MEMBUAT,MEMPERSIAPKAN,DAN MEMULAI BISNIS BARU

Disusun Oleh : Kelompok 6 Monica Letarisky (105030300111001) Dita Mayangsari (105030300111013)

Prodi Bisnis Internasional Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang 2012

Banyak pengusaha baru yang gagal karena mereka belum mengetahui seluk beluk yang lebih luas lagi tentang caracara dalam merintis usaha baru . Memulai dan menyiapkan sebuah bisnis baru 2. Rumusan Masalah 1. Latar Belakang Dewasa ini banyak para pengusaha baru yang ingin merintis atau membuat usaha baru yang sering mengalami kegagalan dalam merintis usaha baru nya .BAB I PENDAHULUAN A. Apabila pengetahuan para pengusaha lebih banyak. Memutuskan untuk menjadi entrepreneur 3. Masalah itulah yang melatarbelakangi pembuatan dari makalah ini. Merencanakan visi dan misi bisnis . B. maka mereka akan lebih mudah lagi dalam membuat dan merintis usaha baru . Strategi untuk memulai sebuah bisnis baru 4.

dan juga untuk dapat menyiapkan lalu memulai sebuah bisnis baru . Memutuskan untuk menjadi Entrepreneur Tanda tanda bahwa anda harus mulai segera mengambil keputusan untuk Menjadi entrepreneur (pengusaha) . . tergantung dari cara pandang kita sendiri . yaitu : Pasar : Apakah inspirasi anda mampu diserap oleh pasar ? seberapa besar daya serapnya ? dan masih banyak lagi .atau saudara. teman. seseorang harus memiliki sifat sifat seperti dibawah ini : Mampu Hebat dan memiliki rasa percaya diri Professional Bisa menjadi tumpuan bagi orang lain ( prospektif) Have attractive Business and make him interest to be your partner Mempunyai konsep bisnis yang kuat . Memulai dan menyiapkan sebuah bisnis baru Apapun yang sekarang kita lihat dan kita genggam bisa menjadi sebuah peluang.BAB II PEMBAHASAN 1. Anda merasa lelah bekerja dan terus bekerja sehingga sudah bosan diperintah terus oleh atasan anda didalam sebuah perusahaan. 2. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memulai sebuah bisnis . adalah bila : Anda selalu menelurkan ide kreatif dan gagasan yang brilian untuk orang lain. Sebagai calon seorang entrepreneur . Persaingan : Apakah inspirasi tersebut mudah dilakukan orang lain ? Individu : apakah anda mampu membuatnya ? Apakah anda bisa memenuhi faktorfaktor diatas? Dan lain lain.

leadership. yaitu berani karena nekat. .communication. atau berani karena smart.- Tingkat keingintahuan anda sangat tinggi dalam menghadapi masalah atau suatu kejadian.1 Kunci keberhasilan Smart and Good Entrepreneur a. cashflow. d.negotiation. Keberanian seseorang iti ditentukan oleh kemampuannya untuk mengatasi takutnya sendiri dan juga pikirannya . 2. tetapi. Kemampuan Selain kemampuan untuk mengatasi rasa takutnya . agak nekat. Keteguhan Hati Keteguhan hati akan dapat dilakukan dengan baik karena cita-cita . para entrepreneur yang sukses juga mempunyai kemampuan yang sebenarnya.and personality) Tactic Motivator Control ( Finance. - Anda tidak ingin menjadi orang yang biasa-biasa saja.cost. melainkan ada faktor penting lainnya selain “uang” . hati-hati. b. melalui teori ketidaksempurnaan . Keberanian Ada empat tipe pemberani . janganlah takut. yaitu : o o o o o Strategic concept Skill (selling. usaha anda akan berakhir dengan kesuksesan. yaitu : o o o o Jiwa social : pengabdian Status anda dimata keluarga dan lingkungan Kebanggaan yang harus anda miliki selama hidup anda Kemauan untuk keluar dari lingkungan anda ( ambisi) Dengan keteguhan hati yang terus menyala . Kreativitas Seorang entrepreneur yang sukses pasti mempunyai kreativitas yang unggul. bukan dilandasi dengan “nilai uang” semata .flow. dan lain-lain) c.karena kreativitas dapat dipelajari dari nol.

1 Bisnis itu bukan Fotocopi Ketika anda melihat orang lain sukses dalam bisnis tertentu dan kemudian menirunya . Ada tiga strategi untuk sukses dalam memulai bisnis anda .3 Bagaimana Awal sebuah Inspirasi untuk memulai sebuah bisnis Ada berbagai cara yang perlu diketahui dalam memulai sebuah bisnis. pengalaman selama anda mencoba atau mengetahui orang lain dalam menjalankan usaha . 3. jadi berhati-hatilah . Oleh karena itu . Kegagalan yang sering dilakukan orang yang memulai bisnisnya ialah mengkopi bisnis orang lain. strategi tersebut dapat ditinjau dari berbagai cara . Anda tidak bisa secara otomatis langsung sukses seperti orang lain . namun belum tentu juga anda gagal atau tidak sukses. ketika anda meniru bisnis orang lain yang lebih dulu sukses. maka probabilitas kesuksesan anda lebih kecil dibandingkan jika anda memulainya dengan menggalinya dengan kekuatan anda sendiri . 3. Jual jaringan untuk dijadikan pasar distribusi produk anda Jual kreativitas untuk menjadi creativepreneur atau technopreneur Jual informasi untuk menjadi modal awa bisnis anda.2 Lima ide mengenai cara mudah memulai bisnis tanpa modal uang : Jual ide orisinil anda kepada teman atau investor Jual pengalaman anda untk melakukan partnership Modal pengalaman itu terdiri dari : Latar belakang pendidikan anda. belum tentu anda ikut sukses.4 Strategi dan Cara (Route) Memulai bisnis. yaitu : Menggali dan mengamati apa yang ada dalam diri anda dan mencobanya Mengamati dan mencontoh bisnis orang lain yang anda sukai. Meriset dan menemukan produk untuk segera dibisniskan. Strategi untuk memulai sebuah Bisnis Baru 3. yaitu : . ada beberapa hal tang mungkin tidak anda ketahui .3. 3. pengetahuan yang anda miliki. Mencari partner untuk bergabung. Membeli bisnis orang lain bila mempunyai modal. Melakukan franchise. jika ingin mengkopi kita perlu mengetahui cara menguasai konsep bisnis dari orang yang sudah terlebih dahulu sukses.

tidak terjadi ikatan yang kuat secara kontrak atau agreement . dan mungkin orang yang terdekat dengan anda. - The spin-off route Seperti halnya tanaman bisa berkembang biak dengan tunas . anda bisa dengan perlahan-lahan melepaskan diri dari bisnis teman anda tersebut dengan memulai mendirikan bisnis milik anda sendiri.5 Persiapan untuk memulai bisnis Wirausaha itu adalah seorang yang mau dan mampu mempersiapkan. merencanakan .- The buffer Route Bila anda memulai dengan modal pas-pas an . mengorganisir . Misalnya . . Terkadang bisa muncul kejadian yang melemahkan semangat anda sebagai calon wirausaha. Menghadapi keraguan akan pilihan peluang bisnis anda dan apakah anda yakin bisa sukses . daun. keluarga . Misalnya anda sudah lama bergabung dengan bisnis teman anda yang sudah terlebih dahulu sukses. 3. kita juga bisa menggunakan filosofi seperti itu . - The moonlighting route Anda benar-benar mengembangkan bisnis dari awal tanpa menggangu pekerjaan anda saat ini sebagai professional. Caranya dengan melakukan spin-off (pelepasan) . atau akar yang melepaskan diri secara perlahan-lahan dari biji induknya untuk tumbuh. anda ingin masuk kesebuah bisnis . bedanya dalam jenis ini . mengelola dan memiliki keberanian menghadapi risiko. Siap menghadapi penolakan oleh calon pelanggan . anda bisa melakukan research and trial dengan memulai terjun sebagai tenaga part-time di suatu bidang/bisnis tertentu sehingga anda menguasai konsep bisnisnya. - The part-time job route Hampir sama dengan the spin-off route . batang . Tujuannya untuk mendapatkan pengalaman agar anda saat memulai bisnis anda sendiri tidak gelap sama sekali. anda bisa memulai berbisnis dengan cara mencari orang lain yang bisa menjadi buffer founder (pendiri utama) sebagai donator bisnis anda. Bukan kesuksesan yang dipikirkan terlebih dahulu tetapi perencanaan yang matang . persiapan yang perlu anda lakukan adalah : Siap menghadapi kritikan orang lain .

6 Merencanakan darimana membangun sebuah bisnis Setelah anda menentukan cara untuk memulai bisnis baik dengan cara spin-off atau buffer .Product Utama ( Contohnya rasa manis adalah core-productnya permen) Tangible Product – Produk nyata ( Contohnya kemasan produk yang menarik dan menggiurkan) Augmented Product – Tambahan Produk ( Contoh nya pengiriman barang yang cepat dan tepat waktu /on time) . 3. Teknik bisnis dan strategi . untuk mulai belajar lagi.7 Membentuk Struktur kepemilikan ( struktur Bisnis) dan Tanggung Jawab Proprietorship ( perorangan) Partnership ( kerja sama perorangan / bekerja sama ) Corporation ( kerja sama dengan banyak orang) 3. yaitu : Bisnis yang tumbuh dari organisasi tidak sempurna ( dari awal atau dari nol) Bisnis yang dibentuk untuk tumbuh (tetapi belum jadi) – organisasi sudah bisa berjalan dengan baik (running well) Bisnis sudah bisa tumbuh jadi dan siap untuk berkembang 3.8 Pemilihan Produk dan jasa Seorang wirausaha yang ingin memulai sebuah bisnis baru harus menentukan terlebih dahulu produk yang akan ditawarkan kepada calon pelanggan atau diluncurkan ke pasar . gengsi. seperti minder. yaitu .- Siap menghadapi persaingan yang ketat. Sanggup mengatasi beban psikologis . malu untuk memulai bisnis dari kecil dan ingin kelihatan besar (instan). Langkah selanjutnya adalah menentukan besarnya organisasi bisnis anda berdasarkan kemampuan financial dan sumber-sumber daya yang lain.rasa malu. Tingkatan Produk dan Jasa Ada beberapa tingkatan produk yang perlu diketahui. maka bisnis anda telah mempunyai dasar untuk dibentuk dengan baik. Ada berbagai sistem bisnis ditinjau dari cara anda membentuk dan besarnya organisasi yang anda inginkan. Core Product.

9 Taktik dalam Memulai Bisnis Merencanakan dan Merumuskan Konsep Bisnis Rencana bisnis yang harus anda persiapkan adalah : Menentukan visi dan misi dari bisnis anda Menentukan konsep bisnis yang akan anda dirikan Konsep pemasaran ( marketing concept) Konsep operasional ( operational concept) Konsep keuangan ( financial concept) Merencanakan Lokasi Usaha Sebelum Konsep bisnis yang lain bisa berjalan dengan baik. Ada dua jenis pasar yang bisa anda masuki. yaitu : Lokasi yang ramai (traffic) . yaitu : Kepemilikan tunggal (sole-propriertorship) Persekutuan (partnership) Badan Hukum dengan Limit Corporation atau perseroan terbatas 3.atau karena macet.10 Mengenal aspek kepemilikan usaha Ada tiga jenis kepemilikan (ownership) atas bisnis yang perlu anda ketahui . dilalui oleh banyak orang. 3. yaitu : Pasar yang benar-benar kosong (belum terisi) Pasar yang telah ada (terisi) atau sudah ada pesaing nya .3. 3.9 Strategi Memasuki Pasar Kegagalan sebuah bisnis itu diawali dari kegagalan seseorang dalam memasuki pasar . ada 4 hal kunci awal kesuksesan merencanakan bisnis.11 Aspek Legalitas perizinan usaha untuk badan hukum Langkah-langkah yang perlu anda ketahui dalam mendirikn usaha yang berbadan hukum antar lain : . berarti letaknya strategis Lokasi yang mudah dijangkau oleh calon pelanggan anda darimanapun juga . Lokasi yang tidak membuat calon pelanggan mengeluh karena kesulitan parker . Lokasi yang tepat untuk bisnis anda .

keinginan. asumsi –asumsinya. dan budaya kerja dengan orientasi mutu Pernyataan strategis jangka panjang dan jangka pendek. Membuat Misi yang efektif dan elemen-elemennya Unsur-unsur pokok dalam sebuah misi adalah sebagai berikut : Menyatakan kiat dan usaha untuk mewujudkan misi Ada nilai-nilai dasar organisasi yang dinyatakan dalam sebuah misi organisasi Menyatakan segmen pasar dan pelanggan tujuannya. pemikiran . secara formal. . langkah-langkah. atau gambaran masa depan adri perusahaan yang akan dibangun .1 Visi dan Misi Visi adalah sebuah angan-angan atau imajinasi dari seseorang tentang usaha atau bisnis atau diri anda di suatu saat nanti . Mengandung pernyataan tentang produk atau jasa yang dimasuki Keyakinan yang kuat . Melakukan setoran Modal Membuat nama perusahaan. untuk mewujudkan sebuah visi .- Buatlah surat izin usaha ( mendaftarkannya ke departemen Kehakiman atau Pemerintah Setempat) 4. visi juga mengandung unsure pokok yaitu ada alas an yang kuat . artinya tindakan untuk memperjelas apa yang dikehendaki oleh pemilik perusahaan dan menjadi pegangan untuk menjalankan usaha anda sekarang menuju masa yang akan datang hingga visi itu terwujudkan. Visi ideal harus bersifat : Sederhana (simple) Bisa terukur (measureable) Terjangkau (reachable) Alasannya (reason) . Misi adalah suatu usaha . Jadi dapat disimpulkan visi adalah sebuah tujuan .logo dan merek Membuat nomor pokok wajib pajak (NPWP) Mendaftarkan dan mengesahkan perusahaan Anda Ke Departeen Terkait Merencanakan Visi dan Misi Bisnis 4.

Kepemimpinan mempunyai peran yang sangat sentral dan penting dalam merumusan sebuah visi dan misi suatu usaha .misi.Peran Kepemimpinan dan Manajemen dalam Merumuskan Visi dan Misi. Melakukan wawancara mengenai kebutuhan yang ada tetapi belum dipenuhi anganangannya serta harapan dari pasar untuk menentukan sebuah strategi. organisasi . sebagai seorang pemimpin (leader) sebagai pembentuk visi dengan jiwa kepemimpinannya yang kuat harus : Berani mengambil keputusan dan mengelola risiko Memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha yang mandiri Menumbuhkan sifat pantang menyerah Mampu mengelola konflik menjadi konflik yang bersifat positif Mengetahui visi. . strategi. serta merencanakan strategi yang akan dirumuskan. dan nilai perusahaan atau sebuah bisnis. lokasi dan organisasi itu sendiri. Maka yang diperlukan adalah bagaimana wirausahawan menyusun sebuah visi misi . presentasi. Mengumpulkan data pasar Membuat susunan data tersebut untuk dirumuskan dengan mencari tren (kecenderungan) dan unsure pembedanya (unik) Merumuskan visi dan misinya Mengomunikasikan ke anggota organisasi melalui seminar . sehingga seorang pemimpin itu yang merumuskan visi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : Melakukan riset . misi. dan lain-lain. baik ke industri atau pasar. kelompok . maupun pribadi. Langkah-langkah Menyusun Visi dan Misi Seorang wirausahawan. rapat .

yaitu berani karena nekat. 4.leadership. atau berani karena smart. hati-hati. f. Persaingan : Apakah inspirasi tersebut mudah dilakukan orang lain ? Individu : apakah anda mampu membuatnya ? Apakah anda bisa memenuhi faktorfaktor diatas? Dan lain lain. para entrepreneur yang sukses juga mempunyai kemampuan yang sebenarnya.communication. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memulai sebuah bisnis . dan juga untuk dapat menyiapkan lalu memulai sebuah bisnis baru .negotiation. yaitu : o o o o Strategic concept Skill (selling. Keberanian Ada empat tipe pemberani . Keberanian seseorang iti ditentukan oleh kemampuannya untuk mengatasi takutnya sendiri dan juga pikirannya .2 Kunci keberhasilan Smart and Good Entrepreneur e. Kemampuan Selain kemampuan untuk mengatasi rasa takutnya . seseorang harus memiliki sifat sifat seperti dibawah ini : Mampu Hebat dan memiliki rasa percaya diri Professional Bisa menjadi tumpuan bagi orang lain ( prospektif) Have attractive Business and make him interest to be your partner Mempunyai konsep bisnis yang kuat . Kesimpulan Sebagai calon seorang entrepreneur . yaitu : Pasar : Apakah inspirasi anda mampu diserap oleh pasar ? seberapa besar daya serapnya ? dan masih banyak lagi .BAB III PENUTUP A.and personality) Tactic Motivator . agak nekat.

Keteguhan Hati Keteguhan hati akan dapat dilakukan dengan baik karena cita-cita . Aspek Legalitas perizinan usaha untuk badan hukum .o Control ( Finance. melalui teori ketidaksempurnaan . Persiapan untuk memulai bisnis 6. janganlah takut. Merencanakan darimana membangun sebuah bisnis 7. Strategi untuk memulai sebuah Bisnis Baru : 1. Membentuk Struktur kepemilikan ( struktur Bisnis) dan Tanggung Jawab 8. 3.flow. Bisnis itu bukan Fotocopi 2.cost. Mengenal aspek kepemilikan usaha 11. 5. melainkan ada faktor penting lainnya selain “uang” . Bagaimana Awal sebuah Inspirasi untuk memulai sebuah bisnis 4. tetapi. dan lain-lain) g. h. Strategi dan Cara (Route) Memulai bisnis. Pemilihan Produk dan jasa 9. cashflow. Lima ide mengenai cara mudah memulai bisnis tanpa modal uang. Kreativitas Seorang entrepreneur yang sukses pasti mempunyai kreativitas yang unggul.karena kreativitas dapat dipelajari dari nol. Strategi Memasuki Pasar 10. bukan dilandasi dengan “nilai uang” semata .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful