P. 1
Paper Mata n Penglihatan

Paper Mata n Penglihatan

|Views: 93|Likes:
Published by AffanMuh

More info:

Published by: AffanMuh on Jun 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2012

pdf

text

original

Nama NIM

: Ersti Ulfa Atmawati : 080810072 FISIKA MATA DAN PENGLIHATAN

Indra penglihatan terdiri dari 3 komponen utama:  Mata yang memfokuskan bayangan dari dunia luar ke retina peka-cahaya  Sistem jutaan syaraf yang menyalurkan informasi jauh ke dalam otak  Korteks penglihatan- bagian dari otak tempat ”semuanya dipadukan” Mekanisme mata sangat canggih, sehingga banyak orang yang memiliki penglihatan yang baik. Orang-orang ini dinamakan EMETROP Sedangkan yang memiliki penglihatan yang kurang sempurna adalah AMETROP ELEMEN PEMFOKUS PADA MATA Mata memiliki 2 komponen pemfokus mata. 1. Kornea Tonjolan jernih di mata depan yang melakukan sekitar 2/3 kegiatan pemfokusan. Kornea bekerja dengan cara membiaskan berkas cahaya. Indeks bias hampir konstan untuk semua kornea, tetapi kelengkungannya bervariasi untuk tiap orang. 2. Lensa Terdiri dari lapisan-lapisan mirip bawang dan semua lapisan tersebut memiliki indeks bias yang berbeda.

6 kPa(12 mmHg) • Vitreous humor Zat jernih mirip jel yang mengisi ruang antara lensa dengan retina. dan jumlah cairan yang berlebihan keluar melalui sebuah selang drainase. • Retina-Detektor cahaya pada mata . butuh waktu ± 5 menit agar iris membuka penuh. Cairan ini terdiri dari air yang di produksi terus menerus. • Aqueous humor Cairan ini mengisi ruang antara lensa dengan kornea. dan kedap cahaya. kanalis Schlemm.ELEMEN MATA YANG LAIN: • Iris dan Pupil Lubang di bagian tengah iris tempat cahaya masuk ke lensa. Diameter pupil dapat berubah dari ± 3 mm pada keadaan terang dan menjadi ± 8 mm pada keadaan temaram. • Sklera penutup seluruh mata kecuali kornea yang kuat. Iris tdk berespons secara langsung thd perubahan tingkat cahaya. berwarna putih. Di sebut jg korpus vitreous. Fungsinya membantu mata mempertahankan bentuknya dan pada dasarnya permanen. dan butuh waktu ± 5 dtk agar iris dapat menutup sebanyak mungkin. Aqueous humor mempertahankan tekanan internal mata pd sekitar 1.

namun sebagian besar penglihatan terbatas pada makula lutea atau bintik kuning. Batang paling sensitif pd cahaya biru-hijaun(λ=510 nm) MEKANISME PENGLIHATAN .Fungsi: mengubah bayangan cahaya mjd impuls listrik syaraf yang di kirim ke otak.d. Retina menutupi hampir ½ belakang bola mata. Banyak di jumpai di fovea sentralis. Kerucut terutama di gunakan untuk penglihatan siang hari atau fotopik. O 1 = P Q I=(Q/P)O Dgn I= ukuran bayangan P= Jarak benda Q= jarak bayangan O= ukuran benda Terdapat 2 tipe umum reseptor cahaya di retina: 1. Sensitif thd sinar merah (λ=650 s. Persamaan untuk menentukan ukuran bayangan di retina. Batang Digunakan untuk penglihatan di malam hari atau skotopik. Kerucut Terletak di belakang beberapa lapisan jaringan saraf. 750 nm) 2.

Namun jika pupil dibuat sangat kecil. dapat juga digunakan untuk megetahui apakah seseorang suka membaca atau tidak. Ukuran optimum untuk pupil adalah 3-4 mm untuk mata emetrop. Mereka memperkirakan bahwa hanya 10 foton yang benar-benar diserap batang. Namun jika pupil mjd jauh lebih kecil maka difraksi menimbulkan efek pada ketajaman penglihatan. Untuk menguji ketajaman penglihatan ada beberapa cara yaitu bagan snellen dan uji yang menggunakan pola garis hitam putih • Bagan Snellen Ahli optometri menggunakan bagan snellen untuk memeriksa ketajaman penglihatan. Faktor utma yang berperan adalah aksi potensial acak. Selain untuk ketajaman mata.Cahaya – Kornea – aqueous humor – lensa mata – vitreous humor – retina – Otak AMBANG PENGLIHATAN Berdasarkan hasil akhir dari eksperimen Hecht. KETAJAMAN PENGLIHATAN Menurut ahli fisika ketajaman penglihatan disebut sebagai resolusi mata. Dan Pirenne pada tahun 1942 memperlihatkan bahwa apabila sekitar 90 foton yang masuk ke mata pd kondisi optimum. Pupil yang kecil meningkatkan ketajaman penglihatan. cahaya terlihat dalam 60% waktu. . Schlaer. EFEK DIFRAKSI MATA Pola difraksi pada mata terjadi di pupil. ketajaman menjadi lebih jelek akibat efek difraksi. Hal ini tidak menimbulkan efek pada kehidupan sehari-hari. karena orang yang lebih sering membaca akan mengenali bentuk huruf lebih cepat. Sumber cahaya titik tidak akan difokuskan pada satu kerucut karena efek difraksi. Eksperimen selanjutnya menunjukkan bahwa diperlukan cukup 2 foton yang benar-benar diserap batang untuk menimbulkan sinyal visual.

sedangkn untuk huruf hitam pada latar belakang putih adaah sekitar 3. sudut minimum atara dua garis hitam dapat terlihat terpisah adalah sekitaar 0. sedangkan pada penglihatan normal dibaca 40 kaki. Dengan uji pola garis puih hitam yang semkin lama semakin sempit kita dapat mengetahui resolusi mata. • • • Pola Garis Hitam Putih Ketajaman penglihatan ditentukan oleh karakteristik kerucut di fovea. Resolusi huruf huruf putih pada latar belakan hitam adalah sekitar 10^-3 radian.Apabila hasil uji mata 20/40 maka hanya dapat membaca dari 20 kaki. Hal ini . Sudut ini tidak bergantung pada jarak pandang.10^-4 radian. kombonasi satu garis putih dan satu garis hitam disebut psangan garis(line pair.3 miliradian. Resolusi dinyatakn dalam sudut yang berlawanan terhadap mata. lp) • • Pada kondisi optimum mata tidak bisa membedakan suatu pola dengan sekitar 30 lp/mm sebagai garis-ggris yang terpisah.

Kontra (C) antara dua daerah didefiniskan sebagai: C= ( I1 − I 2 ) ( I1 + I 2 ) Dengan I 1 & I 2 adalah intensitas dua daerah. Kemampuan mata mengenali garis yang terpisah juga tergantung pada kehitaman dan keputihan. Satuan densitas kegelapan disebut OD(optical density) Didefinisikan sebagai I OD = log 0 I      Dengan I0= intensitas cahaya tanpa penyerapan I = Intensitas cahaya dengan penyerapan I o = Intensitas cahaya tanpa penyerapan ILUSI OPTIS Contoh: Ilustrasi garis lurus yang tampak bengkok dan garis-garis yang panjangnya sama tampak tidak sama panjang. relatif terhdap garis garis tersebut.berati berarti bahwa mata yagn baik hanya akan membca 20/60 pada bagan snellen jika bagan dibuat dalam format putih diatas hitam. Resolusi jauh lebih rendah apabila garis tersebut adalah dua garis keabu-abuan dibandingakn dengan apaila salah satunya hitam dan yang lain putih. .

dan lihatlah apa yang terjadi. Ternyata ada sebuah lubang di tangan.Otak memadukan dua sinyal dari kedua mata kita sebagai bukti buat gulungan kertas letakkan di salah satu mata kita dan padanglah sebuah dinding polos. Persamaan dasar lensa sederhana: 1 1 1 = + F P Q Untuk: F = panjang fokus P = jarak benda Q = jarak bayangan Kekeuatan lensa di definisikan dalam dioptri (D) D=1/F Panjang fokus lensa konvergen dianggap sebagai positif Sedangkan panjang fokus lensa negatif dianggap minus Gambar Pembentukan Bayangan Pada Lensa . Ilusi mata juga berguna dalam pembuatan film kartun GANGGUAN PENGLIHATAN DAN KOREKSINYA Kacamata (Lensa korektif) untuk membantu gangguan penglihatan. Kemudian letakkan tangan kita yang lain disamping gulungan tersebut.

Ametropia dibagi menjadi empat tipe: Masalah pemfokusan Miopia Hiperopia Nama umum Pnglhtn dekat Pnglhtn jauh Penyebab umum Bola mata panjang atau kornea terlau lengkung Boal mata pendek atau kelengkungan kornea Astigmatisme kurang Kelenkungan kornea tidak Lensa merata Presbiopia Mata tua Kurangnya akomodasi silindris/kontak keras Kacamata bifokal Gambar Masalah Pemfokusan pada mata Diperbaiki dengan® Lensa minus Lensa plus .Gangguan penglihatan akibat masalah pemfokusan(refraktif) disebut ametropia.

PENGLIHATAN WARNA DAN ABERASI KROMATIK  Mata dapat melihat banyak warna akan tetapi hanya tiga jenis kerucut yang dapat merespon terhadap sinar dari bagian spektrum yang berlainan.orang dengan hiperopia akan memerlukan lensa plus yang lebih besar sedangkan orang dengan astigmatisme membutuhkan lensa kontak keras yang dibuat agar pas dengan radius terbesar kornea. Orang dengan miopia yang memakai lensa kontak akan memerlukan lensa minus yg lebih kecil. Yang ditemukan sekitar 1900 an tetapi bru sktar 1950 an masalah medis dan teknis yang terkait dengan pemakaiannya dapat diatasi. dan ruang kosong di bawah bagian kornea lainnya terisi oleh air mata.Jenis lensa korektif lainnya selain kacamata ialah lensa kontak.  Aberasi kromatik adalah defek umum pada lensa sederhana yang disebabkan oleh berubahan indeks bias akibat panjang gelombang. .

Efek purkinje adalah efek warna khusus yang kadang-kadang terlihat pada sore hari hal ini diakibatkan meningkatnya peran batang dibanding kerucut. .Jadi warna kuning memiliki kesalahan pemfokusan 0.

Sebagai partikel.cahaya dapat diabsorbsikan oleh sebuah molekul tunggal. 1) Kuat Cahaya / Intensitas Cahaya (I) Jumlah arus cahaya yang dipancarkan dari sumber cahaya tiap satuan sudut ruang. Satuan penerangan Luks yg didefinisikan 1 Luks sebagai kuat penerangan bidang yg tiap 1 m2 bidang menerima arus 1 Lm cahaya listrik (flouresen) cahaya gas cahaya dari lilin / minyak gas . Satu lilin internasional (Cd = kandela) ialah kuat cahaya yang memberikan cahaya sebanyak 1/20 x banyaknya cahaya yg dipancarkan oleh 1 cm2 platina pada titik lebur 2) Arus Cahaya / Fluks Cahaya (F) banyaknya tenaga cahaya yg dipancarkan dari sumber cahaya tiap satuan waktu. Sebagai gelombang. dominan Cahaya yang Artifisial (cahaya buatan) Sifat Cahaya Kecepatan dari sebuah cahaya akan berubah ketika berpindah dari sebuah medium ke medium yang lain.cahaya memhasilkan interferensi dan difraksi. Satuan arus cahaya adalah Lumen (Lm) yg didefinisikan.CAHAYA DALAM BIDANG MEDIS Sumber Cahaya • • Cahaya Alam (natural lightning) sumber utama. 1 Lm = arus cahaya yg dipancarkan dari sumber sekuat 1 kandela dalam 1 stredial 3) Kuat Penerangan (E) jumlah arus cahaya tiap satuan luas. Dan perubahan kecepatan cahaya disebut indeks refraksi Cahaya dapat dideskripsikan menjadi gelombang dan partikel. FOTOMETRI DAN SATUANNYA Fotometri : Ilmu tentang pengukuran kuantitas cahaya.

dengan rumus. E = F/A F = arus cahaya dalam lumen A = luas bidang dalam m2 E = kuat penerangan dalam Luks 4) Terang Cahaya besar kuat cahaya tiap cm2 dari luas permukaan sumber cahaya yg terlihat. dengan rumus. e = I/A e = terang cahaya dalam satuan lilin/cm2 (stilb) I = kuat cahaya dalam lilin (candela) A = luas permukaan sumber cahaya PENGUKUR CAHAYA – FOTOMETER SEDERHANA Bintik Minyak R1 R2 maka : I1 R1 2 = I2 R2 2 .

Sinarsinar yg melalui fiberglas akan dipantulkan secara sempurna sehingga gambaran dalam tubuh akan terlihat . Terdapat foto sel yang hanya menghasilkan listrik jika dijatuhi cahaya.Cahaya matahari 100.Bulan purnama 0.Lampu gedung bioskop 50. Phototherapi: Panjang gelombang tertentu dari cahaya dapat meningkatkan atau menghambat enzim tertentu dan aktifitas sel.untuk mengetahui ada tidaknya gejala hidrosefalus atau kelainan lain dalam tubuh.dihamburkan sedemikian rupa sehingga membentuk cahaya spesifik 2) Endoskop alat untuk melihat ruang di dalam tubuh.003 luks APLIKASI CAHAYA Aplikasi cahaya dalam dunia medis adalah untuk diagnosa dan terapi. kelainan testes dan payudara.Ruangan aula 300 luks .Rungan membaca 150 luks . Mekanisme phototherapi menggunakan efek unik dari bebagai cahaya untuk menyingkap penyakit fisik dan mental. menentukan pneumetoraks. Cahaya masuk.000 lux .2 lux . SINAR TAMPAK Digunakan untuk secara langsung bagian-bagian tubuh luar ataupun dalam jika ada kelainan.000 luks .LUKS METER / LIGHT METER.bintang 0. Terdiri dari fiberglas dan lampu. Arus listrik yg dihasilkan diukur dengan galvanometer yg skalanya telah diubah dalam Luks. Data kuat penerangan . Luks meter dipakai untuk menentukan waktu exposure (pencahayaan). 1) Transilluminasi transmisi cahay melalui jaringan tubuh.

dan lampu cahaya hitam Spektrum ungu ultra dari lampu : a) Lampu merkuri tekanan rendah (253 nm) b) Lampu merkuri tekanan tinggi (200-230 nm) c) Lampu fluoresen ( >320 nm) d) Lampu cahaya hitam (366 nm) INFRA RED Dipakai untuk sterilisasi oleh karena punya sifat bakterisid Punya efek terhadap kulit dalam hal pembentukan vitamin D Dapat menyebabkan kulit kemerah-merahan (erithema) Menyebabkan foto keratitis dan katarak pada lensa mata dan cairan mata bisa mengalami fluoresen yg bersifat sementara tanpa perubahan patologis Sumber : cahaya matahari. lampu matahari/sun lamp. tekanan rendah lampu merkuri. tekanan rendah lampu merkuri. dan lampu cahaya hitam Spektrum ungu ultra dari lampu : a) Lampu merkuri tekanan rendah (253 nm) . lampu matahari/sun lamp.3) Sitoskop alat untuk melihat struktur di dalam kandung kencing 4) Protoskop alat yg dipergunakan melihat struktur rektum (dubur) 5) Bronkhoskop alat untuk melihat bronkhus paru-paru ULTRA UNGU/ULTRAVIOLET Dipakai untuk sterilisasi oleh karena punya sifat bakterisid Punya efek terhadap kulit dalam hal pembentukan vitamin D Dapat menyebabkan kulit kemerah-merahan (erithema) Menyebabkan foto keratitis dan katarak pada lensa mata dan cairan mata bisa mengalami fluoresen yg bersifat sementara tanpa perubahan patologis Sumber : cahaya matahari.

Keempat biasanya digunakan adalah warna merah. biru. yang membantu untuk meningkatkan suasana hati dan meringankan rasa sakit. hijau. Suatu sumber cahaya yang mempunyai keluaran dengan panjang gelombang sekitar 415 nm dimana photoporphyrin III yang dihasilkan bakteri Staphylococcus aureus sensitif terhadap panjang gelombang cahaya tersebut. alat yg dapat membangkitkan panjang gelombang tertentu (merah. kuning) kemudian menggunakan elektroda yg diletakkan pada penderita untuk pengobatan Terapi warna merupakan bentuk fototerapi. dan merupakan sumber cahaya yg di emisi sebagai berkas cahaya yg monokromatis yg masing-masing gelombang dalam satu fase bersama-sama dengan berkas cahaya lainnya yg berdekatan (cahaya koheren) dan paralel. Macam laser: Berdasarkan material pembentukan laser di kenal bermacam –macam laser yaitu: 1. LASER (Light amplification by stimulated emission of radiaton) Laser menghasilkan sumber cahaya dengan intensitas yg besar dan fase koheren. (terapi untuk bakteri jenis jerawat) Color therapy (pengobatan warna) . yang perjalanan melalui otak.b) Lampu merkuri tekanan tinggi (200-230 nm) c) Lampu fluoresen ( >320 nm) d) Lampu cahaya hitam (366 nm) SINAR BIRU energi sinar diserap oleh molekul tertentu secara selektif. Blue LEDs mempunyai unit operasi panjang gelombang 415 nm dan daya 40 mW/cm2.dan daya yg dihasilkan akan semakin besar jika semua energinya dikonsentrasikan pada satu titik tertentu. energi cahaya diubah menjadi impuls listrik. memicu pelepasan hormon seperti serotonin dan endorfin. biru. Ketika mata melihat sinar berwarna cahaya. Terapi Warna sangat santai dan biasanya berlangsung antara 15 menit dan 1 jam. Sinar laser dapat difokuskan pada suatu titik yg berdiameter beberapa mikron saja. dan putih. ungu. yg berwarna memberikan sinar cahaya ke berbagai bagian tubuh. Laser p-n junction .

Laser Argon Memberi tingkat daya kontinu yg tinggi (1-15 W) dengan spektrum 515 nm. Laser CO2 Memberi daya 50-500 W.Belum banyak digunakan. dipakai untuk memotong plastik logam setebal 1 cm .serta pulsa 10-100 ns (nano second) 2. kegunaan : untuk foto coagulase pembuluh darah di dalam mata penderita yg mengalami diabetes retinopathy 4.laser ini bekerja melalui suatu tekanan yg rendah serupa dengan neon dgn daya 100 mW 3. beroperasi pd daerah merah dengan kepadatan arus103 A/cm2 atau lebih . Laser He-Ne Beroperasi pd daerah merah dengan spektrum 633 nm.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->