KIPAS ANGIN

AUNUR ROFI’ DZILFIKAR 1107135606

PROGRAM SARJANA TEKNIK LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS RIAU 2011

Biasanya. maka kipas akan bergerak bolak-balik. kemudian kipas yang bergerak akan mengalirkan udara dari satu sisi ke sisi yang lain sehingga menghasilkan angin. Ia menyebut penemuannya." Kipas .Kipas Angin Kipas mekanik atau biasa disebut kipas angin adalah mesin yang digunakan untuk membuat aliran fluida. mesin pembakaran internal dan tenaga surya. Salah satu kipas mekanik pertama yang dapat diterapkan. biasanya dalam bentuk gas seperti udara. Kemudian dengan menarik tali yang terhubung dengan frame. sebuah "pompa udara. ruangan. seperti dengan motor hidrolik. semacam kipas sentrifugal. yang dinamakan kipas punkah. Revolusi Industri pada akhir abad ke-19 memperkenalkan kipas tranmisi pita yang Kipas Punkah dikembangkan oleh pabrik roda air. Kipas ini memiliki papan yang memiliki frame/bingkai di sisinya yang digantungkan pada langit-langit rumah. Kipas pertama kali digunakan di India pada awal 500 SM dan ditemukan oleh Punkawallahs. dibangun oleh Omar-Rajeen Jumala tahun 1832. Sebagian besar kipas angin ditenagai oleh motor listrik. Kipas industri pertama dikembangkan dengan mengaitkan bilah kayu atau logam pada kepala poros yang digunakan untuk menggerakkan mesin. atau gedung. kipas angin banyak dijumpai dalam rumah. Kipas terdiri dari sistem perputaran bilah kipas yang bekerja di udara. namun sumber energi lainnya juga dapat diperoleh.

mulai muncul kipas gantung atau kipas atap yang bergaya ala Victoria yang menjadi populer pada saat itu. dan banyak dari kipas seperti ini memiliki penutup bilah kipas untuk melindungi dari kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian pengguna kipas dan juga menghindarkan bilah kipas dari jangkauan anak-anak. Kipas angin ini diisi dengan alkohol. Kipas Seni Deco/ “Swan Fan” kipas seni deco pertama atau “swan fan” dirancang.sentrifugal telah berhasil diuji di dalam tambang batubara dan dalam pabrik pada tahun 18321834. kipas ini yang diproduksi dengan warna yang cerah dan eye-catching. Pada tahun 1950. Kipas bertenaga listrik diperkenalkan ketika Thomas Edison dan Nikola Tesla memperkenalkan daya listrik kepada publik pada akhir abad ke-19. Pada 1930. kemajuan industri mengizinkan penggunaan baja pada kipas untuk diproduksi secara massal dalam berbagai bentuk. Dan pada tahun 1970-an. Antara tahun 1882 dan 1886. Kipas bergaya ala Victoria . ketika pertama kalinya kipas listrik domestik dijual di Amerika. Amerika Crocker & Curtis. Kipas angin pertama Amerika diproduksi sekitar akhir 1890-an ke 1920-an. minyak. Kemudian kipas itu dipasarkan oleh perusahaan motor elektrik. atau minyak tanah yang umum sekitar pergantian abad ke-20. guna menurunkan harga kipas pada umumnya dan juga meningkatkan penggunaan kipas untuk kebutuhan dalam rumah tangga. Pada tahun 1882. Pada 1920-an. Kipas ini memiliki bilah kipas berbahan kuningan. Philip Diehl memperkenalkan kipas angin listrik. New Orleans yang bekerja di Schuyler Skaats Wheeler menemukan kipas angin listrik pertama. awal abad ke-20.

Sebagai seorang penemu satusatunya. Desain dasar dari kipas udara listrik tidak berubah secara signifikan sejak awal munculnya pada tahun 1890. Walter Boyd K. kipas angin listrik telah digantikan oleh AC (air conditioner). sehingga membuat sapi perah tidak gampang stres. maka akan mengurangi Kipas HLVS (high-volume low-speed) kemampuan sapi dalam memproduksi susu. Di daerah makmur yang memiliki iklim panas. Karena biaya dari penggunaan energi meroket naik. penemuannya Boyd itu mengembangkan dalam mendinginkan tubuh sapi perah. fasilitas pabrik dan mal. Tidak seperti kipas langit-langit tradisional yang bergerak cepat. Boyd menemukan teknologi kipas HVLS menjadi lebih efisien karena biaya lebih sedikit untuk menjalankan satu kipas HVLS daripada menjalankan 50 kipas kecil yang berkecepatan tinggi. ventilation. kipas ini memindahkan udara dengan volum yang besar dari atas yang kemudian turun dan menghasilkan udara yang segar yang awalnya udara dalam gudang pengap. Sapi perah. . menemukan kipas angin HVLS (high-volume low-speed). bila tubuhnya terlalu panas. Dengan menggunakan hukum fisika dan aliran udara. Setelah beberapa kali pengujian. termasuk gudang. Boyd mengembangkan kipas yang menggabungkan 10 bilah aluminium dengan diameter sepanjang 8 kaki. kipas besar ini bergerak lamban. Kipas angin tanpa kipas (Coandă effect bladeless fan) diperkenalkan pada awal abad ke-21 sebelum tahun 2012 dan kipas ini menjadi lebih banyak diminati orang dibanding kipas-kipas lainnya. Karena diameternya. dan air-conditioning) dalam sistem perindustrian dan komersial.Pada tahun 1998. kipas HVLS dikomersilkan menjadi kipas angin atap yang digunakan saat ini dalam melengkapi sistem HVAC (heating.

Kipas angin meja/lantai: elemen dasar dari sebuah kipas meja khas seperti bilah kipas. Kipas aliran aksial memiliki bilah kipas yang akan memaksa udara bergerak sejajar dengan poros mengikuti arah perputaran bilah kipas itu. ada tiga tipe kipas yang digunakan untuk memindahkan udara. Di rumah. atau yang dipasang pada dinding. Osilator adalah mekanisme yang menggerakkan kipas dari satu sisi ke sisi yang lain. dan pada mesin kendaraan. Kipas juga dapat ditemukan dalam sistem elektronik. gearbox osilator. penutup kipas. atap. Kipas ini dalam ukuran standar memiliki diameter 300-400 mm atau 1800-2000 mm dan bekerja di bawah tekanan sampai 800 Pa. Secara umum. Kipas tipe ini diterapkan untuk pengkondisian udara dan aplikasi dalam proses industri. Contoh kipas jenis aliran aksial adalah: 1. Kipas ini menghembuskan udara sepanjang sumbu kipas angin secara linear.Kipas angin dibuat dalam berbagai desain. Anda dapat menemukan kipas yang dapat diletakkan di lantai atau meja. As roda yang keluar di kedua ujung motor. di mana kipas digerakkan dengan pita/tali atau dengan motor. Kipas juga digunakan untuk memindahkan udara dalam sistem pendingin udara. rumahan motor. Kipas tipe ini digunakan dalam berbagai aplikasi. atau sudut rumah. Kipas angin juga Kipas angin tegak digunakan untuk mendinginkan peralatan listrik atau mesin dengan cara memaksa udara panas ke luar menuju udara yang lebih dingin di luar mesin. mulai dari kipas pendingin kecil untuk elektronik sampai kipas-kipas raksasa yang digunakan dalam terowongan angin. dinamo dan kawat timbal. tipe aliran sentrifugal (disebut juga radial/jari-jari) dan tipe Cross Flow aliran silang (disebut juga tangensial). seperti komputer yang mana kipas berfungsi sebagai pendingin sirkuit di dalamnya. atau digantung dari langit-langit. dan dalam peralatan seperti pengering rambut dan pemanas ruang. yaitu tipe aliran aksial (poros). motor. dasar dudukan. salah satu ujung porosnya . dan poros osilator.

