TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR MUSIKALISASI PUISI DAN MENGANALISIS PUISI

KELAS X 7 KELOMPOK 3 1. BHERLIAN DWIFA S. 2. DAVID SURYA. A 3.FELIZA FABOILA R. 4. LAILA MAGHFIRA 5. RAHMAWATI A. P 6. SETYANINGSIH ( ( ( ( ( ( ) ) ) ) ) )

TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012 SMA NEGERI 14 SEMARANG

Puisi CINTA SEJATI Karya : Kahlil Gibran Cinta adalah ketika kamu menitikkan air mata Tetapi masih peduli terhadapnya Cinta adalah ketika dia tidak mempedulikanmu Kamu masih menunggunya dengan setia Cinta adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kamu masih bisa tersenyum sambil berkata “AKU TURUT BERBAHAGIA UNTUKMU” Apabila cintamu tidak berhasil Bebaskanlah dirimu Biarkanlah hatimu kembali melebarkan sayapnya Dan terbang ke alam bebeas lagi Ingatlah. kamu mungkin menemukan cinta dari kehilangan Tetapi saat cinta itu dimatikan Kamu tidak perlu mati bersamanya Sahabat sejati akan mengerti ketika kamu berkata “AKU LUPA” Sahabat sejati akan tetap setia menunggu ketika kamu berkata “TUNGGU SEBENTAR” Sahabat sejati hatinya akan tetap tinggal terikat kepadamu ketika kamu berkata “TINGGALKAN AKU SENDIRI” Lagu CINTA ITU GILA Karya : Febrian Sekali ini aku jatuh Cinta yang tak pernah kurasakan sebelumnya Bagaikan aku menemukan Nyawa yang telah hilang dari kehidupan Cinta ini buat aku gila Cinta begitu aku menggila Dirimu ku rela sanggup mati karnamu Bagaimana aku tak menggila Karena aku kehabisan kata Tuk ungkapkan lebih dari cinta Akulah yang paling sejati Mencintaimu hingga akhir .

Musikalisasi Puisi 1. Tahap 2 Lagu berhenti kemudian dilanjutkan membaca puisi CINTA SEJATI dengan di iringi petikan gitar Apabila cintamu tidak berhasil ( Laila M.Hidupku karena aku cinta matimu Engkaulah yang paling mengerti Bagaimana ku mencintaimu Memang sungguh cinta itu gila I. ) Bebaskanlah dirimu Biarkanlah hatimu kembali melebarkan sayapnya Dan terbang ke alam bebeas lagi Ingatlah.R ) Tetapi masih peduli terhadapnya Cinta adalah ketika dia tidak mempedulikanmu Kamu masih menunggunya dengan setia Cinta adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kamu masih bisa tersenyum sambil berkata “AKU TURUT BERBAHAGIA UNTUKMU Sekali ini aku jatuh Cinta yang tak pernah kurasakan sebelumnya Bagaikan aku menemukan Nyawa yang telah hilang dari kehidupan Cinta ini buat aku gila Cinta begitu aku menggila Dirimu ku rela sanggup mati karnamu Bagaimana aku tak menggila Karena aku kehabisan kata Tuk ungkapkan lebih dari cinta ( Bherlian Dwifa S. Tahap 1 Membaca puisi “CINTA SEJATI” dengan diiringi gitar dan lagu CINTA ITU GILA (secara bersamaan) Cinta adalah ketika kamu menitikkan air mata ( Feliza F. ) ( Semua nyanyi ) 2. kamu mungkin menemukan cinta dari kehilangan Tetapi saat cinta itu dimatikan Kamu tidak perlu mati bersamanya .

Disaat . Memparafrasekan Puisi Ketika kita menitikkan air mata dan masih peduli terhadapnya tetapi dia tidak mempedulikan kita yang masih setia menunggunya. P ) Sahabat sejati hatinya akan tetap tinggal terikat kepadamu ketika kamu berkata “TINGGALKAN AKU SENDIRI” ( David Surya A. kita tidak perlu mati bersamanya. Tahap 4 Lagu berhenti sebentar kemudian di lanjutkan dengan membaca puisi CINTA SEJATI Sahabat sejati akan mengerti ketika kamu berkata “AKU LUPA” ( Setyaningsih ) Sahabat sejati akan tetap setia menunggu ketika kamu berkata “TUNGGU SEBENTAR” ( Rahmawati A. Menganalisis Puisi 1. Tahap 3 Puisi selesai di bacakan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu CINTA ITU GILA Akulah yang paling sejati Mencintaimu hingga akhir Hidupku karena aku cinta matimu Engkaulah yang paling mengerti Bagaimana ku mencintaimu Memang sungguh cinta itu gila ( Semuanya ) 4. Tahap 5 Setelah selesai membaca puisi di lanjutkan menyanyikan lagu CINTA ITU GILA Akulah yang paling sejati Mencintaimu hingga akhir Hidupku karena aku cinta matimu Engkaulah yang paling mengerti Bagaimana ku mencintaimu Memang sungguh cinta itu gila ( Semuanya ) II. Kita tidak boleh larut dalam kesedihan. Kita akan tersenyum dan berkata “AKU TURUT BERBAHAGIA UNTUKMU” ketika dia mulai mencintai yang lain. ) 5. bebaskan dan biarkan hati kita kembali seperti dulu. Ketika cinta itu mati.3.

. 4. Pesan / Amanat Puisi : ●Mencintai itu mudah. Tema Puisi 3. Makna Puisi : Cinta : Cinta bisa membuat seseorang bahagia dan bisa membuat seseorang sakit hati. sahabat selalu datang buat menghibur kita. Sahabat selalu mengerti.saat itulah “sahabat” selalu datang menghibur. tapi membuat orang mencintai kita itu tidak semudah kita mencintainya. ●Kamu masih mempunyai sahabat – sahabat yang selalu ada untukmu dan selalu ada di samping mu. setia menunggu dan hatinya tetap terikat kepada kita. Tapi disaat. mungkin kamu akan menemukan cinta dari kehilangan ataupun dari kegagalan. Bukalah hatimu untuk cinta yang lain.kita sedang patah hati. ●Jangan menyerah karena cinta kamu belum berhasil dan jangan mati karena cintamu bertepuk sebelah tangan. sekarang sudah tidak mencintaimu lagi dan kamu masih tetap mencintainya dengan setulus hati. 2. ●Janganlah bersedih ketika orang yang mencintaimu dulu.