LAPORAN AKHIR PKMK JUDUL PROGRAM PEMANFAATAN KHASIAT BELIMBING SEBAGAI SAUS DALAM MARTABAK PIZZA MANIS (MARZANIS

)

Oleh:

Teguh Kusnur Hendra Adi Firmansyah Noerul Ikmar Novika Nur Aini

NIM 100911167 (Angkatan 2009) NIM 080916049 (Angkatan 2009) NIM 100911162 (Angkatan 2009) NIM 101011185 (Angkatan 2010)

UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA 2012

NIP : 198005252005012004 c. Fendy Suhariadi. Jogotrunan Lumajang / 08981735265 f. Dikti : Rp 8. M. Fak/Jurusan : Kesehatan Masyarakat/IKM d. 2.170./HP : Jl. Alamat Rumah: Perumahan Sukolilo Park Regency Blok A/43. 198005252005012004 i . MT NIP. Bidang Ilmu : (√ ) Kesehatan ( ) Pertanian ( ) MIPA ( ) Teknologi dan Rekayasa ( ) Sosial Ekonomi ( ) Humaniora 4. dr. M. SKM. Surabaya. Alamat email : t_guh_me@yahoo.com 5. Biaya Kegiatan Total: a. Sumber lain : 8.HALAMAN PENGESAHAN USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 1.) NIP.Kes. Universitas : Airlangga e.000.D) NIP. Judul Kegiatan : Pengoptimalan Pemanfaatan Khasiat Belimbing Sebagai Saus Dalam Martabak Pizza Manis (MarZaNis). NIM : 100911167 c. Dosen Pendamping a. Bidang Kegiatan : () PKM-P (√) PKM-K ( ) PKM-T ( ) PKM-M 3.196601171990021001 (Lailatul Muniroh. Ketua Pelaksana Kegiatan a. Jangka Waktu Pelaksanaan : 5 bulan Surabaya. SKM. 5 Oktober 2011 Menyetujui Wakil Dekan I Ketua Pelaksana Kegiatan Fakultas Kesehatan Masyarakat (Prof.Ph. H. Campaka RT 2 RW 15. Alamat Rumah dan No Tel. Soedjajadi Keman. Sukolilo. No Tel/Hp : 081703083249 7. Nama Lengkap dan Gelar : Lailatul Muniroh. 19520315 197903 1008 Direktur Kemahasiswaan Universitas Airlangga (Teguh Kusnur) NIM. Anggota Pelaksana Kegiatan : 3 orang 6. M.b. Dr. 100911167 Dosen Pendamping Prof.S.Kes. b. Nama Lengkap : Teguh Kusnur Eko b. d. Keputih.

.................................................................................. KESIMPULAN DAN SARAN............5 II.................................................................................................................6 3....4 Promosi........................................7 4.....................................................................................................................................6 3........2 Rumusan Masalah....1 Latar Belakang Masalah..............................................5 1.....................................................8 V.....................iv I....1 Persiapan........................7 4.......4 Rancangan dan Realisasi Biaya.........................................................6 3..2 Proses........................................................ PELAKSANAAN PROGRAM..............................................DAFTAR ISI HALAMAN PENGESAHAN.............................................6 III...1 Waktu Dan Tempat Pelaksanaan....2 Tahapan Pelaksanaan / Jadwal Faktual........................9 VI............5 1...................................................................................4 Luaran Yang Diharapkan......6 3..............................8 4.........................................................................5 1..........................................3 Instrumen Pelaksanaan...................................................i DAFTAR ISI.10 ii ............................................................................7 4.............................................5 1...................3 Kemasan........6 Evaluasi........ METODE PENDEKATAN.................. HASIL DAN PEMBAHASAN................................................ PENDAHULUAN...............................................ii ABSTRAK.3 Tujuan Program.....................................................iii KATA PENGANTAR ......................................................................................................................................................................................................... GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA..............................................................................................7 IV............

Makanan sejenis terang bulan adalah jajanan yang sering digemari oleh beragam umur. Di sinilah kami memunculkan ide untuk membuat inovasi dari makanan tersebut. Camilan iii . mulai dari gubahan cita rasa. Kata kunci: Belimbing. Martabak Pizza Manis.ABSTRAK Marzanis adalah kepanjangan dari Martabak Pizza Manis yang merupakan perpaduan antara pizza dan terang bulan. Pemasaran dilakukan dengan cara yang tradisional namun menggunakan promo khusus untuk memikat pasar. yaitu Marzanis. khususnya. Martabak Manis. karena cukup terjangkau dan rasanya digemari oleh mereka. untuk belajar berwirausaha. Banyaknya camilan makanan tanpa ada sisipan kadar zat gizi. namun ada penambahan sedikit inovasi pada penampilan dan rasa. Usaha pembuatan Marzanis dilakukan seperti pembuatan Martabak pada umumnya. Usaha pembuatan Produk Marzanis melalui Program Kreativitas Mahasiswa ini juga menjadikan pembekalan bagi kelompok kami. memunculkan ide untuk menciptakan sebuah inovasi makanan baru nan bergizi serta lezat. Keberadaan usaha Marzanis dimaksudkan untuk membantu pemenuhan pilihan camilan makanan bercita rasa. tampilan. dan kepraktisan. Marzanis laris di pasaran khususnya mahasiswa.

Laporan ini berisikan tentang hasil dan pembahasan tentang kegiatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dengan judul “Pemanfaatan Khasiat Belimbing sebagai Saus dalam Martabak Pizza Manis (MARZANIS). Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin. kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Surabaya. Kami menyadari bahwa laporan akhir ini masih jauh dari sempurna. 3 Juni 2012 Penyusun iv . Akhir kata. oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan laporan ini.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Laporan Akhir ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya.

3 Tujuan Program Tujuan Program ini adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana membuat produk inovasi baru yang mudah dilakukan dan dapat diterima di masyarakat? 3. Mempromosikan sebagai makanan yang inovatif dan layak dikonsumsi sehari-hari. 1. Produk olahan makanan tersebut membuka peluang usaha yang baru.secara tidak langsung juga menyebarkan khasiat dari belimbing itu sendiri. Manfaat dari belimbing tersebut dapat dioptimalkan melalui penambahan krim belimbing di dalam produk Martabak Pizza Manis (MarZaNis). Salah satunya adalah belimbing (Averrhoa carambola). PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Di indonesia. Meningkatan jiwa kewirausahaan anggota tim pelaksana serta membuka peluang usaha yang baru. baik di pasar. 1. 3. meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh). pear. Masyarakat jarang mengkonsumsi buah belimbing. mangga. MarZaNis merupakan produk makanan baru yang merupakan perpaduan antara martabak manis (jajanan indonesia) dan pizza (jajanan italia). Khasiat dari belimbing dalam bentuk krim rasa di dalam MarZaNis bisa menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari. mengendalikan hipertensi (darah tinggi). 1. Menciptakan suatu produk makanan yang inovatif serta bernilai gizi.. mengikat kolesterol dan asam empedu untuk membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh (detoksifikasi). Padahal buah belimbing tidak kalah khasiatnya dengan buah lainnya. sehingga diharapkan pemanfaatan khasiat belimbing dapat menjadi optimal. Apakah pengembangan produk ini dapat dijadikan peluang usaha bagi masyarakat khususnya mahasiswa? 1. 2. memerangi radikal bebas. Bagaimana cara mengolah belimbing agar menjadi saus yang menyehatkan dan tentunya memiliki rasa yang enak? 2. sebagai berikut : 5 . atau pun langsung di pohonnya. MarZaNis sendiri adalah sebuah inovasi yang diciptakan agar bisa menarik minat konsumen. seperti apel. sekaligus. anggur.4 Luaran Yang Diharapkan Luaran dari program usaha ini adalah sebagai berikut : 1.I. mencegah hepatitis (radang hati). Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang memiliki beberapa manfaat di antaranya: menurunkan kolesterol ‘jahat’.5 Kegunaan Program Kegunaan dari program ini. sariawan dan penyebaran sel-sel kanker dalam tubuh. membantu melancarkan pencernaan. dan lain-lain. Belimbing merupakan buah bukan musiman sehingga dapat diperoleh setiap waktu setahun penuh.2 Rumusan Masalah Dalam proyek rencana penulisan proposal PKM-K ini ada beberapa masalah yang perlu dirumuskan dan dibahas untuk mempermudah dalam melaksanakan program ini yaitu Rumusan masalah dari program ini adalah : 1. terdapat beragam jenis buah-buahan yang memiliki khasiat tertentu terhadap kesehatan tubuh.Keadaan ini menyatakan bahwa masyarakat cenderung memilih buah lain daripada belimbing. Meskipun begitu belimbing tidak sepopuler buah lainnya. Hasil produksi berupa makanan inovasi baru yang digemari namun kaya dengan nilai gizi. 2.

Mengoptimalkan pengggunaan khasiat belimbing terhadap konsumen secara tidak langsung. 3) Kebijakan Promosi Cara promosi kami yaitu dengan memberikan diskon per beli dua bungkus atau pembelian 2 bungkus gratis satu.1. Kemasan diberikan logo Marzanis.3 Media Promosi Media promosi berupa iklan di blog. di atas cetakan ditaburi krim belimbing yang telah jadi. II.000. METODE PENDEKATAN 3. menyajikan ke dalam kemasan. ditambah dengan variasi toping dan komposisi baru sehingga cetakan menyerupai pizza.3 Kemasan Melakukan pengemasan dua buah produk dalam satu kemasan. 2. tua. 3. 2.Metode ini bertujuan untuk mensosialisasikan makanan baru ini. baik muda. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA 2.per bungkus. dan langsung kepada konsumen. social media. Sosialisasi ini ditujukan untuk memperkenalkan produk makanan ini kepada calon konsumen serta 6 . 2. lelaki. atau wanita.2 Proses Melakukan pengolahan adonan (dapat dilihat di lampiran).1 Produk MarZaNis diproduksi menggunakan perlengkapan pembuat martabakmanis. 2. Dalam satu bungkus terdapat dua buah Marzanis 2) Kebijakan Harga Kami mematok harga Marzanis Rp 5. Setelah itu.. Harga ini lebih murah dari harga martabak manis pada umumnya.Setelah produk jadi lalu dikemas di dalam kemasan kecil sesuai dengan ukuran. 3.1 Persiapan Mencari Peralatan pembuat martabak manis serta memperoleh resep adonan dari penjual martabak manis. leaflet brosur.4 Promosi Pelakasanaan promosi dan penjelasan terhadap produk kepada para calon konsumen. 3. Ditambah lagi jika dihadirkan dalam ukuran mini sehingga lebih praktis untuk dibawa pulang atau sebagai oleh-oleh. Ini dilakukan pada awal pengenalan produk agar bisa dikenal oleh masyarakat III.2 Peluang Pasar Matabak manis merupakan makanan yang menjadi kegemaran semua kalangan masyarakat.4 Strategi Pemasaran 1) Kebijakan produksi Produksi Marzanis dibuat minimalis agar lebih praktis dan ekonomis. 3. dan lebih praktis. Melatih kreativitas mahasiswa untuk menciptakan inovasi baru yang bermanfaat. Membuka peluang usaha yang baru.

harga. dll.pengaturan strategi ke depan .Pemasangan poster . Wilayah target penjualan pun ke depannya akan dikembangkan hingga menjangkau wilayah Surabaya. jadwal kegiatan serta tempat pelaksanaan empat bulan pertama dari usaha ini dapat dilihat dalam Tabel 1 berikut. Pada awal kuisioner terdapat berbagai masukan seperti rasa manis kurang kental.Bahan habis pakai Surabaya . PELAKSANAAN PROGRAM 4. Pemberian promo saat berjualan Evaluasi Kegiatan evaluasi dilakukan lewat pengisian kuisioner oleh konsumen. Selama ini pula kegiatan penjualan dilakukan oleh anggota kelompok sendiri. Wilayah target utama penjualan adalah kampus FKM dan FST. . Namun pada kuisioner terakhir. seperti. Surabaya. IV. Teknik promosi yang akan dilakukan adalah : a.Perlengkapan di Jalan AR Hakim 1A/29 Keputih. Surabaya N o 1 2 3 4 7 .2 Tahapan Pelaksanaan / Jadwal Faktual Secara lebih rinci. Memasang iklan dalam bentuk poster dan selebaran. tempat tinggal salah seorang anggota kelompok. dan masih berlangsung hingga saat ini.refleksi seluruh kegiatan yang telah dilakukan .Tempat tinggal salah satu anggota di Jalan AR Hakim 1A/29 Keputih. dan tentunya khasiat dari krim belimbing yang menjadi bumbu utama.menginformasikan beberapa keuntungan yang didapat bagi konsumen.Tempat tinggal salah satu anggota . Kampus..Penjualan produk Evaluasi: .Kampus FKM-FST UNAIR. Jadwal dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan Bulan KeKegiatan Tempat 1 2 3 4 5 Persiapan: .1 Waktu Dan Tempat Pelaksanaan Perencanaan usaha pembuatan produk Marzanis dimulai pada akhir bulan Januari 2012. Penjualan dan produksi produk mulai dilaksanakan pada Januari 2012. Tempat usaha kami berlokasi di Jalan AR Hakim 1A/29 Keputih.Poster di beberapa lokasi strategis . Tabel 1. . penjualan dibatasi pada wilayah FKM dan FST. Pemberian contoh secara gratis dengan jumlah yang terbatas. daerah Pelaksanaan Usaha: keputih . bentuk terlalu besar. Promosi secara head-to-head baik secara individual maupun ke suatu komunitas. c. produk kami mulai mengalami peningkatan mutu menurut konsumen sendiri.Brosur di Sekolah.Pembagian brosur & leaflet . Selama berlakunya program promosi. b. 4. rasa. Kuisioner diberikan selama masa produksi beberapa kali. d.Media dan sasaran promosi Promosi: . Kemudian tim Marzanis menganalisis hasil dari kuisioner.

kompor. box untuk menyimpan produk.000 6. Adapun instrumen untuk anggota meliputi. 1. Inventaris No Keterangan 1 Logbook IKJP 2 Penggaris Volume/Jumlah 2 buah Harga Satuan (Rp) Total (Rp) 35.4. brosur dan leaflet.3 Instrumen Pelaksanaan Instrumen yang digunakan dalam pelaksanaan Usaha Pembuatan Marzanis dijelaskan sebagai berikut.000 3. Untuk keperluan promosi digunakan instrumen berupa poster.000 8 . dll. Sedangkan instrumen untuk produksi berupa peralatan memasak seperti panci. adonan. 4. produk.4 Rancangan dan Realisasi Biaya Rancangan biaya seperti tertulis untuk bahan habis pakai dan biaya operasional diuraikan dalam Tabel 2 berikut ini. Biaya Pengolahan No Ke ter Te pu ng Te rig u Gu la Ba kin M ent Ai r Be li mb ing As am Te pu Ki sm Sel ai Sti ck Mi ka Isi Sta Se wa Lis tri JUMLAH BIAYA 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 2. nota transaksi.

Total Biaya TOTAL BIAYA (Rp) Harga Satuan (Rp) 200.000 100.000. 9 . kami mampu menjual produk diatas 1600 bungkus harga Rp 5.250 4buah JUMLAH BIAYA 60.000 JUMLAH BIAYA 4. Promosi No Keterangan 1 Transportasi (BBM) 2 Leaflet 3 Xbanner 4 Cetak Brosur Volume/Jumlah Harga Satuan (Rp) 3 bulan 40 lembar 900 Total (Rp) 200.000 421.500 6.400 6.208.500 12.000 12.000 128. HASIL DAN PEMBAHASAN Setelah menjual produk selama program PKM berjalan. menurut perhitungan BEP maka keuntungan yang akan kami dapatkan adalah sebagai berikut.000 276.170. Lain-lain No Keterangan Volume/Jumlah 1 Biaya Pembuatan Laporan 1 kegiatan 3 Pulsa 3 bulan JUMLAH BIAYA 5.000 2 buah 4 buah 5 buah 2 buah 64.500 3.000 2.000 100.000 64.000 36.000 10.000 V.000 5.500 4.000 9.000 120.500 180.800.000 32.100 240.650 8.900 75.000 30.3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 22 Bolpoin Proposal Kompor Regulator Mixer Blender Box Cetakan Tabung Gas Botol Saus Pisau Baskom Pisau Plastik Timbangan Kue Panci Teflon Kaos Rombong 4 buah 3.000 150.000 420.000 Total (Rp) 293.000 593.000 85.650 300.000 268.000 345.

000.Biaya Produksi = Biaya Tidak Tetap + Biaya Tetap = Rp.490.500. 8.00 : 1...175.000.: Rp.(Rp.8.510.816.500. 10 .-atau terjual sebanyak 164 bungkus. 2.610. 2. R/C = Hasil Usaha : Biaya Produksi = Rp.= Rp.= Rp. setiap satu rupiah biaya yang dikeluarkan untuk produksi menghasilkan keuntungan sebesar 2. Tentunya produk makanan baru memiliki kandungan gizi dari buah belimbing yang bermanfaat bagi kesehatan konsumen.063.00 : Rp. 8..Keuntungan = Rp. Berarti profit yang sudah dihasilkan adalah saat ini adalah 5.816.510. 2. 8.Hasil Usaha = Jumlah Produksi X Harga Jual = 1635 X Rp. 2.674.= Rp.500.490.175.510. KESIMPULAN DAN SARAN Marzanis adalah singkatan Martabak Pizza Manis yang merupakan terang bulan inovasi baru.05 Artinya.831. (6. 610. 3. 5.490.000.674.510. pemasaran dan penjualan produk selalu mengalami perkembangan seiring dengan pengalaman tim dalam adaptasi lingkungan dan konsumen.– Rp.X 4 Bln = 1. 5. 5000.000. 2. setiap satu rupiah biaya yang dikeluarkan untuk produksi menghasilkan penerimaan sebesar 3. Proses pengolahan bahan.500. usaha pembuatan Marzanis tidak untung atau tidak rugi saat dihasilkan pendapatan sebesar Rp. Hasil Usaha – Biaya Produksi = Rp.= Rp.14 ≈ 164bungkus Artinya.831.063.Jangka Waktu Pengembalian Modal = (Investasi + Biaya Produksi) : Keuntungan X Lama Produksi = Rp.900.= Rp.674. VI.610.610. 2. membuat tampilan Marzanis enak dipandang.106.900.. 2. Dengan menggunakan tambahan selai dan kismis serta olesan saus belimbing yang lezat di atas adonan unik dari martabak manis. Break Even Point =BiayaTetap: 1-(BiayaTidakTetap:HasilUsaha) =Rp.175.510.674.00) =Rp.+ Rp..100. Benefit Cost Ratio = Keuntungan : Biaya Produksi = Rp.2. 5.05 rupiah..674.: Rp.-) : Rp. khususnya.175.+ Rp. Kegiatan tersebut telah membuka peluang usaha baru dan menambah wawasan berwirausaha bagi tim Marzanis.490.5 x 4 Bulan = 6 bulan Artinya modal akan kembali setelah produksi selama 6 bulan.05 rupiah.05 Artinya.