Nama Kelas No absen

: : :

LEMBAR KERJA SISWA

Standar kompetensi : 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik. Kompetensi Dasar :

1.3 mengamati pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan. Indikator : a. Kognitif: 1. Menjelaskan pengertian elastisitas dan benda elastis 2. Menyebutkan karakteristik gaya pada benda elastis 3. Mendeskripsikan karakteristik gaya pada benda elastis 4. Menjelaskan pengertian tegangan, regangan dan modulus elastisitas. 5. Merumuskan besarnya regangan dan tegangan suatu benda elastis 6. Menjelaskan perubahan pada benda yang ditimbulkan oleh gaya. 7. Menyebutkan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan elastisitas suatu bahan

b. Afektif 1. Memiliki kemampuan berpikir ilmiah(logis, ilmiah, dan berurutan) 2. Memiliki sikap bekerja sama 3. Meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat 4. Memiliki sikap jujur ( menuliskan hasil pengukuran sesuai dengan praktikum )

A. Pilihan ganda

Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar ! 1. Suatu benda jika ditarik pada keadaan tertentu, dan kemudian gaya dilepas, maka benda tersebut memiliki sifat tidak kembali ke bentuk semula. Sifat seperti ini disebut sifat. . . a. Kekerasan d. Elastik b. Kekuatan e. Keliatan c. Regangan 2. Sebuah batang yang panjang mula – mulanya L ditarik dengan gaya F. Jika luas penampang batang A dan modulus elastik batang tersebut ε, maka rumus pertambahan panjangnya adalah. . .

a. b. c. 3. 4. 5.

d. e.

Hitunglah perpanjangan batang dengan panjang L, luas penampang batang A, dan modulus elastisitas E, jika pada ujung batang ditarik oleh gaya F... a. b. e. c. d.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful