P. 1
shalat

shalat

|Views: 13|Likes:
Published by iel_ma_aly

More info:

Published by: iel_ma_aly on Jun 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

BAHAN AJAR

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

KELAS X SEMESTER 2 Sekolah Menengah Kejuruan MANBA;’UL ‘ULUM CIREBON 2011

.Pengertian Shalat  Shalat pada hakikatnya merupakan rangkaian ibadah yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Klasifikasi ibadah shalat A. yakni shalat yang diwajibkan kepada setiap individu. Fardhu 'ain. yaitu sebagai berikut. tahajjud. Shalat Fardhu. Yang termasuk dalam kategori ini adalah shalat jenazah. 1. yakni shalat yang diwajibkan atas seluruh muslim. dan lainnya. . shalat-shalat yang dianjurkan atau disunahkan akan tetapi tidak diwajibkan. B. witir. B. yaitu shalat yang wajib dilaksanakan. 2. namun akan gugur dan menjadi sunah bila telah dilaksanakan oleh sebagian kaum muslim yang lain. Fardhu kifayah. seperti shalat qabliyah-ba'diyah. Shalat fardhu sendiri menurut hukumnya dibagi menjadi dua. Termasuk dalam kategori ini adalah shalat lima waktu dan shalat Jum'at untuk pria. Shalat Nafilah.

 Telah sampai dakwah kepadanya. .Syarat-Syarat Shalat  Syarat wajib shalat  Islam.  Baligh.  Berakal sehat.

. pakaian dan tempat shalat dari najis  Menutup aurat.  Suci dari hadats besar dan hadats kecil  Suci badan.  Menghadap kiblat.Syarat-Syarat Shalat  Syarat Syah shalat  Masuk waktu shalat.

Ruku' dengan thuma'ninah. Membaca Surah Al-Fatihah. Berdiri bagi yang sanggup.RUKUN SHALAT          Niat. Sujud dua kali dengan thuma'ninah. Duduk antara dua sujud dengan thuma'ninah. Duduk dengan thuma'ninah serta membaca tasyahud akhir dan shalawat Nabi.  Membaca salam. Takbiratul ihram. . I'tidal dengan thuma'ninah.  Tertib (melakukan rukun secara berurutan).

.Hal-Hal yang Membatalkan Shalat  Makan dan minum dengan sengaja.  Berbicara dengan sengaja. bukan untuk kepentingan rangkaian shalat.  Tertawa sampai terbahak-bahak.  Meninggalkan salah satu rukun shalat atau syarat shalat.  Banyak melakukan gerakan.

 Meletakkan tangan di pinggang.HAL-HAL YANG DIMAKRUHKAN DALAM SHALAT  Mengarahkan pandangan ke atas. terkecuali apabila diperlukan.  Shalat ketika sudah terlalu mengantuk.  Melakukan pekerjaan yang sia-sia. serta segala hal yang membuat orang kehilangan kekhusyu'an shalat.  Shalat di hadapan makanan. . atau berbagai hal yang mengganggu ketenangan hati.  Menoleh atau melirik.  Shalat sambil menahan buang air kecil atau besar.

atau meletakkan tangan ke mulut ketika menguap. Menghalangi orang yang melintas di hadapannya ketika shalat. Berjalan sedikit karena keperluan untuk mengisi shaf yang kosong. menggaruk badan dengan tangan. . Membunuh ular. Bertasbih (bagi laki-laki) atau bertepuk tangan (bagi wanita) apabila ingin menegur imam yang lupa. kalajengking dan hewan-hewan yang berbahaya lainnya. Menggendong bayi ketika shalat. berdehem ketika perlu. Ketika imam lupa bacaan ayat      tertentu. membetulkan pakaian.HAL-HAL YANG BOLEH DILAKUKAN DALAM SHALAT  Membetulkan bacaan imam.

 Terbiasa hidup tertib dan teratur.  Terbiasa dengan kebersihan.  Melatih daya konsentrasi.HIKMAH SHALAT  Menambah kadar ketakwaan kepada Allah swt. Karena dia terbiasa melakukan ibadah sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Sebab seseorang yang shalat harus menunaikan berbagai rukun shalat secara tertib.  Menjadikan seorang muslim berdisiplin waktu. . Karena orang yang shalat diharuskan senantiasa bersih dari najis. Hal ini disebabkan seseorang yang tengah menunaikan ibadah shalat diharuskan untuk khusyu' dalam melaksanakannya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->