P. 1
Konsep Kebutuhan Dasar Psikososial

Konsep Kebutuhan Dasar Psikososial

|Views: 1,195|Likes:
Published by Perawat Rusdi

More info:

Published by: Perawat Rusdi on Jun 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2013

pdf

text

original

KONSEP KEBUTUHAN DASAR PSIKOSOSIAL

Oleh: Ns. Wirda Faswita, S.Kep Click to edit Master subtitle style

6/5/12

TIK
Pengertian Psikososial  Aspek Budaya Yang Mempengaruhi Kebutuhan Dasar Psikososial  Kebutuhan Dasar Psikososial Berdasarkan Tahap Tumbuh Kembang

6/5/12

6/5/12 .Pengertian Psikososial  Psikososial berasal dari kata psikologi dan sosial yang merupakan ilmu tentang bagaimana masyarakat berprilaku dalam kehidupan sosial mereka sehari-hari.  Ilmu ini berfokus pada pada apa yang terjadi dalam masyarakat dan bagaimana mereka berinteraksi.

Karakteristik dari suatu kelompok etnik termasuk bahasa.  Etnisitas rasa identitas diri yang berkaitan dengan kelompok kultur sosial umum dan warisan budaya. atau adat istiadat yang disepakati oleh kelompok masyarakat dan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.Aspek budaya yang Mempengaruhi Kebutuhan Dasar Psikososial  Budaya menggambarkan sifat non-fisik seperti nilai. status perpindahan. keyakinan. suku bangsa dan kepercayaan serta praktik religius. sikap. 6/5/12 . dan dialek yang sama.

dan latar belakang etnik.biologis terdapat beberapa cara dimana seseorang dari satu kelompok kultural berbeda secara biologis dari anggota kelompok kultural lainnya. agama.  Organisasi sosial proses sosial adalah suatu bagian warisan yang diturunkankultural.  Komunikasi komunikasi yang jelas dan efektif adalah aspek penting ketika berhubungan dengan klien. terutama jika perbedan bahasa menciptkan rintangan kultural antara perawat 6/5/12 dan klien  Variasi .

 Ruang ruang personal mencakup perilaku individu dan sikap yang ditujukan pada ruang di sekitar mereka. 6/5/12 . dan perawat mempunyai satu sikap yang ditujukan pada waktu yang mungkin menemukan kesulitan untuk memahami dan merencanakanasuhan bagi klien dengan orientasi waktu yang berbeda.  Waktu orientasi waktu beragam diantara kelompok kultur yang berbeda.

 Masa ◦ Infant Selama bulan pertama kehidupan orang tua dan bbl normalnya membangun hubungan kuat yang 6/5/12 . khususnya jika bbl tersebut sakit dan terpisah dari orang tuanya. Perawat harus memberi orang tua dukungan selama proses awal ikatan. membawa bayi baru lahir ke orang tua.Kebutuhan Dasar Psikososial Berdasarkan Tahap Tumbuh Kembang  Masa Neonatus ◦ ◦ ◦ Orang tua dan neonatus harus mempunyai kemampuan dan keinginan untuk saling menggali dan merespon Kontak tubuh yang dekat termasuk menyusui merupakan cara yang paling memuaskan keluarga untuk memulai kontak.

Rasa bersalah muncul dalam diri anak-anak pada 6/5/12 saat mereka berada di luar batasan kemampuan . Keingintahuan mereka dan inisiatif yang berkembang mengarah pada eksplorasi aktif terhadap lingkunan. dan membuat teman baru. Anak-anak mencoba kemandirian dengan menggunakan otot-otot mereka yang berkembang untuk melakukan apa saja untuk mereka sendiri dan menjadi ahli dari fungsi tubuh mereka  Masa ◦ pra sekolah ◦ ◦ Dunia prasekolah meluas di keluarga ke dalam lingkungan tetangga dimana anak-anak bertemu dengan anak-anak lain dan orang dewasa. Masa ◦ Toddler ◦ Menurut erikson (1963). dan perkembangan keterampilan baru. perasaan autonomi muncul selama masa todler.

Remaja harus membentuk hubungan sebaya yang dekat atau tetap terisolasi secara sosial  Masa ◦ dewasa awal ◦ Kesehatan emosional berhubungan dengan kemampuan individu mengarahkan dan memecahkan tugas pribadi dan sosial Dewasa awal kadang terjebak antara keinginan untuk memikul tanggung jawab dewasa  Masa ◦ dewasa tengah Perubahan psikososial pada dewasa tengah dapat meliputi kejadian yang diharapkan. perpindahan anak dari rumah. atau perpisahan dalam pernikahan atau kematian teman. Masa ◦ remaja ◦ Pencarian identitas diri merupakan tugas utama perkembangan psikososial adolesens. 6/5/12 .

Kaji bentuk kontak yang boleh dilakukan keluarga terhadap anak Kaji kemampuan anak dalam merespon kontak Diagnosa  Koping keluarga inefektif b/d kelainan kongenital pada anak 3. Pengkajian • • 2.ASUHAN KEPERAWATAN  Masa ◦ Neonatus dan Infant Masalah: Kesulitan Keluarga untuk memulai interaksi dengan anak 1. Perencanaan  Ciptakan suasana yang nyaman bagi anak sehingga memudahkan proses interaksi  Beri kekuatan dan dukungan pada orang tua 6/5/12 selama proses awal kegiatan .

6/5/12 .4. •. 4. Implementasi Memberi kekuatan dan dukungan pada ortu selama proses awal kegiatan Menciptakan suasana yang nyaman bagi anak sehingga memudahkan proses interaksi Evaluasi  Klien dapat melakukan kontak yang sesuai terhadap anak  Anak merespons kontak yang diberikan orang tua •.

Masa Toddler  Masalah: ◦ Toilet Training Pengkajian Kaji kontrol orang tua terhadap kegiatan toilet ing anak Kaji rasa kepuasan anak saat kegiatan toileting o Diagnosa Toileting yang tidak tepat pada anak berhubungan dengan kelalaian orang tua mengajarkan toilet training oPerencanaan Bantu ortu utk mengarahkan anak melewati proses toilet training yang tepat o Bantu oru memberi pemahaman pada anak bahwa kegiatan toilleting seharusnya dilakukan di toilet o 6/5/12 .

oImplementasi Membatu orang tua memberi pemahaman pada anak bahwa kegiatan toileting seharusnya dilakukan di toilet o Membantu orang tua untuk mengarahakan anak melewati proses toileting yang tepat o oEvaluasi o Anak mengikuti proses toilet training dengan baik Tercapainya hubungan orang tua dengan anak dalam kegiatan toilet training o Anak merasakan kepuasan saat kegiatan toileting dilakukan di toilet o 6/5/12 .

Masa Pra Sekolah  Masalah: ◦ oedipus complex Pengkajian Kaji kedekatan anak lak-laki dengan ibunya Kaji interaksi dan prilaku anak saat bersama kedua orang tuanya ◦ Diagnosa Kecemburuan anak lak-laki terhadap ayahnya berhubungan dengan oedipus complex ◦ Perencanaan Beri arahan kepada ibunya untuk memberi pengertian pada anak bahwa bapak adalah orang yang menyayangi dia dan ibunya Membantu orang tua untuk lebih memhami bahwa prilaku yang terjadi pada anak adalah normal ◦ Implementasi 6/5/12 .

Masa Sekolah  Masalah: ◦ “Pengaruh bermain dengan teman sebaya terhadap prestasi anak” Pengkajian Kaji sejauh mana kedekatan anak dengan teman sebaya Kaji sifat dari teman sebaya anak tersebut Tanyakan kepada anak kegiatan yang dilakukannya di luar rumah Tanyakan kepada anak kegiatan yang dilakukannya di luar rumah Tanyakan apakah orang tua memberi kebebasan kepada anak untuk mengekspresikan pendapatnya ◦ Diagnosa Menurunnya prestasi anak berhubungan dengan ketidakseimbangan waktu bermain dengan belajar 6/5/12 .

◦ Implementasi Menganjurkan agar orang tua memotivasi anak untuk belajar lebih giat Menganjurkan agar orang tua memberi pemahaman kpd anak untuk tidak terlalu bergantung kepada teman sebayanya. Menganjurkan agar orang tua membangun kepercayaan dengan anak Menganjurkan orang tua agar memberitahu anak untuk bisa membagi waktu antara belajar dan kegiatan di luar rumah ◦ Evaluasi Orang tua mau mendengarkan dan menghargai pendapat anak Anak menjalin komunikasi yang baik dengan orang 6/5/12 tua .

Masa Remaja  Masalah: ◦ Percaya Diri Pengkajian Kaji pendapat anak tentang body imagenya sendiri Kaji kedekatan orang tua dengan anak Kaji seberapa jauh pengaruh teman terhadap anak Diagnosa adanya rasa kurang percaya diri berhubungan dengan persepsi remaja terhadap dirinya ◦ ◦ Perencanaan Memberi dukungan pada anak untuk mengekspresikan keluh kesahnya dengan cara yang benar pada orang tua Memberikan kesempatan untuk mengembagkan potensi atau kelebihan yang dimiliki anak 6/5/12 .

◦ Implementasi Mendukung anak untuk mengekspresikan keluh kesahnya dengan cara yang benar pada orang tua Memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi atau kelebihan yang dimiliki anak Menganjurkan orang tua untuk tetap menjalin komunikasi yang lebih dekat dengan anak ◦ Evaluasi Body image anak positif Anak lebih dekat dengan orang tua sehingga dapat menyampaikan keluh esahnya dengan tepat 6/5/12 .

yang meliputi: kondisi.Masa Dewasa Amal dan Madya  Masalah: ◦ Stres Pekerjaan Pengkajian Deskripsi pekerjaan yang biasa dilakukan dan pekerjaan saat ini jika berbeda. Anjurkan klien untk menyesuaikan kemampuan dan kapasitas kerja Anjurkan klien mengatur jadwal kerja dan istirahat ◦ Implementasi 6/5/12 . dan jam kerja. dan durasi bekerja ◦ Diagnosa Meningkatnya kegugupan berhubungan dengan stres akibat pekerjaan ◦ Perencanaan Anjurkan melakukan kegiatan yang dapat menenangkan pikiran. seperti rekreasi dan yoga.

◦ Evaluasi Klien mampu melakukan aktivitas dalam menenangkan diri sehingga stres dapat ditangani Masa Dewasa Akhir (LANSIA) Pengkajian  Kaji interaksi yang terjadi antara lansia dengan keluarga Kaji keluh kesah lansia Kaji seberapa sering keluarga bersama lansia   Kaji apakah lansia memiliki kesibukan misalnya berhubungan dengan organisasi sosial  Tanyakan apakah lansia memiliki kesibukan misalnya hubungan dengan organisasi sosial  6/5/12 .

Implementasi Menganjurkan keluarga utk lebih memahami bahwa lansia butuh perhatian lebih  Menganjrkan keluarga untuk mendengarkan keluh kesah dan pendapat klien lansia  Menganjurkan klien lansia utk bergabung dengan organisasi sosial  Evaluasi  Lansia merasa lebih diperhatikan Lansia berinterkasi dengan organisasi sosial  6/5/12 .

TERIMA KASIH Click to edit Master subtitle style 6/5/12 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->