1.

Pada tahun 1961 di wilayah Vietnam Selatan muncul gerakan perlawanan terhadap pemerintah Vietnam Selatan dan Amerika Serikat yang dikenal dengan (A) Vietminh (D) Vo Nguyen Giap (B) Vietcong (E) Viet Nam Liberation Front (C) Viet Nam Doc Lap 2. Salah satu perkembangan yang melatarbelakangi perluasan kekuasaan bangsa Eropa di dunia, yaitu (A) revolusi industri yang dimulai di Inggris (B) revolusi teknologi di Amerika (C) peningkatan perdagangan komoditi bahan mentah di pasar internasional Eropa (D) intensitas perdagangan antar para pedagang Eropa di Asia (E) Revolusi Perancis 3. Sarekat Islam lebih berhasil dalam menghimpun anggota dibanding Budi Utomo, karena Sarekat Islam (A) lahir lebih dulu dari pada Budi Utomo (B) dipimpin oleh tokoh-tokoh Islam (C) bergerak dalam bidang ekonomi (D) mendirikan sekolah-sekolah bagi anak-anak kurang mampu (E) lebih terbuka dalam menerima anggota, tak

ter-batas bagi orang Jawa serta bersifat kerakyatan 4 Pada tanggal 13 Desember 1957 pemerintah menetapkan Deklarasi Djuanda mengenai batas laut teritorial Indonesia. Salah satu dasar pokok pertimbangan penetapan wilayah perairan adalah : (A) wilayah Indonesia disatukan dengan laut (B) batas paling timur Indonesia adalah Pulau Weh (C) keutuhan teritorial dan perlindungan kekayaan negara Indonesia harus dianggap sebagai satu kesatuan yang bulat (D) batas paling selatan Indonesia adalah Pulau Miangas (E) penggunaan bahasa Indonesia / Melayu sebagai lingua franca dari Sabang sampai Merauke .

5 Dalam konferensi pertama Gabungan Politik Indonesia (GAPI) pada tanggal 4 ]uli 1939 dicanangkan: (A) Indonesia bersatu (B) Indonesia merdeka (C) Indonesia raya (D) Indonesia berparlemen (E) Indonesia berbendera merah putih 6 Pada tanggal 7 Agustus 1945 dibentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Dokuritsu Junbi linkai). dengan tugas utama : (A) mengusir orang-orang Belanda (B) memperjuangkan kemenangan dalam Perang Asia Timur Raya (C) mencaplok perusahaan-perusahaan Belanda (D) mempersiapkan pemerintahan yang demokratis (E) membentuk laskar rakyat .

. Salah satu pokok TRIKORA adalah: (A) gagalkan pembentukan "Negara Boneka Papua" buatan kolonial Belanda (B) perkuat ketahanan revolusi Indonesia (C) perkuat persatuan bangsa (D) hancurkan Nekolim (E) tingkatkan semangat perjuangan 8 Pada masa pemerintahan Orde Baru.. Indonesia menegaskan politik luar negeri yang bebas aktif dengan menjadi anggota PBB.7 Pada 19 Desember 1961 Presiden Soekarno mengu-mumkan TRIKORA kepada seluruh rakyat dan ABRl. ekonomi dan sosial budaya dengan negara . yaitu pada tanggal 28 September 1966 dan juga memulihkan hubungan politik. (A) Filipina (C) Singapura (E) India (B) Malaysia (D) Srilangka .

Provinsi yang gubernurnya tidak berlatar militer adalah gubernur (A) Sumatera Selatan (D) Bali (B) Kalimantan Selatan (E) NTT (C) Sulawesi Selatan 10 Untuk mengatasi kekalutan konstitusional tahun 1957 Presiden Soekamo .9 Konsekuensi dari penerapan dwi fungsi ABRI pada tahun 1984 adalah bahwa hampir semua gubernur berlatar belakang militer.

Salah satu partai besar tersebut (A) NU (C) PARTINDO (E) PSSI (B) PSI (D) PNI 11 Tujuan petisi Sutardjo yang diajukan di Volksraad: (A) menuntut perlakuan yang sama dengan bangsa-bangsa asal Cina dan Belanda (B) penyerahan kekuasaan dari pemerintah kolonial Belanda kepada bangsa Indonesia .menginginkan terbentuknya "Kabi-net Kaki Empat" yaitu pemerintahan terdiri dari wakil-wakil partai besar.

(C) agar penjajah Belanda tidak melakukan diskriminasi terhadap bangsa Indonesia (D) menuntut kesempatan pendidikan tinggi bag! seluruh bangsa Indonesia (E) menentang kebijakan politik gubernur jenderal den Jonge yang sangat menekan pergerakan rakyat Indonesia 12 Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga trampil di Hindia Belanda. antara lain (A) Middlebaar Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren (MOSVIA) (B) Algemeene Middelbare School (AMS) (C) Hollands Inlandse School (D) Meer Uitgebreid Lagere School (MULO) (E) Lyceum 13 Prasasti Batu Trengganu merupakan bukti masuknya . pemerintah kolonial waktu itu telah mendirikan beberapa sekolah kejuruan.

14 James Watt membuka era baru pada abad 19 untuk lalu lintas cepat dan industri besar karena menemukan mesin cetak. SEBAB Prasasti Batu Trengganu ternyata memperlihatkan lebih banyak kata-kata Sansekerta dari pada katakata Arab dalam proses asimilasi budaya Islam dengan budaya masyarakat setempat. SEBAB Lahirnya Revolusi Industri di Inggris merupakan satu dampak dari penemuan James Watt.hukum-hukum Islam di wiiayah Malaysia Timur Laut dan wiiayah Jawa Timur. 15 .

Prediksi ini sangat tergantung pada. jika terjadi peningkatan pendapatan masyarakat tahun depan maka permintaan terhadap furnitur akan meningkat. apakah produksinya (A) memiliki banyak barang pengganti (B) memiliki banyak barang pelengkap (C) barang normal (D) barang tidak normal (E) barang mewah 17 Kekuatan permintaan dan penawaran menjamin bahwa pasar akan senantiasa mencapai kondisi .Portugal merupakan negara Eropa pertama yang menduduki kota Malaka pada dekade pertama abad ke-16 tanpa menghadapi kendala berupa persaingan dari negara-negara Eropa lainnya. SEBAB Pada saat yang sama Inggris hanya tertarik untuk menguasai Kalimantan Barat dan Belanda lebih tertarik datang ke Ambon untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah 16 Seorang ahli ekonomi yang diperkerjakan dalam sebuah perusahaan furnitur besar memprediksikan.

Pembahasan Revolusi industri Inggris menyebabkan bangsabangsa yang ikut terlibat mengembangkan perluasan kekuasaan wilayah di seluruh penjuru dunia.ekuilibrium. 2 Jawaban (A). 3 Jawaban (E). Quesney 1 Jawaban (B). tahun 1961 timbul perlawanan rakyat Vietnam Selatan yang bernama Vietcong yang menginginkan penyatuan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan di bawah ideologi komunis. adalah pendapat (A) Keynes (D) Adam Smith (B) Karl Mark (E) Gunnar Myrdal (C) F. Pembahasan Di wilayah Vietnam Selatan. Sarekat Islam lebih terbuka dalam menerima anggotanya (tidak hanya orang Jawa) dan . mereka berusaha mencari bahan baku dan memasarkan hasil industri ke negara lain. Pembahasan Sarekat Islam berdiri di Solo tahun 1911.

bersifat kerakyatan. 4 Jawaban (C). Budi Utomo bersifat Jawa Sentris. antara lain keutuhan teritorial dan perlindungan kekayaan negara Indonesia harus dianggap sebagai satu kesatuan yang bulat. Pembahasan Deklarasi Juanda 13 Desember 1957 merupakan batas penetapan laut teritorial Indonesia sejauh 12 mil laut. . Dasar pertimbangan penetapan wilayah perairan.

Pembahasan PPKI (Dokuritsu Junbi Linkai) sebagai badan kelanjutan dari BPUPKI (Dokuritsu Junbi Cosakai) yang dibentuk untuk menarik simpati rakyat Indonesia yang akan diberikan .5 Jawaban (D). 6 Jawaban (D). Tuntutan berparlemen ini dinyatakan pada konferensi GAPI 4 Juli 1939. Pembahasan Indonesia berparlemen (wakil rakyat) adalah tuntutan GAPI kepada Belanda.

kemerdekaan oleh Jepang. Pembahasan Isi Trikora pada tanggal 19 Desember 1961: 1) Kibarkan bendera merah putih di Irian Barat 2) Bersiaplah untuk mobilitas umum 3) Gagalkan pembentukan negara boneka Papua 8 Jawaban (B). Pembahasan Pada 7 Januari 1965 Indonesia keluar dari PBB karena Malaysia yang pada saat itu berseteru . 7 Jawaban (A). Badan tersebut pada akhirnya mempunyai tugas untuk mempersiapkan pemerintahan yang dianggap demokratis oleh Jepang.

9 Jawaban (D). pada tanggal 28 September 1966 Indonesia masuk kembali menjadi anggota PBB sekaligus melakukan normalisasi hubungan dengan Malaysia. . kemudian sebagai bentuk penegasan dari politik bebas aktif.dengan Indonesia diterima menjadi anggota Dewan Keamanan (DK) PBB. Pembahasan Provinsi yang tidak diperintah oleh gubernur yang bukan berasal dari militer pada kurun waktu itu adalah Bali. Yang menjabat gubernur Bali pada masa itu adalah Ida Bagus Mantra (1978-1988).

yaitu PNI. 11 Jawaban (B). 12 Jawaban (A). NU. Pembahasan . Pembahasan Kabinet Kaki Empat merupakan kabinet yang diwakili oleh empat partai besar. PKI. Pembahasan Petisi Sutarjo berisi pernyataan sikap tentang tuntutan Indonesia agar diberikan otonomi dalam arti adanya penyerahan kekuasaan dari pemerintah Belanda kepada bangsa Indonesia. Di antara ke-4 partai tersebut yang terbesar adalah PNI. 10 Jawaban (D). Masyumi.Beliau guru besar sastra Universitas Udayana.

Prasasti ini tidak memuat tentang proses asimilasi budaya Islam dengan budaya setempat. alasan salah. 14 Jawaban (D). Pernyataan salah. Sekolah ini didirikan untuk mencetak calon pegawai pemerintah dengan menerapkan sistem belajar selama 2 tahun. Pembahasan .Dalam bidang pendidikan pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah umum (misalnya HIS) dan sekolah kejuruan diantaranya Middlebaar Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren (MOSVIA). 13 Jawaban (E). Pembahasan Prasasti Batu Trengganu terdapat di Malaysia dan tidak terdapat di Jawa Timur.

Pembahasan Kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara tidak bersamaan. . 15 Jawaban (C). Portugal adalah negara pertama yang menguasai Malaka tahun 1511 di bawah pimpinan Alfonso de Albuerqueque.Perintis atau pendorong lahirnya Revolusi Industri di Inggris adalah banyaknya penemuan bidang ilmu pengetahuan. Inggris tahun 1811-1816. alasan salah. Pembahasan Pada . sedangkan bangsa lain tidak mendarat di Malaka sebagai contoh Belanda mendarat di Banten tahun 1596. 16 Jawaban (C). alasan betul. diantaranya penemuan mesin uap oleh James Watt. James Pernyataan salah. Pernyataan betul. Mesin cetak bukan hasil penemuan James Watt.

hubungan antara pendapatan dengan permintaan mempunyai korelasi positif: pendapatan naik. permintaan naik) 17 Jawaban (D). Pembahasan Menurut Adam Smith kekuatan permintaan dan penawaran menjamin bahwa pasar akan senantiasa mencapai kondisi ekuilibrium. 18 .barang normal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful