P. 1
Minggu an Alam Pikiran Manusia

Minggu an Alam Pikiran Manusia

|Views: 25|Likes:
Published by Tabee Bren

More info:

Published by: Tabee Bren on Jun 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2012

pdf

text

original

Perkembangan Alam Pikiran Manusia

Untuk anda yang ingin tahu, ingin belajar, mengubah ketertinggalan menjadi modern. Mengubah kemelataran menjadi kemakmuran. Mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Terus aktifitas takkan pernah lelah untuk belajar. CARI ILMU dimana saja, kapan saja dan berguru kepada siapa saja

Tuhan menciptakan dua makhluk, yang satu bersifat anorganis (benda mati) dan yang lain bersifat organis (makhluk hidup). Benda yang menjadi pengisi bumi tunduk pada hukum alam (deterministis) dan makhluk hidup tunduk pada hukum kehidupan (biologis), tetapi yang jelas ciri-ciri kehidupan manusia sebagai makhluk yang tertinggi, lebih sempurna dari hewan maupun tumbuhan. Dari sekian banyak ciri-ciri manusia sebagai makhluk hidup, akal budi dan kemauan keras itulah yang merupakan sifat unik manusia

Rasa ingin tahu, juga merupakan salah satu ciri khas manusia. Ia mempunyai kemampuan untuk berpikir sehingga rasa keingintahuannya tidak tetap sepanjang zaman. Karena apa? Karena manusia akan selalu bertanya apa, bagaimana dan mengapa begitu. Manusia juga mampu menggunakan pengetahuannya yang terdahulu untuk dikombinasikan dengan pengetahuan yang baru sehingga menjadi pengetahuan yang lebih baru.

Ada dua macam perkembangan alam pikiran manusia, yakni perkembangan alam pikiran manusia sejak dilahirkan sampai akhir hayatnya dan perkembangan alam pikiran manusia, sejak zaman purba hingga dewasa ini.

Sejarah Pengetahuan yang diperoleh Manusia

Manusia selalu merasa ingin tahu maka sesuatu yang belum terjawab dikatakan wallahualam, artinya Allah yang lebih mengetahui atau wallahualam bissawab yang artinya Allah mengetahui sebenarnya. Perkembangan lebih lanjut dari rasa ingin tahu manusia ialah untuk memenuhi kebutuhan nonfisik atau kebutuhan alam pikirannya, untuk itu manusia mereka-reka sendiri jawabannya.

A. Comte menyatakan bahwa ada tiga tahap sejarah perkembangan manusia, yaitu tahap teologi (tahap metafisika), tahap filsafat dan tahap positif (tahap ilmu). Mitos termasuk tahap teologi atau tahap metafisika. Mitologi ialah pengetahuan tentang mitos yang merupakan kumpulan cerita-cerita mitos. Cerita mitos sendiri ditularkan lewat taritarian, nyanyian, wayang dan lain-lain.

Secara garis besar, mitos dibedakan atas tiga macam, yaitu mitos sebenarnya, cerita rakyat dan legenda. Mitos timbul akibat keterbatasan pengetahuan, penalaran dan panca indera manusia serta keingintahuan manusia yang telah dipenuhi walaupun hanya sementara.

Puncak hasil pemikiran mitos terjadi pada zaman Babylonia (700-600 SM) yaitu horoskop (ramalan bintang), ekliptika (bidang edar Matahari) dan bentuk alam semesta yang menyerupai ruangan setengah bola dengan bumi datar sebagai lantainya sedangkan langit-langit dan bintangnya merupakan atap.

Tonggak sejarah pengamatan, pengalaman dan akal sehat manusia ialah Thales (624-546) seorang astronom, pakar di bidang matematika dan teknik. Ia berpendapat bahwa bintang mengeluarkan cahaya, bulan hanya memantulkan sinar matahari, dan lain-lain. Setelah itu muncul tokoh-tokoh perubahan lainnya seperti Anaximander, Anaximenes, Herakleitos, Pythagoras dan sebagainya

Mengenal Jenis-Jenis alam pikiran

Pemahaman kepada jenis jenis alam pikiran akan membawa konsekwensi bahwa jika manusia ingin meningkatkan kualitas levelnya, yaitu sekedar level hewani ke level insani, dan seterusnya ke level ilahi, maka ia harus menata dulu alam pikrannya

Sebab menata alam pikiran menunjukan kualitas manusia. Jika manusia dalam setiap saat dalam kondisi kacau maka jelas mereka masihdalam tatanan rendah. Jika semakin meningkat ( mampu mengusai alam pikirannya) maka akan meningkat pula tatanannya. Idealnya, manusia harus mencapai mencapai gelombang delta.

Adapun jenis jenis gelombang pikir dapat mempengaruhi aktivitas manusia.

1. gelombang Beta ( 14 Hz - 26 Hz ) Pikiran yang muncul yang kita sadari lebih kurang hanya 10% sedang sisanya 90% tidak kita sadari yang mengakibatkan gelombangotak menjadi tinggi atau otak/pikiran menjadi ruwet. Pada kondisi ini jalan pikiran yang dominan adalah pikiran buruk/jahat,misalnya : marah, cemas , khawatir, gelisah, serakah dan yang sejenisnya.

2. Gelombang alpha ( 8 Hz - 13 Hz ) Dalam suasana santai maka gelombang pikiran yang muncul akan semakin melambat, sehingga pikiran yang kita sadari sekitar 20%. Karena masih 20% maka tentu masih banyak pengaruh buruk. Pengaruh buruk semakin menurun , tetapi masih belum maksimal.Karena itu pikiran buruk masih mendominasi pikiran kita.

3.Gelombang tetha ( 5 Hz - 7 Hz ) Dalam posisi gelombang tetha pikiran yang muncul masih ada, namun sangat kurang yaitu lebih kurang 3%. Seseorang dapatdisebut dengan meditasi /tafakur apabila gelombang pikiran dalam tingkat gelombang tetha.

4. Gelombang Delta (0,5 Hz - 4 Hz ) Reaksi pikiran sudah sangat kecil atau hapir tidak ada pengaruh dalam otak. dalam istilah meditasi dikenal adanyacakra-cakra, yaitu pintu masuk keluarnya energi etrik(energi halus).Ketika getaran gelombang pada posisi gelombang deltacakra-cakra sudah terbuka lebar, seseorang bisa menyerap energi positif dari jagat raya atau energi suci dari illahi. Kondisiini terjadi pada saat sedang berdzikir , dimana sudah sampai pada tingkatan khusyu.

 

5. Cosmic Rhythm / Gelombang alam semesta ( 0 Hz ) Kondisi dimana alam pikiran sudah tidak bereaksi, namun dalam kondisi aktif menyuplai energi posittif ke dalam tubuhkita.Gelombang alam semesta dimiliki oleh para nabi / wali dimana mereka sudah pada posisi suci kehidupannya atau tidak lagiterpengaruh oleh ombak dan gebyarnya oleh kehidupan duniawi, sehingga senantiasa dalam kondisi damai dan tenang.

GAMBARAN UMUMHidup pada abad ke – 21, terjadi perubahan yang sangat mendalam dalam setiap sisi kehidupan manusia. Perubahan itu tidak saja dipicu oleh kemajuan teknologi namun juga perubahan tatanan sosial kehidupan manusia. Berkat kemajuan teknologi, batas hubungan manusia telah melampau tempat di mana manusia itu berada. Istilah – istilah seperti handphone,email,chatting dan lain – lain sudah menjadi bahasan umum

SEKILAS TENTANG PIKIRAN ALAM SADAR DAN BAWAH SADAR

dikelompokkan berdasarkan hobby, pendidikan, jenis kelamin, karir ataupun status sosial sudah menjadi kenyataan dalam kehidupan masyarakat. Persaingan yang semakin berkompetensi dan cenderungan berlawanan telah membawa manusia pada kehidupan yang semakin banyak tantangannya.

Bukti yang benar – benar nyata adalah keinginan pelanggan atas produk dan jasa yang semakin rewel. Jika pelayanan buruk maka dengan mudah pelanggan tersebut mencari pemasok yang baru baik itu dengan menggunakan teknologi internet ataupun media cetak. Inovasi atas produk dan jasa ataupun pelayanan yang semakin baik terhadap pelanggan sudah menjadi tuntutan umum bagi perusahaan

Untuk meningkatkan pelayanan dan inovasi produk dan jasa, perusahaan harus merubah tatanan perusahaan menjadi perusahaan pembelajaran bagi karyawannya yang kita kenal dengan istilah Strategic Human Resources Management. Tidak lagi sekedar pelatihan tapi juga harus menjurus pada edukasi seperti yang diungkapkan oleh Taufik Bahaudin dalam bukunya Brainware Management. Dengan kata lain perusahaan berubah dari knowledge organization menjadi Learning Organization.

Perkembangan teknologi pada perangkat lunakpun tidak kalah hebatnya tujuannya adalah mendukung pelayanan agar lebih baik. Isitlah Customer Relationship Management ( CRM ) , Supply Chain Management ( SCM ), Business Intelligence ( BI ) mungkin sudah kerap kita dengar. Penciptaan atau inovasi terhadap produk dan jasa dan penemuan – penemuan baru tidak terlepas dari apa yang kita sebut dengan istilah pikiran manusia.

Sebagian besar bahkan hampir semua yang ada di dunia ini adalah hasil ciptaan manusia melalui pikirannya. Untuk itu berbagai riset yang dilakukan ilmuwan tentang pikiran manusia terus dilakukan untuk mengetahui apakah sebenarnya obyek pikiran dan proses tersebut.

. PIKIRAN ALAM SADAR DAN BAWAH SADARSalah satu istilah yang kita kenal adalah bahwa pikiran manusia itu terdiri dari pikiran alam sadar dan pikiran alam bawah sadar. Pikiran alam sadar bertindak sebagai subyektif sedangkan bahwa pikiran alam bawah sadar bertindak sebagai obyektif. Jadi ketika kita mengambil sebuah keputusan maka pemikiran itu akan diteruskan ke alam bawah sadar sebagai respon terhadap aksi yang kita lakukan. Sebagai contoh, Ketika pikiran alam sadar yang berkolaborasi dengan indera penglihatan melihat makanan secara reflek tangan kanan akan mengambil makanan untuk dimasukkan ke dalam mulut.

. Hasil penyelidikan para ilmuwan mengatakan bahwa pikiran alam bawah sadar mempunyai sumber tak terbatas dan memiliki segala sesuatu yang kita diinginkan. Baik itu pada sebagai bahan penciptaan ataupun penyembuhan tubuh. Membangun sebuah landasan rohani yang sehat juga tidak terlepas dari pikiran manusia. Pkiran – pikiran negatif seperti rasa iri, dengki,cemas akan membawa manusia pada rohani yang lemah sebaliknya jikalau pikiran kita isi dengan hal – hal yang positif seperti ramah tamah, tidak iri, sopan, pasrah, jujur akan membangun kesehatan rohani kita secara menyeluruh yang akhirnya membawa dampak pada kesehatan tubuh.

Pembangunan rohani yang sehat juga harus dilaksanakan dengan keyakinan yang penuh. Sehingga refleksi terhadap pikiran bawah sadar akan terlaksana. Ingat bahwa pikiran bawah sadar akan melaksanakan apapun yang ditangkap melalui pikiran alam sadar

7 success power andrie wongso

7 Succes Power, 7 kekuatan untuk meraih ke-SUKSES-an yang seharusnya kita miliki. 7 kekuatan yang dipaparkan Andrie Wongso itu antara lain :

Karakteristik citra diri yang seharusnya kita miliki adalah karakteristik citra diri positif, antara lain : selalu memiliki tujuan besar, penuh keyakinan, PD, optimis aktif, tegar, senang tantangan, dan open minded. Karena SUKSES membutuhkan komitmen, pengorbanan, perjuangan, keuletan, dan kegigihan. Jangan mengharap semua lancar, tapi berusahalah agar semua lancar, karena keSUKSESan adalah milik siapa saja yang benarbenar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkan dengan sepenuh hati. cobalah untuk tidak mengeluh terhadap apapun yang terjadi.

1. THE POWER OF SELF IMAGE

Betapa dahsyatnya kekuatan pikiran manusia. Semua produk di dunia ini dijadikan, digerakkan, dan dimulai dari alam pikiran manusia. Kekuatan getaran pikiran dan jiwa akan membantu mencari sasaran sesuai dengan takaran pikiran manusia itu sendiri. Alam bawah sadar manusia merupakan alat untuk mencapai sasaran. Manusia SUKSES bukan dari raut mukanya, tapi dari menta; dan pikirannya. Hindari karakteristik seperti : pemikir negative, tidak PD, selalu bimbang dan ragu, “lunak” pada diri sendiri, takut tantangan, dan pasrah pada keadaan. Jangan sampai kita miskin mental, karena miskin mental sangat bertolak belakang dengan SUKSES.

2. THE POWER OF CHOICE

Pilihan adalah salah satu rahasia kesuksesan. Hidup sesungguhnya adalah serangkaian pilihan-pilihan yang dapat kita ambil setiap hari, setiap saat, karena kia mempunyai hak dan tanggung jawab atas pilihan kita. Dan satu-satunya hal yang tidak dapat kita hindari adalah MEMBUAT PILIHAN. Jadi kita harus berani memilih dan memastikan target kita, impian kita.

3. THE POWER OF WILL (TO BE)

The power of will merupakan kekuatan hasrat yang penuh keyakinan dan keberanian dalam memperjuangkan apa yang menjadi keinginannya.

4. THE POWER OF ACTION

Kekuatan aksi, kekuatan untuk melangkah. Jika target sudah ditentukan, dan keyakinan untuk memperjuangkan sudah bergemuruh, maka mulailah melangkah. Jika target sudah ditentukan tetapi kita tidak bertindak nyata karena takut gagal dan takut menanggung resiko, maka jangan bilang nasib anda jelek dan nasib orang lain lebih baik. Beranikan diri untuk mulai melangkah, jangan takut jatuh!

5. THE POWER OF DETERMINATION

Power of Determination yang dimaksud di sini adalah kegigihan. Ke-SUKSES-an hari ini tidak berarti besok kita akan meraih SUKSES lagi. Tanpa kesiapan diri dan berjuang lebih keras, SUKSES akan sulit kita pertahankan. Begitu pula kegagalan. Hari ini kita gagal, belum tentu besok kita juga gagal. Selama masih ada semangat untuk berbenah diri dan target besar untuk diraih, maka SUKSES besar selalu menanti kita.

Masih pada 5. THE POWER OF DETERMINATION

Kehidupan akan terus berubah. Hanya manusia yang mempunyai kegigihan dan sikap mental untuk belajar dan memperbaiki diri secara konsisten yang bisa tetap eksis dan SUKSES dalam menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Dan kegagalan bukanlah sesuatu yang harus kita takuti. Kegagalan adalah sarana intropeksi diri untuk berusaha lebih keras, karena kegagalan adalah bagian kecil dari sebuah ke-SUKSES-an. SUKSES sejati adalah akumulasi dari kegagalan-kegagalan yang mampu diatasi. Yang terpenting bukan seberapa sering kita terjatuh dan gagal, tapi seberapa gigih kita berjuang untuk mampu bangkit kembali. Jangan takut menderita, karena hanya penderitaan hidup yang dapat mengajarkan kepada manusia akan arti keindahan dan nilai kehidupan.

6. THE POWER OF PERSONALITY

Kekuatan kepribadian juga berpengaruh besar terhadap kesuksesan. Orang yang disukai orangorang disekelilingnya karena memiliki kepribadian yang menarik adalah calon orang sukses. Jadilah orang yang gampang bergaul, beradaptasi, dan selalu memanusiakan manusia lain. Kita harus kaya mental. Kaya mental disini berarti suka tantangan, berkompetisi, penuh tanggung jawab, disiplin dan menghargai waktu, cinta pada pekerjaan, penuh loyalitas dan dedikasi, mau bekerja keras, mudah bekerjasama, antusias, ulet, dan pantang menyerah.

Selain itu, milikilah kepribadian yang berjiwa spiritual. Percayalah pada kekuatan spiritual, kekuatan doa. Kesuksesan yang kita usahakan, pada akhirnya ditentukan oleh Allah. Doa kesuksesan yang kita panjatkan juga tidak akan terkabul begitu saja tanpa usaha nyata. Jadi, kekuatan spiritual berkaitan dengan SUKSES. Dunia dan akhirat akan member tempat bagi orang yang kaya mental dan punya kekuatan spiritual. So, lets pray everyday!

7. THE POWER OF COMMITMENT

Kekuatan komitmen berarti kekuatan untuk berani memperjuangkan target besar yang dibuat sampai SUKSES. Komitmen untuk melangkah, menjalankan target yang ingin dicapai.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->