I.

PENDAHULUAN

Dalam dunia akademis, khususnya perguruan tinggi penulisan karya ilmiah adalah bahasa sehari-hari. Artinya, siapapun yang berada pada riang lingkup akademisi atau perguruan tinggi tersebut mesti paham syarat penulisan karya ilmiah. Pemahaman tentang syarat penulisan karya ilmiah ini sangat perlu untuk terus di sosialisasikan. Dalam dunia akademisi, sudah pasti penulisan karya ilmiah menjadi faktor penting untuk melakukan penilaiaan. Bayangkan, kalau akademisi dalam dunia pendidikan tinggi tidak pernah bahkan belum pernah melakukan penulisan karya ilmiah, tentu saja orang tersebut belum mempunyai wewenang ilmiah yang diakui oleh masyarakat umum. Tapi bayangkan, kalau misalnya seorang dosen atau pengajar dalam sebuah perguruan tinggi menulis. Baik itu di jurnal ilmiah, majalah atau koran-koran baik lokal maupun nasional, maka derajat akademisi mereka akan selalu meningkat atau diakui, baik di kalangan akademis itu sendiri atau diakui masyarakat umum. Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Skripsi umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil, tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu, makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.

Ada berbagai jenis karya ilmiah. ISI Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. simpulan. Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.II. 3. dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya. 4. terutama setelah penyelesaian studinya. Karya ilmiah yang telah ditulis itu diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dengan masyarakat. tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan. Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa. A. Data. atau orangorang yang berminat membacanya. antara lain laporan penelitian. Tujuan Karya Ilmiah 1. 2. sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan. dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. makalah seminar atau simposium. Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah .

2. karya ilmiah akan lebih bermakna kalau benar-benar asli buah pikiran dari penulisnya. Sistematik. Universal. 3. Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif. Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber. 4. teori data hingga penarikan kesimpulan begitu jelas kaitan antara satu dengan yang lainnya. Mulai dari pendahuluan. 8. 5. 4. Tak ada salahnya melihat dari karya terdahulu. Berawal dari sumber-sumber yang tepat. Hindari Plagiatisme. tetapi harus diupayakan ada perbedaan. Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan. Kejujuran (intellectual honesty) dan Kerendahatian (Intellectual modesty). Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis. . Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya C. 6. berlaku umum. Sebuah karya ilmiah. apa yang ditulis sangat jelas apa yang ditujunya. 5. Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan. Manfaat Karya Ilmiah 1. Bagaimana yang satu diban dingkan dengan yang lain. perumnusan masalah. artinya runtut. 3. haruslah mengikuti beberapa ciri khas yaitu : 1. Bukan hanya untuk kepentingan suatu pihak. Perbedaannya. pesanpewsan apa yang dibawanya. Manfaat penyusunan karya ilmiah bagi penulis adalah berikut: 2. Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian. Jelas tujuannya. enak dibaca. 6. B.setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya. Memperoleh kepuasan intelektual. Keaslian. Uraian sebuah karya ilmiah itu. 5. 7. kredibel.

2. Karya tulis ilmiah disusun secara sistematis setiap langkah direncanakan secara terkendali. Karya tulis ilmiah mengandung pandangan yang disertai dukungan dan pembuktian berdasarkan suatu hipotesis 6. Isi karangan ilmiah dapat mengandung tiga hal yaitu: penemuan suatu pengetahuan baru. mengembangkan suatu pengetahuan baru dan verifikasi (pengujian kebenaran) suatu pengetahuan yang telah ada. Karya tulis ilmiah ditulis secara cermat. 5. terperinci. Pengamatan. 5. tepat. 4. Disamping itu. jujur dan tidak bersifat terkaan. Syarat. 3. konseptual dan prosedural. Penulisannya berdasarkan hasil penelitian. penyajian tidak boleh bersifat emotif. Karangan itu mengandung masalah yang sedang dicarikan pemecahannya. 2. Baik dalam penyajian maupun dalam pemecahan masalah digunakan metode tertentu. . karya tulis ilmiah harus menaati format yang berlaku. 4. 3. serta tidak bersifat ambisius dan berprasangka. teratur. Karya tulis ilmiah menyajikan rangkaian sebab-akibat dengan pemahaman dan alasan yang indusif yang mendorong pembaca untuk menarik kesimpulan.D. dan cermat. E. pembahasan masalahnya objektif sesuai dengan fakta. Dalam pengertian jujur terkandung sikap etik penulis ilmiah yakni mencantukan rujukan dan kutipan yang jelas. 7.syarat Karya Ilmiah 1. Penulis karya ilmiah tidak boleh memanipulasi fakta. Karya tulis ilmiah hanya mengandung kebenaran faktual sehingga tidak akan memancing pertanyaan yang bernada keraguan. benar. Ataupun Peninjauan Dikatakan Ilmiah Jika Memenuhi Syarat Sebagai Berikut : 1. Bahasanya harus lengkap. Karya tulis ilmiah menyajikan fakta objektif secara sistematis atau menyajikan aplikasi hukum alam pada situasi spesifik. Penelitian.

dan gambar. 2. eksposisi (paparan). Keindahan karya tulis ilmiah terletak pada bangun pikir dengan unsurunsur yang menyangganya. 5. jelas. Alur pikir dituangkan dalam sistematika dan notasi. 4. 6. ringkas. angka. dan tepat sehingga tidak terbuka kemungkinan bagi pembaca untuk salah tafsir F. Karya tulis ilmiah terdiri dari serangkaian narasi (penceritaan). yang tersusun mendukung alur pikir yang teratur. . Karya tulis ilmiah memuat gagasan ilmiah lewat pikiran dan alur pikiran.6. tabel. Karya tulis ilmiah harus mampu mengekspresikan asas-asas yang terkandung dalam hakikat ilmu dengan mengindahkan kaidah-kaidah kebahasaan. Karya tulis ilmiah terdiri dari unsur-unsur: kata. Bahasa yang digunakan hendaklah benar. deskripsi (lukisan) dan argumentasi (alasan). Hal-Hal Yang Harus Ada Dalam Karya Ilmiah 1. 3.

h) Penutup. Bagian Isi Pendahuluan a) Latar belakang masalah. d) Tujuan penelitian. Kajian teori atau tinjauan kepustakaan a) Pembahasan teori b) Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan c) Pengajuan hipotesis Metodologi penelitian a) Waktu dan tempat penelitian. . f) Daftar isi. d) Instrumen penelitian. e) Manfaat penelitian. d) Abstraksi e) Kata pengantar. e) Pengumpulan data dan analisis data. c) Halaman pengesahan. c) Pembahasan masalah. b) Metode dan rancangan penelitian c) Populasi dan sampel.G. b) Perumusan masalah. g) Ringkasan isi. Sistematika Penulisan Karya Ilmiah Bagian Pembuka a) Cover b) Halaman judul.

c) Daftar Tabel d) Pranala luar . b) Hasil penelitian.Hasil Penelitian a) Jabaran varibel penelitian. Bagian penunjang a) Daftar pustaka.lampiran antara lain instrumen penelitian. c) Pengajuan hipotesis. d) Diskusi penelitian. b) Lampiran. mengungkapkan pandangan teoritis tentang hasil yang didapatnya.

blog.wikipedia.DAFTAR PUSTAKA http://bimbingankaryailmiah.html diakses pada 25 April 2012 .com/2010/04/pengertian-karya-ilmiah.com/2010/04/01/syarat-tujuan-karya-ilmiah/ diakses pada 25 April 2012 http://id.blogspot.org/wiki/Karya_ilmiah diakses pada 25 April 2012 http://pandidikan.

Tugas Teknik Penulisan Karya Ilmiah Oleh Bertha Aulidyasuri 10751004 Politeknik Negeri Lampung Program Pendidikan Penyetaraan Lampau Bidang Studi Budidaya Perikanan Bandar Lampung 2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful