Pemboikotan

Ahad, 4 Maret 2012

Al-Hijr(15):88).‘Aamul Huzni (Tahun Duka Cita) “Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan“. (QS. .An-Nahl(16):127) “Maka (apakah) barangkali engkau ( Muhammad) akan mencelakakan dirimu karena bersedih hati sesudah mereka berpaling. dan janganlah kamu bersedih hati terhadap mereka dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman”. sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini”. (QS.Al-Kahfi(18):6) “Janganlah sekali-kali engkau ( Muhammad) menujukan pandanganmu kepada keni`matan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang-orang kafir itu). (QS.

Waktu demi waktu berlalu. Namun dengan pertolongan-Nya jualah Rasulullah bisa menahan kesabarannya.Keraguan Yang Mendalam • Ayat-ayat diatas adalah ayat-ayat yang diturunkan ketika Rasululllah dalam keadaan duka yang mendalam. jika kamu orang-orang yang benar”.Al-Baqarah(2):23). “Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Qur’an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad). Rasulullah bersedih karena para pemimpin Quraisy dan penduduk Mekah mendustakannya. Tak satupun ayat-ayat AlQuran mampu menggugah hati orang-orang Mekah untuk meninggalkan kesyirikan mereka. Mereka tetap dalam keraguan yang mendalam. buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Qur’an itu dan ajaklah penolongpenolongmu selain Allah. . (QS.

Namun ditengah perjalanan mereka terpaksa kembali ke Habasyah karena ternyata keIslaman dua tokoh tersebut malah makin membuat orang Quraisy memperkuat tekanan terhadap orang-orang Islam. putri kedua Rasulullah dan suaminya. Ustman bin Affan. Mereka terdiri dari 12 Muslim dan 4 Muslimah. yaitu Hamzah bin Abdul Muthalib dan Umar bin Khattab telah memeluk Islam. akhirnya Rasulullah mengizinkan sejumlah Muslimin untuk mencari suaka ke Habasyah. • Baru beberapa waktu mereka menetap di negeri tersebut. ketika kemudian mereka mendengar kabar bahwa beberapa orang kuat Quraisy. Mereka bahkan mengirim beberapa wakilnya untuk pergi ke Habasyah dan meminta secara langsung kepada raja Najasyi agar mengembalikan orang-orang Islam yang meminta suaka kepadanya.Kondisi Setelah 5 Tahun Kenabian • Lima tahun setelah wahyu pertama turun berlalu sudah. yaitu Najasyi. termasuk diantaranya adalah Ruqayah. Negeri di Afrika yang sekarang bernama Ethiopia ini ketika itu berada dibawah pemerintahan seorang raja Nasrani alim yang sangat bijaksana. . Maka merekapun berniat kembali ke Mekah. Karena penyiksaan tidak juga berkurang.

.Keraguan Yang Mendalam & Umar Islam Pada Masa Hamzah • Masuk Islam-nya Hamzah bin Abdul Muththalib dan Umar bin Khattab semakin memperkuat posisi umat Islam di mata kaum kafir Quraisy.

yaitu dengan melakukan pemboikotan total kepada umat Islam beserta keturunan Bani Hasyim dan Bani Abdul Muththalib. kecuali Abu Lahab yang membelot kepada kaum kafir Qurasy.Islam Pada Masa Hamzah & Umar • Sebelum masuk Islam-nya Hamzah dan Umar. melainkan lebih dahsyat lagi. Kaum kafir Quraisy bersepakat untuk memboikot Bani Hasyim dan Bani Abdul Muththalib. Mereka melakukan bolikot dengan menulis perjanjian (shahifah) yang ditulis oleh Manshur bin Ikrimah bin Amir bin Hasyim. intimidasi secara fisik menjadi andalan mereka— sehingga sebagian sahabat diperintahkan Rasulullah saw berhijrah ke Abasinia—maka kini bentuk intimidasi tidak lagi secara fisik orang per orang . .

Shahifah (Konsensus) • Nota perjanjian itu digantung di Ka’bah. Darul Falah. Adapun isi perjanjian (Shahifah) itu adalah: • Mereka tidak menikah dengan wanita-wanita dari Bani Hasyim dan Bani Abdul Muththalib. • Mereka tidak membeli sesuatu apa pun dari Bani Hasyim dan Bani Abdul Muththalib. • Mereka tidak menjual sesuatu apa pun kepada Bani Hasyim dan Bani Abdul Muththalib. Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam I. 2004) . • Mereka tidak minikahkan putri-putri mereka dengan orang-orang Bani Hasyim dan Bani Abdul Muththalib. (Abu Muhammad Abdul Malik bin Hisyam Al Muafiri.

Letaknya di kaki bukit Abu Qubays. bagian Mekkah sebelah timur. yaitu dimulai tahun ke-7 kenabian sampai tahun ke-10 kenabian. (H. Fuad Hasyem. Sirah Muhammad Rasulullah Suatu Penafsiran Baru. tidak dapat dipanjat. 1990). Berbentuk sebuah pelataran sempit yang dikelilingi dinding batu terjal lagi tinggi.Shahifah (Konsensus) • Mereka diboikot di Syi’ib Abu Thalib. yang hanya dapat dilewati unta dengan susah payah. Mizan. • Pemboikotan ini berlangsung selama tiga tahun. Orang ganya dapat masuk keluar dari sebelah barat melalui celah sempit setinggi kurang dari dua meter. .

kecuali yang diselundupkan secara sembunyi-sembunyi dalam jumlah yang terbatas—. (Syaikh Shafiyyur Rahman Al Mubarakfury. • Tak heran jika mereka banyak yang makan dedaunan dan kulit binatang. Sejarah Hidup Muhammad Sirah Nabawiyah. tetapi penduduk mekkah menghasut mereka agar menaikkan harga barang-barang dagangan mereka sehingga kaum Muslimin tidak dapat membelinya. 2002).Shahifah (Konsensus) • Mereka tidak tidak bisa keluar dari tempat ini kecuali pada bulan-bulan haram. Mereka membeli dari kafilah yang datang ke mekkah dari luar daerah.isalnya yang dilakukan Hakim bin Hizam. . Tidak ada pasokan makanan. keponakan Khadijah. Rabbani Press.

Zama’ah bin Al Aswad bin Muththalib. sebagian dari mereka bersepakat untuk membatalkan nota perjanjian itu. Karena itu. Zubair bin Abu Umayyah.Akhir Pemboikotan • Sebenarnya tidak semua kaum kafir Quraisy bersepakat dengan nota perjanjian itu. Setelah beberapa tahun berlalu. . • Lima orang yang mendukung pemberhetian boikot: Hisyam bin Amr sampai ketemu lima orang yaitu Hisyam bin Amr. Pelopornya adalah Hisyam bin Amr Rabi’ah. Al Bakhtari bin Hisyam. Al Muthi’im bin Adi.

Ibroh • Embargo ini berdampak baik bagi Islam dan kaum muslimin. antara lain:  Kaum muslimin dapat mengambil pelajaran langsung tentang kesabaran dan daya tahan. Mereka menyadari bahwa kehilangan keuntungan dan hancuran sarana-sarana kebaikan tertentu adalah kewajiban pertama yang harus diberikan dalam pengorbanan di jalan aqidah.  Tekanan-tekanan itu tidak akan membunuh para da’i bahkan semakin memperkuat akar dan dahannya .

para pemimpin yang memutuskan persoalan. • Mereka hanya meyakini bahwa hari ini dan nanti adalah milik mereka. akan tetapi Allah balikkan harapannya. namun berbuah manis • Orang-orang Quraisy tidak pernah membayangkan bahwa suatu hari nanti. cepat atau lambat. fajar baru akan terbit.Proses itu berat. Mekah akan bersih dari berhala. . Adzan berkumandang di seluruh sudutnya. dan mereka menjadi tawanan yang mengharapkan ampunan. dan memberikan kemenangan besar kepada pembawa kebenaran. dan orang-orang yang pernah diboikot itu akan menjadi pemegang kendali.

‫بنصر هللا ينصر من يشاء وهو العزيز الرحيم‬ “Dan di hari (kemenangan bangsa Rumawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman. .” (Arrum: 4-5).Falah ‫في بضع سنين هلل األمر من قبل ومن بعد ويومئذ يفرح المؤمنون‬ . Karena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang dikehendaki-Nya.

Seorang muslim tidak boleh tunduk dan bertahan dengan gangguan jika mampu membalasnya. serta mendakwahinya dengan berangkat dari realitas yang mereka alami. Seperti yang dilakukan kaum muslimin ketika Hamzah dan Umar masuk Islam. . atau ada orang yang membantunya menangkis siksaan itu. dan tidak ada motivasi lain.PELAJARAN BERHARGA 1. meskipun menghadapi tekanan keras. Di antar cara bijak para da’i menghadapi ahlul batil adalah dengan argumentasi dan bukti. makian dengan makian. Motivasi akidah adalah satu-satunya motivasi kaum muslimin untuk memeluk Islam. serta bantuan keluarga seperti Abu Thalib 2. 3. tidak boleh menyikapi siksaan dengan siksaan. apalagi yang bersifat materi.

Jika seorang muslim komitmen dengan akidah yang lurus. diperbolehkan bagi seorang muslim untuk menangkis ahlil batil. serta kesepakatan untuk melawan kaum musyrikin. optimalisasi kekuatan yang tidak mengganggu dan memusuhi Islam dengan terbuka. tempat yang baik bagi da’wah. dan beralih kepada peperangan terbuka melawan musuhnya pada waktu. mengungkapkan kepalsuan akidahnya. . menguatkan cahaya keyakinan hatinya. maka akan mengusir kebimbangan hatinya. Seorang pemimpin sukses adalah yang mampu mencerahkan pasukan dan potensinya untuk menghindari gangguan. 5. 7. Hijrah kaum muslimin ke Habasah adalah buah dari hubungan baik antara Islam dan Nasrani. 6. penyimpangan fikrahnya dengan serangan tidak membahayakan diri da’i dan temantemannya dari jebakan musuh.PELAJARAN BERHARGA 4.

10. 9. Kaum muslim memanfaatkan semangat kesukuan dalam mencabut embargo. . Masuk Islamnya Umar dan Hamzah adalah masuk Islamnya pemimpin yang akan berperan banyak dalam keseimbangan haq (benar) dan batil (salah). Para pemimpin simbolis yang mendapatkan keuntungan materi.PELAJARAN BERHARGA 8. 11. Mereka hanya mengikuti agama nenek moyang dan para pendahulunya. Kehilangan kekuasaan dan kedudukan. status sosial adalah orang-orang pertama yang memusuhi Islam. Kaum kafir melakukan pemutusan total dengan Rasulullah dan kaum muslimin karena Islam mulai menggoncang sendi-sendi aqidah mereka yang batil dan eksistensi spiritualnya dengan kuat. dan akan terus memusuhinya karena ia takut kehilangan posisi dan popularitas diri.

16. Pertolongan itu pasti datang jika sifat-sifat kelayakan untuk mendapatkan pertolongan itu terpenuhi. Tsiqah yang utuh dengan janji Allah yang akan memberi pertolongan dan tsiqah yang utuh kepada pemimpin dibarengi dengan harapan pahala di sisi Allah.PELAJARAN BERHARGA 12. ketika mereka dapat mengambil buah ujian itu. lebih mampu bergerak mencapai sasarannya. maka menjadi kewajiban ahlul haq untuk membelanjakan yang mahal dan mulia dalam rangka meninggikan kalimatul haq (kebenaran) . Para da’i ilallah keluar dari ujian dan penderitaan yang menimpanya dalam keadaan lebih tangguh. Ahlul batil mengeluarkan hartanya untuk meninggikan kebatilannya. 13. Berkorban dengan jiwa dan yang paling berharga adalah ciri para da’i yang mengharapkan balasan dari Allah. 14. lebih kaya pengalaman. 15.

seperti yang dilakukan tanah terhadap lembar pengumuman embargo. dan menundukkan tokoh-tokoh kafir untuk membela mereka dan memecah barisan kaum musyrikin.Keraguan Yang Mendalam 17. . Bangsa Arab meski dalam jahiliyah memiliki janji dan kesepakatan yang tidak bisa dilanggar kecuali jika menyatakan dengang terbuka pembatalah janji itu. 19. Allah memiliki beberapa pasukan. 18. Dari itulah mereka tidak bisa keluar dari isi pengumuman itu sebelum pengumuman itu dirobek. tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah yang bekerja untuk membantuk kaum muslimin. Allah swt menjaga kaum muslimin.