P. 1
Tips Dalam Membuat Mie

Tips Dalam Membuat Mie

|Views: 5|Likes:
Published by Ledii Plums

More info:

Published by: Ledii Plums on Jun 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2013

pdf

text

original

TIPS DALAM MEMBUAT MIE

A. Sebelum digiling, diamkan adonan selama 15 menit agar adonan tidak mudah putus (kenyal) Masukkan hasil mie yang telah digiling ke dalam plastik, agar warna tidak cepat berubah. Dalam perebusan sebaiknya menggunakan air bersih, dengan pH (tingkat keasaman) 6-7 . B. Jenis tepung yang cocok untuk membuat mie dan ciri-ciri mie yang baik : 1. Tepung terigu yang bisa digunakan adalah dari jenis tepung terigu medium sampai dengan jenis tepung yang hard. Tepung terigu medium adalah tepung terigu yang kandungan proteinnya 10- 11 %, dan tepung terigu yang hard kandungan proteinnya 12 – 13 %. Membuat mie dengan tepung terigu jenis protein sedang, proses pengadukan dan rolling-nya tidak selama dan sebanyak yang diperlukan jika menggunakan tepung terigu protein tinggi. 2. Ciri mie yang baik adalah kenyal, warna mie rata, tidak mudah lembek bila di rebus dan rasa mie yang lembut. C. Cara-cara terbaik untuk mengawetkan mie · dikukus · dikukus saja lalu digoreng · dijemur · dikukus lalu dijemur D. Perebusan Mie Membuat mie dengan tepung terigu protein rendah memerlukan waktu perebusan yang lebih singkat dibandingkan dengan mie yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu protein tinggi. Mie yang dibuat dengan tepung terigu berprotein rendah akan cepat lembek bila direbus agak lama. E. Proses Pengadukan Mie yang Benar Campurkan semua bahan yang ada sampai rata. Diamkan adonan selama 15 menit Lalu adonan di-roll beberapa kali pada ukuran yang sama sampai adonan membentuk lembaran yang terlihat halus dan berwarna rata. Istirahatkan kembali adonan selama 15 menit. Setelah itu baru adonan ditipiskan sesuai dengan ketebalan yang diinginkan dan dipotong. F. Pemberian Air Abu Apakah berbeda pemberian air abu dalam pembuatan mie bila menggunakan tepung terigu protein rendah dengan yang berprotein tinggi? Jelas berbeda, pemberian air abu akan lebih banyak pada tepung terigu berprotein rendah bila dibandingkan dengan tepung terigu berprotein tinggi. G. Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat mie supaya kenyal dan lezat: 1. Mie harus dibuat dengan menggunakan tepung terigu bergluten tinggi dengan tingkat protein lebih dari 12 % sehingga mie yang dihasilkan elastis dan tidak gampang putus. 2. Selain tepung terigu bergluten tinggi, juga diperlukan tambahan air, garam serta air khi. Air khi terbuat dari air abu tetapi beraroma khas dan membuat mie tidak gampang putus. 3. Uleni mie hingga kalis, artinya adonan tersebut tidak putus saat ditarik dan terasa elastis. 4. Telur juga dapat ditambahkan ke dalam adonan mie sehingga citarasa mie menjadi lebih gurih dan warnanya menjadi lebih kuning.

Cetak mie menggunakan alat penggiling mie. rendam atau rebus dalam air panas hingga lunak. 9. dan Gunung. Tuang larutan tersebut ke dalam terigu. Sedangkan merk terigu protein sedang antara lain Segitiga Biru. Yang wajib ada jelas terigu. Air abu 2 gram (bisa dihilangkan) 4. 4. 7. cuci dahulu dengan air panas supaya mienyak menghilang.bahan : 1. Kantil. Selanjutnya mie siap untuk dimasak sesuai selera. siram dengan air dingin dan tiriskan. Sedangkan untuk mie kering. Larutkan air abu dan garam dalam air. Angkat. 6. 6. Namanya juga standar jadi bisa dimodif sendiri. Beri minyak goreng secukupnya. dan Gerbang. . Bisa juga dengan mencampurnya dengan perbandingan 50:50. 10. Membuat Mie Posted on September 10. Garam 10 gram 3. Bahan. Beruang Biru. 2009 by bakingnfood| 10 Comments Salah seorang teman di milis ada yang nanya jenis tepung apa yang cocok untuk membuat adonan mie. Air + 175 cc (bisa ditambah telur tapi jumlah air dikurangi dengan volume telur yang dipakai) Cara membuatnya: 1. Telur n air abu sifatnya optional. Melati. Untuk mie basah. n garam dong. air. Mie dapat diolah menjadi beragam sajian dengan cara direbus atau digoreng. Jenis tepung yang bisa dipakai adalah tepung terigu yang proteinnya tinggi atau sedang. Pilihan merk terigu protein tinggi adalah Cakra Kembar. 2. Tali Emas. Tepung terigu protein tinggi/sedang 500 gram 2. 8. taburi terlebih dahulu seluruh permukaan mie dengan tepung kanji/tepung terigu/tepung maizena sehingga mie tidak lengket. Tipiskan adonan dengan mesin mie hingga mencapai ketebalan yang diinginkan. Nah… berikut adalah resep standar membuat mie basah.5. Kereta Kencana. 3. Tutup selalu adonan mie dengan plastik atau lap lembab supaya mie tidak kering dan putus saat digiling. aduk hingga rata. Potong adonan dengan mesin mie sesuai selera. Tuang adonan ke dalam kantong plastik dan istirahatkan selama 10 menit. 5. Timbang masing-masing bahan dengan tepat. Rebus dalam air mendidih hingga matang (+ 2 menit). aduk hingga rata. Bedanya bila pakai yang protein tinggi maka mie yang dihasilkan lebih kenyal sedangkan dengan terigu protein sedang hasilnya lebih lunak. 7. Gunung Bromo.

Tapi kalau sombong tanpa punya apa2 dan mampu.. .Dan Dia maha akan segalanya.Sombong boleh kalau kita punya dan mampu..karena Dia punya dan mampu akan segala2 di jagad raya ini..apa yg harus disombongkan??Jadi seandainyapun ada yg mau menyombongkan diri cukuplah Allah saja.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->