KITAB YESAYA

1

Yesaya 1 : 1-9

“Meninggalkan Tuhan”

(2)”Lembu mengenal pemiliknya, tetapi Israel tidak, keledai mengenal palungan yang disediakan tuannya; tetapi umat-Ku tidak memahaminya.” Yesaya adalah seorang nabi, anak dari Amos. Yesaya artinya Yahwe is salvation 700 – 790 S.M. Yesaya hidup di zaman Daud/Salomo Pada waktu itu ada 2 kerajaan : Israel dan Yehuda. Penderitaan mereka karena meninggalkan Tuhan. Yesaya bernubuat untuk mengingatkan kembali.. Allah keselamatan bukan bagi orang fasik. Untuk peroleh keselamatan Allah – ada hukum yang harus ditaati. Mengapa kita meninggalkan Tuhan 1. Karena kita tidak mendengarkan teguran firman Allah yang akan memperingatkan kita, dan karena mereka mengeraskan hati 2. karena kita tidak mau mengingat kasih Tuhan. Padahal Tuhan menyediakan sorga bagi kita. 3. Karena umat terbujuk dengan orang-2 yang berbuat dosa disekitarnya dan tak memahaminya karena tak berprinsip. 4. karena kita tak mau dibentuk dan diproses Tuhan. Kalau kita meninggalkan Tuhan 1. kita akan jauh dari firman 2. kita hidup dekat dengan maut, kita akan penuh dengan penderitaan 3. kita tidak akan mempunyai kekuataan dan penuh dengan kegagalan 4. tak punya kekuatan untuk lawan musuh Hanya dekat dengan Tuhan akan melihat kemenangan. Yesaya 1 : 10-20 “Menurut dan mau mendengar”

(18)”Marilah, baiklah kita berperkara! – firman Tuhan – Sekalipun dosamu merah seperti kermizi, akan menjadi putih seperti salju, sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.” Kadang2 dua kata yang penting adalah menurut dan mau mendengar, bagi setiap orang pasti mau anak2nya agar mau menuruti dan mendengar. Namun kalau itu mendatangkan kesusahan. Kita mau menurut dan mendengar kalau kita setuju, kalau itu baik. Kalau tiba saatnya kita bicara dengan Tuhan, mau tak mau kita mau menurut dan mendengar. Tuhan kita lihat agar berkat2 mengalir. Apa artinya bila kita mau menurut dan mendengar 1. jika pergaulan kita baik, kita akan memakan hasil yang baik, apa saja yang kita dapat itu adalah berkat.

2

2. jika kita mau menurut dan mendengar, maka dosa kita diampuni. walaupun dosa kita merah seperti kirmizi. Tuhan akan tutup masa lalu kita 3. maka doa2 kita akan didengar, apa yang diserukan, Tuhan akan mendengar. Apa artinya hal apa yang perlu kita lakukan agar dapat menurut dan mendengar 1. kita harus persembahkan hidup kita dengan kekudusan, itu membuat Tuhan mencurahkan berkat 2. jika kita jalankan ibadah dengan sungguh-2 dengan ketulusan dan menurut perintah Tuhan 3. belajar hidup adil dan jauhkan kejahatan. 4. praktekan firman, imani.. Iman tanpa perbuatan, seperti hidup Kristen tanpa kuasa. 5. jauhkan kejahatan dlm hidup keseharian Yesaya 1 : 21-31 “Tuhan bertindak”

(25)”Aku akan bertindak terhadap engkau; Aku akan memurnikan perakmu dengan garam soda, dan akan menyingkirkan segala timah dari padanya.” Bagaimana Tuhan akan bertindak . Allah kita Allah yang bertindak dan berbuat: 1. Ia turun dari sorga, mengosongkan diri dan menyelamatkan kita. 2. Ia mengirim malaikat-malaikat-Nya berkemah untuk menjaga, melawan musuh2 kita 3. Ia memerintah, memukul dan mendidik serta menuntun kita 4. Ia membuka pintu untuk kita; kalau Allah sudah menutup pintu tak ada yang dapat membuka. Jika kita mau berbalik pada Tuhan, Tuhan akan membuka pintu bagi kita Apa tujuan Allah bertindak terhadap dosa yang keras. 1. agar kita terpelihara dari segala dosa dunia, jika kita mudah terseret. agar kita cepat bertobat. 2. Tujuan positif agar kita selalu berada dekat kepada Tuhan 3. Agar kita tidak tertipu oleh musuh-2 kita yaitu: i. iblis ii. dunia - – Jangan seperti dunia iii. orang-2 yang membenci Kristus -Jangan dendam dan kecewa dan membalas 4. Agar kita dapat menerima janji-janji Tuhan yang dahsyat dan melangkah dalam hidup kita

Yesaya 2 : 1-5

“Naik ke Gunung (Puncak) Tuhan”

3

(2)”Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah Tuhan akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana.” (3)”dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: “Mari, kita naik ke gunung Tuhan, ke rumah Allah Yakub. Supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman Tuhan dari Yerusalem.” Kehidupan Kristen adalah kehidupan yang naik kepuncak gunung Kehidupan Kristen bukan hidup yang biasa2. “Kristus berkata: “apa yang kubisa kerjakan, kamu bisa juga kerjakan.” Kristus nyatakan kuasanya untuk ada di puncak gunung, kita bukan seorang biasa karena Yesus lebih besar dari apapun Jika kita berada di puncak Tuhan, kita dapat melihat segala sesuatu. Apa yang berada dipuncak gunung 1. Kita dapat melihat sesuatu secara luas dan tidak gampang kecewa, tidak berpikiran kerdil. 2. di puncak kita dapat melihat segala yang besar jadi kecil karena kita hidup dekat dengan Allah, kita lihat masalah itu kecil 3. di puncak Tuhan kita dapat lihat pemandangan indah, gambaran, panorama itu indah, batu-batu besar kecil itu indah. Begitupun kehidupan, kita dapat melihat segala perkara, masalah kita itu segala sesuatu indah bersama Tuhan. . 4. Kita dapat merasakan udara yang sejuk, membuat segalanya sejuk dan tentram, tenang, kita merasakan kebaikan Tuhan (4)”…….maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas;…” Setiap orang percaya harus naik ke puncak gunung. Bagaimana kita dapat naik ke puncak gunung itu? 1. kita harus memiliki tekad untuk itu, dimana kita kerjakan firman Tuhan dengan pertolongan Roh Kudus. 2. kita harus berani berrjuang dengan langkah pertama berjalan terus dan melakukan firman. 3. kita harus berani meninggalkan dosa-2, karakter2 kita yang buruk, hal2 duniawi yang harus kita tinggalkan. 4. Kita harus siap tunggu waktu, orang yang bertahan dalam kesudahannya itu akan meraih kemenangan pada achirnya.

Yesaya 2 : 6-11

“Direndahkan Tuhan”

4

(8)”Negerinya penuh berhala-berhala, mereka sujud menyembah kepada buatan tangannya sendiri dan kepada yang dikerjakan oleh tangannya.” (9)”Maka manusia ditundukkan dan orang direndahkan – janganlah ampuni mereka.” (11)”Manusia yang sombong akan direndahkan, dan orang yang angkuh akan ditundukkan; dan hanya Tuhan sajalah yang maha tinggi pada hari itu.” Allah punya kuasa untuk merendahkan dan meninggikan kita. Allah yang kita sembah adalah Allah yang menuntun kita. Dia mempunyai kuasa untuk meninggikan kita bukan merendahkan kita. Dia meninggikan: 1. apa yang kita kerjakan akan sukses akan berhasil 2. kita akan menang dalam menghadapi setiap masalah, pergumulan akan diatasi 3. kita akan melihat banyak mukjizat, tidak akan hidup kekurangan. Jika kita hidup dalam dosa, Tuhan merendahkan kita 1. apa saja yang kita buat goyah, agar mau bertobat. 2. berbagai penyakit akan menyerang kita 3. banyak penderitaan yang kita derita dan tidak ada damai 4. kita akan hidup kekurangan 5. banyak kehancuran kita alami dalam hidup kita, rumah tangga hancur karena kita melupakan Tuhan. Kalaupun kita mau berbalik, Tuhan akan memulihkan rumah tangga kita. Kapan Tuhan merendahkan kita 1. Jika kita sombong, karena kesombongan – susah direndahkan, merasa kita mampu. tidak bisa hidup dalam kasih . Janganlah sombong 2. Jika kita hidup dalam penyembahan berhala (lihat bintang2, honshui, fungsui, pengobatan alternative, belajar yoga) (kita harus hidup dalam kebenaran). Hiduplah dalam takut akan Tuhan 3. Jika kita membelakangi kebaikan Tuhan dengan kejahatan, tidak ucapkan syukur. 4. Kalau kita mendengar firman Tuhan dan tak mau bertobat. (Jangan keraskan hatimu jika mendengar firman-Nya) Yesaya 2 : 12-24 “Jangan berharap pada manusia”

(22)”Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?” Setiap manusia dimuka bumi ini, berkeinginan khususnya, orang yang hidup mempunyai harapan2 1. yang yang negative, yang sering mengkhayal, misalnya agar orang itu mendapat celaka 2. orang yang berharap pada pertolongan manusia yang pernah ditolong

5

3. orang yang menaruh harapan pada Allah. Kalaupun harapan kita benar, kita bersemangat. Kalau harapan2 negatif pada manusia kita kehilangan semangat. Kita hendaknya berharap pada Tuhan daripada berharap pada manusia. Terkutuklah orang yang menghandalkan pada manusia Mengapa kita jangan berharap pada manusia, karena 1. cenderung jadi orang sombong, orang yang bangga.. Merasa dia orang kaya, pangkat. Orang yang sombong akan direndahkan 2. cenderung menjauh dari Tuhan 3. cenderung jadi budak dari orang diharapkan tersebut, direndahkan oleh manusia. pada achirnya sering kecewa pada orang2 tsb . Tuhan berkata: “Marilah kepadakusemua yg letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih daripada hembusan nafas. Kita berharap pada Tuhan kita akan mendapat mahkota kemenangan. Yesaya 3 : 1- 8 “Yang melawan Tuhan”

(8)”Sungguh, Yerusalem telah runtuh dan Yehuda telah rubuh; sebab perkataan mereka dan perbuatan mereka melawan Tuhan dan mereka menantang kemuliaan hadirat-Nya.” Tuhan kita adalah Allah yang sabar, Dia memimpin dan menuntun kita. Seringkali di tengah2 Allah begitu sabar, kita: - berontak, tak pasrah. Tuhan mengendalikan iman kita. Imanlah yang mengendalikan otak, agar kita dapat melihat kemuliaan Allah. Tetapi jika Iman di atur oleh Dia, kita lihat bagaimana Yerusalem dan Yehuda runtuh oleh karena melawan Tuhan. Kapan orang disebut melawan Tuhan 1. dengan berpikir bahwa Tuhan tak ada 2. dengan perbuatan yang bertentangan dengan firman Tuhan 3. dengan hati yang tidak mau menerima teguran Tuhan, kita keras hati. 4. dengan hidup egois, hanya mau hidup sendiri dan tak mau bertobat. Apa akibat kalau kita menentang Tuhan 1. Kita direndahkan oleh Tuhan 2. Kita kehilangan damai sejahtera 3. Kita hidup dalam kehancuran, 4. kita menjadi binasa oleh kekuasaan iblis. Kalau kita mau kembali, kita sadar dan bangkit. -Mari dekat dengan Tuhan dan menghandalkan Tuhan, maka kita akan terima anugerah Tuhan Yesaya 3 : 9-12 “Berbahagia orang yang benar”

6

(10)”Katakanlah berbahagia orang benar! Sebab mereka akan memakan hasil pekerjaanya.” Allah tidak pernah izinkan jatuh bangun dalam dosa. Allah mau kita berjuang. Kita perlu berjuang dalam kehidupan. Untuk setiap pekerjaan ada upah. Untuk hidup dalam kebenaran perlu ada perjuangan, karena kita tidak sendirian, ada Tuhan yang selalu menyertai kita dan dapat meraih kebahagian. Mengapa orang benar berbahagia. 1. karena kita tertuduh dengan rasa bersalah. 2. karena orang benar itu pasti diberkati. Apa yang kita tabur itu kita tuai. Daud berkata:”saya tak melihat orang2 benar meminta-minta roti.” 3. karena orang benar tahu bahwa iblis tak berkuasa. Orang benar dimana ia berada ia membawa damai, karena pasti akan disukai banyak orang Bagaimana jadi orang2 benar. 1. Kita harus menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat 2. Kita harus membereskan dosa kita dihadapan Tuhan. 3. Kita harus bergumul dengan firman . “:Jikalau kamu tinggal didalam Aku dan Firman-Ku tinggal didalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki dan kamu akan menerimanya. Yesaya 3 : 16 – 26 “Wanita yang sombong”

(16)”Tuhan berfirman: Oleh karena wanita Sion telah menjadi sombong dan telah berjalan dengan jenjang leher dan dengan main mata, berjalan dengan dibuat-buat langkahnya dan gemerincing dengan giring-giring kakinya, (17)”maka Tuhan akan membuat batu kepala wanita Sion penuh kudis dan Tuhan akan mencukur rambut sebelah dahi mereka.” Wanita sebetulnya penting, special, unik, dalam hidup ini. Banyak pekerjaan dapat dikerjakan wanita. Tak perlu diperjuangkan emansipasi (persamaan hak) Wanita pekerja apa saja yang dapat dia kerjakan. Biarlah wanita saling perlengkapi pria Pria adalah kepala dan wanita adalah leher. Kepala dan leher tidak bisa dipisahkan. Dosa pertama didunia dilakukan oleh seorang perempuan/wanita. Salah satu yang mudah terseret dalam kehidupan ini “:kesombongan” Kesombongan itu dibenci Allah. Ada 2 makna 1. bicara tentang Sion 2. bicara tentang wanita sombong Salah satu sumber permasalahan wanita adalah kesombongan.

7

Apa yang disombongkan oleh seorang wanita 1. wanita seringkali menampilkan penampilan luar 2. wanita seringkali menyombongkan keluarganya 3. wanita seringkali membanggakan apa yang dia buat (padahal Tuhanlah yang berbuat) 4. wanita seringkali membanggakan ide-2nya (hikmat Allah) Kalau wanita sombong: 1. pasti dipermalukan 2. menjadi sumber masalah 3. pasti tidak punya tempat disorga Yesaya 4 : 1-6 “Tunas yang tumbuh”

(2)”Pada waktu itu tunas yang ditumbuhkan Tuhan akan menjadi kepermaian dan kemuliaan dan hasil tanah menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi orang-orang Israel yang terluput.” Orang Kristen achir-2 ini banyak masalah besar, yakni kekristenan achir zaman menghadapi masalah2 yang sukar dari luar, seperti serangan2 yang terjadi atas rencana tutup gereja, ibadah dalam rumah dilarang, kenapa serangan-2 itu sering terjadi, karena iblis percaya ada tunas-2 yang ditumbuhkan untuk persemaian, kemuliaan, kebanggaan dan kehormatan. Iman adalah keputusan bebas bagi kita. Mengapa terjadi demikian – karena ada perbedaan pendapat dalam gereja. Tetapi Tuhan menanam tunas dalam gereja. Ada 4 hal dalam Tunas 1. kedamaian 2. kemuliaan 3. kebanggaan 4. kehormatan Tuhan bicara tentang apa ini? -Ketika malam, kita dijaga oleh api. -Ketika siang kita dijaga oleh awan. Kita tidak akan disengat oleh dinginnya malam dan teriknya siang. -Kita adalah tunas yang dituntun Tuhan Apakah tunas yang ditumbuhkan dan tujuan Tuhan 1. Kita tunas yang ditumbuhkan Tuhan dari bangsa Israel. karena didalam Mesias yang jadi Tunas; 2. Kita tunas yang ditumbuhkan Tuhan dari tekanan dan penderitaan bukan achir; iman dan hati yang lembut dibangkitkan 3. Kita tunas yang ditumbuhkan Tuhan dari kasih dan kesetiaan Tuhan 4. Kita tunas yang ditumbuhkan Tuhan dari berkat dan anugerah Allah Yesaya 5 : 1-7 “Kebun Anggur”

8

(1)”Aku hendak menyanyikan nyanyian tentang tentang kekasihku, nyanyian kekasihku itu mempunyai kebun anggur di lereng bukit yang subur.” Alkitab menggambarkan Gereja Tuhan sebagai Tunas. Kita disebut juga sebagai mempelai Kristus. Kita disebut juga sebagai domba2 Allah, kita harus dituntun oleh gembala agung. Kita adalah domba yang tak punya tanduk, tak dapat melawan, namun kita dijaga. Kita juga sebagai kebun anggur-Nya, karena: 1. kita harus dibersihkan, dibuat menjadi indah 2. kita harus mengeluarkan buah-2 yang manis (buah-2 Roh) 3. kita jadi ranting2nya dan jika tak berbuah, ranting dipotong. 4. kita disebut kekasihnya. (4)”Apatah lagi yang harus diperbuat untuk kebun anggur-Ku itu, yang belum Kuperbuat kepadanya? Aku menanti supaya dihasilkannya buah anggur yang baik, mengapa yang dihasilkannya hanya buah anggur yang sama?” Kenapa kita tidak bisa menghasilkan buah yang manis; Tuhan sudah berbuat yang terbaik untuk kita. Dengan mengeraskan hati menghasilkan buah yang asam. Apakah kita yang dikasihi Tuhan masih mengeluarkan buah-2 yang asam? Biarlah kita disadarkan juga. Mengapa kita tidak dapat mengeluarkan buah yang manis. 1. Kita tidak mau melekat pada pokok anggur (Kristus) 2. Kita tidak mau menerima pupuk yang baik yaitu menerima firman, terima nasihat/tegoran2 Tuhan. 3. Kita tidak menjadi benih yang unggul. 4. Kita tidak mengikuti petujuk yang benar. Yesaya 5 : 8-13 “Penderitaan”

(13)”Sebab itu umat-Ku harus pergi kedalam pembuangan, oleh sebab mereka tidak mengerti apa-apa; orang-orang yang mulia akan mati kelaparan, dan khalayak ramai akan menderita kehausan.” Penderitaan bukan keadaan tetapi sikap. Penderitaan bukanlah takdir. (Allah tidak merancangkan), Allah merancangkan hari depan buat kita (Yeremia) Tuhan berpesan dengan penderitaan agar kita bertobat (dengan kadangkala harus memukul kita) Penderitaan bukanlah takdir tetapi itu adalah pesan2 dari Allah; 1. Pesan Tuhan agar kita bertobat 2. Pesan Tuhan agar kita mengandalkan Tuhan saja. 3. Pesan Tuhan agar kita kembali pada firman, sebab jika kita hidup dalam firman kita akan melihat jalan yang luar biasa. 4. Pesan Tuhan agar kita kuat didalam Tuhan; seringkali mengajarkan dan mengingatkan jangan putus asa. (Pembuangan umat Israel).Ada banyak orang ditengah penderitaan berputus asa.

9

Kenapa penderitaan terjadi. 1. karena tidak mau bertobat dan kembali pada Tuhan dan 2. menghandalkan kepada Tuhan. Bagaimana sikap kita menghadapi penderitaan 1. kita harus mengintrospeksi diri atas kesalahan kita 2. Kita harus sabar dan tekun dan tetap menghandalakan Tuhan. 3. Jangan anggap penderitaan sebagai derita dan jadikan penderitaan sebagai pelajaran untuk tetap maju. 4. kita harus siapkan diri untuk menjai pemenang Yesaya 5 : 14-24 “Menolak Pengajaran”

(24)”Sebab itu seperti lidah api memakan jerami, dan seperti rumput kering habis leyap dalam nyala api, demikian akar-akar mereka akan menjadi busuk, Dan kuntumanya akan beterbangan seperti abu, oleh karena mereka telah menolak pengajaran Tuhan semesta alam dan menista firman Yang Mahakudus, Allah Israel.” Kebenaran adalah kebenaran. Kebenaran tidak mudah diterima. Jika kita mengerti kebenaran, maka kebenaran akan membimbing kita kepada kebenaran, maka kebenaran itu harus diajar agar: 1. kita harus memiliki kerendahan hati 2. kita harus memiliki kesiapan untuk dibentuk(mana yang benar dan mana yang salah. 3. kita harus memiliki kesabaran 4. kita harus memiliki kesinambungan (terus menerus, makin lama makin meningkat Hidup Kristen harus siap diajar, jangan jadi kurang ajar. Kita harus hidup dalam kebenaran yang memerdekakan kita. Siapakah orang yang menolak pengajaran. 1. orang yang hatinya keras. Dimana ada pertobatan disitu ada pengampunan. 2. orang yang terikat roh jahat yaitu pikiran jahat dan menyembah illah yang juga bernama mammon 3. orang yang tidak berpikir panjang 4. orang yang hidupnya semau gue, tak peduli orang lain

Yesaya 5 : 25 – 30

“Murka Tuhan”

10

Allah kita adalah Allah yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia, juga sebagai Allah yang maha Adil, yang menyatakan murkaNya dalam kasihNya. Kepada siapakah Tuhan murka? 1. kepada orang yang sudah menerima kebenaran tetapi tetap keraskan hati 2. kepada orang yang sudah menerima kebenaran tetapi hidup dalam dosa. 3. kepada orang yang sudah bertobat tetapi murtad 4. kepada orang yang melayani Tuhan tetapi main-2. Bagaimana kita dapat meredakan murka Tuhan 1. dengan bertobat dan minta ampun (“Sekalipun dosamu merah seperti kermizi, akan menjadi putih, seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.” 2. kembali ke jalan yang Tuhan mau 3. kembali memandang kedepan, tinggalkan semua. 4. berani pikul salib akibat dari kesalahan-2 kita (ada harga yang harus kita bayar) Yesaya 6 : 1-3 “Aku melihat Tuhan” – “Berjumpa Tuhan”

(1)”Dalam tahun matinya raja Uzia aku melihat Tuhan duduk di atas takhta yang tinggi dan menjulang, dan ujung jubah-Nya memenuhi Bait Suci.” Kekristenan tidak percaya bahwa Allah dan manusia terpisah. Kekristenan adalah suatu kepercayaan bahwa Allah yang Maha Kudus, benar, mulia, tetapi Dia mengosongkan diri, turun dari sorga jadi sang manusia. Allah menyatakan diri kepada manusia, sehingga manusia dapat berhubungan dan berjumpa dengan Tuhan Kapan sebenarnya kita dapat berjumpa dengan Tuhan? 1. Dimasa-masa yang sukar, ditengah2 masallah/kesukaran, jika kita berseru kepada Tuhan, disitu kita dapat berjumpa dengan Tuhan dan merasakannya. 2. Didalam doa yang sungguh2, kita lipat tangan dan Allah itu hanya sejauh doa kita. Kalaupun kita mau doa pada Tuhan. “Mari kita berdoa ,“ “Marilah kepadakusemua yg letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” 3. Didalam ketaatan dan kebenaran dan meninggalkan dosa. Orang yang berjumpa Tuhan akan kuat dalam segala-galanya 4. Didalam iman, tanpa iman kita tidak berkenan melihat Allah. Bersama Allah kita melihat berkat2 Allah. Yang mengalami perjumpaan dengan Allah :-Abraham, Musa, Samuel, Paulus. Setiap orang Kristen harus berjumpa dengan Tuhan. Apa yang terjadi bila kita berjumpa dengan Tuhan 1. Hidupnya pasti akan berubah (Zakeus) (Petrus – tangkap ikan) (Paulus yang menganiayai jadi hamba Tuhan) 2. Hidupnya akan selalu kuat (Stefanus…)

11

3. Jangan terlalu melihat masalah! hidupnya akan selalu diberkati, tidak akan kekurangan, ada sorga disediakan. (Sadrakh, Mesakh dan Abednego dilihat dlm api ada 4 orang). 4. hidupnya akan selalu membawa damai, kasih, sejahtera dimanapun Tuhan tempatkan Yesaya 6 : 4 – 7 “Dosamu sudah diampuni”

(6)”Tetapi seorang dari pada Serafim itu terbang mendapatkan aku, di tangannya ada bara, yang diambilnya dengan sepit dari atas mezbah.” (7)”Ia menjentuhkannya kepada mulutku serta berkata: “Lihat, ini telah menyentuh bibirmu, maka kesalahanmu telah dihapus dan dosamu telah diampuni.” Persoalan besar dalam hidup ini adalah dosa yang dapat membawa kematian kedalam maut, tetapi anugrah Yesus mati diatas kayu salib yang dapat menyelesaikan segala masalah-2 dosa, karena Kristuslah yang memikul salib itulah maka kita sudah diampuni dari dosa. Kita tak perlu gentar, khawatir, kita akan dipimpin masuk dalam kemenangan. kita tidak terjajah oleh iblis. Orang tak dapat menyelesaikan dosa. Kebanggaan kita orang percaya adalah salib. Di salib itu, membawa hati kita damai.. Kapan dosa kita diampuni. 1. Jika kita mau bertobat dengan sungguh2, datang pada Tuhan minta ampun pada Tuhan dosa kita akan diampuni, dipulihkan hidup kita. 2. Jika kita mau melakukan firman Tuhan dengan sungguh2. 3. Jika kita mau merendahkan diri dengan ketulusan dihadapan Tuhan 4. Jika kita mau menjalankan ibadah dengan hati yang murni – Kita jadi berkat bagi sesamanya. 5. Biarlah berita ini jadi bagian dalam hidup kita, bahwa dosa kita sudah diampuni. Yesaya 6 : 8-13 “Mendengar suara Tuhan”

(8)”Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: “Siapakah yang akan Ku-utus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku!” Setiap orang melalui panggilan yang ber-beda-2. Panggilan Tuhan kepada seseorang secara spesifik. Perjumpaan Yesaya dengan Tuhan 1. Ia mendengar suara Tuhan, mengalami perjumpaan dengan Tuhan 2. Ia menyadari dan mengakui kesalahannya 3. Tuhan mengampuni dosa2nya dan Tuhan beri tahu bagaimana langkah2 yang harus ia ambil. 4. mendengar suara Tuhan memanggil 5. Ia menjawab panggilan Tuhan dengan rela dan siap apa yang dikehendaki Tuhan

12

Bagaimana kita dapat mendengar suara Tuhan? 1. Kita harus miliki kerinduan untuk berjumpa dan dibentuk oleh Tuhan 2. Kita harus hidup melekat pada Tuhan, dari firman Tuhan kita belajar a. logos = firman yang tertulis b. rema = firman yang hidup bagi kita, firman yang berbicara buat kita 3. kita harus berdoa dan luangkan waktu untuk mendengar suara Tuhan 4. kesiapan pada suara Tuhan dan berjalan meraih kemenangan dan masuk dalam kemuliaan Allah Yesaya 7 : 1-9 “Teguh Jaya”

Hidup orang Kristen adalah suatu kepastian. “Karena Aku (Yesus) adalah jalan kebenaran dan hidup.” Tanggung jawab kita adalah: 1. untuk tetap tenang, berharap pada Tuhan 2. menguatkan hati 3. Jangan takut, Tuhan selalu beserta kita 4. Teguh dalam iman, taati pada prinsip. Bagaimana kita teguh jaya: 1. Sadari, bahwa tiap-2 orang harus menghadapi masallah, tetapi ada tangan yang kuat menopang kita senantiasa. 2. bersyukur dan berpikiran positif, karena kita tahu Tuhan akan memberikan selalu yang terbaik. 3. belajar dari masalah hidup kita, agar kita makin dewasa dalam menghadapi masalah Ingat! Berkat Tuhan ada dibalik segala masallah tersebut. Yesaya 7 : 10-23 “Mencobai Tuhan”

(12)”Tetapi Ahas menjawab: “Aku tidak mau meminta, aku tidak mau mencobai Tuhan.” Segala yang Tuhan nyatakan dalam hidup manusia adalah “Ya dan Amin”. Cuma kadang manusia sering ragu dan mencari jalan lain yang menyesatkan jalan hidupnya, yang seringkali justru menjerumuskan manusia . Allah kita dahsyat hanya dengan percaya dan mengimani-Nya kita melihat kedahsyatan Tuhan. Banyak orang tak sadari kita mencobai Tuhan. Jangan mencobai Tuhan, iblis ingin sekali ini. (14)”Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan ia akan menamakan Dia Imanuel.” NATAL Kapan sebenarnya seorang disebut mencobai Tuhan 1. Ketika kita mulai meragu-ragukan janji-2 Tuhan.

13

2. ketika kita tidak mau percaya dan menerima Tuhan (contohnya Thomas percaya setelah di cucuk jarinya ketangan Yesus yang luka baru percaya). 3. ketika kita mencari jalan keluar, pergi ke orang pintar untuk menolong kita 4. ketika kita melanggar firman dengan kesadaran dosa yang kita buat Yesaya 8 : 1-10 “Terkejut”

(9)”Ketahuilah, hai bangsa-bangsa, dan terkejutlah, perhatikanlah, y segala ppelosok bumi, berikatpingganglah, dan terkejutlah; berikatpingganglah, dan terkejutlah.” Masalah dapat saja terjadi mendadak dan mendatangkan kekecewaan dan tak siap bagi manusia. Tidak setiap orang hidup terkejut. Allah kita tak pernah mengecewakan. Kenapa kita dapat menjadi terkejut, 1. karena kita meyakini sesuatu yang keliru (feng-shui, shio-2, ramalan bintang) Jika kita meyakini firman kita tidak dikejutkan. 2. karena kita tidak berserah kepada Allah, karena kita terlalu berharap pada manusia. 3. karena kita sedang ditegur oleh Tuhan. Tuhan mau menyadarkan kita. 4. Karena kita merasa “saya adalah segala-galanya” seharusnya “Tuhan adalah segala-galanya.” Menghadapi ketakutan belajar dari Yesus di taman Getsemani “Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” Yesaya 8 : 11-22 “Takut pada Tuhan”

(12)”Jangan sebut persepakatan segala apa yang disebut bangsa ini persepakatan dan apa yang mereka takuti janganlah kau takuti dan janganlah gentar melihatnya.” (13)”Tetapi Tuhan semesta alam, Dialah yang harus kamu akui sebagai Yang Kudus kepadaNyalah harus kamu takut dan terhadap Dialah harus kamu gentar.” Dunia dimana kita hidup di zaman ini hidup dalam ketakutan. Manusia jangan hidup dalam ketakutan 1. manusia takut akan/tentang masa depan dan hari esok (Kristus menyertai kita sampai kesudahannya) 2. manusia takut akan kematian. “Berbahagialah orang hidup dalam kematian.” 3. manusia takut akan kuasa-2 kegelapan (Roh dalam kita lebih besar dari roh yang ada didunia) 4. manusia takut akan malapetaka dan marabahaya . Padahal manusia yang percaya seharusnyalah takut akan Tuhan; sebab malaikat-2 Tuhan akan berkemah disekeliling kita. (“Sebab Tuhan ialah tempat perlindunganmu, Yang Maha Tinggi telah kaubuat tempat perlindunganmu malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan

14

tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikatNya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau disegala jalanmu.” Apa yang Tuhan kehendaki dengan takut akan Tuhan . 1. Kita jangan terpengaruh dengan cobaan dunia tentang keadaan disekeliling kita. Allah punya segala-galanya yang menggarami dunia. 2. (17)”Dan aku hendak menanti-nantikan Tuhan yang menyembunyikan wajah-Nya terhadap kaum keturunan Yakub; aku hendak mengharapkan Dia.” orang yang takut akan Tuhan dia akan minta pimpinan Tuhan dan mengatur kita. Senantiasa menanti-nantikan Tuhan 3. (19)”Dan apabila orang berkata kepada kamu: “Mintalah petunjuk kepada arwah dan roh-roh peramal yang berbisik-bisik dan komat-kamit,” maka jawablah “Bukankah suatu bangsa patut meminta petunjuk kepada allahnya? Atau haruskah mereka meminta petunjuk kepada orang-orangm ati bagi orang-orang hidup?” Jangan percaya dengan penyembahan2 berhala. 4. (20)”Carilah pengajaran dan kesaksian!” Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar.” Hidup dalam pengajaran firman dan kesaksian tentang Kristus Yesaya 8 : 23; 9 : 1-6 NATAL KELAHIRAN YESUS KRISTUS

(5)”Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambing pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang kekal, Raja Damai.” “Terang yang besar” (1)”Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan, telah melihat terang yang besar, mereka yang diam di negeri kekelgaman, atasnya terang telah bersinar” (5)”Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang kekal, Raja Damai.” Dunia ini dalam kegelapan, karena orang hidup serba tidak pasti dan serba menakutkan; serba masa bodoh dan serba tidak tahu malu juga; Namun yang indah, Yesus datang, membawa terang yang besar, sehingga kita yang percaya tidak lagi hidup dalam kegelapan. Yesus Kristus disebut Penasihat Ajaib, sebagai terang yang besar. Mengapa disebut Terang yang besar 1. Kristus adalah Penerang Ajaib. Penasehat yang tidak pernah gagal.. “Marilah kepadaku-semua yg letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”. Mukjizat adalah tuntunan yang tepat

15

2. Karena Dia Allah yang perkasa. Tidak ada kuasa yang menaklukan. Kristus yang telah mengalahkan maut. Allah yang selalu menang dan yang tak pernah gagal. 3. Karena Dia Allah yang kekal. karena Ia juga Bapa yang kekal, karena tanggung jawab dan pemeliharaanNya “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yoh. 3 : 16) Dia Allah yang bertanggung jawab. 4. Dia adalah raja damai, dia tuntunan kita dalam kedamaian. (6)”Besar kekuasaanya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan….” (Yoh 3 : 6) Kita tak hidup dalam kegelapan. Kristus yang menerangi kehidupan kita. Yesaya 9 : 7-13 “Mencari Tuhan”

(12)”Tetapi bangsa itu tidak kembali kepada Dia yang menghajarnya dan mereka tidak mencari Tuhan semesta alam.” Dunia sekarang adalah tempat mencari uang; popularitas, kekuasaan, kesenangan dan hiburan. Padahal justru yang kita perlu dan harus mencari adalah Tuhan agar mendapat kedamaian. Dunia hari2 ini seperti hutan yang luas yang mengerikan dan membosankan dan ketidak puasan yang ada –“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu” Tuhan dapat memberikan segala sesuatu yang dunia tak dapat berikan. ”Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya. Carilah wajah-Nya selalu!” Apa yang kita dapat jika kita mencari Tuhan 1. Kita mendapat ketenangan dan kesadaran 2. Kita akan mendapat hikmat yang luar biasa 3. Kita akan mendapat perubahan hidup, hati yang keras dibuang 4. Kita akan mendapat “pewahyuan dari Tuhan” Ada hal2 yang Tuhan nyatakan pada kita, kita dituntun menurut kehendaknya. 5. Kita akan mendapat kekuatan untuk berjalan di dalam kemenangan. Apa yang kita tak dapat pikirkan itu yang Tuhan sediakan Yesaya 9 : 14-20 “Kepala & Ekor”

(14)”Tua-tua dan orang yang terpandang itulah kepala dan nabi yang mengajarkan dusta itu ekor.”

16

Janji Tuhan kepada orang-2 yang percaya adalah Tuhan akan jadikan kita kepala dan tidak jadi ekor adalah: 1. Kepala artinya kita akan naik 2. kepala artinya kita disiapkan Tuhan untuk menjadi terang, garam dan berkat 3. kepala artinya kita akan jadi sebagai penerobos. Seringkali terjadi dimana orang masih caplok sana sini, tapi masih lapar, achirnya makan daging teman sendiri. Kapan kita menjadi kepala atau ekor. Jadi kepala: 1. jika kita menjadi pelaku-2 firman 2. jika kita hidup dalam kasih dan mengampuni 3. jika kita hidup dalam kejujuran 4. jika kita menjaga hati dan pikiran kita Jadi ekor: 1. jika kita tahu firman, tetapi tidak melakukannya 2. jika kita hidup dalam ke-egoisan 3. jika kita hidup dalam dusta, tidak jujur. 4. jika kita menjadi hamba uang. Yesaya 10 : 1-4 “Ketidak Adilan”

(1)”Celakalah mereka yang menentukan ketetapan-ketetapan yang tidak adil, dan mereka yang mengeluarkan keputusan-keputusan kelaliman..” (2)”..untuk menghalang-halangi orang-orang lemah mendapat keadilan dan untuk merebut hak orang-orang sengsara di antara umat-Ku.” Dunia hari-2 ini seperti hutan rimba, sifat manusia yang baik sudah mulai menjadi punah. Keadilan menjadi mahal – untuk hidup dalam keadilan. Karena yang tidak adil mendapatkan keadilan dengan membayarnya. Mengapa Tuhan menghukum ketidak- adilan. 1. Ketidak-adilan adalah akar dari keserakahan, tidak ada kata “puas” tidak ada kata bersyukur, 2. adalah bukti bahwa ketidak adanya kasih dalam hidup kita 3. karena mendatangkan sakit hati dan kecewa 4. karena ketidakadilan adalah cara iblis untuk menghancurkan kehidupan manusia Yesaya 10 : 5-11 “Mempermainkan Tuhan”

17

(10)”Seperti tanganku telah menyergap kerajaan-kerajaan para berhala, padahal patungpatung mereka melebihi yang di Yerusalem dan yang di Samaria,” Tuhan kita adalah Allah yang tak dapat dipermainkan. Bagaimana yang disebut mempermainkan Tuhan 1. Jika kita sengaja lakukan dosa. a. orang sadar bahwa itu dosa, tetapi berjuang untuk berbuat dosa itu dan jatuh. Mempermainkan Tuhan secara sengaja tidak ada pengampunan. b. Orang yang tahu firman, masih percaya para normal. c. orang yang sudah mengenal kebenaran dan meninggalkannya. 2. Jika kita mempermainkan Tuhan tidak ada pengampunan, Allah kita tegas. “Disergap Tuhan” Secara paksa ada sesuatu yang tak beres yang harus dipertanggungjawabkan Bagaimana jika Tuhan menyergap kita? Kita disergap Tuhan dengan 1. kegagalan, jika kita mempermainkan Tuhan. 2. penderitaan. Kita harus datang pada Tuhan. 3. penyakit2 berbahaya yang menyerang dalam hidup kita. Kembalilah kepada Tuhan. 4. mempermalukan kita. Bersama Tuhan kita cakap menang. 5. tak mengabulkan doa kita. Cepat bertobat. 6. kita tak dapat damai sejahtera. Cepat kembali dan merendahkan diri dihadapan Tuhan. Yesaya 10 : 12-19 “Memegahkan diri”

(15)”Adakah kapak memegahkan diri terhadap orang yang memakainya atau gergaji membesarkan diri terhadap orang yang mempergunakanya?...” Salah satu yang tak disukai Tuhan adalah memegahkan diri. Mengapa Tuhan menentang orang yang memegahkan diri, karena orang yang memegahkan diri: 1. karena orang2 yang tidak sadar akan anugerah Tuhan dan tak mau merendahkan diri. 2. karena lupa diri dan tak menyadari kekurangannya dan kelemahannya. 3. orang yang tertipu oleh iblis. Jangan sampai kita bermegahkan diri. Tuhan marah kalau kita bermegah. Mengapa Tuhan menantang orang yang memegahkan diri? 1. Karena selalu merasakan dirinya yang terbaik, selalu menjadi “trouble maker” 2. karena akan menjauh dari Tuhan.

18

3. karena cenderung “menyembah “uang dan prestasi yang dia capai” Kita harus menyembah “sumber” yang memberi. 4. Karena dia orang yang gampang kecewa dan murtad Paulus berkata: “Aku bermegahdiri dalam Kristus dan di kayu salib” Biarlah kita bermegahkan diri dengan Tuhan. Yesaya 10 : 20-27a “Bersandar pada Tuhan”

(20)”Tetapi pada waktu itu sisa orang Israel dan orang yang terluput di antara kaum keturunan Yakub, tidak akan bersandar lagi kepada yang mengalahkannya, tetapi akan bersandar kepada Tuhan, Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tetap setia.” Jika kita harus jujur, kita semua butuhkan tempat bersandar. Dalam kehidupan ini kita harus jujur kita perlu bersandar pada orang lain. Kenapa kita butuh tempat sandaran 1. karena dunia ini berbahaya . (misalnya, orang yang salah didik akan bisa berbahaya) 2. karena dunia ini melelahkan 3. karena dunia ini membosankan Tuhan adalah tempat bersandar yang terbaik Jika kita bersandar pada Tuhan kita akan peroleh kebenaran, tuntunan, karena 1. orang yang bersandar kepadanya akan bertobat dari dosa2nya 2. akan menjadi orang yang perbuatan2 baik, Kasih Tuhan ditransfer dalam kita. Hati kita diobah, pasti akan selalu hidup dalam kasih yang menuntun kita, perbuatan2 kita memancar 3. kita akan berjalan dalam iman, pada janji2 Allah dan melihat kemuliaan Tuhan yang luar biasa. Yesaya 10 : 27b-34 “Tuhan memotong dahan2”

(33)”Lihatlah, Tuhan, Tuhan semesta alam akan memotong dahan-dahan pohon dengan kekuatan yang menakutkan; yang tinggi-tinggi tumbuhnya akan ditebang, dan yang menjulang ke atas akan direndahkan.” Orang yang sombong akan direndahkan, sebaliknya orang yang rendah hati akan ditinggikan Tuhan. (Rasul Yohanes berkata : “Yesus berkata : “Aku adalah pokok anggur dan kamu adalah ranting2-nya”). Pohon Tinggi = kesombongan. Kesombongan adalah paling berbahaya Mengapa Tuhan bertindak atas orang sombong 1. karena orang sombong susah bertobat 2. karena orang sombong sumber masalah (trouble maker) 3. karena orang sombong, seringkali menyebabkan/mengakibatkan perpecahan-2 dalam pekerjaan Tuhan. (Lucifer dibuang dari takhta Allah karena kesombongannya).

19

4. karena Allah tidak suka orang-2 sombong, apapun yang ia raih hanya untuk sementara. Dibalik itu kehancuran 5. karena Allah merendahkan orang-2 sombong Janganlah jadi orang sombong! Yesaya 11 : 1-10 “Roh Tuhan”

(1)”Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah” (2)”Roh Tuhan akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan Tuhan; (3)”ya, kesenangannya ialah takut akan Tuhan.” Dipenuhi Roh Tuhan dirindui oleh orang-2 percaya, menjadi suatu perjuangan bagi orang percaya. Tetapi dusta iblis sering menaruh perasaan bahwa kita sudah dipenuhi Roh Tuhan, yang sebenarnya iblis taruh pada manusia adalah “roh iblis” Dipenuhi Roh Tuhan adalah 1. suatu proses yang makin hari makin baik sampai kita jadi sempurna dan serupa dengan Allah 2. pasti mendatangkan perubahan 3. akan membuat hidup kita memuliakan Kristus. “Roh didalam kita lebih besar daripada roh2 disekitar kita” Apa ciri orang yang dipenuhi Roh Tuhan jika Roh Tuhan ada pada seseorang 1. Ia berjalan dengan Roh Hikmat dan Pengertian (mengendalikan) 2. Ada Roh Nasehat dan Roh Kerperkasaan (kelembutan tapi ada kekuatan 3. Ia senantiasa rindu pada Roh Pengenalan dan penuh takut akan Tuhan, 4. Ia rindu mengenal Tuhan dan hati yang takut Tuhan 5. Ia senantiasa akan selalu membawa damai . Mari kita membawa damai, sehingga kasih Kristus ada ditengah-2 kita. Yesaya 11 : 11- 16 “Ada jalan Raya”

(16)”Maka akan ada jalan raya bagi sisa-sisa umat-Nya yang tertinggal di Asyur, seperti yang telah ada untuk Israel dahulu, pada waktu mereka keluar dari tanah Mesir.” Hidup ini seringkali digambarkan seperti suatu perjalanan. Dalam Alkitab digambarkan sebagai: 1. jalan berbatu kerikil yang penuh onak dan duri,

20

2. jalan yang menanjak, berat untuk dilalui; jalan sampai “masa tuamu Aku akan mengendong-mu” 3. jalan yang buntu – berputus asa – tak ada harapan. Yesus berkata : “Akulah pintu, dimana kita masuk kedalam dan menjumpai rumput yang hijau dan ada air tenang.” 4. jalan raya, jalan yang terbuka lebar. Tuhan akan menaruh jalan raya bagi kita orang percaya yang mengingatkan agar tahan dibentuk. Bangsa umat Allah ada masa2 yang sukar seperti bangsa ini kembali dari Mesir. Orang percaya tidak selalu menerima jalan2 buntu. Bagaimana sikap kita ketika dijalan raya dibukakan oleh Tuhan Sikap kita di jalan raya 1. Jangan sampai kita lupa diri - jangan lupa Dia. 2. tetap memandang kedepan. Jangan menengok kebelakang, yang akan kehilangan semangat 3. maka kita tetap sadar bahwa jalan sudah terbuka dan berjalan dalam ketaatan pada Tuhan (sukses, juga telah dibuka Tuhan) 4. maka kita tetap harus ber-hati-2. . Tetap berserah pada Tuhan. Yesaya 12 : 1-6 “Bersyukur”

(1)”Pada waktu itu engkau akan berkata: “Aku mau bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, karena sesungguhnya Engkau telah murka terhadap aku.” Hidup kita akan terasa berat jika hati kita kecewa. Sebaliknya hidup kita akan terasa senang. jika hati kita bersyukur dalam segala hal. Dengan bersyukur 1. memberikan keceriaan, cenderung tenang, 2. memberikan kekuatan dalam langkah2 kita dengan iman 3. memberikan damai sejahtera 4. memberikan kesehatan dalam hidup kita (2)”Sungguh, Allah itu keselamatanku; aku percaya dengan tidak gementar. Sebab Tuhan Allah itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku.” (4)”Pada waktu itu kamu akan berkata:”Bersyukurlah kepada Tuhan, “ Asalkan kita mau menyalibkan daging kita, maka syukur itu dapat terjadi 1. jika kita dapat mengendalikan pikiran dan hati kita 2. jika kita dapat melangkah dengan iman 3. jika kita sadar diri kita sudah selamatkan Tuhan 4. jika kita membiarkan Tuhan menuntun kita kedalam kemuliaanya.

21

Yesaya 13 : 1-8

“Hari Tuhan”

(6)”Merataplah, sebab hari Tuhan sudah dekat; datangnya sebagai permusuhan dari Yang Mahakuasa.” Setiap orang harus menaikan hari Tuhan. Hari Tuhan sudah dekat. Hari Tuhan adalah hari dimana Tuhan menyatakan sesuatu bersifat negative, bisa juga bersifat positif. Apa sih hari Tuhan? Hari Tuhan merupakan: 1. hari mukjizat 2. hari disiplinNya Tuhan, hari pendidikan Tuhan. Tuhan menegur kita 3. hari mukjizat, Hari Tuhan juga disebut hari kematian, dijemput Tuhan. 4. merupakan hari dimana Tuhan akan datang kembali, dimana Kristus ada di-awan2 , kita diangkat dan jadi serupa dengan Dia. Bagaimana Hari Tuhan menjadi dahsyat? Dengan bersyukur hidup kita lebih tentram, kuat dan damai. Memberi keceriaan, ketenangan, kesehatan. Bersyukur itu enak, baik. indah, berguna. Tetapi bagaimana Hari Tuhan itu dahsyat bagi kita. 1. Hari Tuhan setiap hari bagi kita 2. Hari Tuhan itu mutlak harus terjadi tidak bisa ditolak (jika kita benar, berkat mengalir) 3. Hari Tuhan tergantung kita, bukan takdir 4. Hari Tuhan itu berlaku selalu Universal Yesaya 13 : 7-16 “Membalas kejahatan”

(9)”Sungguh, hari Tuhan datang dengan kebengisan, dengan gemas dan dengan murka yang menyala-nyala. Untuk membuat bumi menjadi sunyi sepi dan untuk memunahkan dari padanya orang-orang yang berdosa.” Tuhan kita adalah Allah yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya, selalu menyediakan yang terbaik bagi kita; juga menerima kita apa adanya serta memberi pengampunan yang sempurna . Persoalannya adalah, adakah kita mentaati-Nya. Dia beri pengampunan yang luar biasa. ““Sekalipun dosamu merah seperti kermizi, akan menjadi putih, seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.” Sejauh kita mau bertobat Allah akan beri pengampunan. Allah yang sabar itu, mengapa membalas kejahatan? Tuhan yang mengizinkan kejahatan tetap menyayangi kita.

22

Kenapa Tuhan membalas kejahatan ? Tuhan menghukum kita dengan keras, 1. karena Tuhan tidak menginginkan kita binasa dineraka, Dia inginkan agar kita berbalik kepadaNya. 2. agar kita hidup terdidik dan terlatih (seperti anak domba ditengah serigala), dapat mengendalikan emosi kita. agar kita tak terseret oleh iblis, agar kita memiliki hati yang takut akan Allah (hidup dalam kasih dan cinta pada Tuhan), kita harus berani berkata “tidak” pada hal2 dunia. 3. agar kita jadi berkat, kita harus hidup dalam kebenaran. Yesaya 13 : 17-22 “Menunggang-balik-kan”

(19)”Dan Babel, yang permai di antara kerajaan-kerajaan, perhiasan orang Kasdim yang megah, akan sama seperti Sodom dan Gomora pada waku Allah menunggang balikkannya;” Tuhan kita adalah Allah yang dahsyat bagi kita, yang luar biasa adakalanya seringkali menyatakan mukjizat dan memberi berkat. Ada suatu saat, ia menegur, mendisiplinkan, ia menggendong kita sampai masa tua, ia memberi petunjuk, ia tungganglanggangkan (balikkan) sampai kita sadar. Tuhan akan menunggang balikkan Sodom dan Gomora dan Babel dan semua kerajaan2. Bagaimana dan kenapa Allah menunggang-balikkan Allah menunggang balikkan 1. untuk membukitkan kekudusanNya, (tanpa kekudusan kita tidak bisa melihat Allah). Dia tak menuntut dosa. 2. untuk membuktikan ketegasanNya (berani berkata “tidak” pada hal2 duniawi) dan agar mulut kita tak kasar. 3. untuk membuktikan pendidikanNya yang sempurna (Yesus adalah Guru). 4. untuk membuktikan peranNya sebagai Bapa (agar dapat mencapai yang terbaik dalam hidup kita.) Yesaya 14 : 1-11 “Mengachiri masa kesakitan penderitaan dan kegelisahan”

(3)”Maka pada hari Tuhan mengakhiri kesakitan dan kegelisahanmu dan kerja paksa yang berat yang dipaksakan kepadamu,” Penderitaan bukanlah rencana Allah. Dari awalnya Allah rancangkan yang baik. Jika penderitaan yang dialami manusia Tuhan izinkan. Kenapa Allah mesti menunggu achirnya penderitaan? Karena Allah mau kita diberkati dan keluar dari penderitaan Ada saatnya penderitaan akan diachiri. Kapan Allah akan mengachiri masa2 penderitaan, kesakitan dan kegelisahan?

23

1. waktu kita bertobat dan menyadari kita harus merobah hal2 dalam hidup kita. 2. waktu kita setia dan mendahului Tuhan ditengah2 masa2 sukar. (Abraham – mengorbankan Ishak utk disembelih) Yehovah Jireh – Allah menyediakan domba sebagai pengganti Ishak). 3. waktu Allah melihat kita tidak sombong, rendah hati, hati yang lembut didepan Tuhan. 4. waktu Allah sudah melihat kita menggenapi dalam hidup kita. Tuhan rencanakan untuk kita yang terbaik. Yesaya 14 : 12-23 “Jatuhnya Babel”

(12)”Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa.” Dalam Alkitab Babel digambarkan sebagai “kuasa kegelapan” Bukan hanya umat Allah diserang, sampai sekarang orang sebut Babel modern, tempat pembuangan kejadian.tempat kuasa2 kegelapan dimana manusia berada. Lucifer adalah 1 (satu) dari 3 (Tiga) malaikat pertama, Gabriel, Mikhael. Karena kesombongan Lucifer dibuang oleh Allah. Kesombongan membuat orang menderita. Jatuhnya Babel karena (13)”Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.” (14) “Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!” -Kesombongan (22)”Aku akan bangkit melawan mereka.” Demikianlah firman Tuhan semesta alam, “Aku akan melenyapkan nama Babel dan sisanya, anak cucu dan anak cicitnya,” demikianlah firman Tuhan.” Apa akibat jatuhnya Babel – Lucifer 1. Manusia sering ada pemberontakan terhadap Allah. Luciferlah yang menuntun orang jadi sombong, pemberontak. 2. Manusia sering mudah menjadi serakah dan iri hati dan tak pernah bersyukur. 3. Akibatnya jatuhnya Lucifer – dunia semakin berat dan penuh tantangan. Tetapi itulah sebabnya kita harus berpegang dan bergantung pada Tuhan dimana Lucifer, Babel tak punya kuasa atas kita. 4. Gereja Tuhan melewati tantangan musuh dan tekanan makin berat yaitu karena Lucifer. Sebagai gereja Tuhan a. hidup harus benar, b. taat pada firman c. Jadi saksi Tuhan.

24

Yesaya 14 : 24-27

“Kedahsyatan Tuhan”

(27)”Tuhan semesta alam telah merancang, siapakah yang dapat menggagalkannya? Tangan-Nya telah teracung, siapakah yang dapat membuatnya ditarik kembali?” Kedahsyatan Yesus bukan karena kelahiranNya, kematianNya yang dahsyat, tetapi juga kebangkitanNya, maut dikalahkan. Tetapi Allah juga beri tuntunan dari kuasaNya kepada kita sangat luar biasa dan apa yang Dia kehendaki pasti terjadi. Ketika kita menyadari kedahsyatan Tuhan maka: 1. kita harus selalu memahami rancangan/ kehendak Allah. 2. harus membaca firman Tuhan 3. kita harus berani meninggalkan dosa yang membuat kita jauh dari Tuhan 4. kita harus berani berserah dan dituntun dengan beriman kepada Tuhan 5. kita harus selalu memiliki visi dan mimpi yang benar karena Allah kita dahsyat Yesaya 14 : 28-32 “Dibela Tuhan”

(30)”Yang paling hina dari umat-Ku akan mendapat makanan dan orang-orang miskin akan diam dengan tenteram, tetapi keturunanmu akan Ku-matikan dengan kelaparan, dan sisa-sisamu akan Ku-bunuh.” Hari2 ini salah satu profesi berkembang didunia ini adalah pengacara. Kalau memang pengacara yang baik, fenomena apa ini? Banyak manusia banyak bermasalah memerlukan pembelaan. Pembelaan yang paling hebat harus dibayar mahal. Tetapi Allah kita memberi pembelaan yang paling sempurna dengan cuma2 dan selalu yang terbaik. Kapan Tuhan akan membela kita. 1. Jika kita tidak membalas yang jahat dengan yang jahat. Jangan tangani sendiri berserahlah pada Tuhan 2. Jika kita tetap menjaga langkah kita sesuai firman. Orang yang berjalan dengan firman akan menjadi dalam Kristus… 3. Jika kita tidak menghandalkan manusia. 4. Jika kita selalu siap untuk mengampuni. Hukum Alkitab itu jelas. “Burung2 saja yang menghampiri Dia akan diampuni. “ “Doa Bapa kami”… Selama kita masih dendam, maka Tuhan belum akan membela kita. Yesaya 15 : 1-9 “Meratap dan berkabung”

(2)”Puteri Dibon naik ke bukit-bukit pengorbanan untuk menangis; Moab meratap karena Nebo dan karena Merdeba. Disitu semua orang menggundul kepalanya dan memotong janggutnya sebagai tanda berkabung.”

25

Rencana Allah agar setiap orang penuh dengan bersuka cita. Dari pertama Tuhan telah menciptakan manusia ditempatkan ditaman Eden bersama Allah. Tuhan tidak mau kita hidup dalam ratapan dan berkabung, tetapi hidup yang penuh sorak-sorai, dekat dengan Allah dan hidup yang berkelimpahan. Ratap dan Perkabungan bukan tanda Tuhan meninggalkan kita Bagaimana sikap kita ditengah ratapan dan berkabung? 1. harus menuntun kita kepada kesadaran dan pertobatan. Agar kita kembali kepada Tuhan. 2. harus membuat kita menyadari kuasa Allah dan mukjizatNya 3. harus membuat kita takut berbuat dosa. Dosa membuat kita masuk neraka. 4. harus menyadari bahwa Tuhan itu ada dan kesetiaanNya. Setan juga ada jika, pikiran2 jahat dalam hati kita. Yesaya 16 : 1-5 “Kasih dan Keadilan”

(5)”..maka suatu takhta akan ditegakkan dalam kasih setia dan diatasnya, dalam kemah Daud, akan duduk senantiasa seorang hakim yang menegakkn keadilan, dan yang segera melakukan kebenaran.” . Setiap orang merindukan Kasih dan Keadilan. Mengapa manusia menginginkan kasih dan keadilan 1. karena kasih membuat orang merasa berharga dan berarti 2. karena keadilan membuat orang tenang dan kuat Prestasi yang diraih sebagian dari keadilan. Seringkali kasih dan keadilan kita melihat yang baik yang Tuhan sediakan buat kita. 3 K yaitu: 1. Kasih setia 2. Keadilan 3. Kebenaran Bagaimana kita dapat meraih kasih, keadilan dan kebenaran? 1. jika kita belajar kita berserah kepada Tuhan (seperti yang dialami oleh Yusuf) Orang yang menabur dengan airmata, akan menuai dengan sorak sorai.) 2. jika kita tetap menabur kasih dan keadilan. Dalam hukum ada Hukum Kasih, jika kita menabur kebaikan kita menuai kebaikan. Taburlah Kasih, Keadilan dan Kebenaran : 3 K 3. Jika kita mau sabar dan setia, pasti ada keadilan, bagian penting yang kita raih. 4. Jika kita mau jadi pelaku2 firman. Jadilah pelaku firman. Sementara kita mendapat kesulitan tetapi kita akan menerima 3 K dari Tuhan

26

Yesaya 16 : 6-14

“Keangkuhan”

(6)”Kami telah mendengar tentang keangkuhan Moab, alangkah angkuhnya dia, tentang kecongkakannya, keangkuhannya dan kegemasannya dan tentang cakap anginnya yang tidak benar.” Ini tentang keadaan Moab, karena keangkuhanya. Dosa yang terbesar dan memiliki dampak yang negative adalah kesombongan, keangkuhan merasa diri cukup dapat mengatasi diri. Mengapa seseorang bisa sombong? 1. karena merupakan kutuk keturunan akan turun kalau ortu sombong, anak2nya sombong, harus dipatahkan dan berjalan dengan rendah hati. 2. karena kebodohan, tidak menyadari Yang Maha Kuasa, sang Pencipta, yaitu Tuhan dan tak percaya sorga dan neraka. 3. karena terpengaruh oleh iblis, kesombongan membuat Lucifer jatuh. orang sombong kerasukan setan. 4. karena memiliki pikiran sempit., karena tak menggali firman Tuhan. Biarlah kita bertobat karena kesombongan yang akan menghancurkan hidup kita. Tanpa Tuhan kita tidak bisa berbuat apa-apa. Dalam Tuhan kita cakap melakukan apapun Yesaya 17 : 1-6 “Berkurangnya Kemuliaan dan Kemakmuran”

(4)”Maka pada waktu itu kemuliaan Yakub akan berkurang, dan kemakmurannya akan susut;” Dari awalnya ketika Tuhan menciptakan manusia sangat jelas, dan gambarnya serupa dengan Tuhan. dengan kemuliaan dan kemakmuran, kehormatan dan masuk dalam taman Eden dan sang Raja ditaruh disini. Oleh karena kesalahan manusia, maka manusia ditetapkan didunia, supaya manusia menderita dan merasa penderitaan, hilang kemuliaan, kemakmuran, kehormatan. Tetapi karena kematian Yesus dikayu salib, manusia mendapat kehormatan kembali untuk dapat hidup dalam kemuliaan Allah kembali dan merasa kemakmuran yang utuh. Ini bukan rencana Tuhan, tetapi ini adalah yang menyebabkan manusia berkurangnya Kemuliaan dan Kemakmuran. Apa yang menyebabkan orang berkurangnya kemuliaan dan kemakmuran: 1. Jika kita menjauh dari Tuhan. Jika kita mendekat pada Tuhan persoalan2 dapat diatasi. Hikmah Tuhan akan turun, berkat2 akan tercurah 2. karena belum mengalami pengampunan, sehingga kita hidup dalam kutuk. “– Sekalipun dosamu merah seperti kermizi, akan menjadi putih seperti salju, sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.” Berbahagialah orang yang dosanya diampuni 3. kita belum dipenuhi oleh Roh Kudus. 4. kita berjalan dengan kekuatan dan kebenaran manusia terbatas.

27

Hidup Kristen bukanlah hidup yang biasa-2. Dosa diampuni, status target kita melihat kemuliaan dan kemakmuran. 1. Jika kita hidup dikuasai kutuk 2. Jika kita tidak dituntun oleh Roh Kudus Tuhan. 3. Karena kekuatan dan kebenaran firman terbatas, kita belajar berserah. Yesaya 17 : 1-11 “Memandang pada Dia”

(7)”Pada waktu itu manusia akan memandang kepada Dia yang menjadikannya, dan matanya akan melihat kepada Yang Mahakudus, Allah Israel;” Kita sering mengambil keputusan yang keliru kalau kita memandang kebelakang dan memandang kebawah, makanya kita harus: 1. memandang jauh kedepan 2. memandang jauh keatas kearah Tuhan 3. memandang salib, karena ada kasih dan pengorbanan. Alkitab mengambarkan memandang pada Tuhan, tidak merasa kecil hati. Hati tidak kecewa, merasa kebosanan. Memandang pada Dia mengalami - suka cita - damai sejahtera – kelepasan. Untuk mendapat kemajuan kita perlu memandang Dia, agar 1. kita beroleh kesadaran, bahwa kita dikasih oleh Yesus, kita berharga, kita anak Allah, anak Raja. Bermegahlah pada Tuhan. 2. kita beroleh kekuatan untuk tetap bertahan.. 3. kita beroleh keberanian untuk melayani Tuhan, kita beroleh semangat untuk hidup suci dan benar. Yesaya 17 : 12-14 “Ada Kedahsyatan”

(14)”menjelang waktu senja, sesunggunya ada kedahsyatan! Sebelum hari pagi, mereka sudah tidak ada lagi! Itulah bagian orang-orang yang merampoki kita, dan itulah yang ditentukan bagi orang-orang yang merampas kita.” Daud berkata : “Tuhan adalah gembalaku yang luar biasa.” Hidup Kristen bukanlah hidup yang membosankan, melainkan hidup yang penuh dengan hal-2 yang dahsyat dan bergairah karena Yesus 1. mengasihi dan memberkati kita diluar pemikiran kita 2. membela dan menolong kita

28

3. membereskan kita dari musuh-2 kita..( “Allah berfirman: “Pembalasan adalah HakKu.”) Jangan kecewa, mundur dari Tuhan jika kita dikepung oleh masalah. Kapan Tuhan menyatakan kedahsyatan. 1. jika kita berserah penuh kepada Tuhan. (Yesus telah naik kekayu salib bagi orang-2 yang percaya. “Yesus adalah jalan kebenaran…” ) 2. jJika kita tidak menghadapi musuh dengan kekuatan kita sendiri 3. jika kita sabar dan setia menanti waktu Tuhan 4. jika kita hidup dalam kebenaran Yesaya 18 : 1-7 “Utusan2 yang tangkas”

(2)”..yang mengirim duta-duta melalui laut dalam perahu-perahu pandan mengarungi permukaan air! Pergilah, hai utusan-utusan yang tangkas, kepada bangsa yang jangkung dan berkulit mengkilap, kepada kaum yang ditakuti dekat dan jauh, yakni bangsa yang berkuatan ulet dan lalim, yang negerinya dilintasi sungai-sungai!” Kalau kita mau jujur masalah dalam gereja bukanlah terorisme, bahkan bukan peraturan nasional. Dari awal sudah ada perusakan2 bait suci. Masalah kita dan masalah dalam gereja adalah terletak pada kita yang malas bersaksi, malas membangun bait suci. Masalah-2 terbesar adalah kemalasan, cepat kecewa, dan menjadi hambatan bagi kemajuan Tuhan cari di achir zaman utusan2 yang tangkas. Kalau kita punya beban melayani, belajar raih gelar untuk lebih memahami. Bagaimana kita raih untuk menjadi utusan-2 yang tangkas. 1. Jika kita memiliki cinta yang rela berkorban. 2. Jika kita memiliki beban bagi jiwa-2 Tuhan 3. Jika memiliki sifat yang tidak memikirkan kepentingan dan keuntungan diri sendiri 4. Jika memiliki padangan yang benar tentang mahkota. Yesaya 19 : 1-8 “Mengacaukan rancangan”

(3)”semangat orang Mesir menjadi hilang, dan rancangannya akan Kukacaukan; maka mereka akan meminta petunjuk kepada berhala-berhala dan kepada tukang-tukang jampi, kepada arwah dan kepada roh-roh peramal.” Ada orang rancangkan yang jahat terhadap Tuhan, menyembah berhala misalnya. Didalam Kristus, Allah tetap jaga kita dalam Damai Sejahtera Mengapa Allah yang sumber damai sejahtera mengacaukan di Mesir? Allah merancangkan damai sejahtera. Maka Ia juga merancangkan kekacauan. Karena Dia Allah sumber damai sejahtera, agar mereka mendapat damai sejahtera bukan perbudakan.

29

Bagaimana Allah mengacaukan rancangan-2 yang jahat 1. dengan menggagalkan dan menutup pintu2 agar tertutup 2. dengan kerugian-2 besar yang datang 3. dengan mendatangkan keributan2 dan perpecahan, yang besar agar kita bertobat. Yesaya 19 : 9-15 “Roh Kekacauan”

(14)”Tuhan telah mencurahkan di antara mereka suatu roh kekacauan, dan mereka memusingkn Mesir dalam segala usahanya, sehingga seperti seorang mabuk yang pusing waktu muntah-muntah.” , Dunia dimana kita hidup, kalau kita mau jujur, makin hari makin kacau. Rumah- tangga2 bercerai, narkoba, Aids, Hong Shio, Fung Shio. Kekacauan kadangkala terjadi di Gereja. Kenapa? 1. Karena manusia dikendalikan oleh hawa nafsu dagingnya . 2. manusia dikendalikan oleh uang 3. dikendalikan oleh kesombongannya, egoisme Tetapi bagi kita yang percaya ditengah masalah yang kacau – kita selalu melihat ada pemulihan dari Allah dan ada damai sejahtera, diberkati Allah. , karena Allah kita bukan Allah yang pembuat kekacauan, Allah kita tidak mendatangkan kehancuran akan tetapi ada roh kehancuran yang menyadari manusia untuk kembali dan memperoleh damai sejahtera. Kekacauan di bangsa ini berhenti karena kekudusan2… Kapan roh kekacauan datang. 1. Jika kita tidak dengar2an pada firman dan suara Roh Kudus (seperti membangun rumah diatas pasir) 2. Jika kita tidak hidup dalam kasih (rumah-tangga2 akan kacau segala2nya akan kacau.) 3. Jika kita mau berhubungan dengan roh2 kegelapan, shio2, horoscope, hongshio, Allah kita cemburu, jika kita tetap mau tahu melalui shio2, kuasa kegelapan itu) 4. Jika kita cinta akan uang, kita diperbudak dengan uang Yesaya 19 : 16-25 “Gemetar dan Terkejut terhadap tangan Tuhan”

(16)”Pada waktu itu orang-orang Mesir akan seperti orang-orang perempuan’ mereka akan gemetar dan terkejut terhadap tangan Tuhan semesta alam yang diacungkan-Nya kepada mreka.” Kalau kita bicara tentang tangan Tuhan ini membuat kita tenang. Tuhan menuntun supaya lewat tangan Tuhan berkat2 mengalir.

30

Tangan Tuhan tangan yang perkasa memberkati, mengelus dengan lembut, “Aku tidak meninggalkan engkau sebagai yatim piatu…” “Sampai masa tua-mu” Allah, lewat tangan-Nya menuntun, menunjuk jalan buat kita. Jangan lupa lewat tangan Tuhan, memukul jika kita tidak mendengar. Biarlah kita senantiasa berjalan dengan kebenaran. Pada hakekatnya, Tuhan menuntun kita melalui tanganNya supaya: 1. bebas dari bahaya 2. berkat mengalir 3. sampai masa tuaku. Ia tetap menggendongku 4. menunjukkan jalan pada kita 5. memukul kita, jika kita hidup tidak benar. (25)”yang diberkati oleh Tuhan semesta alam dengan berfirman: “Diberkatilah Mesir , umat-Ku, dan Asyur, buatan tangan-Ku, dan Israel, milik pusaka-Ku.” Bagaimana kita dapat merasakan tangan Tuhan menuntun kita 1. kita perlu mencari wajah Tuhan/ kita perlu memandang wajah Tuhan otomatis kita mengerti rencana Tuhan, kehendak-Nya 2. kita perlu mengerti isi hati Tuhan apa yang dikehendaki 3. kita harus dengar firman Tuhan dan akan bangkit antara iman itu yang akan menyala matikan kita. 4. kita harus ikuti suara Roh Tuhan yang akan pimpin kita Yesaya 20 : 1-6 “Telanjang tidak berkasut”

(2)”..pada waktu itu berfirmanlah Tuhan melalui Yesaya bin Amos, Firman-Nya : “Pergilah dan bukalah kain kabung dari pinggangmu dan tanggalkanlah kasut dari kakimu,” lalu iapun berbuat demikian, maka berjalanlah ia telanjang dan tidak berkasut.” Kalau kita mau jujur, kita menyaksikan orang jalan dengan telanjang: 1. tidak ada rasa malu dengan tidak menjaga harga dirinya i. omongannya tidak bisa dipercaya, penuh dusta ii. perbuatannya menindas orang miskin. iii. cara berpakaian dari atas kebawah terbuka dan tak merasa malu. iv. kasih kita tidak tulus 2. Hubungan seks a. rasa komitment b. tanggung jawab c. tentang kekudusan Hanya Kristus adalah Allah yang hidup tidak kekurangan. Mengapa semua ini terjadi?

31

1. Karena kita tidak menyadari bahwa kita mulia sebagai anak Raja, kita tidak mulia dihadapan Kristus 2. Karena kita tidak mengendalikan diri dan terbelenggu oleh dosa. 3. karena kita tidak mau membiarkan Roh Kudus memimpin diri kita . 4. Karena kita tidak mau memandang jauh kedepan. Yesaya 21 : 1-10 “Babel sudah jatuh”

(9)”Lihat itu sudah datang sepasukan orang, pasang-pasangan orang berkuda! Lalu berserlah ia, katanya: “Sudah jatuh, sudah jatuh Babel, dan segala patung berhalanya telah diremukan dan bertaburan di tanah.” Banyak orang percaya pada kuasa kegelapan, hal2 gaib, magic2, adi kodrati, supranatural, shio2, Horoscope, Hongshio, FenShiu. Penyembahan2 berhala, yoga dll. Kekuasan kegelapan tidak berbuat apa2 untuk free, dia membelenggu kehidupan kita dan meminta tumbal. Babel menggambarkan kuasa kegelapan. Inilah nasib orang yang mencari kuasa kegelapan. Kuasa2 kegelapan itu 1. terbatas, karena imannya sementara, dan minta tumbal 2. sifatnya mengikat dan membelenggu. 3. akan menuntut kehilangan damai sejahtera. Jika orang belajar yoga 4. menuntun kita merasa hebat dan menjadi sombong. Dekat dengan Tuhan kita menjadi tenang dan hidup dalam kebenaran. Yesaya 21 : 11-12 “Pagi akan datang”

(11)”Ucapan ilahi terhadap Duma. Ada seorang berseru kepadaku dari Seir: “Hai pengawal, masih lama malam ini? Hai pengawal, masih lama malam ini.” Pada malam hari ada: -pesta, pakaian pesta, orang mabuk Banyak orang hidup suasana malam dimana bahaya mengancam. Satu waktu malam itu akan berachir dan fajar menyongsong, jadi terang dan semua akan terlihat, yang mabuk-2, ketelanjangannya, orang yang hidup dalam pesta pora akan ditinggalkan dan fajar – terang akan datang mengangkat kita menyongsong fajar bagi orang yang dekat dengan Tuhan. Orang bertanya apakah malam masih lama ada kesempatan buat dosa yang dinikmati (12)”Pengawal itu berkata: “Pagi akan datang, tetapi malam juga. Jika kamu mau bertanya, datanglah bertanya sekali lagi.” Bagaimana menyambut pagi 1. Kita harus meninggalkan malam dengan istirahat sejati.

32

2. Kita harus berani tinggalkan malam, hidup dalam kegelapan. Hidup Kristen tidak begitu, jadilah pembawa berkat dan damai. Kita pakai cara Alkitabiah. kita harus meninggalkan malam serta memiliki pagi yang cerah 3. Kita harus persiapkan tugas2 kita untuk pagi. Dan istirahat yang cukup, dan siap untuk tugas pagi di ladang Tuhan yang sudah menguning 4. Jangan ada lagi yang disembunyikan malam hari Sambutlah pagi dengan hati bersyukur. Tuhan sumber kemuliaan. Allah tak pernah meninggalkan kita. Yesaya 21 : 13-17 “Bawalah air kepada orang yang haus.”

(14)”Hai penduduk tanah Tema, keluarlah, bawalah air kepada orang yang haus, pergilah, sambutlah orang pelarian dengan roti!” Dunia hari2 ini adalah dunia yang lapar dan haus. Haus ini sangat berbahaya dan kenapa orang bisa jadi haus 1. haus akan minuman karena kekurangan 2. secara materi dia ada, tetapi dia haus akan cinta 3. haus akan kuasa 4. haus akan Tuhan dan kekuasaan 5. Ingat, haus akan nama besar/terkenal, Orang yang sedang haus tak terpuaskan akan berbahaya, karena akan nekad buat apa saja supaya terpuaskan. Tetapi sebagai orang percaya, kita tidak takut akan kehausan karena Yesus sudah menyediakan bagi kita air kehidupan. “Tuhan berkata : Barang siapa haus, mari Aku akan beri minum dari mata air-Ku” Alkitab bicarakan tentang Arabia. (13)“Ucapan ilahi terhadap Arabia. Di belukar di Arabia kamu akan bermalam, hai kafilah, kafilah orang Dedan.” Dengan apa dan bagaimana orang percaya dapat membagi kepada orang yang haus? 1. dengan mengulurkan tangan kepada orang yang bisa dan mau ditolong, dimana orang yang bingung untuk dipimpin di jalan benar. 2. dengan menjadi pewarta berita Injil, berita baik dan yang punya jawaban bagi orang yang haus. 3. dengan membawa kasih dan damai. 4. dengan kata-2 hikmat dan membangun bagi orang yang haus Yesaya 22 : 1-14 “Menangis dan Meratap”

33

(12)”Pada waktu itu Tuhan, Tuhan semesta alam menyuruh orang menangis dan meratap dengan menggundul kepala dan melilit kain kabung;” Ada yang mengira tangisan konotasi yang negative seperti putus asa, tak ada jalan keluar, tak sanggup menghadapi . Tangisan tidak selamanya konotasi tentang kesedihan yang negative jika: 1. tangisan itu karena putus asa, dan tak melihat keluar 2. tangisan karena menyimpan dendam dan rasa tertekan. Hendaknya kita belajar mengampuni. 3. tangisan yang muncul karena pikiran negative menuduh keadaan, kita kecewa karena kondisi kecewa. Tuhan berkata : “Jalan-Ku bukan jalan-mu…”Daud berkata : “Air mata akan kutampung dalam kirbat…” Kenapa Allah menyuruh menangis dan meratap? Mengapa tangisan berunsur positif? 1. Kalau tangisan itu merupakan pertobatan, yaitu didalam hati dan menyadari dosa kesalahan yang kita buat. 2. Karena tangisan syukur, karena dosa diampuni, karena diberkati, karena doa kita dijawab, banyak mukjizat dalam hidup kita. 3. Tangisan merendahkan diri dan sadar, bahwa kita bukan siapa2, dan tak punya apa2, tetapi Tuhan yang bela kita. 4. Tangisan kesadaran akan kehadiran dan kemuliaan Tuhan yang luar biasa, bilamana kita berada di suatu saat misalnya di gereja atau mendengar khotbah tangisan itu akan timbul. Yesaya 22 : 15 – 19 “Menggali kubur”

(16)”Ada apamu dan siapamu di sini, maka engkau menggali kubur bagimu di sini, hai yang menggali kuburnya di tempat tinggi, yang memahat kediaman baginya di bukit batu?” Kadangkala tanpa kita sadari kita menggali kubur diri sendiri berarti mengambil langkah yang keliru/mengenai ketegasan Tuhan. Tetapi Allah datang untuk memberikan domba2-Nya kelimpahan. Alkitab menceriterakan ketegasan Allah Bagaimana tanpa kita sadari kita dapat bagi diri sendiri menggali kubur. 1. jika kita menolak untuk berjalan dalam tuntunan Tuhan melalui firman. Pertama kali sukar, karena iblis mengintimidasi pikiran kita. 2. Jika kita melibatkan diri dalam kuasa-kuasa kegelapan. Bila kuasa kegelapan masuk dalam kehidupan kita. 3. Jika kita tidak mau merobah diri dari sifat2 yang buruk (karakter akibat salah asuh, jangan dipelihara.) 4. Jika kita tidak belajar untuk menerima orang lain apa adanya. Kita selalu berjalan dalam padang rumput yang hijau.

34

Yesaya 22 : 20-25

“Kedudukan yang Teduh”

(22)”Aku akan menaruh kunci rumah Daud ke atas bahunya: apabila ia membuka tidak ada yang dapat menutup; apabila ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.” (23)”Aku akan memberikan dia kedudukan yang teguh seperti gantungan yang dipasang kuat-kuat pada tembok yang kokoh; maka ia akan menjadi kursi kemuliaan bagi kaum keluarganya.” Apa yang berasal dari dunia ini adalah sementara. -Tidak sedikit pejabat2, pengusaha2 berkompetisi dan penuh dengan interik2 yang salah sedikit jatuh, turun. -Janji Tuhan agar kita raih dengan keteguhan, bukan karena kita hebat, tetapi karena Tuhan menjaga kita pada saatnya, jika kita mau dengar Tuhan Bagaimana dan apa yang perlu kita kerjakan untuk meraih kedudukan yang teguh? 1. Kita harus mengerti kehendak dan rencana Allah dalam hidup kita segala-galanya harus sadar, kita berpegang pada janji Tuhan. 2. Kita harus menjadi orang yang rajin dan tidak mudah putus asa, minta pimpinan Tuhan. 3. Kita harus senantiasa menjadi orang yang hidup dalam kasih. Kasih adalah pagar rumah tangga kita, mari kita hidup dalam kekristenan. 4. Kita harus menjadi orang yang mau terus belajar sehingga hidup kita diubahkan Yesaya 23 : 1-12 “Tahu malu”

(4)”Tahulah malu, hai Sidon, sebab laut, benteng laut, berbicara, katanya: “Aku tidak pernah menggeliat sakit dan tidak melahirkan, aku tidak pernah membesarkan anak-anak teruna, dan tidak mengasuh anak-anak dara.” Orang2 yang takut akan Tuhan hidupnya tahu malu dan menempatkan Kristus dalam hidupnya. Minimal dengan benar tahu malu. Disini dalam Ayat-2 ini, Tuhan sedang marah dan menentang terhadap Tirus dan Sidon. Mengapa hari2 ini orang tidak tahu malu? 1. Karena tidak mengenal dan mengerti Tuhan secara pribadi 2. Karena tidak menyadari kita merendahkan diri sendiri dan tidak menyadari betapa berharganya hidup kita 3. Karena tidak menyadari firman sebagai standard kehidupannya 4. Karena tidak terlalu acuh dengan keadaan sekitar kita. Hidup kita harus jadi terang dan jadi orang yang tahu malu dan jadi berkat. Yesaya 23 : 13-18 “Makanan yang cukup serta pakaian yang indah”

35

(18)”Labanya dan upah sundalnya akan kudus bagi Tuhan, tidak akan ditahan atau disimpan, tetapi dengan labanya itu akan disediakan makanan yang cukup dan pakaian yang indah bagi orang-orang yang diam di hadapan Tuhan.” Dunia ini sedang berjuang tentang makanan dan pakaian. Kalau kita lihat makanan dan pakaian jadi utama seseorang. Orang dapat melihat dari pakaian – dapat dikenal, pakaian bicara tentang harga diri. Kecenderungan, demi makanan dan pakaian, manusia tak mengenal batas waktu. Tidak lagi membatasi moral manusia menghasilkan segala cara. Orang yang dekat dengan Tuhan, makanan yang cukup dan pakaian yang indah. Tuhan mau kita rajin.. Burung2, bunga2 bakung. Tuhan berkati orang pada waktu kita tidur. Kenapa perlu Tuhan menyediakan makanan yang cukup dan pakaian yang indah? 1. karena jika kita berbuat yang terbaik bagi Tuhan, maka Tuhan akan berbuat yang terbaik lagi buat kita. Jalan harus baik dihadapan Tuhan. 2. karena Tuhan adalah Bapa yang baik yang tidak pernah meninggalkan anak-2-Nya dan tak ingin anak2nya kekurangan, Dia menyediakan seorang pendidik dan membentuk proses yang terbaik buat kita. 3. Karena Tuhan perhitungkan segala perjuangan hidup kita, air mata kita. 4. Karena Tuhan mau kita selalu hidup dengan syukur, karena Dia menyediakan berkat berkelimpahan. Yesaya 24 : 1-13 “Kegirangan dan sorak sorai”

(8)”Kegirangan suara rebana sudah berhenti, keramaian orang-orang yang beria-ria sudah diam, dan kegirangan suara kecapi sudah berhenti.” Kenapa kegirangan dan sorak sorai makin hilang. 1. Jika kita tidak mengambil makna positip setiap masalah2. 2. Jika kita tidak mendengar teguran Tuhan, peringatan2 Tuhan 3. Jika kita tidak melakukan apa2 yang baik. 4. Jika kita mudah mencari musuh, cari kelemahan orang. Yesaya 24 : 14-23 “Tuhan menunjuk kemuliaan-Nya”

(23)”Bulan purnama akan tersipu-sipu. Dan matahari terik akan mendapat malu, sebab Tuhan semesta alam akan memerintah, di gunung Sion dan di Yerusalem, dan Ia akan menunjukkan kemuliaan-Nya didepan tua-tua umat-Nya.” Kenapa Allah datang dan disebut “Allah yang dahsyat” Karena Ia, Allah pencipta semesta alam, segala sesuatu 1. Karena Ia, Allah pemelihara yang sabar 2. Karena Ia, Allah pembuat mukjizat yang luar biasa 3. Karena Ia, Allah yang bertanggung jawab 4. Karena Ia Allah hakim yang adil dan benar dan menuntun orang benar masuk dalam kemuliaanNya.

36

Ketika Tuhan menyatakan kemuliaanNya Dia menunjukkan: 1. agar kita senantiasa takut akan Tuhan dan bersyukur, bersujud, menyembah menghakimi kedahsyatan Tuhan; (Elia merasakan angin sepoi2, ia tahu kehadiran Tuhan). Tuhan tetap besar. 2. kita bersukacita mengimani janji dahsyat dari Allah 3. menyadari akan kemuliaan Tuhan agar kita bertobat dan meninggalkan segala dosa2 kita 4. melayani Tuhan karena kita tahu, Ia menyaksikan kita dan mempunyai rencana yang indah buat kita Yesaya 25 : 1-5 “Tempat Pengungsian”

(4)”Sebab Engkau menjadi tempat pengungsian bagi orang lemah, tempat pengungsian bagi orang miskin dalam kesesakannya, perlindungan terhadap angina rebut, naungan terhadap panas terik, sebab amarah orang-orang yang gagah sombong itu seperti angin ribut di musim dingin,(5)seperti panas terik di tempat kering….” Pengungsian artinya: 1. Hilang pengharapan 2. Berjuang karena tertekan 3. orang2 yang sedang hadapi masa2 yang sukar Beberapa hal terjadi menyebabkan mengungsi 1. konflik terjadi (seperti di Ambon, Poso, Papua) 2. bencana alam, gempa, tsunami, banjir Alkitab menyatakan Allah tempat pengungsian kita yang mendatangkan: 1. -Damai 2. -Sejahtera 3. –Perlindungan Apa maknanya Tuhan tempat pengungsian? 1. Seseorang mendapat makanan kebutuhan pokok manusia. Allah mencukupi kebutuhan kita bagi yang setia, rajin dan berjuang dan jadi berkat bagi orang lain. (Burung diudara dipelihara, begitupun orang yang hidup dalam Tuhan) 2. Seseorang mendapat tempat untuk tinggal, kemah sementara didirikan, mansion di sorga Tuhan sediakan. 3. Seorang mendapat perhatian dan bantuan2 dan kasih. Kristus tempat pengungsian artinya ada: a. makan, b. tempat tinggal, c. bantuan kasih. Datanglah berseru pada Kristus. 4. Seorang akan mendapatkan rasa aman.

37

Yesaya 25 : 6-12

“Menghapus Air Mata”

(8)”Ia akan meniadakan maut untuk seterusnya; dan Tuhan Allah akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab Tuhan telah mengatakannya.” Kenapa orang menangis? 1. Karena putus asa 2. Karena sedih, luka hati 3. Karena kecewa 4. Karena sakit hati 5. Karena penderitaan Allah kita Allah yang baik, bukan hanya baik tetapi Dia menghapus air mata dan menggantikan dengan sorak sorai. Bagaimana Allah menghapus masalah? 1. Dengan menguatkan ditengah masalah kita mendapat kekuatan baru 2. Dengan menjawab doa kita. Ketika kita berseru pada Allah 3. Dengan mengerjakan mukjizat pada orang yang percaya. 4. Dengan melepaskan kita dari musuh, setiap kita dapat berseru, Tuhan adalah jaminan kita. Yesaya 26 : 1-10 “Tidak akan melihat kemuliaan Tuhan”

(10)”Seandainya orang fasik dikasihani, ia tidak akan belajar apa yang benar; ia akan berbuat curang di negeri dimana hukum berlaku, dan tidak akan melihat kemuliaan Tuhan.” Allah kita bukan hanya Allah yang mulia. Tetapi kemuliaan diberikan kepada kita. Jika kita hidup dalam kemuliaan Allah. Kuasa diberi, Malaikat menjaga kita, Tempat disediakan di sorga bersama Tuhan. God is glorious, He share is glory. Siapa tidak akan melihat kemuliaan Tuhan.Adalah orang 1. yang tidak percaya kepada Tuhan. (Kej 1 : 1 – “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi”).. Tuhan bukanlah hanya sebuah konsep. 2. yaitu orang yang hatinya tidak lurus 3. yaitu orang yang hidupnya dikuasai oleh harta diperbudak oleh harta (titipan Allah) 4. orang yang tidak mampu berkata “tidak”. Hawa nafsu dunia terseret lagi. Tuhan mau membagi-bagi kemuliaanNya kepada umatNya. Kita menjadi orang Kristen karena: 1. kita dipenuhi dengan Roh Kudus 2. kita disertai dengan malaikat

38

3. kita disediakan tempat disorga Siapakah yang tidak akan melihat kemuliaan Tuhan adalah 1. orang yang tidak percaya kepada Tuhan 2. orang yang hatinya tidak lurus (Tuhan melihat hati manusia) 3. orang yang hidupnya dikuasai oleh harta 4. orang yang tidak mampu berkata “tidak’ Yesaya 26 : 11 – 21 “Tuhan menyediakan Damai Sejahtera”

(12)”Ya Tuhan, Engkau akan menyediakan damai sejahtera bagi kami, sebab segala sesuatu yang kami kerjakan, Engkaulah yang melakukannya bagi kami.” Pada dasarnya setiap orang rindukan damai sejahtera. Bahkan orang membayar harga tinggi untuk peroleh damai sejahtera. Damai sejahtera tidak perlukan biaya. Bagainana damai sejahtera yang sejati kita dapatkan. 1. Ketika memiliki hati yang bersih. Hati yang bersih didapati gratis. Jika hati yang bersih, apa yang kita kuatirkan. 2. Damai sejahtera sejati kita dapatkan jika jalan kita benar, yang mendatangkan kepuasan dalam bathinya. 3. Hidup kita baik terhadap orang lain. 4. Jika langkah2 kita berkenan pada Tuhan dengan melakukan firman. Allah kita bukan hanya mati buat kita, tetapi Dia juga sediakan damai sejahtera. Kapan Tuhan menyediakan Damai Sejahtera? 1. Jika kita merenungkan firman siang dan malam. Jangan pikirkan hal sakit hati, mengecewakan, menjengkelkan. 2. Jika kita renungkan rencana Tuhan. 3. Jika kita belajar berserah pada Tuhan, minta tuntunan Tuhan. Orang berserah dengar suara Tuhan. 4. Pada saat kita mengampuni orang yang bersalah yang mengecewakan kita. Manusia boleh mereka-reka yang jahat, tetapi Tuhan mereka-reka yang baik. 5. Jika kita ingat disediakan dan memiliki iman untuk kemuliaan Tuhan Yesaya 27 : 1-5 “Tuhan yang menjaga kita”

(3)”Aku Tuhan, penjaganya, setiap saat Aku menyiramnya. Supaya jangan orang mengganggunya, siang malam Aku menjaganya;” Dunia hari2 ini penuh dengan kekuatiran, kebimbangan, ketakutan manusia cenderung akan lari ke kuasa2 kegelapan, mencari obat terlarang dll. Mengapa Tuhan menjaga kita: 1. karena Dia mencintai kita, supaya kita jangan jatuh, jangan dipermainkan oleh dunia.

39

2. sampai masa tua, dia tetap menjaga kita siang malam. 3. Dia menjaga kita dengan jaminan, tidak seutas rambut tidak akan jatuh tanpa seizin Tuhan. Apa yang perlu Tuhan jaga? 1. Tuhan jaga agar kita tidak mengambil keputusan yang salah dalam hidup kita. 2. Tuhan jaga agar kita selalu berhasil a. berhasil ditentukan oleh waktu, kesetiaan, perjuangan b. berhasil ditentukan oleh orang lain c. berhasil ditentukan oleh kesiapan untuk ditegor, dikoreksi, diperbaiki yang berkenan dihadapan Tuhan. 3. Tuhan jaga, agar kita tetap dapat karunia dan tak tertipu oleh iblis. 4. Tuhan jaga agar kita tetap setia dalam kebenaran, iman, firman: 5. Yesaya 27 : 1-5 “Berakar dan bertunas”

(6)”Pada hari-hari yang akan datang Yakub akan berakar, Israel akan berkembang dan bertunas, dan memenuhi muka bumi dengan hasilnya.” 1. 2. 3. 4. Iman harus berakar dan tertanam dalam Tuhan dan kokoh Iman harus bertumbuh, lebih rohani Iman harus bertunas, menghasilkan yang baru Iman harus berbuah dan dinikmati oleh sekitar kita

Bagaimana kita bisa jadi yang berakar, bertumbuh, bertunas dan berbuah. a. kita membutuhkan tanah yang baik. (Tanah itu adalah hati kita, yang terpancar kehidupan) b. kita membutuhkan udara yang baik (pergaulan yang buruk dapat mengakibatkan kebiasaan hancurnya lingkungan) c. kita membutuhkan benih yang baik (benih itu adalah firman) d. kita membutuhkan perawatan yang teratur (tertanam dirumah Tuhan) Yesaya 28 : 1-6 “Pemabuk”

(1)”Celaka atas mahkota kemegahan pemabuk-pemabuk Efraim, atas bunga yang sudah mulai layu di perhiasan kepada mereka yang indah-indah – yaitu kota yang terletak tinggi di atas bukit, di atas lembah yang subur yang penuh peminum anggur yang sudah pening-“ (3)”Mahkota kemegahan pemabuk-pemabuk Efraim itu akan diinjak-injak dengan kaki,” Dunia hari2 ini adalah dunia pemabuk. Di dunia ada banyak orang2 pemabuk. 1. Pemabok adalah orang yang tidak sadar dia akan melakukan yang aneh2. 2. Pemabok adalah orang yang hidup dalam dunia mimpi, mengkhayal

40

3. Pemabok adalah orang yang tidak bisa jalan lurus, jalannya selalu lihat kekiri dan kekanan. 4. Pemabok adalah orang yang tidak tahu malu. Tetapi sebagai orang percaya harus tetap jalan dalam kebenaran. Dalam terang Kristus kita berjalan bersama Roh Kudus dan menuntun kita ke jalan yang benar. Pemabukl2 pasti akan di-injak2. Bagaimana bisa bebas dari kemabukkan? 1. Tuhan ingin kita hidup dalam dunia rieel, nyata. Jangan hidup dalam dunia khayal. 2. Kemabukkan membawa kita dalam kehancuran. Orang yang menabur dengan air mata, akan menuai dengan sorak sorai. 3. hadapi segala masalah bersama-sama Kristus, datang pada Tuhan, masalah adalah guru buat kita, merendahkan diri. 4. Kuatkan hati walau keadaan yang sukar sekalipun. – ada hal yang baik yang Tuhan mau ajarkan, sehingga kita jadi serupa dengan Kristus. Yesaya 28 : 7-13 Tidak ada tempat yang bersih

(8)”Sungguh, segala meja oenuh dengan muntah, kotoran, sehingga tidak ada tempat yang bersih.” Roh Kudus yang memberi tuntunan. Kalau kita mempunyai sifat dan karakter yang mulia (Yohanes) Dengan apa kita dapat bersihkan hati . 1. Kebersihan adalah sebagian dari iman kita, akan sehat, ada kemudahan2 2. jiwa dan bathin yang bersih, akan membawa damai 3. mendengar suara Tuhan, secara Roh yang bersih agar berkenan pada Tuhan Apa yang kita perbuat jika tidak ada lagi tempat yang bersih 1. mulailah bersihkan dengan firman yang jadi cermin (bercermin agar supaya kita tahu sudah bersih atau belum?) 2. Kita hidup dalam iman yang becermin pada Yesus 3. Carilah kerajaan Allah, masuk dalam suasana sorga, agar tidak jatuh dalam hawa nafsu daging 4. Mulai berjalan dan melayani Tuhan dengan sungguh2 Yesaya 28 : 14 – 22 “Batu Penjuru”

(16)”sebab itu beginilah firman Tuhan Allah: “Sesungguhnya Aku meletakkan sebagai dasar di Sion sebuah batu, batu yang teruji, sebuah batu penjuru yang mahal, suatu dasar yang teguh: Siapa yang percaya, tidak akan gelisah!”

41

Satu orang bertobat seluruh isi keluarga diberkati. Hidup kita damai tetapi juga membawa orang lain menuju kedamaian. Tuhan mau kita hidup memberi pertolongan kepada orang lain. Apa arti dasar dan ciri batu penjuru? 1. Batu penjuru tahan dalam segala situasi, kuat ditengah tantangan. 2. Batu penjuru harus cepat menyatu 3. Batu penjuru harus indah dipandang dan dengan memuliakan kemuliaan Tuhan 4. Batu penjuru harus mendatangkan hawa yang sejuk. Yesaya 28 : 23-29 “Diajari dan diberi petunjuk”

(23)”Pasanglah telinga dan dengarkanlah suaraku; perhatikanlah dan dengarkanlah perkataanku!” (26)”Mengenai adat kebiasaan ia telah diajari, diberi petunjuk oleh Allahnya.” Hidup se-enaknya bagi orang2 businessman2. Banyak orang 2 hari ini menjalankan seenaknya. Dalam hidup ini ada yang namanya komitment, prinsip hidup sehingga orang lain merasakan berkat2 Allah melalui hidup kita. (29)”Dan inipun datangnya dari Tuhan semesta alam; Ia ajaib dalam keputusan dan agung dalam kebijaksanaan.” Ajaran pertama Injil 1. Kasihi sesama manusia 2. Kasihi diri sendiri 3. Tetap menyenangkan hati Tuhan 4. dan jadi berkat bagi orang lain. Injil tidak mengajar sorga dan neraka. Bagaimana Tuhan mau mengajar dan memberi petunjuk 1. untuk mengampuni dan mendoakan orang yang menyakitkan hati kita.( Bertahuntahun kita dendam. Tinggalkan persembahan dan pergi menemui saudara kita dan mengampuninya, baru kembali untuk persembahan kita.) 2. Tuhan mau agar lebih memperhatikan kebenaran dari pada kesenangan. Tuhan beri kita Roh Kudus untuk menuntun kita. 3. Tuhan mau mengajar tentang bagaimana menjaga hati dan lidah kita, karena dari situ terpancar hidup kita. Hati kita bersih, mulut penuh berkat, kita akan melihat mukjizat kemuliaan Tuhan. 4. Bagaimana kita menghadapi segala hal dengan suka cita maka kita bersuka cita, kita harus selalu bersyukur, Tuhan tidak mempermalukan kita. Yesaya 29 : 1-8 “Merendahkan diri”

42

(4)”Maka engkau akan merendahkan diri dan engkau bersuara dari dalam tanah, perkataanmu kedengaran samar-samar dari dalam debu; suaramu akan berbunyi seperti suara arwah dari dalam tanah, dan perkataanmu akan kedengaran seperti bisikan dari dalam debu.” Salah satu sikap yang sulit dilakukan adalah merendahkan diri. Arti Salib adalah Allah yang merendahkan untuk kita. Bethlehem tempat dimana Allah yang merendahkan untuk kita. Mengapa orang tak dapat merendahkan diri? 1. Orang itu miliki gengsi. 2. karena pada dasarnya manusia memakai perasaaan daripada pikiran. Jika kita mau merendahkan diri ada banyak berkat bagi orang lain. Apa dampak positif untuk merendahkan diri? Orang yang merendahkan diri 1. Tuhan akan tinggikan diri kita – itulah Hukum Tuhan. Tinggi  rendah, jika kita sombong, kita di ambang kehancuran. Tuhan mau kita tidak sombong, orang sombong akan puas sesaat 2. orang yang merendahkan diri akan ditinggikan karena akan disukai banyak orang dan memiliki banyak sahabat 3. orang yang merendahkan akan mampu menyelesaikan masalah. 4. akan memiliki kehidupan yang bahagia. Orang yang menabur dengan air mata akan menuai dengan sorak sorai. Ariel merendahkan diri dan dapat mengalahkan

Yesaya 29 : 9-16

“Putar-Balik”

(16)”Betapa kamu memutarbalikkan segala sesuatu! Apakah tanah liat dapat dianggap sama seperti tukang periuk, sehingga apa yang dibuat dapat berkata tentang yang membuatnya?: “Bukan dia yang membuat aku”, dan apa yang dibentuk berkata:”Ia tidak tahu apa-apa”! Salah satu yang Tuhan menentang dosa adalah hati yang kurang baik, tindakan kita termasuk mulut kita. Orang munafik apa yang keluar dari hati terpancar keluar. Bukan putar balik, Tuhan mau kita jadi Kristen yang tulus. Hidup kekristenan adalah yang terpancar dari hati dan keluar dari mulut yang bersih. Kita sedang diperumpamakan dengan tanah liat yang dibentuk. Siapa orang yang memutar balikkan keadaan? Orang yang memutar balikkan 1. adalah orang yang mau memutar balikkan kebenaran (terang dan gelap tidak dapat dipersatukan) 2. adalah orang yang mau menyakitkan hati orang, karena tidak jujur dan mengecewakan hati orang 3. adalah orang yang suka berbohong dan membohongi diri sendiri . Kita tahu kita salah, mengapa kita tak bertobat.

43

4. adalah orang yang pada achirnya menuai yang ia tabur sendiri Datang pada Tuhan dan Tuhan siap untuk membentuk kita. Tuhan siap memulihkan kita) Yesaya 29 : 17-24 “Mukjizat”

(18)”Pada waktu itu orang-orang tuli akan mendengar perkataan-perkataan sebuah kitab, dan lepas dari kekelaman dan kegelapan mata orang-orang buta akan melihat” (19)”Orang-orang yang sengsara akan tambah bersukaria di dalam Tuhan, dan orangorang miskin di antara manusia akan bersorak-sorai di dalam Yang Mahakudus, Allah Israel!” Dizaman kita ini, saya percaya adalah zaman mukjizat. Zaman dimana kita menantikan Tuhan akan mencurahkan mukjizat pada zaman ini. Apakah yang terjadi ditengah kesengsaraan kita. -Tuhan akan memperlihat mukjizat. Tanpa mukjizat kita tak akan dekat dengan Tuhan. Setiap orang yang tahu pengenalan akan Tuhan pasti akan melihat mukjizat. -Mukjizat tidak pernah dapat dipisahkan dari firman. Firman datang dari pendengaran. Orang 2 percaya yang hidup dalam kekudusan, adalah orang yang 1. dipelihara oleh Tuhan. 2. diberkati oleh Tuhan 3. ditengah penderitaan kita akan ditolong Tuhan dan mukjizat terjadi 4. diberi banyak hal-2 yang dahsyat, yang luar biasa. Tidak ada alasan kita bimbang dan rajin, Allah berkuasa dan selalu melindungi kita. Kita harus tahu Allah adalah jaminan dan pembela kita (21)”yaitu mereka yang begitu saja menyatakan seseorang berdosa di dalam suatu perkara, …” Bagaimana kita menerima mukjizat 1. mukjizat tidak pernah dapt dipisahkan dari firman. Firman tak dapat dipisahkan dari Iman. 2. mukjizat tidak pernah dapat dipisahkan dari iman 3. mukjizat tidak pernah dapat dipisahkan dari kekudusan (jurang pemisah kita dan Tuhan adalah dosa) 4. mukjizat tidak pernah dapat dipisahkan dari kesetiaan. Jika doa belum dijawab, tetaplah setia. Yesaya 30 : 1-5 “Pemberontakan”

44

Salah satu keadaan hari2 ini adalah Rebel generation = generasi pemberontakkan, dimana anak cenderung memberontak. (1)”Celakalah anak-anak pemberontak, demikianlah firman Tuhan, yang melaksanakan suatu rancangan yang bukan dari pada-Ku, yang memasuki suatu persekutuan, yang bukan oleh dorongan Roh-Ku, sehingga dosa mereka bertambah-tambah.” Terjadi generasi pemberontakan karena 1. produk dari krisis akan kasih 2. produk dari ketidak sadaran adanya Tuhan, cenderung tidak mengenal firman Tuhan 3. produk dari kekerasan dan kekasaran 4. produk dari kurangnya kebersamaan, cenderung tidak ada keakraban antara orang tua. Bagaimana membereskan soal pemberontakan ini? Yang perlu untuk soal pemberontakan adalah 1. pertobatan, satu2 jalan, doakannya, pertobatan sehingga hatinya lembut. 2. merendahkan dan menundukkan diri, akibat penghancuran pemberontakan ini. Setan akan untung atas dirinya. 3. belajar dengar2an, kadangkala awalnya susah. 4. kehidupan dalam kasih dapat membuka pintu2 yang tertutup Yesaya 30 : 6-14 “Suka Berbohong”

Banyak orang menganggap bohong kecil itu wajar atau bohong kebaikan, bohong terdesak, kepepet. -Ada yan mengira bohong itu tak merugikan orang. – Tetapi Hikmat dari Tuhan agar menyelesaikan masalah. Tetapi Hikmat dari iblis akan menyebabkan terbongkar dan menyusahkan diri kita. (9)”Sebab mereka itu suatu bangsa pemberontak, anak-anak yang suka bohong anak-anak yang enggan mendengar akan pengajaran Tuhan,” Anak2 suka bohong, mereka berontak. Berbohong asalnya dari setan yang menawarkan pada kita. 1. Orang berbohong adalah anak iblis. Iblis adalah bapa dari segala kebohongan. 2. Orang berbohong tidak punya tempat disurga 3. Orang berbohong tidak percaya dan berserah pada Tuhan 4. Orang berbohong akan selalu menyakitkan dan selalu menjadi batu sandungan, selalu merugikan orang lain Allah selalu memberi hikmat buat kita. Tuhan beri hikmat, akal budi dan berserah pada Tuhan

45

Yesaya 30 : 15-17

“Tinggal diam”

(15)”Sebab beginilah firman Tuhan Allah, Yang Mahakudus, Allah Israel: “Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu. Tetapi kamu enggan,…” Kita harus tetap berdiam diri dan tenang agar dapat dengar suara Tuhan supaya ada mukjizat Allah berlaku. Salah satu kekuatan dalam diri kita adalah berdiam diri. 1. Kita selalu terburu-buru 2. Tak berpikiran panjang 3. Emosional – secara daging kita mau, sehingga secara Roh Kudus, kita mendengar suara yang menuntun. (-Tembok Yerikho dikelilingi 7 X tak boleh omong apa2. Hari ke-7 bersorak sorai dan tembok itu runtuh.) Tuhan bicara jelas sekali, jika kita tak mau berdiam diri. Kalau saja kita mau berdiam diri. Apa manfaatnya jika kita berdiam diri. 1. kita akan melihat banyak mukjizat berlaku dalam hidup kita, merenungkan kasih setia Tuhan. (Lih Maria dan Martha) 2. kita akan menenangkan/tentramkan hati banyak orang 3. kita akan mampu menyelesaikan banyak masalah/persoalan, kita mampu mengubah. 4. kita akan selalu dekat dengan Tuhan, orang yang mencari wajah Tuhan, kita cakap dalam segala perkara 5. kita akan menghindarkan diri dari banyak masallah Yesaya 30 : 18-26 “Pengajar”

(20b)”Dan walaupun Tuhan memberi kamu roti dan air serba sedikit, namun Pengajarmu tidak akan menyembunyikan diri lagi, tetapi matamu akan terus melihat Dia.” Dunia ini dimana kita hidup tak mau diajar disebut kurang ajar. Orang sudah tahu kebenaran dia mendengar firman dia tak menjalankan kebenaran. Dia mendengar Shio2, paranormal dll. Orang Kristen yang kurang ajar, dia cari excuses karena ia tahu kebenaran, tetapi ia tetap melakukan yang bertentangan. Allah kita bukan hanya juru selamat tetapi ia juga Pengajar. Kalau Tuhan adalah Pengajar apa target Tuhan: 1. Selalulah mendahulukan Tuhan dalam segala hal. Harus nomor I, dalam segala hal. “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”; “Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam Aku , kata Paulus 2. Agar kita tetap kuat dan setia

46

3. Agar kita hidup dan menerima kuasa jika Roh Kudus turun kepada kita untuk mengalahkan setan dan melihat mukjizat, 4. Agar kita menjadi seperti Kristus, Yesaya 30 : 27-33 “Tuhan akan memperdengarkan suaranya”

(30)”Dan Tuhan akan memperdengarkan suara-Nya yang mulia, akan memperlihatkan tangan-Nya yang turun menimpa dengan murka yang hebat dan nyala api yang memakan habis dengan hujan lebat, angin rebut dan hujan batu.” Didalam dunia ada banyak suara baik yang positif maupun yang negative. Kita harus sangat hati2 dengan mendengar suara2. 1. Suara nasihat: - orang yang mengasihi kita mungkin… 2. Suara2 teguran yang mengasihi 3. Suara2 hiburan2 kita 4. Suara2 berita2 : a. tentang kebaikan, mukjizat b. tentang yang menakutkan. Ada yang memberi petunjuk, tetapi ada suara yang terbaik adalah suara dari Tuhan. Yang beri kita kekuatan tuntunan Kapan Tuhan mau memperdengarkan suaraNya? 1. Ketika jalan langkah kita salah; kita ditegur dan diberi petunjuk pada . jalan benar. . Seringkali Tuhan memperdengar suaranya tetapi kita tak mau dengar, sehingga Tuhan memukul kita. 2. ketika kita lemah dan dapat tekanan yang berat, Tuhan memperdengarkan suaraNya, Allah tak mau kita jatuh 3. ketika kita mau mencari wajahNya Tuhan, kita pasti menemukannya, Tuhan memberi tuntunan, jawaban buat kita, yang luar biasa 4. ketika kita mau melayani Tuhan dengan sungguh untuk menyatakan kehendak Allah. Yesaya 31 : 1-5 “Allah kita adalah Allah yang bijaksana”

(2)”Akan tetapi Dia yang bijaksana akan mendatangkan malapetaka, dan tidak menarik firman-Nya, Ia akan bangkit melawan kaum penjahat, dan melawan bala bantuan orangorang lalim.” Salah satu hal dalam dunia ini adalah orang2 yang bijaksana. Tetapi ada juga orang2 pintar misalnya ahli nuclear yang terjadi effeknya merusak alam. -orang2 pintar tak dapat menyelesaikan masalah, hanya orang yang bijaksana dapat menyelesaikan masalah. Kita kehilangan orang2 bijaksana dalam dunia ini, hilangnya orang2 bijaksana dalam gereja, dalam pelayanan, sehingga terjadi perpecahan demi perpecahan terjadi. Jadilah orang bijaksana.! Bijaksana bukan berarti dia setuju apa yang dikerjakan. Penguasa Tuhan dalam kasih dan memulihkan.

47

Ada saatnya Tuhan menghajar dan ada saatnya Tuhan mengajar. Bagaimana Tuhan membuktikan kebijaksanaanNya? 1. dengan menegur dalam kasih dan memulihkannya (jangan keraskan hati) Jika kita ditegur dan mengeraskan hati kita sulit untuk dipulihkan Tuhan 2. dengan memberkati kita jika kita setia, selama kita berjalan dengan setia.. 3. dengan menghibur kita jika dalam kesusahan 4. menjaga kita dengan sabar agar semakin hari semakin dekat dan berkenan padaNya Jangan mengeluh jika kita ada masalah, tetapi tetap setia kepada Tuhan. Yesaya 31 : 6-9 “Bertobatlah”

(6)”Bertobatlah, hai orang Israel, kepada Dia yang sudah kamu tinggalkan jauh-jauh! Pertobatan adalah perkataan keras. Siapa yang harus bertobat: 1. orang2 yang berdosa; penyembah berhala 2. orang2 yang sudah bertobat, harus tetap senantiasa bertobat 3. orang2 yang melayani, tetapi tidak siap berkorban Pertobatan untuk meniru Yesus sebagai juruselamat adalah satu kali, supaya betul2 melakukan firman Tuhan. Mengapa kita merasa diri kita paling benar dan kapan datang pertobatan. Apa dasar pertobatan: 1. harus dengan kasih yang tulus, karena Tuhan sudah baik. 2. yaitu hati yang lembut dan tak mengeraskan hati 3. yaitu daging yang mau disalibkan, supaya roh dibangkitkan 4. yaitu pikiran yang positif yang lebih berani berkorban dimana Roh Kudus menuntun kita Yesaya 32 : 1-8 “Budi Luhur”

(8)”Tetapi orang yang berbudi luhur merancang hal-hal yang luhur, dan ia selalu bertindak demikian.” Berbudi luhur bukan hanya kasih dari: 1. doa sesaat namun hasil bertekun dalam doa 2. hasil perjuangan untuk hidup yang benar 3. hasil membaca Alkitab dan menjadi pelaku-2 firman 4. hasil jamahan Tuhan sesaat dan keberanian tekad dan bergumul dekat dengan Tuhan dan achirnya mengalahkan dunia Yesaya 32 : 9-20 “Pencurahan Roh”

48

(15)”Sampai dicurahkan kepada kita Roh dari atas: Maka padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan.” Seorang bukan menjadi Kristen karena dibaptis. Apa artinya? Agamanya Kristen tetapi kehidupan bukan orang Kristen. Seseorang dikatakan dibaptis jika ia dicurahkan Roh Kudus diatasnya. Roh Kudus begitu penting 1. Jika kita hidup dan dicurahkan Roh Kudus atas kita 2. Jika Roh Kudus memimpin kita memampukan untuk dekat kepada Tuhan. 3. Roh Kudus memampukan kita hidup menurut kehendak Allah Gereja disebut perempuan dan Yerusalem kondisi gereja Apa terjadi jika Roh Kudus dicurahkan 1. (15)Ada banyak orang yang hidup seperti padang gurun. Jika Roh Kudus dicurahkan Padang gurun diubah menjadi kebun buah2an, bahkan menikmati . hutan membuat ketentraman 2. (16) “Di padang gurun selalu akan berlaku keadilan dan di kebun buah-buahan akan tetap ada kebenaran.” Kita akan mengalami keadilan dan kebenaran 3. (17)”Di mana ada kebenaran, di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaraan ialah ketenangan, dan ketentraman untuk selama-lamanya.” Kita mengalami damai sejahtera dan ketentraman selama-lamanya. Biarkan Roh Kudus punya kita, ambil alih hidup kita dan terima lawatan Tuhan. 4. Hidup kita akan bahagia dan menerima lawatan hidup bersama Tuhan (18)”Bangsaku akan diam di tempat yang damai, di tempat tinggal yang tenteram, di tempat peristirahatan yang aman.” Yesaya 33 : 1-9 “Tuhan ditempat tinggi”

(5)”Tuhan tinggi luhur, sebab Ia tinggal di tempat tinggi; Ia membuat Sion penuh keadilan dan kebenaran.” (6)”Masa keamanan akan tiba bagimu; kekayaan yang menyelamatkan ialah hikmat dan pengetahuan; takut akan Tuhan, itulah harta benda Sion.” Allah kita bukan Tuhan buatan manusia seperti, batu2, patung2, gambar2 ada kekuatan2. Kita lupa, bahwa ada iblis yang menyamar sebagai malaikat terang. Dia masuk didalam patung2, gambar2, nomor2, lucky number. Itu semua bodoh. Allah kita itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia harus dalam Roh dan kemuliaan. Jika kita berada ditempat tinggi kita melihat segala sesuatu, dapat terlihat, Jika kita berada dibawah, kita tak dapat melihat apa2 hanya sekitarnya. Pandangan Allah tak terbatas. Dia tahu isi hati kita. Bicara tentang takut akan Tuhan yang berada di sorga ditempat tinggi. 1. Ia mengetahui segala sesuatu

49

2. Ia penguasa segala sesuatu diatas, kita harus kita sembah dan memuliakan dan mengakui Dia Raja diatas Raja. Mari kita bersyukur dan memuliakan Dia. 3. Ia tidak dapat terbandingi. Iia mampu menaklukkan segala sesuatu (Israel >< Syria sampai sekarang masih terjadi di pergolakan daerah “GOLAN” tempat tinggi dapat menyerang) “Dikolong langit….” Yesaya 33 : 10-16 “Aku akan bangkit”

(10)”Sekarang, Aku akan bangkit, firman Tuhan, sekarang Aku akan bangkit berdiri, sekarang Aku akan berdiri tegak!” Orang kadang2 berpikir Allah itu sabar. Mengapa Allah tak berbuat apa2 jika gereja2 dibakar. Allah itu sabar dia beri kesempatan agar orang bertobat. Allah yang sabar dan melimpah setia, tetapi ada saatNya Ia bangkit dan bertindak untuk menyatakan kemuliaanNya. (15)”Orang yang hidup dalam kebenaran, yang berbicara dengan jujur, yang menolak untung hasil pemerasan, yang mengebaskan tangannya, supaya jangan menerima suap, yang menutup telinganya, supaya jangan mendengarkan rencana penumpahan darah, yang menutup matanya, supaya jangan melihat kejahatan,” (16)”dialah seperti orang yang tinggal aman di tempat-tempat tinggi, bentengnya ialah kubu di atas bukit batu; rotinya disediakan air minumnya terjamin.” Jika Allah bangkit: 1. Allah akan merendahkan orang-2 sombong dan berkeras hati untuk mengajar kita.. 2. Allah akan mengangkat orang-2 yang rendah hati . 3. Allah akan memukul orang-2 yang mempermainkan Tuhan 4. Allah akan membela orang-2 yang setia kepada-Nya. Pasti melihat mukjizat. 5. Allah akan menyelamatkan orang-2 yang tertindas. Roh didalam kita lebih besar dari roh2 diluar. Tuhan akan menyatakan kemuliaan-Nya. Yesaya 33 : 17-24 “Tuhan Allah kita sebagai hakim tetapi juga sebagai Raja.”

(17)”Engkau akan memandang raja dalam semaraknya, akan melihat negeri yang terbentang jauh.” Alkitab tidak pernah menulis bahwa kita harus membela agama dan Tuhan kita. Tuhan mengingatkan bahwa Allahlah yang membela kita, dan menciptakan juga keselamatan bukan membuat agama dan menjadikan agama juga. Pada saat2 Allah kita direndah2-kan orang Orang boleh menghujat Allah, Dia tetap Allah, Raja. Mengapa Tuhan tidak mengizinkan kita membela Allah. Allah tidak pernah menciptakan agama, tetapi Dia adalah pembela. Dibawah kolong langit ini tidak ada nama selain Yesus Kristus….

50

(24)”Tidak seorangpun yang tinggal di situ akan berkata: “Aku sakit,” dan semua penduduknya akan diampuni kesalahannya.” Bicara tentang sakit.Ada banyak orang sakit secara physical. 1. cara fisik 2. hati.. 3. tak ada penderita. (22)”Sebab Tuhan ialah Hakim kita, Tuhan ialah yang memberi hukum bagi kita; Tuhan ialah Raja kita, Dia akan menyelamatkan kita.” :Bagaimana alkitab menyatakan Tuhan Raja dan Hakim. Apa makna Tuhan sebagai Raja dan Hakim. Ia adalah Tuhan yang berkuasa untuk 1. menghukum dan membebaskan . 2. membinasakan dan menghidupkan 3. memukul dan menolong 4. merusak hidup kita dan memberkati. Yesaya 34 : 1-7 “Mendekat pada Tuhan”

(1)”Mari mendekat, hai bangsa-bngsa, dengarlah, dan perhatikanlah, hai suku-suku bangsa Baiklah bumi serta segala isinya mendengar, dunia dan segala yang terpancar dari padanya.” Mengapa kita harus selalu tetap dekat kepada Tuhan? 1. karena dunia dimana kita hidup adalah dunia yang berbahaya 2. karena kita tidak bisa pungkiri bahwa kita ini terbatas 3. karena Tuhan menyingkap kepada kita apa yang perlu bagi kita. 4. karena ada mukjizat dan kemenangan. Yesaya 34 : 10-17 “Mengerti isi hati Tuhan”

(16)”Carilah didalam kitab Tuhan dan bacalah: Satupun dari semua makhluk itu tidak ada yang ketinggalan; dari yang satu tidak kehilangan yang lain; sebab begitulah perintah yang keluar dari mulut Tuhan dan Roh Tuhan sendiri telah mengumpulkan mereka.” Hal2 apa saja yang perlu kita mengerti isi hati Tuhan? 1. kita harus bergaul dengan firman 2. kita harus menjadi dewasa 3. kita dapat berjalan dalam kuasa dan kemuliaanNya. 4. kita dapat selalu tenang dan bersyukur dalam hidup kita. Yesaya 35 : 1-10 “Orang benar akan bersorak sorai”

51

(1)”Padang gurun dan padang kering akan bergirang, padang belantara akan bersoraksorak dan berbunga;” (2)”seperti bunga mawar ia akan berbunga lebat, akan bersorak-sorak, ya, bersoraksorak dan bersorak-sorai…..” Orang harus mengeluarkan banyak uang untuk bersorak sorai, keluar negeri, permainan anak2. Lebih jahanam lagi dengan drugs, sex bebas, itulah sorak sorai sementara. Dibalik itu hanya penderitaan yang dialaminya. Padahal kalau kita mau jujur, Tuhan menyediakan sorak sorai. Selama kita hidup kita panggil Tuhan kita akan bersorak-sorai untuk selama-lamanya, tanpa keluar uang, tanpa penderitaan kelak. Orang benar akan ber-sorak-sorai (10)”..dan orang-orang yang dibebaskan Tuhan akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah akan menjauh. Mengapa orang benar bersorak sorai? 1. karena ditengah masallah orang benar akan mampu menyingkap kemuliaan Tuhan, dinyatakan iman kita akan dibangkitkan 2. (4)”Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: “Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu, akan datang dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu.”Karena Allah selalu datang pada waktunya untuk menyelamatkan kita. Dia tuntun kita sampai maksimum 3. (6)”Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai; sebab mata air memancar di padang gurun, dan sungai di padang belantara;…” karena Allah akan menyatakan mukjizatNya (dalam Yesus ada mukjizat) artinya segala sesuatu yang tidak mustahil, adalah mustahil bagi Tuhan. 4. (9)”Di situ tidak akan ada singa binatang buas tidak akan menjalaninya dan tidak akan terdapat di sana; orang-orang yang diselamatkan akan berjalan di situ.” Allah akan menghalau segala yang menakutkan. Kita akan dikuatkan Yesaya 36 : 1-10 “Mencari gara2”

Yerusalem dikepung oleh Sanherib. (2)Raja Asyur mengutus juru minum agung dari Lakhis ke Yerusalem kepada raja Hizkia disertai suatu tentara yang besar….” (4)”Lalu berkatalah juru minuman agung kepada mereka: “Baiklah katakan kepada Hizkia: Beginilah kata raja agung, raja Asyur: Kepercayaan macam apakah yang kaupegang ini?”

52

Pencari gara-2 adalah kesukaan iblis untuk memakai orang ini, dalam pelayanan sekalipun. – saling curiga, saling iri hati. Kenapa sih ada pencari gara-2 1. karena iri – ini karakter 2. pikiran negative 3. karena hidupnya dikuasai iblis/setan Tetapi Tuhan mau kita 1. bawa damai dan mengerti kebenaran 2. hadapi segala masallah dan meraih mahkota kemenangan Bagaimana sikap kita menghadapi orang yang pencari gara-gara 1. kita harus tenang dan berserah pada Tuhan 2. jaga pergaulan dan dengar nasihat yang baik, jangan mendengar nasihat yang negative. 3. minta hikmat, kekuatan dari Tuhan untuk menghadapi persoalan 4. jaga agar hubungan dengan Tuhan jangan sampai terganggu Yesaya 36 : 11-22 “Berdiam diri”

(21)”Tetapi orang berdiam diri dan tidak menjawab dia sepatah katapun, sebab ada perintah raja, bunyinya: “Jangan kamu menjawab dia!” Ada masalah2 tertentu justru kita dapat berdiam diri. Begitu pula Yesus berada di kayu salib Dia tetap berdiam diri dan membiarkan Tuhan yang menjadi jawaban atas masalah kita orang percaya harus hidup dalam berdiam diri Kapan didalam hidup ini kita harus berdiam diri 1. ketika tuduhan ditujukan kepada kita tidak benar. 2. ketika kita melihat orang yang dikuasai oleh emosi 3. ketika kita dilakukan dengan tidak adil 4. ketika kita tahu Tuhan sedang menguji kita, Tuhan tak pernah mengecewakan dan menyediakan sorga buat kita. Yesaya 37 : 1-7 “Datang kerumah Tuhan”

(1)”Segera sesudah raja Hizkia mendengar itu, dikoyakannyalah pakaian dan diselubunginyalah badannya dengan kain kabung, lalu masuklah ia ke rumah Tuhan.” Gereja tempat kita beribadah. Gereja adalah tempat kita mengalami perjumpaan dengan Tuhan. Rumah dimana kita merasakan mukjizat yang dahsyat. Sesering kita datang kerumah Tuhan. (6)”berkatalah Yesaya kepada mereka:”beginilah kamu katakan kepada tuanmu. Beginilah firman Tuhan: “Janganlah engkau takut terhadap perkataan yang kaudengar yang telah diucapkan oleh budak-budak raja Asyur untuk menghujat Aku.”

53

(7)”Sesungguhnya, Aku akan menyuruh suatu roh masuk di dalamnya, sehingga ia mendengar suatu kabar dan pulang ke negerinya; Aku akan membuat dia mati rebah oleh pedang di negerinya sendiri.” Hizkia didalam rumah Tuhan mendapat jawaban. Bagaimana sikap kita datang kerumah Tuhan? 1. Kita harus masuk ke rumah Tuhan dengan kepolosan dan kejujuran hati kepada Tuhan. Disitu kita melihat anugerah Tuhan. 2. Kita harus datang kerumah Tuhan dengan iman. 3. Kita harus datang bersaksi Tuhan hadir a. bersaksi bahwa Tuhan itu baik, Dia pulihkan penyakit, b. bersaksi Tuhan sanggup melakukn segala perkara. 4. Kita harus siap diatur oleh Tuhan 5. Kita harus penuh dengan rasa hormat dan takut akan Tuhan.Karena Dia adalah besar dan mulia. Yesaya 37 : 8-20 “Seruan dalam keyakinan”

(20)”Maka sekarang, ya Tuhan, Allah kami, selamatkanlah kami dari tangannya, supaya segala kerajaan di bumi mengetahui, bahwa hanya Engkau sndirilah Tuhan.” Banyak orang percaya melakukan fatal. “Seruan dalam keyakinan” Doa pada Tuhan tetapi tak ada keyakinan. -Ada pula banyak orang karena dia merasa yakin, tetapi tak berseru. Tuhan mau kita berseru pada Tuhan. Dibalik itu ada keyakinan . Allah yang kita sembah adalah Allah tak pernah terlambat dalam memberi pertolongan. Allah tak mengecewakan bagi orang berharap kepada-Nya. Kalau kita berseru pada Tuhan kita harus ada keyakinan Mengapa harus ada seruan dalam keyakinan? 1. Membuat kita semakin dekat Allah, kita menjadi tenang dan mendengar suara Allah, Allah kita mampu menolong kita. 2. Membuat kita selalu bersyukur (jangan banyak ber-sungut-2) dengan ucapan syukur ada kekuatan. 3. membuat kita akan menghancurkan kekuatan2 musuh (iblis). 4. akan menampilkan kekuatan dan keyakinan akan menampilkan mukjizat dan kuasa Tuhan dalam hidup kita. Yesaya 37 : 21-32 “Menabur dan Menuai”

(30)”Dan inilah yang akan menjadi tanda bagimu, hai Hizkia: Dalam tahun ini orang makan apa yang tumbuh sendiri, dan dalam tahun yang kedua, apa yang tumbuh dari tanaman yang pertama, tetapi dalam tahun yang ketiga, menaburlah kamu, menuai, membuat kebun anggur dan memakan buahnya.”

54

Dalam Kekristenan ada hukum Tabur Tuai. Kadangkala kita sudah menabur tetapi tak menuai. 1. kita jadi kecewa 2. kita jadi orang apatis 3. kita jadi emosi, labil 4. kita tak menarik akan hal2 rohani Kalau kita belum menuai tak berarti bukan, justru kita banyak belajar firman. Jika kita tahu firman, apa yang kita tabur itu yang kita tuai. Jangan minta sesat. Apa yang ditabur orang itupun akan dituainya. Mengapa kita menabur dan belum menuai. 1. Kita sedang dalam peperangan, rohani, iblis yang menahan berkat, mukjizat, lawan iblis. 2. itu berarti kita hidup dalam dosa dan kejahatan, kita harus memeriksa apa ada dosa, dalam hidup kita, kita harus bertobat. 3. Karena kita masih dalam ujian. Jangan bertindak apa2. bersyukur saja, berserah saja Tuhan pada waktunya akan, sesudah kesabaran kita, Dia akan menolong. 4. karena kita tidak sedang dalam jalan Tuhan.

Yesaya 37 “ 33-38

“Dipagari Tuhan”

(35)”Dan Aku akan memagari kota ini untuk menyelamatkannya, oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku.” Hidup ini kalau kita mau jujur adalah hidup ancaman2 kegagalan, setiap orang tak tahu apa yang terjadi. Ada juga ancaman kekecewaan. Hati2 dengan kecewa, mudah digoda iblis. Ada juga ancaman kerugian2. Ada juga ancaman kemarahan. Ada juga ancaman berpisah dengan Tuhan. Betul dalam satu sisi ada ancaman. Alkitab mengingatkan kasih karunia Kristus memagari kita dari ancaman2 berbagai bagai masalah Tuhan bukan hanya menyertai kita tetapi juga memagari kita. Apa yang Tuhan maksud dengan memagari? 1. Tuhan memagari kehidupan kita. Hidup Kristen mengajar jangan membalas yang jahat dengan yang jahat. a. Kalau ditampar pipi kiri berikan pipi kanan. b. -Rambut seutaspun tak akan jatuh. Hidup Kristen tak dapat di santet, di hipnotis. Pagar Tuhan luar biasa. Tuhan memagari kita. Satu orang bertobat, seluruh isi rumah diselamatkan. Tuhan memagari keluarga kita. Tak mengalami malapetaka. 2. Malaikat memagari harta benda kita

55

3. Tuhan memagari iman kita dan tetap tidak goyah dan iman percaya teguh. Yesaya 38 : 1-8 “Menangis”

(3)”Ia berkata:” Ah Tuhan, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu.” Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat.” (5)”Pergilah dan katakanlah kepada Hizkia: Beginilah firman Tuhan, Allah Daud bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu. Sesunggunya Aku aan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi,” Mengapa menangis itu tabu? 1. tanda kelemahan 2. tanda keputus-asaan 3. tanda ketidak mampuan Tangisan itu tidak selalu negative. Tangisan itu ditampung didalam kirbat Tuhan Kita harus jujur, setiap orang pasti menangis. Orang yang baru lahir pasti menangis. Orang yang kematian ada yang menangis, mayat itu tersenyum karena ia akan pergi ke bapa. Hidup Kristen dalam tangisan. Mengapa Tuhan menampung air mata dalam kirbat-Nya? 1. dalam tangisan ada pertobatan, kadangkala kita terlalu sombong untuk bertobat. Dalam pertobatan dia bersaksi. Tuhan melalui anugerah kita bertobat. Dosa menyeret kita kedalam neraka. 2. Dalam tangisan menyebabkan kesadaran, kita mengalami lawatan Tuhan. 3. tangisan ada yakinan keteguhan, apapun yang terjadi. 4. Dalam tangisan ada kegaguman, ada kebanggaan, karena Tuhan yang beri yang terbaik. Kita sembah Allah yang baik. Yesaya 38 : 9-22 “Mengucap syukur”

(19)”Tetapi hanyalah orang yang hidup, dialah yang mengucap syukur kepada-Mu, seperti aku pada hari ini; seorang bapa memberitahukan kesetiaan-Mu kepada anakanaknya.” Orang yang hidup dengan syukur 1. dia tidak merasa lelah. 2. dengan ucapan syukur orang tidak cepat menyerah terhadap masalah, semangat 3. orang tak sungut2 4. Dia tidak cenderumg kecewa

56

Mari kita belajar dengan mengucap syukur (20)”Tuhan telah datang menyelamatkan aku! Kamu hendak main kecapi, seumur hidup kami di rumah Tuhan.” Kita bersyukur karena kita melihat mukjizat2. Dalam bersyukur kita melihat pertolongan : 1. walaupun berkat Tuhan belum kita terima, 2. walau kita belum melihat mukjizat, dan pertolongan Tuhan, kita dapat bersykur. Apa yang perlu dalam bersyukur 1. Imani terhadap janji-2 Tuhan 2. Tuhan hadir dalam kita. Roh yang peka akan kehadiran Tuhan. 3. Hati dan pikiran yang selalu diisi dengan hal-2 yang positif 4. Keputusan untuk selalu bersuka cita. Syukur bukan keadaan, tetapi suatu keputusan untuk tetap beriman kepada Tuhan Yesaya 39 : 1-8 Firman sungguh baik”

(5)”Lalu Yesaya berkata kepada Hizkia: “Dengarkanlah firman Tuhan semesata alam!” (6)”Sesungguhnya suatu masa akan datang, bahwa segala yang ada dalam istanamu dan yang disimpan oleh nenek moyangmu sampai hari ini akan diangkut ke Babel. Tidak ada barang yang akan ditinggalkan, demikianlah firman Tuhan.” Firman Tuhan keras dan sungguh baik, merupakan makanan keras buat hidup kita 1. Fiman Tuhan tidak selalu menyenangkan, namun firman itu keras, pasti dan selalu baik buat jiwa kita. 2. Dunia ini tak ada kepastian, banyak orang stress, sakit jiwa Firman Tuhan ada: 1. kepastian baik, dia naik, tidak jadi ekor, 2. baik buat jiwa kita, 3. baik untuk masa depan kita. Minta apa saja yang berkenan dan jadi berkat bagi orang lain. 4. Hubungan baik dengan Tuhan, apa yang Dia perbuat selalu berhasil dan melihat berkat2. – orang hidup ditepi air dan tumbuh dan berbuah. Biar firman mencuci diri kira, mengajari hidup kita disiplin. Firman itu baik buat jiwa kita walaupun keras. Firman itu baik apa kita buat. (8)”Hizkia menjawab kepada Yesaya: “Sungguh baik firman Tuhan yang engkau ucapkan itu.” Tetapi pikirnya: “Asal ada damai dan keamanan semumur hidupku.” Apa artinya kalau Firman itu sungguh baik:

57

1. Kita selalu harus pegang firman kebenaran dalam hidup kita. Dimana Tuhan tempatkan kita jadi saksi Tuhan, jadi terang, bawa damai. 2. Kita selalu jadi pelaku firman, itu akan hanya ingat yang enak2, tetapi perintah2 yang keras, bertobat, tetap lakukan firman itu. 3. untuk selalu mengingatkan diri kita akan firman. Kita harus selalu mengingatkan jiwa kita akan firman Tuhan. Satu orang bertobat, seisi rumah akan diselamatkan kita harus memperkatakan kata2 firman Tuhan, jangan ucapkan kata2 kutuk. Yesaya 40 : 1-2 “Hiburan”

(1)Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku, demikianlah firman Allahmu,” Pada dasarnya apa ia kaya, miskin, pejabat semua membutuhkan hiburan. Manusia di dunia ini haus akan hiburan. Yang dimaksud tentang hiburan, yaitu 1. tubuh, jiwa dan roh a. untuk roh – pergi lihat bintang/ramalan - melalui kartu2 Tarot, jalangkung b. untuk jiwa – cari perhatian orang, misalnya, pakai pakaian untuk menarik orang, pakai anting2, c. untuk tubuh – hal-2 yang berbau sex bebas, tontonan sex, pesta-pesta ini semua dapat membawa kita pada jebakan-2 iblis; padahal hiburan yang sejati dan kekal ada dalam ketemu dengan Tuhan, kita merasa damai sejahtera. Hiburan yang Tuhan berikan berbeda dengan manusia yang hanya membosankan. Hiburan2 dunia, perlu narkoba, ikatan perhambaan yang membelenggu kehidupan dosa. Hiburan apa yang Tuhan berikan. 1. yang melepaskan dari ikatan2 perhambaan jadi anak2 perhambaan kebenaran. perhambaan sudah berachir. (datang dan bertobat, supaya Tuhan lepaskan kita dari perhambaan) 2. dosa kita sudah diampuni dari kesalahan2 kita. Pengampunan hanya ada dalam Kristus, kita berhak untuk hidup dalam berkat dan anugerah Tuhan. 3. musuh2 sudah dihancurkan (Tuhan memberikan keamanan bagi kita. 4. hari depan disediakan bagi kita dengan penuh harapan, cemerlang dengan indah dan mulia. Orang yang menabur dengan air mata, pasti kita berachir dengan sorak-sorai 5. (jangan menyerah, tetap berjuang) ada sorak sorai kemenangan. Yesaya 40 : 3-8 “Persiapkan jalan untuk Tuhan”

(3)”Ada suara yang berseru-seru “Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk Tuhan, luruskanlah di padang belantar jalan raya bagi Allah kita!” Persiapan yang baik pasti akan mendapatkan hasil baik pula.

58

Kadangkala kita persiapkan hati kita buat Tuhan. Kita perlu mempersiapkan jalan bagi Tuhan 1. agar Tuhan dapat mengendalikan hidup kita dan diatur oleh Tuhan hidup kita pasti baik. 2. agar Tuhan dapat memberkati hidup kita, kadangkala kita sendiri menghambat berkat. 3. kita mempersiapkan jalan bagi Tuhan, agar Tuhan menyelamatkan orang lain lewat kita. 4. ayat ini bukan hanya untuk Yohanes untuk mempersiapkan tetapi melalui kita juga. Jika kita persiapkan (5)”maka kemuliaan Tuhan akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama; sungguh, Tuhan sendiri telah mengatakannya.” Bagaimana kita harus mempersiapkan jalan untuk Tuhan 1. Dengan siap melayani Tuhan dan taat serta dengar-2an 2. Dengan mencari kerajaan Allah dan kebenaranNya, agar semua dapat ditambahkan. (kita focus pada Allah) 3. (4)”Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit-bukit harus menjadi tanah yang rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran.” .. lembah dan gunung harus diratakan artinya segala kepahitan2 kita digambarkan dengan lembah harus ditutup dan diratakan, yang belum beres harus dibereskan dulu agar boleh menjadi berkat bagi banyak orang, semuanya hanya karena anugerah kita andalkan Tuhan, kita bangga salib Kristus diimankan. (7)”Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, apabila Tuhan menghembusnya dengan nafas-Nya. Sesungguhnyalah bangsa itu seperti rumput.” Dia akan hidup dalam kepuasaan dari air hidup dan hidupnya segar dan dipuaskan kehidupan akan mendatangkan keakraban dengan Tuhan. Yesaya 40 : 9 – 11 “Pembawa kabar baik”

(9)”Hai Sion, pembawa kabar baik, naiklah ke atas gunung yang tinggi! Hai Yerusalem, pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota Yehuda: “Lihatlah itu Allahmu!” Hari-2 ini manusia hidup dalam ketakutan. Orang mencari berita-2 dengan berita yang positif dan ada yang negative, yang negative ini menyebabkan orang ada dalam ketakutan, kecurigaan. Tuhan berikan berita baik; bahwa Dia memberikan keselamatan, menyediakan sorga buat kita. Setiap kita harus jadi pemberita kabar baik Ini merupakan tugas buat memberitakan kabar baik yaitu pemberitaan Injil. Bagaimana tugas kita sebagai pembawa kabar baik

59

1. Tuhan mau mengajar kita agar jangan membawa kabar yang me-manas-2-kan suasana (Yusuf --oleh Istrinya Potifar dijelek-jelekan) 2. memberi dorongan dan pujian 3. memberi kata2 hiburan dan kekuatan 4. Kita harus menyampaikan firman Tuhan sehingga orang lain merasakan firman Tuhan sebagai kabar baik. Yesaya 40 : 12-20 “Tuhan tidak dapat disamakan”

Eh je asjer Eh je = “Aku adalah Aku” Tuhan adalah Tuhan, karena 1. Tuhan tidak dapat disamakan dengan apapun dan siapapun 2. Tuhan tidak dipengaruhi oleh apapun dan siapapun 3. Tuhan tidak dapat dibatasi oleh apapun dan siapapun 4. Tuhan tidak dapat dihujat, Dia beda. 5. Tuhan tidak dapat ditaklukkan oleh apapun atau siapapun. Tuhan dapat menaklukan apapun dan siapapun (18)”Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?” Apa yang harus kita buat jika Tuhan tidak dapat disamakan dengan apapun dan siapapun. 1. kita harus sembah Allah, dasar kehidupan kita, 2. Dia harus kita taati dalam hidup kita supaya dapat mendengar suaraNya, Dia menjadi penuntun kita 3. kita harus mempercayai Tuhan dalam hidup kita (“satu orang bertobat, seisi rumah akan diselamatkan”) 4. kita harus menghandalkan pada Tuhan dalam hidup kita dan melihat berkat dicurahkan Allah kepada kita. Yesaya 40 : 21-31 “Menanti-nantikan Tuhan”

(31)”tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berdiri dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” Banyak orang dalam hidupnya seringkali menantikan hari yang dahsyat. Kalau kita mau me-nanti-2kan Tuhan maka 1. kita akan peroleh kekuatan yang baru, kemampuan ilahi 2. kita pasti peroleh mukjizat 3. kita akan makin dekat dengan Tuhan dan mengerti jalan-2-Nya dan Tuhan tidak akan mengecewakan kita. Orang yang menantikan Tuhan selalu akan mendapat kekuataan baru. Rajawali untuk terbang tinggi, dalam ketinggian, ia menghadapi angin badai, supaya kuat untuk terbang lebih tinggi lagi, kitapun demikian kita masuk dalam anugerah.

60

Bagaimana kita menanti-nantikan Tuhan? 1. Harus banyak bergaul dengan firman Tuhan, orang yang menyelidiki firman, bagaikan tanaman yang ditanam dipinggir air, berbuah, firman membangkitkan iman, dengan iman kita melihat banyak perkara. 2. Harus banyak bergaul dengan orang-orang rohani, jangan dengan orang duniawi. Kita dapat jawaban yang menguatkan iman. 3. tidak mengambil keputusan ter-buru-2 melainkan harus menunggu tuntunan Tuhan 4. Peka dengan suara Tuhan yang mengendalikan hitup kita, disitu kita melihat kuasa Tuhan. Yesaya 41 : 1-7 “Panggilan Tuhan”

(4)”Siapakah yang melakukan dan mengerjakan semuanya itu? Dia yang dari dahulu memanggil bangkit keturunan-keturunan, Aku, Tuhan, yang terdahulu, dan bagi mereka yang terkemudian Aku tetap Dia juga.” Kita tidak layak, untuk berada dekat Allah, karena Allah ada tujuan hidup buat kita.Allah memanggil kita. Berkat terbesar adalah menerima panggilan Tuhan pada: 1. Dia berikan kuasa, karunia, tetapi bukan karena kebaikan kita. 2. Hidup kita Allahlah yang memiliki/memanggil kita, menyelamatkan kita bagi kemuliaanNya. 3. Allah melengkapi kita dengan tujuan yang besar dalam hidup kita, apa yang kita pikirkan tidak dapat kita bayangkan tujuan Allah untuk kita. Kalau Tuhan memanggil kita, apa respond kita dalam menanggapi panggilan Tuhan. 1. Kita harus menerima panggilan Tuhan, kita harus mendengar panggilan Tuhan dengan syukur dan tidak mengeluh 2. harus siap bekerja keras dengan panggilan itu 3. Kita harus siap bekerja sama dan mempersiapkan diri untuk Tuhan. bukan jadi merasa hebat, tetapi kerja sama dan saling melengkapi untuk penggembalaan kita.Hidup harus berarti bagi banyak orang. 4. harus siap untuk terus belajar – supaya kita berkenan pada Tuhan untuk dididik dan dibentuk. Yesaya 41 : 8-16 “Tuhan memegang kita”

(10)”janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu, Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” Mengapa dunia makin lama makin bahaya, pembunuhan, perampokan, pencurian, kejahatan makin meningkat. Kuasa kegelapan makin merajalela, hipnotis, pellet. Manusia makin masa bodoh, tak tahu malu. Dosa makin diterima dan kejahatan yang menjadi biasa. Ditengah dunia ini, jika kita tak punya iman, akan sangat mengkuatirkan keadaan kita.

61

Tuhan yang kita sembah, menjaga, melindungi kita dari dunia kegelapan ini. Selain tangan Tuhan memegang kita, kita akan tetap tegap. (13)”Sebab Aku ini, Tuhan, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: “Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.” (14)”Janganlah takut, hai si cacing Yakub, hai si ulat Israel! Akulah yang menolong engkau, demikianlah fiman Tuhan, dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel.” Apa hasilnya kalau Tuhan memegang kita 1. maka serangan kuasa kegelapan tak dapat menguasai kehidupan kita. Roh didalam kita lebih besar dari roh didunia. Kita tak perlu kuatir. 2. maka hidup kita pasti akan diberkati 3. jalan kita akan penuh kemenangan 4. kita akan jauh dari dosa, karena kita diberkati yang takut akan Tuhan.

Yesaya 41 : 17-20

“Orang miskin dan sengsara”

(17)”Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air, tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan; tetapi Aku, Tuhan, akan menjawab mereka, dan sebagai Allah orang Israel Aku tidak akan meninggalkan mereka.” Orang miskin: -hidup kekurangan -karena malas -karena tidak mengatur uang dengan baik-besar pasak darpada tiang -karakternya jelek, dunia dia yang punya, banyak musuh, sombong Tuhan selalu memperkatakan orang miskin, Dia memberkati orang miskin. Orang-2 sengsara dan orang2 miskin akan diberkati Tuhan. Tuhan ingin memulihkan mereka dari kemiskinan. Bagaimana caranya agar kita menghindari dari kemiskinan dan kesengsaraan? 1. harus bekerja keras, rajin jangan malas dan menghandalkan Tuhan saja; berkat2 akan mengalir. Tuhan mengingini umatnya untuk rajin, bangun pagi. 2. berubah dalam karakter, yang jelek ditinggalkan, biar Tuhan yang membentuk kita 3. Perhatikan kata2 rohani, dibumi dan sampai disorga. Hidup dalam kemurahan, berilah perpuluhan kita bagi orang lain. 4. tolong orang miskin, kalau kita punya hati kemurahan, maka Tuhan akan berkemurahan dalam berkat. 5. Imani pemeliharaan Tuhan pada kita. Sebenarnya tidak ada orang miskin, tetapi karakter kita yang miskin. Yesaya 41 : 21 – 29 “Penyembahan berhala”

62

(29)”Sesungguhnya sekaliannya mereka seperti tidak ada, perbuatan-perbuatan mereka hampa, patung-patung tuangan mereka angin dan kesia-siaan.” Dunia hari-2 ini menghadapi dengan stress, dengan kuasa2 kegelapan contohnya – hubungan dengan orang mati.. 1. Bukan orang2 biasa, bahkan pejabat2 pergi kekuburan-kuburan, dukun2. 2. orang2 senang dengan perhitungan2 Shio2, horoscope, tgl lahir. Jika kita punya iman yang sebesar biji sawi…. 3. orang2 ingin tahu ramalan2, kartu2 Tarot, ilmu Yoga. Setan tak pernah tolong dengan free, ia minta tumbal. Hukum Pertama adalah, tidak ada Allah lain. Iblis itu menyamar sebagai malaikat terang. Hidup kita sehubungan kedekatan kita dengan Tuhan, dan nasib kita ada ditangan Yesus Kristus, Roh yang ada didalam kita lebih besar dari roh yang ada didunia. Dalam ayat2 ini dengan tegas dinyatakan. Penyembah2 kuasa2 kegelapan berhala dihadapan Tuhan 1. tidak akan dibela oleh Tuhan. dihadapan Tuhan kita dianggap tidak ada, kita tidak diberkati. 2. akan dihukum dengan penyakit dan penderitaan. Tuhan mau kita bertobat. 3. Akan hidup menderita pada hari tua dan anak-2nya hancur berantakan, menderita, sengsara. Andalkan Tuhan saja. 4. Akan dilempar ke neraka. 5. penyembah2 berhala akan dilempar dineraka. Yesaya 42 : 1-4 “Hamba Tuhan”

(1)”Lihat, itu hamba-Ku, yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku keatasnya., supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.” Setiap kita Hamba Tuhan, panggilan kita berbeda, kita tetap harus setia. Setelah kita diselamatkan kita dijadikan hamba Tuhan, tidak saja jadi pendeta , tetapi ini suatu anugerah Tuhan, sudah mengangkat kita yang tadinya kita hamba setan status kita 1. bukan karena kita baik, semata-mata anugerah Tuhan 2. bukan sembarang kita dijadikan hamba Tuhan tetapi ada misi yang harus kita lakukan untuk Tuhan. 3. Kita harus setia pada Tuhan dan mendapat status hamba Tuhan. 4. Kita harus selalu bersyukur, karena kita sudah disediakan yang terbaik untuk kita. Ini suatu nubuatan tentang Kristus. Kita harus ada ciri yang berbeda. Waktu kita bertobat Roh Kudus memenuhi hidup kita, menuntun, mengajar, menegur, menghibur kita, bagaimana kehendak Allah. Selama kita hidup dalam daging kita, hanya memikirkan tentang duniawi, tetapi kalau kita hidup dan dipimpin oleh Roh Kudus hidup kita jadi Hamba Tuhan.

63

Ciri seorang Hamba Tuhan 1. Dia telah di penuhi Roh Kudus 2. Dia memberi semangat, dia memberi kekuatan, memimpin, mengajar kita. 3. Dia menuntun dalam terang 4. Dia memberi pengajaran yang membina dalam mukjizat dan kuasa dari Tuhan Tuhan sudah jadikan kita seorang Hamba Tuhan, kita harus selalu melekat pada Tuhan Yesaya 42 : 5-9 “Panggilan Tuhan”

(6)’Aku ini Tuhan, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa,” Kita bersuka cita, jika Tuhan memanggil kita 1. ditengah-tengah kegagalan kita dipilih Tuhan . “Marilah kepadaku-semua yg letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” 2. Dia perlengkapi kita dengan kemampuan Ilahi 3. Dengan setia mendidik kita 4. Dengan tegas, Dia angkat kita, dia pulihkan kita Banyak yang dipanggil; Tuhan, tetapi hanya sedikit yang terpilih. (7)”untuk membuka mata yang buta, untuk mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan dan mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap dari rumah penjara.” Tuhan memanggil kita adalah: 1. Tuhan yang menyatakan kuasanya. Dia tidak mempermalukan, mengecewakan kita. Tuhan yang menyatakan kuasaNya (adalah sebuah anugrah dan berkat) apa yang Tuhan kehendaki terjadi. 2. Tuhan yang memegang tangan kita, Dia pegang kita, karena hidup kita terlalu bahaya dan supaya kita dekat dengan Tuhan apapun yang terjadi, kita tidak usah goyah, karena Dia tahu kita lemah dan selalu ketakutan 3. Tuhan yang terus mengajar kita supaya kita dewasa, lebih kuat dan mengerti rencana Allah dan berjalan dalam kebenaran. -Saya tak boleh main2 dengan dosa dan berani berkata “tidak” pada tawaran2 dunia. Yesaya 42 : 10-13 “Nyanyian Baru”:

(10)”Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan dan pujilah Dia dari ujung bumi! Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya.” Hidup Kristen tidak dapat dipisahkan dari Nyanyian . Kenapa orang Kristen sering menyanyi-2?

64

1. Karena Tuhan itu baik, kita mensyukuri rachmat Tuhan, kita persembahkan lewat nyanyian . 2. Kita dapat kekuatan, kesadaran, kepengertian, kita akan kuat lewat puji-2an, kemampuan yang baru dengan memuji2 Tuhan merupakan firman Tuhan. 3. Untuk untuk mengusir roh-2 jahat oleh nyanyian. 4. kita akan makin dekat dengan Tuhan. (13)”Tuhan keluar berperang seperti pahlawan, seperti orang perang Ia membangkitkan semangat-Nya untuk bertempur, Ia bertempik sorak, ya, Ia memekik, terhadap musuhmusuh-Nya Ia membuktikan kepahlawanan-Nya.” Apa Nyanyian Baru dengan Tuhan keluar berperang seperti pahlawan? Orang berpikir Nyanyian Baru dikarang yang baru, BUKAN itu. Nyanyian Baru keluar dari hati yang baru dan kita rasakan jamahan, dan disitu kita merasakan hati terangkat pada Tuhan. Nyanyian baru adalah: 1. nyanyian yang keluar dari hati yang dalam, karena merasakan pemeliharaan, jamahan atas hidup kita (lagu haleluyah..) 2. nyanyian yang keluar dengan pengertian baru bahwa Tuhan itu ada 3. nyanyian yang keluar dengan iman. Yesus damai sejahtera 4. nyanyian yang keluar dari dasar cinta kepada Tuhan\dengan air mata yang mengalir.nyanyian tak memiliki kata2 keluar, itu Nyanyian Baru dari iman. 5. makna hidup suasana hati yang penuh semangat Yesaya 42 : 18-25 “Buta dan Tuli”

(18)”Dengarkanlah, hai orang-orang tuli pandanglah dan lihatlah, hai orang-orang buta! (19)”Siapakah yang buta selain dari hamba-Ku dan yang tuli seperti utusan yang Kusuruh? Siapakah yang buta seperti suruhan-Ku dan yang tuli seperti hamba Tuhan?” Dunia ini penuh orang2 buta dan tuli. Orang buta tak melihat kemuliaan Tuhan dalam hidupnya. Dia tak dapat mendengar suara Roh Kudus, buta dan tuli secara rohani, Orang2 buta yang dapat melihat dan orang-2 tuli yang dapat mendengar artinya: 1. terhadap penderitaan orang, masih budaya korupsi. 2. terhadap penderitaan, air mata orang lain. 3. Dunia bisnis sedang buta dan tuli terhadap kebutuhan apa yang diperlukan orang. Disekitar kita banyak perbedaan, bukan untuk saling menghancurkan. Mari kita bergandeng tangan, antar minoritas dan mayoritas, saling menopang dan merasakan damai sejahtera. Buta dan tuli secara fisik tak diperlukan dalam kepedihan karena kita punya Tuhan. Tetapi Buta dan Tuli secara roh mengakibatkan banyak persoalan. Mengapa orang jadi buta dan tuli secara Roh. 1. karena tidak menyadari misi hidup kita dalam dunia ini. 2. karena kita tidak menyadari rencana Allah dalam hidup kita

65

3. karena tidak menyadari tugas kita agent of love (pembawa kasih) untuk mendamaikan. 4. karena tidak menyadari dan tidak mau mendengar suara Tuhan, karena kita terlalu sibuk. Yesaya 43 : 1-7 “Jangan Takut”

(1)”Tetapi sekarang, beginilah firman Tuhan yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: “Janganlah takut sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.” Ketakutan menjadi gejala yang normal Ketakutan mendatangkan sikap2 yang salah/keliru dalam hidup kita, apalagi takut mati, takut kehilangan sesuatu; takut akan hari depan; takut akan masallah; dan takut akan roh-2 kegelapan, Tak usah takut , tetapi Yesus berkata, bahwa Roh yang ada dalam kita, lebih besar dari roh2 yang manapun. 1. Orang yang ketakutan menjajah hidup manusia, hidup penderitaan, orang yang bodoh dan menjajah… 2. harus melepaskan hidup ketakutan, “Marilah kepadaku-semua yg letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” Allah tidak memberi roh ketakutan, kita dalam Kristus kita ciptaan baru. Tuhan : - menciptakan kita. - membentuk kita, - menebus kita, - memanggil kita, - menyertai kita. (7)”semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Ku-bentuk dan yang juga kujadikan.” Bagaimana agar hidup kita tidak dikuasai lagi oleh ketakutan. 1. Kita harus hidup dengan Tuhan, dekat dengan Tuhan, berjalan bersama sama Tuhan minta Tuhan membimbing kita. (Jika Allah bersama aku, aku tidak takut apapun) 2. Kita harus membuang dosa 3. Miliki iman dalam Kristus apa yang dikatakan firman, kita imani. 4. Belajar hidup baik dengan semua orang. Yesaya 43 : 8 – 13 “Saksi-saksi Tuhan”

(10)”Kamu inilah saksi-saksi-Ku,” demikianlah firman Tuhan, “dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.”

66

Panggilan Tuhan dalam hidup kita, memulihkan hidup kita yang jelas. Tugas kita bukan untuk meng-kristenkan dalam Allah. Jadilah bangsaku terang – bukan kristen tetapi dengan menjadi terang bagi orang lain. (11)”Aku, Akulah Tuhan dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.” Karena kita adalah anak Tuhan. Kasih itu perlu, karena kasih Tuhan itu 1. agar orang melihat kebaikan dan kuasa Tuhan 2. agar orang dapat mengalami lawatan Tuhan, mukjizat Tuhan 3. agar orang dapat melihat hidupnya dapat dirubah dari kegelapan. 4. orang dapat hidup juga berkelimpahan (12)”Akulah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan, dan bukannya allah asing yang ada di antaramu. Kamulah saksi-saksi-Ku,” demikianlah firman Tuhan “dan Akulah Allah” Kita tidak dipanggil menjadi seorang pendeta, tetapi jadi saksi2 Tuhan Bagaimana ciri2 orang yang dapat menjadi saksi2 Tuhan: 1. harus hidup sesuai dengan firman Tuhan. Jika ia salah, Ia cepat berubah, melalui suatu proses 2. harus hidup tegar ditengah masalah 3. harus hidup dengan kasih Tuhan kepada jiwa2, orang2 sekitar kita. 4. harus hidup dengan mengandalkan Tuhan bukan kekuatan, kemampuan kita. Kita adalah warga kerajaan sorga. (13)”Juga seterusnya Aku tetap Dia, dan tidak ada yang dapat melepaskan dari tanganKu, Aku melakukannya, siapakah yang dapat mencegahnya?” Yesaya 43 : 14-21 “Jangan ingat yang dulu”

(18)”firman-Nya: “Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala!” Mengapa kita selalu mau ingat masa lalu, bernostalgia 1. karena kita memiliki kenangan yang tak terlupakan 2. karena dosa masa lalu 3. karena merasa membosankan dan sulit memisahkan masa lalu Dalam Alkitab tertulis, kita tidak boleh lihat kebelakang, tetapi mengarahkan diri kepada yang ada dihadapan kita. Rasul Paulus berkata: “Aku tak mau melihat kebelakang…” Tuhan mau kita lihat kedepan, mencapai rencana Tuhan.

67

(19)”Lihatlah, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.” Tuhan mau membuat jalan yang baru dimana kita tidak melihat kebelakang tetapi melihat kedepan. Mengapa Tuhan tak mau kita ingat2 /mengungkit masa lalu? 1. Dengan mengungkit masa lalu, tidak pernah dapat maju. Tuhan menciptakan kita untuk melihat kedepan sampai kita mati. 2. Dan kemarin tinggal suatu kenangan yang harus jadi pelajaran dan tak boleh jadi menghambat jalan hidup kita 3. karena kita cenderung hidup dalam dunia khayalan 4. Tuhan mau kita bersemangat mencapai masa depan, kita harus mengingat rencana Tuhan yang luar biasa. Yesaya 43 : 22-28 “Menyusahkan Tuhan”

(24)”Engkau tidak membeli tebu wangi bagi-Ku dengan uang atau mengenyangkan Aku dengan lemak korban sembelihanmu. Tetapi engkau memberati Aku dengan dosamu, engkau menyusahi Aku dengan kesalahanmu.” Tuhan selalu memberkati hidup kita selama kita masih percaya, makanya: 1. kita harus selalu bersyukur maka kita akan kuat 2. hidup benar dan jauh dari dosa 3. selalu menyenangkan hati Tuhan Tuhan tidak pernah mengecewakan kita Ada banyak orang tidak mau menyusahkan Tuhan, menyusahkan Tuhan itu kelewatan. Bagaimana kita menyusahkan Tuhan? 1. Jika hidup kita menjadi batu sandungan bagi orang lain, sehingga menghambat orang terhadap keinginannya untuk masuk kerumah Tuhan 2. Jika hidup kita masih menyukai dosa. (kita hidup dalam kuasa “kerajaan Allah, bukan terdiri dari perkataan tetapi dari kuasa.) 3. Jika hidup kita masih maju mundur 4. kalau hidup kita dekat berhala2 dan masuk persekutuan mendekati kuasa2 kegelapan. Jadi ciptaan baru: “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang”. Yesaya 44 : 1-9 “Mencurahkan air”

68

(3)”Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku keatas keturunanmu, dan berkat ke atas anak cucumu.” Air adalah kebutuhan yang hakiki bagi manusia. Kalau sumber2 air menjadi kering akan mengalami permasalahan. Tanpa air makluk hidup akan mati, air didunia yang sementara kita butuhkan. Apalagi manusia membutuhkan air. Air hidup bagi kita sangat dibutuhkan, apa lagi air kehidupan dari Kristus. Allah akan mencurahkan air bagi kita sehingga kita tidak akan haus lagi. Mengapa Tuhan mau menyajikan air 1. agar kita tidak akan kehausan, (haus akan kasih sayang Kristus, jadi krisis kasih sayang.) 2. air yang dicurahkan agar kita tegar ditengah kekeringan. 3. agar kita menjadi bersih dari kotoran (“kita akan dibersihkan oleh firman”) 4. agar sekeliling kita menjadi hijau dan membuat indah pemandangannya – Danau Galilea, Danau Tiberias yang indah, (hari akan bersuka ria.) Kristus sudah memberi air kehidupan yakni firman yang menghidupkan kita. Yesaya 44 : 9-20 “Tidak melahirkan apa-apa”

(18)”Orang seperti itu tidak mengetahui apa-apa dan tidak mengerti apa-apa, sebab matanya melekat tertutup, sehingga tidak dapat melihat, dan hatinya tertutup juga, sehingga tidak dapat memahami.” Hidup manusia dimuka bumi ada dalam beberapa ringkasan. 1. orang yang pintar IQ tinggi tetapi tak mau belajar, malas 2. orang2 yang bodoh tapi tetap tak mau belajar, 3. orang2 yang mau belajar, hidupnya pasti , hidupnya akan lebih baik, lumayan 4. ada orang yang sok tahu, ada kalanya pintar, adakalanya bodoh. Ini yang banyak menimbulkan masalah. Jadilah orang yang mau belajar rendah hati dan dituntun oleh Tuhan. Justru ditengah2 kesombongan dan cenderung orang yang sok tahu itu (9)”Orang-2 yang membentuk patung, semuanya adalah kesia-siaan, dan barang-barang kesayangan mereka itu tidaklah memberi faedah.Penyembah-penyembah patung itu tidaklah melihat dan tidaklah mengetahui apa-apa oleh karena itu mereka akan mendapat malu.” Siapa orang2 yang tak tahu bahwa ia tidak melahirkan apa2 1. yakni orang2 yang berhubungan dengan kuasa2 kegelapan adalah orang bodoh, mandi2 kembang dan terikat dengan kuasa2 kegelapan. 2. orang yang hidup dalam dosa 3. orang yang dikuasai hawa nafsu 4. orang yang mau jadi hamba uang Uang adalah hamba yang baik tetapi juga hamba yang menyesatkan

69

Yesaya 44 : 21-28

“Ingat-2lah”

(21)”Ingatlah semuanya ini, hai, Yakub, sebab engkaulah hamba-Ku, hai Israel. Aku telah membentuk engkau, engkau adalah hamba-Ku; hai Israel. Engkau tidak Kulupakan.” Hal2 yang sering kita ingat2 adalah 1. hal2 yang menyakitkan hati (trauma) 2. hal2 tentang kegagalan2 kita 3. hal2 tentang kesalahan2 orang terhadap kita 4. hal mengenai kebenaran/kebaikan perbuatan2 kita yakni sudah menanam jangan diingat-ingat Yang harus diingat hal2 yang baik dan melupakan yang jahat. Apa yang harus kita ingat 1. bahwa kita sudah ditebus, dibebaskan dari maut dan dosa kita sudah diampuni, (bukan sekedar diampuni, kita dibebaskan dari neraka) 2. bahwa hidup kita sudah dirobah, kita harus berbeda dengan dunia ini, “Aku ada sebagai aku ada” karena kita anak2 Allah, hamba2 Allah 3. keagungan dan kedahsyatan Tuhan yang dinyatakan dalam hidup kita (dalam keadaan bahaya.) 4. bahwa Allah kita diatas segala kutuk2. segala kuasa2 kegelapan, darah Yesus membungkus kita. 5. bahwa Yesus mampu membuktikan segala janji-janji-Nya. “ya” dan “amin”. Bumi dapat lenyap tetapi firman Tuhan tetap kekal. Yesaya 45 : 1-8 “Harta terpendam”

(3)”Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tesembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah Tuhan, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu.” Apa yang dimaksud dengan harta terpendam yang diberi kepada orang yang percaya: 1. Kuasa perkataan, kuasa menciptakan sesuatu. Tuhan menciptakan langit dan bumi dengan firman. Dengan firman kita sudah dilahirkan kembali. 2. kuasa pikiran. Kita bisa pikirkan hal2 yang negative, tetapi hal2 positif yang harus dilakukan didalam Kristus 3. kuasa iman. Kuasa yang menghadirkan mukjizat 4. kuasa kasih sehingga kita dapat mempu menerima dengan apa adanya mengampuni orang lain Hidup dalam Kistus adalah hidup yang banyak kejutan2: 1. Kristus memberikan sukacita 2. Kristus setiap hari penuh kejutan

70

3. Kristus memiliki banyak hal yang tersimpan 4. Kristus membalas lebih banyak dari pada kita memberi Yesaya 45 : 9 – 19 “Keselamatan yang selama-lamanya”

(17)”Sedangkan Israel diselamatkan oleh Tuhan dengan keselamatan yang selamalamanya; kamu tidak akan mendapat malu dan tidak akan kena noda sampai selamalamanya dan seterusnya.” Di dunia ini ada kepercayaan Kristus sudah menyelamatkan kita itu suatu kepastian. Rencana Allah adalah kita mendapatkan keselamatan selama-lamanya. Selamat itu bukan karena sudah dibaptis (Yohanes 3 : 16 ”Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”) Bagaimana kita menerima keselamatan selama-lamanya? 1. Jika kita tidak berbantah-bantah dengan Tuhan. Orang yang berbantah-bantah akan kehilangan yang indah, kehilangan berkat. 2. (11)”Beginilah firman Tuhan, Yang Mahakudus, Allah dan Pembentuk Israel: “Kamukah yang mengajukan pertanyaan kepada-Ku mengenai anak-anak-Ku, atau memberi perintah kepada-Ku mengenai yang dibuat tangan-Ku?” Jika kita rela dibentuk oleh Tuhan, Dia adalah guru yang membentuk visi supaya rendah hati. 3. (13)”Akulah yang menggerakkan Koresy untuk maksud penyelamatan dan Aku akan meratakan segala jalannya; dialah yang akan membangun kota-Ku dan yang akan melepaskan orang-orang-Ku yang ada dalam pembuangan, tanpa bayaran dan tanpa suap.” Firman Tuhan semesta alam.” Jika kita siap mengerjakan tugas2 Tuhan, firman yang dipercayakan kepada kita. 4. (16)”Tetapi tukang-tukang berhala harus mundur dengan penuh noda, semuanya akan mendapat malu dan kena noda juga.” Jika kita tidak terbujuk dengan roh2 kegelapan Yesaya 45 : 20-25 “Alasan”

(21)”Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama; Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, Tuhan? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yan adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku!” Salah satu senjata iblis yang ampuh adalah alasan 2 yang ditaruh dalam hati manusia yaitu untuk menghancurkan kita. 1. alasan untuk melawan/menolak pekerjaan Tuhan (misalnya tak dapat berdoa) 2. alasan untuk kita tak berhenti agar belum berubah

71

3. alasan untuk tidak melakukan firman 4. alasan untuk tetap hidup dalam dosa Didalam hidup tak ada alasan. Kristus yang membela kita. Alasan-2 bagi kita ialah: 1. Yesus sudah mati buat kita diatas kayu salib, hidup kita harus benar, tidak boleh main2 2. Yesus mati buat kita, maka Yesus sudah beri Roh Kudus kepada kita. Roh Kudus dalam kita diberi kuasa untuk menuntun kita 3. Yesus sudah percayakan firman kepada kita, janji mengenai hukum, jalan hidup 4. Yesus sudah buktikan bahwa janji2Nya adalah hidup. Ya dan Amin kepada kita, sebab ia tak mengecewakan kita. Pemeliharaan KasihNya yang terbaik buat kita.Firman membersihkan. Firman seperti api yang besar yang memusnahkan.

Yesaya 46 : 1-9

“Kesetiaan Tuhan”

(4)”Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus, Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.” Di zaman modern kita sulit cari orang2 yang jujur dan setia, lebih gampang cari orang2 pintar, berkompetisi. Di zaman modern cenderung di ukur dengan uang, jadi Mengapa orang sulit mau setia kepada Tuhan 1. karena materialistik 2. karena manusia tak punya prinsip yang tegas 3. manusia mudah menyerah “Kunci adalah setia orang yang bertahan sampai kesudahan itu yang mendapat mahkota. Allah itu adalah Allah yang setia. Menyadari kesetiaan Allah. Dalam hal apa kita dapat setia 1. Kita harus setia dengan Tuhan dalam pekerjaan Tuhan. dalam melayani Tuhan 2. Kita harus setia pada pasangan2 dan persahabatan. 3. Kita harus setia dalam visi dan misi dalam hidup masing2 4. Kata harus setia dalam merebut janji2 Tuhan Yesaya 46 : 10-13 “Keputusan Tuhan itu mutlak”

(10)”yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belum terlaksana, yang berkata: Keputusan-Ku akan sampai, dan segala kehendak-Ku akan Kulaksanakan.”

72

Ada orang claim dalam keputusannya. Berarti orang coba main tuhan-tuhanan. Mengapa ada manusia yang mempermainkan claim dirinya. Orang yang merasa dirinya mutlak adalah 1. berasal dari kesombongannya 2. adalah orang yang egois, tak pikirkan orang lain 3. merasa diri paling baik 4. orang yang tak mau dengar nasihat orang lain Kita hendaknya belajar dari Kristus. “(Lukas 22 : 42 “Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambilah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.” Kita cuma hamba, kita hanya karena anugerah Tuhan. Dalam hidup kita keputusan hanya ada pada Tuhan. Dalam hal apa keputusan Allah yang mutlak itu. 1. Allah mutlak mengampuni dosa kita 2. Allah melepasakan kita dari kutuk – kita adalah ciptaan baru, yang lama sudah berlalu. 3. Allah memanggil dan memilih kita, menetapkan kuasa atas diri kita. 4. dalam mengangkat hidup kita Mengapa Dia mutlak dalam keputusanNya: 1. Dia satu-2-nya Allah, nabi boleh banyak 2. Karena Dia tidak pernah berobah, langit bumi dapat lenyap tetapi firmannya kekal selama-lamanya 3. Dia bekerja dengan dahsyat dan luar biasa agar kita mengerti rencana Tuhan. Yesaya 47 : 1-7 Tidak sadar”

(7)”Katamu tadinya: “Untuk selama-lamanya aku tetap menjadi ratu!” sedang engkau tidak menyadari dan tidak memikirkan kesudahan semuanya itu.” Dunia ini penuh dengan orang2 mabuk. 1. mabuk kenikmatan2 dunia, harta 2. mabuk kekuasaan, ambisi2 3. mabuk nama besar; keterkenalan Orang mabuk kelakuannya cenderung tidak sadar , kelakuannya macam2 dan aneh2. Ada yang harus orang percaya sadari: 1. bahwa kita sudah ditebus dari segala dosa, diselamatkan dan menjadi anak Allah, kita harus hidup bersyukur 2. status kita adalah hamba Allah, kita harus hidup bersyukur, panggilan kita berbedabeda. Dimanapun kita berada kita harus menghadirkan suasana sorga. 3. bahwa firman Tuhan adalah landasan hidup kita satu-2nya, , bukan adat istiadat yang berhubungan dengan orang-2 mati, ada istiadat yang benar, harus kita hormati. 4. kalau kita tidak setia akan dilempar keneraka

73

Yesaya 47 : 8-15

“Merasa aman”

(10)”Engkau tadinya merasa aman dalam kejahatanmu, katamu: “Tiada yang melihat aku!” pengetahuanmu itulah yang menyesatkan engkau sehingga engkau berkata dalam hatimu: “Tiada yang lain di sampingku!” Rasa aman diperoleh bagi semua orang. Rasa aman 1. sadar dalam pemeliharaan Tuhan 2. karena hati nuraini memang begitu 3. yang tak peduli karena akibat keadaan 4. biasa masa bodoh Alkitab sedang bicarakan mengenai Babel dan keruntuhannya. -Jika kita berbuat jahat, bertobatlah. Allah itu setia dan pengampun. Allah mengampuni jika mau bertobat. Apa artinya akibat kita merasa aman ditengah-tengah kejahatan dan kesalahan. 1. tidak akan diampuni dosanya, dan mengalami penderitaan 2. akan menjadi batu sandungan bagi orang lain 3. hidup akan bertambah jahat 4. jiwanya akan binasa dan dilemparkan dalam api neraka Kalau kita berbuat dosa, cepat minta ampun pada Tuhan, dan hiduplah dalam kebenaran. Yesaya 48 : 1-8 “Telinga yang tidak terbuka”

(8)”Engkau tidak mendengarnya ataupun mengetahuinya juga telingamu tidak terbuka dari sejak dahulu; tetapi Aku telah mengetahui, bahwa engkau berbuat khianat sekejikejinya, dan bahwa orang menyebutkan engkau pemberontak sejak dari kandungan.” Ada banyaknya orang telinga, jasmaninya terbuka, tetapi telinga rohaninya tertutup artinya 1. 1. telinganya tertutup akan penderitaan orang 2. telinganya tertutup terhadap jerita, nuraininya 3. telinga tertutup terhadap kebenaran 4. telinga tertutup terhadap suara Tuhan, hidupnya penuh dengan emosi Hidup Kristen punya telinga jasmani dan rohani yang selalu terbuka bagi penderitaan orang lain, kita mendengar suara Tuhan dan berjalan menjadi berkat. Bagaimana agar telinga kita terbuka: 1. harus memiliki hati yang takut akan Tuhan membuat agar kita membuka telinga rohani dan menjadi berkat buat semua orang. 2. harus hidup dalam kasih; mendengar penderitaan orang, janganlah kasih menjadi suatu tuntutan, tetapi haruslah menabur kasih

74

3. harus menyadari tanggung jawab kita, melakukan perintah-2 Tuhan. a. menjadi hamba yang setia, jadi kasih Tuhan b. meluaskan pekerjaan Tuhan, menyebarkan injil c. mnyelamatkan jiwa-2 dan melakukan firman Tuhan 4. harus senantiasa tetap dalam tuntunan pengurapan Roh Kudus. Yesaya 48: 9-11 “Dapur kesengsaraan”

(10)”Sesugguhnya, Aku telah memurnikan engkau, namun bukan seperti perak, tetapi Aku telah menguji engkau dalam dapur kesengsaraan.” Setiap orang tidak ingin hidup dalam kesengsaraan, tanpa tidak sadari manusia menciptakannya bagi diri sendiri. Allah tak menciptakan kesengsaraan 1. Allah tak merancangkan kesengsaraan; tetapi kadangkala Tuhan izinkan kita sengsara 2. Kesengsaraan bisa saja akibat dari dosa dan perbuatan kesalahan2 sendiri 3. kesengsaraan bagi orang percaya sifatnya sementara, tak akan lama jika kita berbalik dari sifat kita yang buruk 4. Kesengsaraan mengajar kita banyak hal dan mengingatkan kita untuk berbalik kepada Tuhan. Ada masanya kita melihat padang rumput hijau, tetapi ada juga kita mengalami padang rumput yang kering. Bagaimana kita belajar didapur kesengsaraan: 1. kita belajar bahwa dosa itu mahal dan dapat menghancurkan masa2 bahagia, menyakitkan, juga menghancurkan (orang-2 yang hidup dalam dosa itu bodoh.) 2. Kesombongan itu dibenci oleh Tuhan kerendahan hati/merendahkan diri dan pertobatan mengubah banyak hal, gengsi dikendalikan oleh kesombongan. ( “Sekalipun dosamu merah seperti kermizi, akan menjadi putih, seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.”)( “Marilah kepadaku-semua yg letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”) 3. Jangan mengandalkan manusia..(Terkutuklah orang yang menghandalkan pengertian sendiri, Berharaplah pada Tuhan. 4. Pilihlah pergaulan yang baik, jangan sesat. Pergaulan yang buruk menghancurkan kebiasaan yang baik. Yesaya 48 : 12-22 “Dikasihi oleh Tuhan”

(14)”Berhimpunlah kamu sekalian dan dengarlah! Siapakah di antara mereka memberitahukan semuanya ini? Dia yang dikasihi Tuhan akan melaksanakan kehendak Tuhan terhadap Babel dan menunjukkan kekuatan tangan Tuhan kepada orang Kasdim.”

75

Dengan mengasihi Tuhan kita akan 1. merasakan kebaikan Tuhan 2. mengalami mukjizat Tuhan 3. berjalan dalam tuntunan Tuhan 4. hidup dalam berkat2 Tuhan dan diberkati Hidup kekristenan bukan hanya mengasihi Tuhan, tetapi Tuhan sudah lebih dahulu mengasihi kita. Bagaimana kita merasa dikasihi Tuhan: 1. jika membenci dosa dan kejahatan. Orang yang hidup dalam dosa tidak akan merasakan kasih Tuhan yang jadi jurang, kita takkan rasakan damai sejahtera 2. jika kita menolak untung dari kecurangan, bukan untung tetapi kutuk yang kita dapat. 3. jika setia melakukan firman Tuhan. Firman yang menuntun kita untuk dekat dengan Tuhan, kita jadi kepala dan bukan jadi ekor 4. jika mau melibatkan diri dalam pekerjaan Tuhan (kita bawa damai dan menabur kasih). tidak harus jadi pendeta, majelis, tetapi dimana kita berada, jadi berkat bagi orang lain. Yesaya 49 : 1-7 “Dipermuliakan”

(5)”Maka sekarang firman Tuhan, yang membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi hamba-Nya, untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya, dan supaya Israel dikumpulkan kepada-Nya – maka aku dipermuliakan di mata Tuhan, dan Allahku menjadi kekuatanku, - firman-Nya.” Seringkali kita dengar: “Mari kita mempermuliakan Tuhan.” Tahukah saudara, Tuhan juga rindu dan mengingini kita sebagai anaknya memuliakan kita. Kita harus memuliakan Tuhan, begitu juga Tuhan ingin memuliakan kita. Kenapa Tuhan mau mempermuliakan kita: 1. karena kita sudah diangkat menjadi anak-2 Allah dan Dia mau mempermuliakan kita. 2. karena sebagai anak kita sangat dikasihi Tuhan 3. karena kasihNya, Dia telah mengorbankan darahNya yang tertumpah diatas kayu salib. Ia sudah melunasi dosa kita melalui darahNya 4. karena lewat darah yang tercurah itu kita telah dipermuliakan. Ditengah masalah Allah juga mempermuliakan bukan dipermalukan. (7)”Beginilah firman Tuhan, Penebus Israel, Allahnya yang Mahakudus, kepada dia yang dihinakan orang, kepada dia yang dijijikan bangsa-bangsa, kepada hamba penguasapenguasa: “Raja-raja akan melihat perbuatan-Ku, lalu bangkit memberi hormat dan pembesar-pembesar akan sujud menyembah, oleh karena Tuhan yan setia oleh karena Yang Mahakudus Allah Israel, yang memilih Engkau.”

76

Bagaimana Tuhan mempermuliakan kita, dengan 1. mempermalukan musuh2 kita serta orang2 yang merencanakan kejahatan dan menjauhi kita. 2. memberkati kita lebih dari yang kita harapkan (Mazmur 23) “Apa yang kita tak pikirkan, itu yang Tuhan sediakan buat kita. Hidup kita jangan kuatir. “ 3. membuat apa saja yang kita kerjakan berhasil dan diberkati. 4. mengubah karakter kita, sehingga kita hidup serupa dengan Kristus (hidup dalam kasih dan terang). Yesaya 49 : 8-13 “Berkenan”

(8)”Beginilah firman Tuhan: “Pada waktu Aku berkenan, Aku akan menjawab engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau, Aku telah membentuk dan memberi engkau, menjadi perjanjian bagi umat manusia, untuk membangunkan bumi kembali dan untuk membagi-bagikan tanah pusaka yang sudah sunyi sepi.” Berkenan kepada Tuhan adalah syarat mutlak kehidupan kekristenan dan menjadi kerinduan orang bertobat. Itulah syarat mutlak agar, 1. kita pasti diberkati oleh Tuhan 2. doa2 pasti dijawab 3. Jika kita mengerti kehendak Tuhan, hubungan dengan Tuhan akan makin baik dan akrab 4. hidup kita pasti membawa damai bagi banyak orang, Jika hidup kita membawa damai, Tuhan bicara tentang: “pada waktu aku berkenan”. Seringkali Tuhan belum dapat memberkati kita, karena hidup kita belum berkenan. Bagamana agar hidup kita berkenan pada Tuhan: 1. Kalau kita mau belajar dan mau mendengar nasihat, maka hidup kita akan berkenan pada Tuhan yang achirnya kita dipermuliakan Tuhan. 2. Jika kita mau merendahkan hati dan mau mengalah 3. Jika kita tidak cepat putus asa dan tidak cepat menyerah. 4. Jika kita tidak berpikiran pendek dan emosional (karena emosi2 mudah meledakledak.) Yesaya 49 : 14-21 “Ditangan Tuhan”

(16)”Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku, tembok-tembokmu tetap diruang mata-Ku.” Yang paling dahsyat yaitu kita ada didalam tangan Tuhan. Artinya Tuhan mengasihi, menghargai kita, kita ada didalam genggaman Tuhan. Ingat akan janji2-Nya Ya dan Amen:

77

• • • •

-“Marilah kepadaku-semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” -“Satu utas.rambutpun tidak akan jatuh.” -“Cobaan kita tidak melebih kekuatan kita.” -”malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu.”

Hidup Kristen bukan sekedar sebuah agama, tetapi kita hidup dalam jaminan hidup hari depan. Tangan Tuhan menggenggam kita dan memberi jaminan yang kekal: 1. -Dia menggendong kita-….“Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu, Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.” 2. -Kita memiliki masa depan yang dahsyat - (11)”sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadmu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.” 3. -Kita akan selalu aman dan terjamin. (7)”Walau seribu orang rebah disisimu, dan sepuluh ribu disebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu.” 4. -Kita akan selalu menerima yang terbaik yang Tuhan sediakan buat kita “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” 5. “Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepadaNya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya” Hidup kita adalah hidup yang dahsyat. Mengapa Tuhan melukis kita ditangan-Nya? Tuhan melukis ditanganNya: a. karena dunia ini tidak aman dan makin hari makin tidak pasti. tetapi hidup orang Kristen mempunyai jaminan. b. karena kita adalah biji mataNya, kita berharga dimata Tuhan. karena kita begitu berharga, kita telah ditebus dengan darahNya dan diberikan Roh Kudus bersama kita. c. karena Dia tahu segala kelemahan dan keterbatasan kita, ketidak mampuan kita, tatkala kita tak mampu Ia beri kuasa ilahi. d. karena Dia tahu setan itu licik dan jahat, dan dapat menyamar sebagai malaikat terang, dia menipu manusia. Oleh sebab itu kita harus hidup dekat selalu sama Tuhan agar dapat menaklukkan iblis. Tuhan meletakkan iblis dibawah telapak kaki orang percaya. Yesaya 49 : 22-26 “Mengetahui Tuhan”

(23)”…..Maka engkau akan mengetahui, bahwa Akulah Tuhan, dan bahwa orang-orang yang menanti-nantikan Aku tidak akan mendapat malu.” Daud berkata: “Hai jiwaku jangan lupa kebaikan Tuhan.” Kadangkala kita tak sadar kebaikan Tuhan.

78

1. Kita sering bersungut-sungut. Jika kita bersungut, kita tak mendengar suara Tuhan. Sungut-2 adalah strategi setan untuk mematikan iman. 2. Kita cenderung menghandalkan manusia (26)”Aku akan memaksa orang-orang yang menindas engkau memakan dagingnya sendiri, dan mereka akan mabuk minum darahnya sendiri, seperti orang mabuk minum anggur baru, supaya seluruh umat manusia mengetahui, bahwa Aku, Tuhan, adalah Juruselamatmu dan Penebusmu Yang Mahakuat, Allah Yakub.” Bagaimana kita mengetahui ditengah masalah kita, bahwa Tuhan berkuasa 1. Ketika kita tidak mau membalas yang jahat dengan yang jahat 2. Jika kita tenang dan berserah pada Tuhan, minta hikmat, wisdom pada Tuhan 3. Jika kita menjaga kekudusan, kesucian dan praktekkan firman. Apa saja yang kita minta, maka Tuhan akan berikan. Yesaya 50 : 1-3 “Hardikan Tuhan”

(2)”….Sesungguhnya, dengan hardik-Ku, Aku mengeringkan laut; Aku membuat sungaisungai menjadi padang gurun, ikan-ikan berbau amis karena tidak ada air dan mati kehausan.” Allah kita adalah Allah yang baik, dan sebagai Bapa, Ia sering menguji kita, dan juga adakalanya Ia menegor dan menghardik kita. 1. ketika kita sudah tidak mau mendengar 2. karena cintaNya pada kita 3. karena Ia tidak mau kita binasa 4. karena Ia sedang merencanakan yang baik bagi kita. Rancangan Allah adalah “Damai Sejahtera” – tetapi seringkali kita dihardik Tuhan. Kapan Tuhan mau menghardik kita 1. ketika kita mengeraskan hati dan tak mau dengar-2an suara Roh Kudus. (Roh Kudus memberikan pengampunan, pertobatan dari Tuhan.) 2. ketika kita kompromi terhadap dosa kita, (kita harus dapat mengalahkan, tidak berkompromi.) 3. ketika kita berhubungan dengan kuasa2 kegelapan, para normal dll. 4. ketika kita diambang dosa perzinahan yang mudah jatuh dalam dosa. Yesaya 50 : 4-11 “Lidah dan telinga seorang murid”

(4)”Tuhan Allah telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.”

79

Orang Kristen biasanya sudah puas kalau menjadi pengikut Yesus;Yesus merancangkan kita bukan jadi pengikut tetapi jadi seorang murid. Sebagai pengikut, Dia tak punya target apa-2. Karena seorang murid itu: 1. harus siap belajar dan punya target yang jelas. 2. harus punya komitment yang jelas 3. harus siap bekerja keras dan berkorban 4. harus ada kemajuan Disatu sisi Tuhan menggambarkan apa sebenarnya hal-2 dahsyat tentang seorang murid? Seorang murid: 1. harus ada interaksi akrab dengan Allah. Komunikasi dengan Allah 2. ia mendengar suara Tuhan, Ia tahu dan ia dapat bedakan yang bukan suara Tuhan 3. harus mau ditegur dan dikoreksi oleh Tuhan untuk kemajuannya. 4. harus ada target pengetahuan sebagai seorang guru 5. harus bersyukur atas perjuangannya dan mencapai kesuksesan. Milikilah: hati, telinga, mulut dan lidah seperti seorang murid. Yesaya 51 : 1-8 “Mengejar Kebenaran.”

(1)”Dengarlah Aku, hai kamu yang mengejar apa yang benar, hai kamu yang mencari Tuhan! Pandanglah gunung batu yang dari padanya kamu terpahat, dan kepada lobang penggalian batu yang dari padanya kamu tergali!” Kebenaran seringkali jadi kata abstrak. Kebenaran bukan sesuatu perbedaan. Kebenaran : 1. itu mutlak, tidak bisa ditawar dan tidak terpengaruh oleh waktu, tak dapat diperdebatkan 2. itu sifatnya kekal (1 + 1 = 2 dst) 3. itu sifatnya consistent “Kebenaran adalah kebenaran” (Yesus adalah Allah) 4. itu sifatnya pribadi, yang perlu kita ikuti dan kita teladani Kita harus mengejar kebenaran “Cari kerajaan Allah dahulu, maka semuanya akan ditambahkan…” (7) Dengarlah Aku’ hai kamu yang mengetahui apa yang benar, hai bangsa yang menyimpan pengajaranKu dalam hatimu! Jangan takut, jika diabaikan oleh manusia dan janganlah terkejut jika dinista oleh mereka.” Mengapa ada hambatan bagi orang yang mengejar kebenaran 1. karena orang ingin dibenarkan, kebenaran sering mengatakan kesalahan. 2. karena orang ingin dikejar oleh kenikmatan dan keuntungan 3. karena seringkali orang ingin hidup santai, tidak berjuang 4. karena orang ingin hidup tanpa tanggung jawab. Yesaya 51 : 9-16 “Takut”

80

(12)”Akulah, Akulah yang menghibur kamu. Siapakah engkau maka engkau takut terhadap manusia yang memang akan mati, terhadap anak manusia yang dibuang seperti rumput,” Perasaan takut menjadi trend hari-2 ini, misalnya, membangun rumah, takut mati, takut penyakit, masa depan dll. Ketenangan hanya dapat didalam Tuhan, jika kita dipenuhi oleh Roh Kudus dalam kuasa bagi yang percaya kepadaNya. Iblis menyamar sebagai malaikat terang, seperti Yoga, hipnotis. Orang Kristen yang benar tidak dapat dipengaruhi oleh hipnotis. Sebab roh yang ada dalam kita lebih besar dari roh-2 yang ada dalam dunia, karena Allah tidak pernah memberi roh ketakutan dan merancang yang jahat. Kapan kita menjadi takut? 1. jika kita jauh dengan Tuhan dan melupakan kuasa Allah 2. ketika kita tak mengingat firman Tuhan. “Aku mengingat janji2 dalam hatiku” kata Daniel. 3. ketika manusia hanya memikirkan hal-2 yang negative. 4. ketika manusia mengarahkan pikirannya pada masallah. Tuhan tidak pernah mengecewakan kita, kita harus memegang pada firmanNya. Yesaya 51 : 17-23 “Dengar suara Tuhan”

(21)”Sebab itu, dengarlah ini, hai engkau yang tertindas, hai engkau yang mabuk, tetapi bukan karena anggur!” (22)”Beginilah firman Tuhanmu, Tuhan, Allahmu yang memperjuangkan perkara umatNya: “Sesunguhnya, Aku mengambil dari tanganmu piala dngan isinya yang memusingkan, dan isi cangkir kehangatan murka-Ku tidak akan kuminum lagi,” Kapan kita mendengar suara Tuhan 1. ketika kita harus mengambil keputusan (masa depan kita) 2. ketika kita sedang diliputi amarah 3. ketika kita sedang merasa gagal dan tak berdaya 4. ketika mau mencapai cita2 target dalam hidup kita 5. ketika kita sedang sukses dan berhasil Yesaya 52 : 1-7 “Pembawa Berita Damai”

(7)”Betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit kedatangan pembawa berita, yang mengabarkan berita damai, dan memberitakan kabar baik, yang menggambarkan berita selamat dan berkata kepada Sion: “Allahmu itu Raja!” Hari-2 ini orang senang mendengar berita-2 TV dengan berita jadi unggulan. Dalam dunia berita ada “bad news” dan ada “good news”. Berita buruk kita mendengar, peperangan, manusia tambah jahat, aksi2 kudeta, perzinahan, perceraian dll. Tetapi setiap orang percaya harus membawa berita baik, berita injil.

81

Bagaimana orang percaya menjadi pembawa berita damai. 1. kita harus memperkenalkan kepada orang lain, yang memusuhi kita sekalipun, bagaimana kasih dan cinta Tuhan kepada sesama kita. 2. kita harus memberitahukan kepada orang lain tentang kebenaran ketika berada dalam hidup dosa 3. kita harus kuatkan orang yang jatuh dan dalam masalah, saling menguatkan dan mengingatkannya akan janji2 Tuhan 4. kita harus memberi semangat dan pujian kepada orang lain yang letih lesu Yesaya 52 : 8-12 “Sucikan dirimu”

(10)”Tuhan telah menunjukkan tangan-Nya yang kudus didepan mata semua bangsa; maka segala ujung bumi melihat keselamatan yang dari Allah kita. Keluarlah dari sana! Janganlah engkau kena kepada yang najis! Keluarlah dari tengah-tengahnya, sucikanlah dirimu, hai orang-orang yang mengangkat perkakas rumah Tuhan!” Kesucian hari-2 ini jadi berita tidak popular, orang senang hidup dalam kenikmatan. Mengapa orang tidak suka hidup dalam kesucian? 1. Tak mau ada pengorbanan 2. karena membutuhkan perjuangan, roh memang penurut, tetapi daging lemah. Roh didalam kita tidak menghibur 3. karena memerlukan keberanian untuk menyalibkan daging, orang yang dipimpin oleh Roh. 4. membutuhkan waktu yang tidak sedikit,kesediaan untuk tetap bertahan. Orang percaya harus keluar dari kenajisan. Mengapa Kekristenan hidup dalam kesucian? Apa berkat yang kita terima akibat kesucian. 1. Kesucian mendatangkan dalam ketenangan (iblis akan mendakwa didepan Tuhan) 2. kesucian menuntun hidup kita diberkati dan masuk dalam kelimpahan (kita jadi kepala tidak jadi ekor) Hidup kita tak ada kegagalan. (Dosa menyebabkan kita gagal. anak-2 hancur . Kehancuran menguasai hidup kita.) 3. kesucian membentengi kehidupan kita dari segala serangan kuasa kegelapan 4. kesucian akan menuntun kita agar peka terhadap suara Tuhan. Yesaya 52 : 1353 : 1-12 “Makna korban Kristus”

(4)”Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipikul dan ditindas Allah.” (5)”Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita, ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.” Yesus bukan seorang nabi saja, tetapi Dia seorang Juruselamat. Mengapa kita mengingini bahwa Yesus adalah Juru Slamat.

82

1. karena Dia berkorban bagi kita dan mencurahkan darahNya untuk menyelamatkan kita. 2. karena Dia memberi kepastian untuk mengampuni dosa-2 kita 3. karena dia memulihkan hubungan kita dengan Bapa dari atas kayu salib, dan sebelah kiri tangan Yesus memegang manusia dan sebelah kanan tangan Yesus memegang tangan Allah Bapa disorga . 4. Karena Dia memberi kepastian sorga buat kita. Dia akan pergi kesitu untuk menyediakan tempat untuk kita dan peroleh hidup kekal. Dia beri jaminan untuk kita Nubuatan melalui Yesaya: - Ia bukan nabi - bukan penyebar agama - Ia menyelamatkan manusia. (7)”Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang kelu didepan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.” Apa makna pengorbanan Kristus itu: 1. Dia sangat dihina, hingga orang menutup matanya, artinya agar kita dibebaskan, memerdekakan kita dan agar kita dipermuliakan 2. tubuhnya dihancurkan agar penyakit kita disembuhkan, tak ada alasan untuk tak percaya 3. Dia menderita agar kita dapat hidup bersuka ria 4. Dia dihukum agar kita hidup dalam kemenangan Yesaya 54 : 1-10 “Berkat dibalik penderitaan”

Penderitaan bagi orang percaya bukan achir dari segala sesuatu. Bagi dunia penderitaan adalah hal terachir. Mengapa penderitaan orang percaya bukanlah suatu achir, justru kita akan melihat hal2 yang luar biasa; 1. karena penderitaan orang percaya adalah hanya sementara, Allah izinkan penderitaan, karena ada maksud Tuhan dibalik penderitaan. Kita akan melihat Tuhan menyediakan mahkota bagi kita 2. karena penderitaan orang percaya akan menghasilkan sesuatu yang baik, seperti Tuhan buang kesombongan, keegoisan kita, Tuhan rubah mulut kita, sehingga hidup kita semakin berkenan. 3. karena penderitaan orang percaya akan mengubah banyak hal dan kita akan dekat dengan Tuhan. Bagaimana berkat-2 Allah disediakan, dibalik penderitaan.

83

1. (2)”Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu!” Kita berusaha untuk hidup dalam iman. 2. (3)”Sebab engkau akan mengembang kekanan dan kekiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi.” Kita akan melihat berkat-2 Allah yang luar biasa 3. (4)”Janganlah takut, sebab engkau tidak akan mendapat malu, dan janganlah merasa malu, sebab engkau tidak akan tersipu-sipu. Sebab engkau akan melupakan malu keremajaanmu, dan tidak akan mengingat lagi aib kejandaanmu.” Kita akan dimerdekakan dari ketakutan 4. (10) “Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman Tuhan yang mengasihi engkau.” Kita akan menikmati kesetiaan Tuhan yang luar biasa artinya walaupun orang mengecewakan. Allah tak pernah mengecewakan kita.Janji Allah pasti “ya” dan “amin Yesaya 54 : 11-17 “Nasib anak-anak orang benar”

(13)”Semua anakmu akan menjadi murid Tuhan, dan besarlah kesejahteraan mereka,” Dunia hari-2 ini penuh kekuatiran, Mengapa orang-2 tua kuatir terhadap anak-anaknya: a. sehingga anak-2nya disekolahkan di luar negeri dll b. anak-2 cenderung menjadi anak-2 masabodo dengan hidup masa depan; generasi yang akan datang mudah menyerah; terpengaruh. c. anak2 sekarang cenderung merokok, narkoba dll. d. anak-2 jadi sex minded, pacaran sebelum nikah Apakah itu harus dicurigai terus? Apa kita harus mencurigai terus anak-2?-mama papa beri teladan dan jadi panutan kepada anak-2nya, orang benar jadi perkasa. Firman Tuhan akan memisahkan anak-2 orang.. (17)”Setiap senjata yang ditempa terhadap engkau tidak akan berhasil, dan setiap orang yang melontarkan tuduhan melawan engkau dalam pengadilan, akan engkau buktikan salah. Inilah yang menjadi bagian hamba-hamba Tuhan dan kebenaran yang mereka terima dari pada-Ku, demikianlah firman Tuhan.” Bagaimanakah nasib anak-2 orang benar? 1. Nasib anak-2 orang benar akan menjadi murid Tuhan. Dia mau jamah anak-2. 2. Hidupnya akan sejahtera “orang benar tidak akan meminta-minta roti” Hidupnya tak ada hutang-2.

84

3. Dia akan lebih berhasil dari ortu-nya. Hari ini lebih baik, hari esok lebih baik dari hari ini. 4. Nasib orang-2 benar akan, mencatat sejarah. Tidak akan bermasalah, jadi anak-2 yang berprestasi, ortu pastikan hidup yang benar, jadi takut akan Tuhan. - Ortu jangan kuatir, pasti Tuhan akan mengarahkan anak-2nya. Yesaya 55 : 1-5 “Hidup dan makna kehidupan”

(3)”Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud.” Hari-2 ini ada pemandangan yang aneh dalam hidup ini. Mereka hidup tapi mati. Artinya 1. dia hidup, dia matikan business orang lain. Agar pangkat naik, dia sikat orang lain. -Jangan menyusahkan orang lain. 2. dia buat susah orang lain 3. dia tak menikmati hidupnya. 4. dia hidup tetapi selalu mau mati Hidup yang disediakan buat kita adalah hidup berkelimpahan. Yesus berkata: “Aku datang untuk beri domba-domba-Ku kelimpahan.” Bagaimana kita hidup asal yang hidup. 1. Kita mengerti karena kita hidup Roh diberikan kepada kita. 2. Jika kita selalu berjalan dengan Tuhan, Ide kehidupan dari Allah. Allah ada sumber kehidupan. 3. Isi hidup kita dengan hal-2 yang berarti Apa artinya hidup : 1. membuat orang lain tersenyum. 2. meluaskan pekerjaan Tuhan 3. untuk memberikan kehidupan untuk orang lain. 4. Belajar hidup ini dari sudut positif -jadi orang-2 bersuka cita, berkat bagi orang lain Yesaya 55 : 6 -13 “Carilah Tuhan”

(6)”Carilah Tuhan selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!” Salah satu keputusan yang terbaik adalah mencari Tuhan. Dengan mencari Tuhan kita memperoleh 1. ketenangan jiwa, keputusan-2 kita berkualitas. 2. kita mendapat tuntunan hikmat Tuhan, dapat menebus tekanan2 dalam kehidupan.

85

3. kita tidak mudah terpancing emosi. Jiwa kita lebih stabil, Allah turut bekerja. 4. kita tidak mudah terpengaruh daripada dunia Dengan mencari Tuhan kita akan melihat kelimpahan berkat2 dari Tuhan (8)”Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikian firman Tuhan.” Bagaimana cara kita mencari Tuhan 1. (7)”Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada Tuhan, maka Dia akan mengasihinya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.” Dengan meninggalkan segala dosa dan kita berpaling pada kebenaran. 2. Dalam doa dengan penuh penyerahan, bukan dengan doa penuh paksaan. “bukan kehendakku yang jadi, akan tetapi kehendak-Mulah yang jadilah.”. 3. Dengan mempraktekkan firman, agar lebih dekat dengan Tuhan 4. Dengan melayani Tuhan dalam sukacita (Tuhan terima kasih Tuhan sudah merubah hidup-Ku) 5. Dengan belajar bersyukur dalam segala keadaan, agar dapat merasakan jamahan kemuliaan Tuhan yang luar biasa dan segala sesuatu akan indah. Yesaya 56 : 1-8 “Rumah Doa”

(7)”mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku.” Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa.” Rumah Doa tidak jadi dengan sendirinya, terutama kita jadikan Rumah Doa, jika 1. keluarga kita jadikan keluarga yang rukun dan damai terlebih dahulu 2. gereja yang membuat/membentuk suasana damai dan sukacita 3. tubuh kita sebagai persembahan yang sejati, hidup kita kuduskan 4. lingkungan yang dapat melayani Tuhan dimana kita dapat sebar luaskan firman Tuhan dan melihat kemuliaan Tuhan. Tuhan membawa kita dan menuntun kita. Bagaimana supaya rumah doa itu dapat berlaku dan terjadi: 1. butuh kerja keras, saling memahami dan saling mengerti. Jangan menyerah, usahakan sampai kita mencapainya. 2. butuh suatu komitment yang menyenangkan dan harus taat. jangan gampang kecewa, maupun cepat menyerah. 3. butuh kesiapan diantara jemaat untuk menyalibkan daging, butuh korban perasaan. hilangkan kesombongan 4. butuh kemajuan dalam hal;-2 rohani mampu mengampuni. .

86

Yesaya 56 : 9-12

“Mereka tidak tahu apa-apa”

(10)”Sebab pengawal-pengawal umat-Ku adalah orang-orang buta, mereka semua tidak tahu apa-apa, meraka semua adalah anjing-anjing bisu, tidak tahu menyalak; mereka merbaring melamun dan suka tidur saja.” Banyak orang yang sok tahu menciptakan masallah. Siapakah orang2 yang disebut orang sok tahu itu? 1. Jika orang yang hidup dalam dosa dan tidak pura-2 sadar 2. jika orang yang merasa uang dapat membeli segala-galanya. (. Uang dapat beli obat tapi tak dapat beli kesehatan, Jadi uang bukan segala-galanya) 3. jika orang yang dikendalikan oleh hawa nafsu sex belaka, nafsu kebinatangan 4. jika orang yang tidak mempersiapkan hari depan dengan benar. Hidup Kristen adalah orang yang hidupnya dikendalikan oleh Roh dan dalam lindungan Tuhan. Apa nasib orang tidak tahu apa-2? 1. Jika hidupnya tak tahu apa-2 maka hidupnya dalam kekosongan dan tanpa arah (orang-2 hari-2 ini gampang jatuh karena jiwanya memiliki kekosongan. 2. hidup hidupnya akan penuh dengan kekecewaan dan kejenuhan 3. hidupnya akan mudah menyakiti orang lain.(Mari kita dituntun oleh Roh Kudus.) 4. Hidupnya menuju neraka. Mari kita berjalan dalam jalannya Tuhan dan menuju je kehidupan yang kekal. Yesaya 57 : 1-5 “Hati yang lurus”

(2)”dan ia masuk ke tempat damai; orang-orang yang hidup dengan lurus hati mendapat perhentian di atas tempat tidurnya. Dunia hari-2 ini penuh dengan kegagalan dan kekuatiran hati. Dunia ini dipenuhi dengan orang2 yang berhati busuk: 1. penendam dan sakit hati 2. ke-egoisan dan keserakahan dalam ekosistim mau merusak alam. 3. iri hati dan kesombongan 4. hati yang luka dan dalam kepahitan (Roma 8 : 28) Kita belajar bagaimana orang beriman, berhati lurus dan melihat penyertaan dan kuasa Tuhan. Kapan kita dapat mengenal orang2 yang mempunyai hati yang lurus: 1. mulutnya pasti membawa berkat dan damai sejahtera, dimanapun dia berada. 2. Sikapnya akan mudah mengampuni dan tidak menyimpan dendam dan sifatnya penuh damai 3. hidupnya tidak dikuasai emosi/pengendalian amarah 4. perbuatannya selalu meninggikan nama Tuhan

87

Kita mengingat akan cerita “maling kundang”. “Barangsiapa menghakimi, dia akan dihakimi” – Jaga mulut, Ingat Allah turut bekerja. Yesaya 57 : 6-13 “Berlindung pada Tuhan”

(13)”..apabila engkau berteriak biarlah berhala-berhalamu melepaskan engkau! Mereka semua akan ditiup angin, akan diterbangkan hembusan nafas. Tetapi orang yang berlindung kepada-Ku akan mewarisi negeri dan akan memiliki gunung-Ku yang kudus.” Ditengah goncang-2an hidup, kita wajib berlindung pada Tuhan, kita dapat hikmat, perlindungan, ketenangan. Bagaimana agar kita senantiasa berlindung pada Tuhan? 1. banyak merenungkan firman Tuhan. Hati menjadi bersih. 2. memiliki kehidupan dalam kasih. 3. Dengan tidak meninggalkan pertemuan-2 ibadah; lewat ibadah kita ditegur melalui firman. 4. Dengan memusatkan pikiran selalu pada Allah. “Bukan kehendakKu yang terjadi, tetapi kehendak-Mu yang terjadi.”… Apa hasilnya/berkatnya orang yang berlindung pada Tuhan. 1. keluarga akan berbahagia ada damai sejahtera.Tuhan menjanjikan ada rumah di bumi dan ada rumah di sorga. 1. Hari depan akan terjamin “Aku tahu rancangan padamu, hari depan penuh harapan…” Tuhan akan memberikan dan mempersiapkan yang luar biasa. 2. Pekerjaan akan berhasil Tuhan adalah Allah supaya anak-2nya berhasil dan ampuni yang bersalah, berdosa, asalkan ia mau kembali pada Tuhan, kutuk akan dihilangkan dari diri kita. Kita harus selalu berlindung pada Tuhan 3. Kita akan senantiasa memilik hati penuh damai dan ketenangan. Daud berkata:”Jika Allah beri Roh Kudus, damai sejahtera ada pada kita, dan tak ada roh ketakutan.” Mazmur 27 : 1 “Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? Tuhan adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?” Yesaya 57 : 14 -21 “Dimana Tuhan bersemayam?”

(15)”Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya: “Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus tetapi juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk.” Dimana Tuhan bersemayam: 1. Tuhan berada di sorga, rumah Bapa yang kekal

88

2. 3. 4. 5. 6.

Tuhan ada di hati kita Tuhan ada di-tengah2 kita, dimana 2 atau 3 orang berhimpun. Tuhan ada ditengah-tengah kita yang sedang memuji melalui puji-2an Tuhan ada sama kita menjalani hidup dengan kekudusan Tuhan berada di saat-2 kita mengalami penderitaan, kecewa dan waktu kita rendah hati

Kenapa kita memerlukan agar Tuhan bersemayam didalam hidup kita: 1. Agar Dia yang mengatur dan memulihkan kita dan menyebabkan semuanya indah, memelihara segala sesuatu 2. Dia akan membongkar dosa dan kejahatan kita. Gelap tak dapat bersatu dengan Terang. Jangan hidup dalam dosa, karena akan membelenggu kehidupan kita. 3. Dia akan menghancurkan perbuatan-2 iblis yang mau memasuki hidup kita. 4. Jika ada Allah yang pihak kita, berarti Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, Tuhan adalah benteng hidupku, 5. Tuhan akan menghadirkan mukjizat Mari kita jadikan hidup keseharian kita agar Tuhan bersemayam.Mari kita jadikan Gereja Tuhan tempat bersemayam. Yesaya 58 : 1-12 “Puasa”

(3)”Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga? -Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu.” (4)”Sesungguhnya kamu berpuasa, sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.” (5)”Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? -Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada Tuhan? Puasa itu bukan aksi mogok makan. Puasa itu belajar memahami kehendak Allah. Puasa itu sedang mau menggantikan makanan jasmani kepada makanan rohani. Mau menyalibkan daging. (6)”Bukan! Berpuasa yang Kauhendaki ialah supaya engkau membuka belenggubelenggu kelaliman dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk,”

89

(7) “supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu yang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!” Hidup Kristen berpuasa berarti - melepaskan belenggu 1. hubungan kita dengan Tuhan diperbaiki 2. hubungan kita dengan firman diperbaiki 3. hubungan dengan sesama kita diperbaiki, kita merendahkan dan mendekati sesama kita, mengampuni kesalahan2 orang lain terhadap kita, kita minta maaf atas kesalahan2 kita terhadap orang lain 4. hubungan dengan sesama lewat kita diperbaiki Ada puasa: Biasa jam 6 pagi sampai jam 6 sore 1. -mengisi keseharian dengan Firman Tuhan 2. Puasa intensif misalnya 3 atau 5 hari artinya 3 x 24 jam tidak makan dan minum air 3. Puasa khusus berhubungan dengan NAZAR kita kepada Tuhan .(Daniel puasa dengan tanpa makan enak2) 4. Puasa 40 Hari menyalibkan daging misalnya pergi ke Gunung, ke Vila, ditempat khusus untuk perjumpaan dengan Tuhan dan hanya minum air putih saja tujuan untuk menguatkan iman kita Yesaya 58 : 13-14 “Hari Sabat”

(13)”Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari sabat “hari kenikmatan”, dan hari kudus Tuhan “hari yang mulia? Apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong.” Mengapa kelelahan terjadi? Manusia mengalami kelelahan karena pagi-2 sudah berjalan kerja, pulang jauh malam dan kurang istirahat. Istirahat itu perlu karena kelelahan mudah membuat kita 1. tidak tenang, mudah emosi (marah) 2. dapat mengoreksi diri dalam hidup 3. dapat membereskan persoalan-2 dgn berpikir jernih 4. memiliki waktu untuk dekat dengan Tuhan. Allah menciptakan alam beserta isinya 6 hari dan hari ke-7 hari istirahat. Allah menekan mengenai hari Sabat. Tuhan menciptakan dan peraturan Sabat bagi manusia. Bukan nama dari harinya Sabat bicara dalam Alkitab adalah istirahat “Marilah kepadaku-semua yg letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”

90

Ada orang pergi kesana-sini keluarnegeri, ke vila, itu bukan istirahat. Istirahat berarti menjumpai Tuhan. “I’ll give you my time” Mengapa hari minggu hari istirahat? Kristus bangkit, Kristus menggenapi Taurat. Apa itu Sabat = hari istirahat (hari minggu adalah hari dimana Yesus bangkit dari kematian) 1. hari untuk istirahat 2. hari untuk Tuhan 3. hari untuk Sharing iman dengan keluarga 4. hari untuk readjust diri sendiri agar diisi dengan merenungkan firman Tuhan, kebaikan/kasih Tuhan – Share with God Yesaya 59 : 1-8 “Hambatan mukjizat”

(1)”Sesunguhnya, tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar;” Allah kita adalah Allah yang ahli untuk mengerjakan hal2 yang tidak masuk akal dan itulah mukjizat:. Apa itu mukjizat? 1. mukjizat itu berhubungan dengan pengampunan dosa . 2. berhubungan dengan memberi kedamaian dan ketenangan. 3. Mukjizat berhubungan dengan keberhasilan, bicara tenang pekerjaan, pekerjaan berhasil. Kita mendapatkan yang sempurna. 4. mukjizat itu hubungan dengan kesembuhan, terhadap penyakit. 5. mukjizat itu hubungan dengan pemulihan ekonomi, “Burung diudara Tuhan pelihara” “Aku datang untuk memberi domba-2Ku kelimpahan.” Allah tidak pernah berubah, janjinya ya dan amin (2)”tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar ialah segala dosamu.” Bagaimana supaya kita menerima mukjizat? 1. kita harus bertobat dan tinggalkan dosa dan segala yang jahat. 2. kita harus menjadi pelaku firman 3. kita harus punya iman, jangan hidup dalam keragu-raguan, kita harus tetap hidup bersemangat 4. kita harus hidup dalam kekudusan. Dimana ada kekudusan disitu ada mukjizat. Yesaya 59 : 9-15 “Memberontak”

(12)”Sungguh, dosa pemberontakan kami banyak di hadapan-Mu dan dosa kami bersaksi melawan kami; sungguh, kami menyadari pemberontakan kami dan kami mengenal kejahatan kami;”

91

(13)”kami telah memberontak dan mungkir terhadap Tuhan, dan berbalik dari mengikuti Allah kami, kami merencanakan pemerasan dan penyelewengan, mengandung dusta dalam hati da melahirkan dalam kata-kata.” (14)”Hukum telah terdesak ke belakang, dan keadilan berdiri jauh-jauh sebab kebenaran tersandung di tempat umum dan ketulusan ditolak orang.” (15)”Dengan demikian kebenaran telah hilang, dan siapa yang menjauhi kejahatan, ia menjadi korban rampasan. Tetapi Tuhan melihatnya, dan adalah jahat di mata-Nya bahwa tidak ada hukum.” Dunia hari-2 ini penuh dengan pemberontakan. Pemberontakan dalam jiwanya: 1. karena kekecewaan 2. karena merasa dirinya benar 3. karena manusia2 tidak mau diatur dan cenderung tidak menerima aturan-2. 4. kecenderungan manusia diperlakukan tidak adil karena hidup dengan khayalan, idealisme, tuntutan. Lepas dari tuntutan kita hidup dengan Kristus. Orang yang sudah di jamah oleh Roh Kudus memiliki hati yang lemah lembut. Jika kita berontak: 1. maka kita akan hadapi dengan hukum Tuhan. Jika kita mau saling menopang, kita mengalami berkat2 Tuhan yang dahsyat. 2. Kita tidak memiliki atau mengalami hari-2 bahagia, maka kita akan hidup susah Yesaya 59 : 16-21 “Tuhan melihat”

(16)”Ia melihat bahwa tidak seorangpun yang tampil, dan Ia tertegun karena tidak ada yang membela. Maka tangan-Nya sendiri memberi Dia pertolongan, dan keadilan-Nyalah sendiri membantu Dia.” Allah yang kita sembah bukan Allah yang buta. 1. Ia tahu masalah kita, Ia tahu penderitaan kita 2. Ia tahu kesungguhan kita, perjuangan kita, Ia akan memahkotai kita 3. Ia tahu bagaimana kita cinta Tuhan. Doa orang benar besar kuasanya. 4. Ia tahu apa yang kita buat. Kita harus hidup benar. Menyadari bahwa Tuhan melihat. 1. kita harus hati-2 dan melakukan yang terbaik, jangan sekali-sekali mengutuk/sumpahin anak-2, karena anak-2 adalah titipan Allah. 2. Kita harus kuat dan beriman pada Tuhan. Kita tahu Dia menolong kita. Tuhan berjanji, tidak seutas rambutpun yang jatuh. Tuhan tidak akan mencobai kita lebih dari kekuataan kita. 3. Kita harus tetap tenang dan berserah penuh kepada Tuhan. 4. Kita harus bersuka cita dan memuliakan Tuhan dalam segala hal.

92

5. Kita sadar bahwa Tuhan melihat Tuhan akan membela kita dan menopang tangannya pada kita pada waktu ada masalah, dalam penderitaan Tuhan tidak pernah lalai akan janji, ia akan memberikan yang terbaik buat kita. Yesaya 60 : 1-13 “Bangkit dan menjadi Terang”

(1)”Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan Tuhan terbit atasmu.” Hidup Kristen adalah hidup yang mempengaruhi dunia. 1. Bangkit dan punya tanggung jawab menjadi saksi Tuhan dan terangi dunia. Dunia in penuh dengan berbagai teori. 2. Kita harus selalu melayani Tuhan, Tuhan berikan anugerah buat kita. 3. Kita harus selalu menyenangkan hati Tuhan, kita dapat menyenangkan Tuhan dengan menghindari dosa. 4. Kita harus selalu mentaati Firman Tuhan Tuhan percayakan pada kita. Mengapa kita harus bangkit dan menjadi terang? Jika kita bicara tentang gelap: 1. Dunia penuh dengan kegelapan, dunia makin hari makin jahat, tak tahu malu, mabok-2 terlihat aurat, dunia makin jadi jahat. Diri kita tidak jadi tenang. 2. Daud berkata :” Makin lama makin berbahaya, iblis merusakkan dunia dan makin berbahaya. “Maka kita harus jadi terang. Siapa lagi yang harus bangkit, Dunia penuh dengan berita-2 yang makin ngeri. strategi iblis makin berbahaya 3. Dibalik bangkit dan terang, ada berkat-2 yang sudah disediakan Tuhan Apapun yang kita hadapi, bangkit dalam terang. Yesaya 60 : 14-22 “Rencana Allah”

(14)”Anak-anak orang-orang yang menindas enkau akan datang kepadamu dan tunduk, dan semua orang yang menista engkau, akan sujud menyembah telapak kakimu; mereka akan menyebutkan engkau “kota Tuhan”, “Sion, milik Yang Mahakudus, Allah Israel.” (20)”Bagimu akan ada matahari yang tidak pernah terbenam dan bulan yang tidak surut, sebab Tuhan akan menjadi penerang abadi bagimu, dan hari-hari perkabunganmu akan berakhir.” Rencana Allah sesuatu yang misterius, sehingga banyak hal yang harus kita buat seperti berpuasa; padahal a. rencana Allah itu jelas, lewat kehidupan kita, jelas dalam firmanNya, tuntunan lewat Roh Kudus. b. rencana Allah itu besar dan penuh harapan c. rencana Allah itu perlu perjuangan; ada tantangan, tetapi orang yang bertahan sampai kesudahan akan mendapat kemuliaan. Setiap kita harus berjalan dengan Rencana Allah.

93

(22)”Yang paling kecil akan menjadi kaum yang besar, dan yang paling lemah akan menjadi bangsa yang kuat; Aku, Tuhan, akan melaksanakannya dengan segera pada waktunya.” Rencana Allah adalah: 1. Agar kita menerima hidup yang kekal, kita diproses. (ketika kita depresi harus tetap bersyukur) 2. Agar kita menerima berkat-2 Allah /agar hidup kita diberkati oleh Allah. Kesusahan yang terjadi, jangan pernah menyalahkan Tuhan, kita koreksi diri dan menyadari kita harus bangkit, “Aku datang untuk memberikan domba-domba-Ku kelimpahan.” 3. Agar kita selalu menjadi berkat (dimanapun kita berada selalu membawa damai dan sejahtera) 4. Agar kita selalu dimuliakan oleh Allah (memahami firman dan melakukannya) Jangan cuma melihat masalah, Tuhan mau menyatakan kemuliaanNya bagi kita.

“Motto” Yesaya 50 : 4 : ”Tuhan Allah telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.” By: Esperanza Lokollo

94

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful