P. 1
Keterampilan Abad 21

Keterampilan Abad 21

|Views: 37|Likes:
Published by Muh Samsudin
Ketrampilan yang Perlu dimiliki abad 21
Ketrampilan yang Perlu dimiliki abad 21

More info:

Published by: Muh Samsudin on Jun 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/25/2013

pdf

text

original

Keterampilan Abad 21

1. Fokus pada peningkatan penguasaan akademik. Penguasaan akademik
diintegrasikan pada isu global; finansial, ekonomi, dan kewirausahaan; kewarganegaraan; melek kesehatan, dan melek lingkungan. 2. Meningkatkan keterampilan belajar dan berinovasi diakui sebagai sesuatu yang menentukan tingkat kesiapan siswa menghadapi kehidupan dan lingkungan pekerjaan yang semakin kompleks di abad 21. Kondisi ini dihadapi oleh siswa yang disiapkan maupun yang tidak disiapkan. Fokus penyiapan adalah meningkatkan keterampilan esensial yaitu meningkatkan kreativitas-inovasi, berpikir kritis-pemecahan masalah, berkomunikasi-berkoloborasi untuk masa depannya. 3. Keterampilan mendayagunakan informasi, media, dan teknologi informasi komunikasi (TIK). Umat manusia abad ke-21 tinggal dalam genangan lingkungan media dan teknologi sehingga membentuk karakteristik khas, termasuk: 1) memiliki akses ke banyak informasi, 2) beradaptasi pada perubahan perangkat teknologi yang berubah cepat, dan 3) kemampuan berkolaborasi serta mengembangkan kontribusi individu pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Agar hidupnya efektif di abad 21, maka orang harus menunjukkan kecakapan fungsional dan berpikir kritis terhadap informasi, media dan teknologi. 4. Hidup dan Berketerampilan Karir Lingkungan kehidupan yang kompleks, dunia kerja yang semakin kompetitif di era informasi global mengharuskan siswa untuk lebih memperhatikan pengembangan kemampuan hidupnya dan keterampilan berkarir. Siswa memiliki kecakapan mengembangkan daya fleksibilitas dan daya adaptasi terhadap perubahan yang cepat.

• • •

Beradaptasi dengan peran yang bervariasi, tanggung jawab dalam bekerja, jadwal dan konteks pekerjaan Bekerja secara efektif dalam iklim yang kurang menentu dan prioritas yang berubah Menunjukkan fleksibelitas terhadap perubahan, memberikan umpan balik yang fositif, memberikan pujian, mengkritik, belajar memahami, bernegosiasi, dan mengembangkan keseimbangan pandangan dan keyakinan untuk merumuskan solusi terbaik, menghadapi keragaman kultur, merupakan tantangan yang perlu siswa sikapi dengan mempersiapkan keterampilan untuk menghadapinya. Berinisiatif dan mengarahkan diri- siswa konsisten pada tujuan yang telah ditetapkan, meraih target jangka pendek, mengembangkan strategi jangka menengah, memanfaatkan waktu, mengelola beban pekerjaan secara efisien, bekerja mandiri, memonitor, menetukan prioritas, bekerja tanpa pengawaasan dan jadilah pelajar yang dapat diarahkan. Melampaui penguasaan keterampilan dasar belajar untuk mengeksplorasi informasi, belajar sindiri, mengarahkan diri sendiri merupakan keahlian penting untuk memperoleh kesempatan mendapatkan keahlian. Menunjukkan inisiatif menuju pada peningaktan keterampilan profesional Menunjukkan komitmen belajar sepanjang hayat. Merefleksikan daya kritis terhadap pengalaman masa lalu dalam rangka menyikapi informasi masa depan.

• • •

Mengembangkan keterampilan berinteraksi dalam lintas sosial budaya melalui interaksi efektif dengan sesama yang dikembangkan melalui peningkatan keterampilan o Tahu kapan saat tepat untuk mendengarkan, berbicara. o Memperlakukan diri sendiri dan orang lain secara profesional dan terhormat. o Berkerja efektif dalam tim yang beragam o Menghormati perbedayaan budaya dan bekerja dengan orang dari latar belakang budaya yang berbeda. o Menanggapi pikiran orang lain secara terbuka o Memanfatkan perbedaan sosial budaya untuk mengembangkan ide-ide inovatif dan meningkatkan kualitas pekerjaan Produktif dan akuntabel; o Terampil mengelola proyek, memenuhi tujuan, menghadapi hambatan, menghadapi tekanan, dan bersaing. o Menentukan prioritas, merencanakan, mengelola pekerjaan untuk meraih target yang diharapkan. o Menghasilkan produk yang bermutu. o Menunjukkan sikap bekerja yang positif, dan etis. o Efektif dalam mengelola waktu. o Menghadapi keragaman pekerjaan. o Berpartisipasi aktif, dapat diandalkan, dan tepat waktu o Berkolaborasi dan bekerjasama secara efektif dengan tim o Menghormati dan menghargai keberagaman tim. o Bertanggung jawab atas hasil yang terwujud. Kepemimpinan dan Tanggung Jawab Dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan tangggung jawab sekolah perlu melatih siswa o Menggunakan keahlian berkomunikasi interperosonal dan memecahkan masalah untuk mempengaruhi orang, membimbing orang untuk meraih tujuan bersama. Mengembangkan pengaruh terhadap orang lain, mengilhami orang lain untuk mecapai sesuatu yang lebih baik melalui contoh-contoh yang dilakukan sendiri. Menunjukkan integritas dan prilaku etis dalam menggunakan pengaruh dan kekuasaan. Bertanggung jawab pada kepentingan komunitas yang lebih besar.

o

o o

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->