Proses Pembuatan e-KTP

Sekilas info kali ini akan mengulas info seputar elektronik Kartu Tanda Penduduk atau eKTP. Sekilas Info akan memberikan info tentang apa itu e-KTP, Proses Pembuatan e-KTP, dan juga apa kelebihan dari e-KTP dibandingkan dengan KTP biasa. Lansung saja ini dia lets cekedaut!

Apa itu e-KTP e-KTP berasal dari kata Electronic-KTP, atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik Bentuk Fisik : Bahan polyvinyl chloride PVC Tampilan : Hampir sama dengan Kartu Tanda Penduduk biasa ditambah chip sehingga berfungsi sebagai smart card terdapat foto digital dan tandatangan digital. e-KTP berisi : Nomor Induk Kependudukan (N.I.K.),nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin,agama,status perkawinan, golongan darah,alamat,pekerjaan,kewarganegaraan, foto,masa berlaku,tempat dan tanggal dikeluarkan KTP,tandatangan pemegang KTP,Nama dan nomor induk pegawai pejabat yang menandatanganinya, dan Semua data base penduduk ditampung dalam 1 Database Nasional Proses Pembuatan e-KTP 1. Tahap pertama masyrakat harus mengambil form p1.01 yang sudah disediakan 2. Setelah mengisi form tersebut, masyarakat akan melalui pengambilan sidik jari, pemotretan, dan juga verifikasi data 3. Setelah proses pengambilan sidik jari selesai maka akan ditampung di database sidik jari, dan juga apabila verifikasi biodata sudah selesai, data akan dimasukan di database kependudukan berbasis NIK. 4. Setelah proses itu dijalani maka KTP elektronik atau e-KTP sudah bisa di ambil, dan proses pembuatan e-KTP sangat cepat dibandingkan dengan proses pembuatan KTP biasa. Kelebihan e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik

selanjutnya disingkat NIK adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik dan khas. 2. Sebagai alat penyimpanan data elektronik penduduk yang diperlukan. 2. 6 digit kedua memuat tanggal lahir. yaitu sebagai alat memastikan dokumen sebagai milik orang tsb (mencegah pemalsuan dokumen sekaligus mencegah dokumen ganda. 4 digit terakhir memuat nomor urut. tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia. 3. Terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan. Asuransi atau sebagai kartu pemilih pada pemilu legislatif/Presiden/wakil presiden/pemilukada. 2. Kabupaten) 4. berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) Nasional. sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin. Fungsi Dasar e-KTP 1.Dilengkapi Biometrik dan Chip. dan sebagainya 3. Sebagai identifikasi Jati diri. Chip data e-KTP memuat biodata. Dapat berfungsi untuk berbagai kebutuhan dengan chip dimaksud (ID Card. Sebagai autentifikasi diri. 5. Kegunaan Chip 1. . Nomor Induk Kependudukan (NIK) 1. 4. Access Card) dan relatif mudah diintegrasikan dengan sistem lain. ATM Card. • • • Kegunaan Biometrik 1. Berlaku Nasional. 3. Mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP 4. dan mempunyai sistem pengamanan data yang independen) dan sebagai password bagi individu penduduk. sidik jari dan Tanda tangan digital. pembukaan rekening Bank. NIK berlaku seumur hidup dan selamanya. yang diberikan oleh Pemerintah dan diterbitkan oleh Instansi pelaksana kepada setiap penduduk setelah dilakukan pencatatan biodata. 5. NIK terdiri dari 16 digit. yaitu data yang termuat dalam dokumen menunjukkan identitas diri penduduk bersangkutan secara akurat dan cepat. Dapat digunakan sebagai ID Card untu ATM. 6 digit pertama memuat kode wilayah (kode Provinsi. termasuk data biometrik. Sebagai identitas jati diri 2. photo. khusus untuk perempuan tanggal lahir ditambah 40. Data yang termuat dalam Chip dapat dibaca secara elektronik dengan alat tertentu (Card reader) dimana saja. Nomor Induk Kependudukan. Dilengkapi dengan pengaman data di dalam chip itu sendiri.