berguna untuk mendinginkan sirkuit pada komputer. 3. Kipas gantung/atap: Biasa digunakan dalam sistem perumahan dan industri. dan memutar udara dari luar ke dalam rumahan (housing) kipas (dengan prinsip defleksi dan gaya sentrifugal). Rangkaian motor bergabung pada gearbox yang terdiri dari rotor dan stator. Poros osilator menyatu antara dasar dudukan dengan gearbox. kipas tipe ini berguna untuk mendinginkan mesin ketika panas dan mencegah mesin dari overheating dengan menghembuskan angin pada Kipas angin gantung/atap mesin tersebut atau menghisap udara melalui radiator pendingin. Kipas angin meja Dalam mobil. dan rumahan motor membungkus atau menutupi mekanisme osilator serta penutup kipas menyatu dengan rangkaian motor untuk keselamatan.melekat pada bilah kipas dan yang lainnya menempel pada gearbox osilator. memiliki komponen bergerak (disebut impeller/pendorong) yang terdiri dari poros pusat yang mana sebuah set bilah kipas atau sirip kipas diposisikan sedemikian rupa. Kipas pada komputer. menyebabkan udara masuk ke dalam kipas pada poros dan bergerak . Pendorong yang berputar. 4. 2. Kipas radiator Computer cooling fan Kipas aliran sentrifugal (sering disebut "squirrel cage" karena kemiripannya dengan kandang tupai atau tikus yang mana digunakan sebagai tempat berolahraga roda bagi hewan tersebut). Kipas sentrifugal menghembuskan udara pada sudut kanan memberi dorongan pada kipas.

yang mana udara akan keluar dari kantong dan kemudian diisi oleh udara yang lain. Coandă effect. Selain dari tipe kipas di atasnya ada tipe-tipe kipas atau aliran udara lain yang tidak biasa. Tidak seperti mesin radial. Kipas yang dioperasikan dengan tangan ini pada dasarnya adalah kantong yang terdiri dari bagian pengeluaran dan bagian pengendalian. Cross Flow Fan menggunakan impeller dengan Cross Flow Fan (CFF) bilah kipas melengkung ke depan. dan aliran udara elektrostatik. Sebuah katup . seperti di leaf blower. kadangkadang dikenal sebagai kipas tubular (berbentuk pipa) dipatenkan Leaf Blower pada tahun 1893 oleh Mortier dan digunakan secara ekstensif dalam industri HVAC. aliran udara bergerak melintang di impeller. ditempatkan pada rumahan yang terdiri dari dinding belakang dan dinding pusaran. Bagian wilayah pusaran dan tempat kayuhan tidak terlalu berdampak dalam kerja sistem Cross Flow Fan. dan wilayah tempat kayuhan kipas. seperti Bellows (semprot/bubutan). Biasanya kipas ini lebih bising daripada kipas jenis aksial. Kepopuleran Cross Flow Fan dalam industri HVAC disebabkan karena kipas ini memiliki bentuk bilah kipas yang rapat. dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. pengering rambut. kasur pompa udara. hanya sebagian dari impeller yang memberi dampak guna mengalirkan udara pada kipas ini. wilayah yang dilalui aliran. Kipas angin ini biasanya berbentuk panjang dengan diameternya yang kecil. melewati bilah kipas dua kali. disebut pusaran eksentrik. kontrol iklim. Bellows juga digunakan untuk memindahkan udara. dan berbagai keperluan industri. Cross Flow Fan atau kipas aliran silang/tangensial. meskipun tidak umum dianggap sebagai kipas. Aliran dalam kipas aliran silang ini dapat dipecah menjadi tiga bagian wilayah yang berbeda: wilayah pusaran dekat debit kipas. aliran udara konvektif. tidak menimbulkan kebisingan dan kemampuannya untuk memberikan koefisien besar pada tekanan udaranya. dan sebagai hasilnya.tegak lurus pada poros untuk menghasilkan udara. Kipas sentrifugal menghasilkan tekanan yang lebih besar dibanding kipas lainnya.

Aliran udara dihasilkan dengan menggunakan prinsip Coandă Celah udara keluar Dyson Air Multiplier Bladeless Fan 15x Celah udara masuk Aliran udara tercipta akibat pengaruh udara yang keluar dari cincin 1x effect. Kemudian udara menghembus ke dalam cincin “blade”. Efek ini begitu halus dan bekerja pada tekanan udara Tungku perapian (aliran udara konvektif) . digunakanlah sistem sirkulasi udara dengan sekadar melakukan pemanasan atau pendinginan massa udara. maka tercipta aliran udara di sekitarnya yang dipengaruhi oleh aliran udara yang keluar dari cincin sehingga menghasilkan hembusan angin yang lembut. di mana udara didorong ke dalam mesin silinder dengan daya seperti kipas pendorong yang menggunakan cara kerja teknologi pada mesin jet. adalah satu-satunya kipas angin yang tidak memiliki bilah kipas ataupun tidak ada tampak bagian yang bergerak pada kipas ini. Untuk mengatasinya. lalu menekan keluar melalui celah 1. udara akan berhembus ke tiap sudut cincin yang bentuknya diambil dari model sayap pesawat terbang. tidak memerlukan pengaman.3 milimeter yang berputar mengelilingi cincin. Ketika udara berhembus. Aliran udara konvektif: Perbedaan suhu udara akan mempengaruhi densitas/kelembaban udara. digerakkan dengan motor dinamo yang kecil dan bagianbagiannya mudah untuk dibersihkan. Kipas tipe ini memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan kipas angin konvensional karena kipas ini tidak memerlukan bilah kipas. Kipas Dyson Air Multiplier dengan seri Imperial C2000. Setelah udara keluar dari celah cincin.sederhana dipasang di tepi kantong sehingga udara luar dapat masuk saat dilakukannya pengisian udara.

Minyak kuno dan tungku batubara dioperasikan dengan prinsip konveksi untuk memindahkan udara hangat. Saluran volume udara yang sangat besar dibangun dari bagian atap rumah sampai ke dasar lantai kemudian dihubungkan dengan tungku perapian. Akselerator fluida elektrostatik (EFA/electrostatic fluid accelerator) mendorong aliran udara dengan menginduksi gerakan partikel bermuatan di udara. ataupun tipe Cross Flow Fan) hanya untuk mengalirkan udara dari luar kemudian melalui suatu kondisi.000 sampai 50. tetapi volume udara didapat menjadi besar. Air Conditioner System . Catatan: AC (air conditioner). sebelum pengembangan listrik. aliran udara konvektif adalah metode utama menginduksi aliran udara di ruangan. Tekanan aliran udaranya biasanya sangat rendah. potensi tegangan yang cukup tinggi juga dapat menyebabkan pembentukan oksida ozon dan nitrogen. Namun. Pada umumnya.rendah sehingga tidak menjadi bagian dari teknologi kipas. yang bersifat reaktif dan dapat mengiritasi selaput lendir. Sebuah medan listrik tegangan tinggi (biasanya 25. air purifier dan freezer. sistem aliran udara konvektif ini digunakan dalam rumah-rumah kuno dahulu pada waktu musim dingin. air purifier dan freezer merupakan perangkat dalam mendinginkan udara pada ruangan yang mana pada perangkat ini digunakan teknologi kipas (baik tipe aksial. menghasilkan udara dingin yang mengalir ke dalam ruangan. Maka dari itu penulis tidak memaparkan secara rinci tentang teknologi dari AC. lalu udara dingin akan mengalir keluar melalui saluran besar. Namun. tipe sentrifugal.000 volt) terbentuk antara permukaan anoda dan katoda yang bermuatan yang mampu menginduksi aliran udara dengan prinsip “ionic wind” atau angin ion.

org/wiki/Mechanical_Fan elektindo.wikipedia.com/kipas-angin-tanpa-kipas.html .Sumber tulisan: en.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful