SK KD

INDIKATOR

MATERI

LATIHAN

PENUTUP

kelangkaan dan sistem ekonomi Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi kebutuhan manusia .Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia.

Mengidentifikasi manusia bermacam-macam kebutuhan .1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan 2.

adalah Kesenjangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas .

• Kebutuhan manusia Kebutuhan adalah : hasrat yang timbul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi dapat mempengaruhi kelangsungan hidupnya Keinginan : hasrat yang timbul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi tidak mempengaruhi kelangsungan hidupnya .

angkutan umum Kebutuhan tertier: kebutuhan akan barang mewah contoh: mobil mewah. sandang. jika tidak terpenuhi dapat mengganggu kelangsungan hidupnya contoh: pangan.intensitas MACAM-MACAM KEBUTUHAN Menurut intensitas Kebutuhan primer : kebutuhan yang harus dipenuhi. kapal pesiar . papan Kebutuhan sekunder: kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer contoh: telepon.

contoh:obat bagi orang sakit Menurut waktu Kebutuhan yang akan datang: kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan di masa yang akan datang contoh: tabungan .MACAM-MACAM KEBUTUHAN WAKTU Kebutuhan sekarang : kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga.

istirahat Kebutuhan Rohani : yaitu kebutuhan yang bersifat rohani. rekreasi dan hiburan .sifat MACAM-MACAM KEBUTUHAN Menurut sifatnya Kebutuhan jasmani : yaitu kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani atau fisik. berhubungan dengan jiwa manusia. contoh: makan. berolah raga. contoh: beribadah menurut agamanya. bersosialisasi.

rumah sakit. Contoh: kebutuhan akan jalan raya. kaca mata. sekolah. dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. .SUBYEK SUBJECT MACAM-MACAM KEBUTUHAN menurut subyeknya: Kebutuhan individu : yaitu kebutuhan perseorangan atau individu. kursi roda Kebutuhan kolektif : yaitu kebutuhan bersama dalam suatu masyarakat. Contoh: kebutuhan akan alat bantu dengar.

Latihan: Lihat LKS .

LKS 1 EKONOMI Jenis Kebutuhan Pelajar Guru Sopir Angkot Tukang sayur Primer Sekunder Tersier .

SAMPAI JUMPA DAN TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful