BUDAYA DAN SISTEM NILAI ORGANISASI PRIVAT, PUBLIK, DAN SOSIAL

D I S U N OLEH : KELOMPOK 7

HERMAWATI MARPAUNG (709210032) WAHYU FADLY (7092100069)

BAB I PENDAHULUAN 1. bahasa dan simbol. Salah satu aspek penting dalam penerapan egovernment adalah membangun model kepemerintahan yang berorientasi kepada masyarakat.1 LATAR BELAKANG MASALAH Keberhasilan sebuah organisasi mencapai tujuan bisnis dipengaruhi oleh budaya organisasi tersebut. Budaya organisasi merupakan fenomena yang bersifat abstrak tetapi diyakini memiliki pengaruh yang besar terhadap efektifitas organisasi. kecenderungan pola manajerial dan kepemimpinan. Budaya dalam hal ini mencakup nilai yang diyakini. prosedur dan rutinitas dalam organisasi dan definisi keberhasilan dalam organisasi. .

RUMUSAN MASALAH Bagaimanakah sistem nilai pada organisasi publik.1.2 RUMUSAN MASALAH Apakah pengertian dari organisasi publik. dan organisasi sosial? Bagaimanakah budaya organisasi pada organisasi publik. organisasi 1. organisasi privat.2 dan organisasi sosial? privat. organisasi privat .

1.3 MANFAAT PENULISAN Dapat mengetahui tentang pengertian organisasi publik. organisasi privat dan organisasi sosial. organisasi privat . organisasi privat dan organisasi sosial Dapat mengetahui bagaimana sistem nilai pada organisasi publik. Dapat mengetahui bagaimana nilai budaya pada organisasi publik.

tenaga. koordinasi dan pengawasan. yang dibedakan dari kemampuanya membayar barang dan jasa tersebut sesuai dengan hukum pasar. • Adanya kegiatan yang berbedabeda. Tujuan organisasi privat yaitu untuk mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin Pengertian Organisasi privat Ciri-ciri Organisasi Privat • Adanya suatu kelompok orang yang dapat dikenal dan saling mengenal. • Adanya kewenangan. • Tiap-tiap orang memberikan sumbangan atau kontribusinya berupa.Organisasi Privat Organisasi privat atau bisnis adalah organisasi yang ditujukan untuk menyediakan barang dan jasa kepada konsumen. dan lain-lain. pemikiran. tetapi satu sama lain saling berkaitan (interdependent part) yang merupakan kesatuan kegiatan. • Adanya tujuan yang ingin dicapai .

nilai dasr pemakai .nilai dasar pasar  Nilai.nilai dasar pabrik  Nilai.PRINSIP DAN BUDAYA ORGANISASI PRIVAT • Prinsip organisasi privat             harus mempunyai tujuan yang jelas skala hirarkhi kesatuan perintah pendelegasian wewenang pertanggungjawaban pembagian pekerjaan rentang pengendalian Fungsional Pemisahan Keseimbangan fleksibilitas kepemimpinan • Budaya Organisasi Privat Budaya organisasi privat terbentuk dari:  Nilai.

Sistem Nilai Budaya Organisasi Privat • Membeli atau menerima bahan mentah semurah dan semudah mungkin • Membuat atau memproses dengan biaya sehemat mungkin • Menjual atau semahal mungkin .

hak masyarakat • Budaya Organisasi publik  Budaya paternalisme  Budaya manajemen tertutup  Budaya tidak prefosional  Budaya tidak berazas keadilan  Budaya sistem kekeluargaan dan koneksi  Budaya asal bos senang  Budaya tidak suka diperiksa .ORGANISASI PUBLIK • Organisasi publik adalah organisasi yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan msyarakat akan jasa publik dan layanan civil • Tujuan organisasi publik didirikan yaitu:  Untuk memenuhi kebutuhan tertentu masyarakat banyak  Memenuhi hak .

Sistem nilai organisasi publik • Membangun kekuasaan semudah mungkin • Menggunakan kekuasaan seefektif mungkin • Pertanggungjawabkan penggunaan kekuasaan seformal mungkin .

Melakukan kontrol sosial 4. Mengelola urusan rumah tangga masyarakat yang bersangkutan ( otonomi sosial) • Budaya Organisasi Sosial Budaya organisasi sosial terbentuk sebagai respon terhadap organisasi privat dan organisasi publik. disatu pihak dan sebagai aktualisasi otonominya sendiri. atau pemberian tertentu. Dapat merumuskan dan mengkomunikasikan tuntutan warga 2.Organisasi Sosial  Organisasi sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat yang berhak untuk menerima atau memiliki sesuatu .  Tujuan organisasi sosial 1. melalui interaksi dengan lingkungannya . disertai akibat dan resiko tertentu serta konsekuensinya. perlakuan. dan masyarakat yang mengkonsumsi beban. Memberikan masukan sepanjang proses pembuatan kebijakan publik 3.

• Mengelola otonomi masyarakat • Konsumerisme (hak konsumen dan perjuangan memenuhi dan melindunginya) • Tindak lanjut: sebangai fungsi organisasi sosial yang sangat penting seperti tekanan sosial dan sipil ketidaktaatan .Sistem Nilai Organisasi Sosial • Kesadaran akan hak dan kewajiban • Kepedulian terhadap masalah organisasi publik dan privat.

. Adapun sistem nilai dari masing. menggunakan kekuasaan seefektif mungkin. mengelola otonomi masyarakat. Tujuan dari organisasi privat yaitu untu mendapatkan laba yang maksimun. menjual ata semahal mungkin. Sedangkan sistem nilai organisasi publik yaitu : Kesadara akan hak dan kewajiban. membuat atau memproses dengan biaya sehemat mungkin. Tujuan organisasi publik yaitu untuk melaya masyarakat yang tidak mampu memenuhi kebutuhanya. Sedangkan tujuan organisa sosial yaitu untuk memberi perlindungan terhadap konsumen.masing organisasi saling mempengaruhi. pertanggungjawabkan penggunaa kekuasaan seformal mungkin. tindak lanjut: sebangai fungsi organisa sosial yang sangat penting seperti tekanan sosial dan sipil ketidaktaatan.masyarakat tersebu adalah masyarakat yang penghasilannya sangat rendah. Sistem organisasi privat yaitu: membeli atau menerima bahan mentah semurah dan semuda mungkin.KESIMPULAN Jenis budaya organisasi berdasarkan tujuannya ada 3 yaitu budaya organisasi priva organisasi publik dan organisasi sosial. Banyak perbedaan tujuan organisasi akan teta masing. konsumerisme (hak konsume dan perjuangan memenuhi dan melindunginya). Organisasi ini di bentuk untuk mencapai tujua perusahaan ataupun organisasi tersebut.masing organisasi tersebut sangat berbeda. Sistem nilai organisasi publik yaitu: membangun kekuasaan semuda mungkin. Masyrakat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful