø Pameran Langkah-Langkah yang diLakukan sbb: . 4. KIE Kelompok : Suatu proses KIE timbul secara langsung antara petugas KIE dengan kelompok (215 orang) c.

ü Percobaan (Trial) Dalam tahap ini individu mencoba menjalankan metoda atau cara KB yang diinginkannya. .radio .TV dan lain-lain. ü Tertarik (interest ) Individu mulai menaruh perhatian terhadap persoalan KB . ia akan menilai untung ruginya KB bagi dirinya dan keluarganya.tetapi ia belum mempunyai informasi yang mendalam tentang sifat dan kegunaan gagasan tersebut.Ia mengetahui adanya KB dari berbagai sumber surat kabar .dalam taraf ini individu ingin mengetahui lebih banyak tentang KB dengan sungguh-sungguh keterangan-keterangan atau penjelasanpenjelasan yang diperolehnya dari berbagai sumber ü Penilaian (Evaluation) Setelah individu mempunyai pengetahuan yang cukup tentang KB.v Menentukan sasaran v Srategi v Isi pesan v Indikator Keberhasilan v Waktu v Tempat Beberapa tahap dalam proses penerimaan atau penolakan seseorang terhadap keluarga berencana dalam kegiatan penerangan dan motivasi Keluarga Berencana adalah sbb: ü Tahu Secara Sepintas (awarenest) Individu mengetahui adanya KB .

maka ia menolak yang berarti berhenti menerima dan melaksanakan KB. o Kemudian Menolak ü Kalau individu merasa sudah menerima dan melaksanakan KB kemudian merasa tidak puas .baik karena obat /akibat pencegah kahamilan yang dipakai maupun akibat pelayanan petugas KB yang mengecewakannya.sesudah mendapat bantuan petugas KB.maka ia akan menerima.Keadaan ini bisa kita kenal sebagai” drop out”.baik dari segi alat atau obat pencegah kehamilan maupun dari segi pelayanan petugas KB . KONSELING KELUARGA BERENCANA .ia akan terus menerima dan melaksanakan KB.Hasil dari percobaan ini ada dua kemungkinan: o Menerima dan melaksanakan KB (adopsi) o Menolak Keluarga Berencana (KB) ü Adopsi (Menerima atau Melaksanakan sesuatu yang baru) o Terus Adopsi ü Kalau individu terus merasa puas .serta tidak merasa kecewa karena individu seperti ini masih mempunyai 2 kemungkinan yaitu sbb: 1 Terus Menolak Kalau individu tersebut merasa tidak puas dan tidak senang maka ia akan menolak 2 Kemungkinan Menolak Kalau kemudian ternyata ia merasa puas dan senang . Apabila dalam tahap tahap percobaan (trial) individu merasa tidak puas atau tidak senang . Dalam hal ini petugas KB hendaknya dapat memberikan bimbingan dan pembinaan terus-menerus . 5.ia akan menolak KB.

kelebihan dan kekurangannya . Informasi yang benar. mengetahui cara kerjanya dan mengatasi efeksampingya c. DEFINISI · Konseling adalah suatu proses saling membantu kepada yang lain berupa informasi yang sedang i butuhkan sedemikian rpa.a. b. JENIS KONSELING KB Komponen penting dalam pelayanan KB dibagi 3 tahapan yaitu : 1) Konseling Awal ü Bertujuan menentukan metode apa yg diambil ü Bila dilakukan dengan objektif langkah ini akan membentu klien untuk memilih jenis KB yang cocok untuknya ü Yang perlu diperhatikan dalam langkah ini : • Menanyakan langkah yg disukai klien • Apa yg diketahui tentang cara kerjanya. sehingga orang lain tersebut memahaminya lalu menerapkan sesuai dengan situasi dan kondisinya · Konseling merupakan tindak-tanduk dari kegiatan KIE · Proses yang berjalan dan menyatu dalam semua aspek pelayanan KB · Melalui konseling pemberian pelayanan membantu klien memilih cara KB yang cocok dan membantunya untuk terus menggunakan cara tersebut dengan benar. Kelangsungan pemakaian cara KB akan lebih baik bila klien ikut memilih cara tersebut. TUJUAN 1) Meningkatkan penerimaan. berbicara dan komunikasi non-verbal meningkatkan penerimaan informasi mengenai KB oleh klien 2) Menjamin pilihan yg cocok. Konseling efektif diperlukan agar klien mengetahui bagaimana menggunakan KB dengan benar dan mengatasi informasi yang keliru tentang cara tersebut 4) Menjamin kelangsungan yang lebih lama. Menjamin petugas dank lien memilih cara terbaik yang sesuai dengan keadaan kesehatan dan kondisi klien 3) Menjamin penggunaan yg efektif. diskusi bebas dengan cara mendengarkan.

LANGKAH KONSELING 1) GATHER G : Greet Berikan salam.2) Konseling Khusus ü Memberi kesempatan k/ untuk bertanya ttg cara KB dan membicarakan pengalamannya ü Mendapatkan informasi lebih rinci tentang KB yg diinginkannya ü Mendapatkan bantuan untuk memilih metoda KB yang cocok dan mendapatkan penerangan lebih jauh tentang penggunaannya 3) Konseling Tindak Lanjut ü Konseling lebih bervariasi dari konseling awal ü Pemberi pelayanan harus dapat membedakan masalah yg serius yang memerlukan rujukan dan masalah yang ringan yang dapat diatasi di tempat d. kenalkan diri dan buka komunikasi A : Ask Tanya keluhan/kebutuhan pasien dan menilai apakah keluhan/ kebutuhan sesuai dengan kondisi yang dihadapi? T : Tell Beritahukan persoalan pokok yg dihadapi pasien dari hasil tukar informasi dan carikan upaya penyelesaiannya H : Help Bantu klien memahami & menyelesaikan masalahnya .

jaga privasi pasien ü Bangun percaya diri pasien ü Tanyakan apa yang perlu dibantu dan jelaskan pelayanan apa yang dapat diperolehnya. T : Tanya ü Tanyakan informasi tentang dirinya ü Bantu klien pengalaman tentang KB dan kesehatan reproduksi ü Tanyakan kontrasepsi yang ingin digunakan U : Uraikan ü Uraikan pada klien mengenai pilihannya ü Bantu klien pada jenis kontrasepsi yang paling dia ingini serta jelaskan jenis yang lain .E : Explain Jelaskan cara terpilih telah dianjurkan dan hasil yang diharapkan mungkin dapat segera terlihat/ diobservasi) R : Refer/Return visit Rujuk bila fasilitas ini tidak dapat memberikan pelayanan yang sesuai. SA : Sapa dan salam ü Sapa klien secara terbuka dan sopan ü Beri perhatian sepenuhnya. Buat jadwal kunjungan Ulang) 2) Langkah Konseling KB SATU TUJU Langka SATU TUJU ini tidak perlu dilakukan berurutan karena menyesuaikan dengan kebutuhan klien.

e. Pesan yang disampaikan : ü Pengertian dan manfaat KB bagi kesehatan dan kesejahteraan keluarga ü Proses terjadinya kehamilan pada wanita (yang kaitannya dengan cara kerja dan metode kontrasepsi) ü Jenis alat/metode kontrasepsi. cara kerjanya serta lama pemakaian 2) Kegiatan Bimbingan a. ü Jelaskan bagaimana penggunaannya ü Jelaskan manfaat ganda dari kontrasepsi U : Kunjungan Ulang ü Perlu dilakukan kunjungan ulang untuk dilakukan pemeriksaan atau permintaan kontrasepsi jika dibutuhkan. Kontrasepsi à Tindak lanjut 1) KEGIATAN KIE a.TU : Bantu ü Bantu klien berfikir apa yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya ü Tanyakan apakah pasangan mendukung pilihannya J : Jelaskan ü Jelaskan secara lengkap bagaiman menggunakan kontrasepsi pilihannya setelah klien memilih jenis kontrasepsinya. Tahapan konseling dalam pelayanan KB Tahapan Konseling dalam pelayanan KB dapat dirinci dalam tahapan sebagai berikut : KIE Motivasi à Bimbingan à Rujukan à KIP/K à yan. Sumber informasi pertama tentang jenis alat/ metode KB dari petugas lapangan KB b. cara pemakaian. Tindak lanjut dari kegiatan KIE dengan menjaring calon peserta KB .

Bila belum. berikan informasi e. Tugas penjaringan : memberikan informasi tentang jenis kontrasepsi lebih objektif. Rujukan calon peserta KB. Menjajaki klien tahu/tdk alat kontrasepsi lain d. Bila iya à rujuk ke KIP/K 3) Kegiatan Rujukan a.b. Rujukan peserta KB. apapun pilihannya. Hasil pembicaraan akan dicatat pada lembar konseling 5) Kegiatan Pelayanan Kontrasepsi a. benar dan jujur sekaligus meneliti apakah calon peserta memenuhi syarat c. untuk menindaklanjuti komplikasi 4) Kegiatan KIPK/K (Komunikasi Interpersonal dan Konseling) Tahapan dalam KIP/K a. INFORMED CONSENT . utk mendapatkan pelayanan KB b. Pemeriksaan kesehatan : anamnesis dan Px. Beri klien informasi. Menjajaki aa klien sudah mengetahui/ paham ttg alat kontrasepsi tsb c. Untuk kontrasepsi jangka panjang perlu inform consent 6) Kegiatan Tindak Lanjut a. Fisik b. klien akan diperiksa kesehatannya h. Bantu klien mengambil keputusan g. Bila tidak ada kontra indikasi à pelayanan kontrasepsi dapat diberikan c. Petugas melakukan pemantauan keadaan peserta KB dan diserahkan kembali kepada PLKB f. Menjajaki alasan pemilihan alat b. Beri klien kesempatan untuk mempertimbangkan pilihannya kembali f.

html ü Pelayanan Keluarga Berencana.blogspot. 2011.com/2010/07/program-kie-dalam-pelayanan-kb. Makalah 0 komentar: Poskan Komentar Saya sangat senang sekali jika anda mau berkomentar disini.blogspot.html ü http://missheni. Yetti Anggraeni.com/2011/03/kie-dalam-pelayanan-kb. Diposkan oleh My Honey di 10:11 Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Label: Kebidanan Komunitas. SKM.. S. Keb. Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda Langganan: Poskan Komentar (Atom) Arsip * ► 2012 (1) o ► Mei (1) + Pembangunan Berwawasan Kesehatan . A.. SKM dan Martini.Md.ST.1) Persetujuan yang diberikan oleh klien atau keluarga atas informasi dan penjelasan mengenai tindakan medis yang akan dilakukan terhadap klien 2) Setiap tindakan medis yang beresiko harus persetujuan tertulisi ditandatangani oleh yang berhak memberikan persetujuan (klien) dlm keadaan sadar dan sehat Referensi: ü http://rahmawardah.. Rohima Press.

. + ANTIPIRETIK + DIARE PADA NEONATUS DAN PENATALAKSANAANNYA + KEHAMILAN LETAK SUNGSANG DAN GEMELI o ▼ September (12) + Rangkuman Mata Kuliah Ilmu Gizi + UJIAN TENGAH SEMESTER I MATA KULIAH : FISIOLOGI + INFERTILITAS + IMUNITAS + Dukun Bayi-Bidan. + PERUBAHAN FISIOLOGI /ADAPTASI FISIK PADA BAYI BARU.. Antara Rivalitas dan Kemitraan + PERUBAHAN KONDISI SOSIAL BUDAYA DIBIDANG KESEHATA.* ▼ 2011 (22) o ► November (6) + Upaya Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut + Sejarah Promosi Kesehatan + PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEBIDANAN + Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Persalinan + MANAJEMEN NYERI KALA I + Kebutuhan Dasar Ibu Nifas: Nutrisi dan Cairan o ► Oktober (4) + Muntah dan Gumoh Pada Neonatus dan Penatalaksanaan. INFORMASI... EDUKASI DALAM PELAYANAN KB. + Gender Dalam Kesehatan Reproduksi + Manajemen Awal Kala I Persalinan + EKSTRAKSI VAKUM + Strategi Mengatasi Masalah Kehamilan Remaja + KOMUNIKASI..... .

.* ► 2010 (21) o ► Desember (4) + Sistem Kekabalan Tubuh (Imunitas) + Perubahan-perubahan Fisik dan Psikologis Selama Ke.. + Panca Indra o ► November (17) + Mengenal Dismenorea atau Nyeri Haid + Toxoplasma Dalam Kehamilan + Mengenal Lebih Dalam Lotus Birth + Fisiologis Sistem Kardiovaskuler + Anatomi Fisiologi Sisem Pernafasan + ANATOMI PANGGUL + CARA PEMBERIAN ASI EXCLUSIVE 100% TANPA SUSU FORMU... + Darah dan Sistem Peredaran Darah Manusia + Selamat Datang Download Buku Keperawatan dan Kebidanan . + ASI versus Susu Formula + Infeksi Nifas Post Partum + KEHAMILAN DAN LAKTASI + GIZI WANITA SELAMA HAMIL DAN LAKTASI + Kelenjar Endoktrin Dan Hormon Yang Dihasilkan + PROSES OKSIGENASI + FUNGSI GENITALIA EXTERNA DAN INTERNA + Aspek Sosial Budaya pada Setiap Trimester Kehamila..... + Seminar Kebidanan Online Gratis: Bedah Kandungan d.

Metode Alternatif Tanpa Ob] Ads Powered by:KumpulBlogger..NET.www.com Statistik Site Meter Kategori * Anatomi * Askeb I * Askeb II * Askeb III * Asuhan Neonatus .GASA Herbal Resmi BPOM Bikin Istri Jadi ketagihan!] [CARA CEPAT! PENINGGI TUBUH 3 S/D 13 CM.com * Buku Gratis: Cara Cerdas Menjadi Kaya * Cara Download Video Youtube * Cara Membuat Gambar Stereogram * Inilah Top 10 Video Youtube yang Paling Banyak Dilihat Sepanjang Masa * Alternatif Selain WinZip [METODE ALAMIAH TAMBAH UKURAN VITAL . JOSS WWW. TANPA ALAT.* Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis * Kebidanan Komunitas InfoTerpanas.Menambah tinggi badan 3 s/d 13 cm dengan sangat mudah dan pasti aman.BESAR-PANJANG. TANPA OBAT..PENINGGITUBUH.com atau KLIK-DISINI] [GASA REKOM BOYKE UNTUK EREKSI KERAS LEBIH KENCENG! .

* Berita Kebidanan * Biologi Reproduksi * Fisiologi * Kebidanan Komunitas * Konsep Kebidanan * Makalah * Promosi Kesehatan * Rangkuman * Soal-Soal .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->