Click to edit Master subtitle style

PENGKAJIAN PADA ANAK

Oleh Alfianto setyo Supenti

6/4/12

PENGKAJIAN 1. register Tanggal MRS : jam 6/4/12 Tanggal pengkajian : jam . Data umum :  Nama / nama panggilan: Umur Agama Alamat : tahun : : : Jenis kelamin : No.

makanan dll: oleh :  Alergi  Dikirim 6/4/12 .2. Informasi Medik  Diagnosa medis: / tempat pemeriksaan sebelum MRS:  Waktu  Obat terakhir yang dipakai : obat.

RIWAYAT PENYAKIT SEKARANG (RPS) Untuk mendapatkan semua rincian yang berhubungan dengan keluhan utama 6/4/12 . KELUHAN UTAMA(KU) Untuk menentukan alasan spesifik yang utama bagi anak dan orang tua mencari bantuan profesional kesehatan 4.3.

cedera atau operasi Alergi 6/4/12 Pertumbuhan dan . Perinatal) Terbaru sebelumnya Imunisasi Riwayat Kelahiran (Riwayat Kehamilan. RIWAYAT KESEHATAN DAHULU  Untuk memperoleh profil penyakit anak .5. cedera-cedera atau pembedahan sebelumnya: Persalinan. Pengobatan Penyakit.

infeksi nifas  Post natal gram. Kondisi bayi : BB lahir cm 6/4/12 . Klinik . Penolong persalinan : dokter. Tempat melahirkan : RS. Cara untuk memudahkan persalinan : drips. PB a.6. Rumah b. forceps. obat perangsang e. Komplikasi waktu lahir : robek perineum . bidan. RIWAYAT PERSALINAN a. Lama dan jenis persalinan : spontan. dukun d. operasi lain-lain c.

IV) 4. DPT (I.7.II.III) 3. Hepatitis 6/4/12 .III. Riwayat Imunisasi  Reaksi setelah pemberian 1. Campak 5.II. BCG 2. Polio (I.

migrain. kanker .anemia. penyakit jantung. RIWAYAT KESEHATAN KELUARGA Penyakit anggota keluarga : alergi asma TBC. hipertensi. DM . RIWAYAT PENGOBATAN KELUARGA Untuk mengidentifikasi adanya factor genetika atau penyakit yang memilkii kecenderungan terjadi dalam keluarga 6/4/12 dan untuk mengkaji parjalanan terhdap . stroke . artritis. hemofilia. jiwa 9.8.

Riwayat tumbuh kembang   Keadaan waktu lahir: Pertumbuhan Fisik  Berat badan :  Tinggi badan :   Fungsi motorik halus : Fungsi motorik kasar : Usia anak saat  Berguling  Duduk : :  Merangkap :  Berdiri  berjalan : : 6/4/12 Berpakaian tanpa bantuan:  .10.

11. POLA NUTRISI NutrisiKondisi Sebelum Sakit Sakit  Selera makan Menu makan Frekuensi makan Makanan pantangan Pembatasan pola makan Cara makan Ritual saat makan Saat 6/4/12 . Pola Kebiasaan 1. .

Cara . POLA PERSONAL HYGIENE Personal HygieneKondisi : Sebelum Sakit Saat Sakit  Mandi .3.Frekuensi .Alat mandi 6/4/12 Cuci rambut . POLA ELIMINASI Eliminasi (BAB&BAK) KondisiSebelum Sakit Saat Sakit 4.

 REFLEK MATA BONEKA : Reflek ini diperiksa sebagai salah satu cara untuk menentukan mati batang otak. Namun jika pada pemeriksaan ini bola mata tetap berhenti atau tidak bergerak sama sekali berarti dimungkinkan ada kematian batang otak. Reflek ini akan mulai terhambat pada usia sekitar empat bulan dan berangsur-angsur akan terbawa di bawah sadar. maka disebut tanda-tanda Myerson. dan hal tersebut tidak normal.  REFLEK ROOTING : Reflek ini ditunjukkan pada saat kelahiran dan akan membantu proses menyusui. . Jika kedipan mata terus berlangsung pada ketukanketukan selanjutnya.Pengkajian refleks  REFLEK KETUK GLABELLA : Kedipan mata akan mucul sebagai reaksi terhadap ketukan namun hanya timbul sekali yaitu pada ketukan pertama. kira-kira selama tiga minggu setelah kelahiran) bayi akan langsung menggerakkan kepalanya lebih cepat dan tepat untuk6/4/12 menemukan obyek tanpa harus mencari-cari. dan mencari obyek tersebut dengan menggerakkan kepalanya terus-menerus hingga ia berhasil menemukan obyek tersebut. Seorang bayi baru lahir akan menggerakkan kepalanya menuju sesuatu yang menyentuh pipi atau mulutnya. Jika kepala diputar-putar (ditolehkan ke samping kanan dan kiri) maka bola mata akan bergerak. Setelah merespon rangsang ini (jika menyusui. yang merupakan gejala awal penyakit Parkinson.

 REFLEK SUCKING : Reflek ini berhubungan dengan reflek rooting dan menyusui. yaitu :  Tahap expression : dilakukan pada saat puting susu diletakkan diantara bibir bayi dan disentuhkan di permukaan langit-langitnya. Bayi akan secara langsung menekan (mengenyot) puting dengan menggunakan lidah dan langit-langitnya untuk mengeluarkan air susunya. mendorong air susu dari payudara ibu untuk ditelan oleh bayi.  Tahap milking : saat lidah bergerak dari areola menuju puting.  REFLEK TONICK NECK DAN ASYMMETRIC TONICK NECK ini disebut juga posisi menengadah. lengan pada sisi tersebut . dan menyebabkan bayi untuk secara langsung mengisap apapun yang disentuhkan di mulutnya. Ada dua tahapan dari reflek ini. muncul pada usia satu bulan dan akan menghilang pada sekitar usia lima bulan. Saat 6/4/12 kepala bayi digerakkan ke samping.

Genggaman bayi dapat dikurangi kekuatannya dengan menggosok punggung atau bagian samping tangan bayi. bayi mungkin juga akan menggenggam tibatiba dan tanpa rangsangan. walaupun juga dimungkinkan akan mendorong berat badan bayi. Saat sebuah benda diletakkan di tangan bayi dan menyentuh telapak tangannya. maka jari-jari tangan akan menutup dan menggenggam benda tersebut. 6/4/12  REFLEK PLANTAR : . Genggaman yang ditimbulkan sangat kuat namun tidak dapat diperkirakan. REFLEK PALMAR GRASPING : Reflek ini muncul pada saat kelahiran dan akan menetap hingga usia 5 sampai 6 bulan.

ia akan mulai mengayuh dan menendang seperti gerakan berenang. Pada saat kulit di sepanjang sisi punggung bayi diigosok. Reflek 6/4/12 . maka bayi akan berayun menuju sisi yang digosok. ditemukan oleh seorang neurolog dari Rusia. REFLEK GALANT : Reflek ini juga dikenal sebagai reflek Galant’s infantile. Reflek ini muncul sejak lahir dan berlangsung sampai pada usia empat hingga enam bulan. Jika reflek ini menetap hingga lewat enam bulan. dimungkinkan ada patologis. Johann Susman Galant.  REFLEK SWIMMING : Reflek ini ditunjukkan pada saat bayi diletakkan di kolam yang berisii air.

paling kuat pada usia satu bulan dan akan mulai mengjilang pada usia dua bulan. Siingkatnya. 6/4/12 . kedua lengan akan terangkat dan tangan seperti ingin mencengkeram atau memeluk tubuh dan bayi menangis sangat keras. Reflek ini terjadi jika kepala bayi tiba-tiba terangkat. REFLEK MORO : Reflek ini ditemukan oleh seorang pediatri bernama Ernst Moro. Kaki dan tangan akan melakukan gerakan ekstensi dan lengan akan tersentak ke atas dengan telapak tangan ke atas dan ibu jarinya bergerak fleksi. Reflek ini muncul sejak lahir. Reflek ini normalnya akan menghilang pada usia tiga sampai empat bulan. suhu tubuh bayi berubah secara drastis atau pada saat bayi dikagetkan oleh suara yang keras.

 Thank you ^__^ ^_^ 6/4/12 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful