P. 1
Pedoman Penulisan Skripsi Teknik Geologi UPN Veteran Jogja

Pedoman Penulisan Skripsi Teknik Geologi UPN Veteran Jogja

|Views: 1,069|Likes:
Published by Andar A. Putra

More info:

Published by: Andar A. Putra on Jun 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/11/2013

pdf

text

original

PEDOMAN PENYUSUNAN PROPOSAL SKRIPSI DAN LAPORAN SKRIPSI MAHASISWA (S-1) JURUSAN TEKNIK GEOLOGI FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL UNIVERSITAS

PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA

1. PENGERTIAN Tugas akhir mahasiswa Program Studi Teknik Geologi FTM UPN “Veteran” Yogyakarta tingkat sarjana (S1) adalah membuat skripsi. Skripsi merupakan sebuah karya ilmiah tertulis yang disusun untuk memperoleh gelar sarjana, berdasarkan hasil penelitian terhadap suatu masalah yang dilakukan secara tersistem, seksama, dan prosedural, di bawah bimbingan dosen. Isi yang dikandung dalam penulisan ilmiah hendaknya bersumber dari fakta dan data serta kalimat yang digunakan seharusnya bersifat ilmiah tidak bersifat emosional. 2. BUKU PEDOMAN Buku Pedoman Penyusunan Proposal Skripsi dan Laporan Skripsi ini disusun sebagai arahan untuk memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Buku ini memuat aturan-aturan standar yang harus dipenuhi, antara lain keseragaman format, tata tulis, dan isi tiap-tiap bahasan, yang berlaku di lingkungan Program Studi Teknik Geologi Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta. Oleh karena itu, semua mahasiswa tingkat akhir yang sudah memenuhi syarat untuk menempuh tugas akhir (dan dosen pembimbing) hendaknya memiliki buku ini.

JURUSAN TEKNIK GEOLOGI FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA 2006

3. BAHASA Dalam penulisan laporan skripsi digunakan Bahasa Indonesia baku. Dianjurkan untuk mengacu pada buku “Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan”. Hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian dan kesalahan-kesalahan yang sering dijumpai dalam laporan skripsi antara lain:

1

• • • •

Kaidah-kaidah tata bahasa Indonesia yang harus ditaati. Kalimat-kalimat yang tidak utuh dan lengkap. Penggunaan “di” sebagai kata depan untuk menyatakan tempat dan “di” sebagai awalan. Pemakaian huruf kapital yang tidak tepat di dalam kalimat. • Setiap alinea dimulai dengan indenisasi 1,27 cm dari tepi kiri kertas. Jarak antara alinea satu dengan alinea lainnya ditambah 1 (satu spasi), sehingga menjadi 2,5 spasi.

Judul bab menggunakan huruf kapital semuannya, sedangkan judul sub-sub bab dan anak-anak bab menggunakan kapitalisasi pada awal kata saja, semuanya tanpa tanda titik pada akhir judul (lihat contoh halaman 15).

Naskah final skripsi tidak boleh mengandung kesalahan atau perbaikan kesalahan. 4. FORMAT UMUM • Ukuran Kertas Jenis Kertas Jenis Huruf Bab : A4 : HVS 80 mg : Times New Roman 12 untuk teks, 14 untuk Judul

Pada judul kalimat yg digunakan adalah bahasa indonesia juga dapat diterjemahkan di bawahnya dalam bahasa Inggris. Contoh : Judul : KAJIAN KARAKTERISTIK FISIK BATUGAMPING FORMASI PACIRAN UNTUK BATU PUALAM. (STUDY CHARACTERISTIC PHYSICAL LIMESTONE OF PACIRAN FORMATION FOR USED MOSAIK STONE)


Spasi

: 1,5 untuk teks, dan 1 untuk abstrak/sari. Jarak judul sub bab/anak bab terhadap kalimat di atas maupun bawahnya menyesuaikan, dengan memperhatikan aspek estetika. Keterangan foto-gambar 1 spasi •

Peristilahan asing, nama fasies, dan nama fosil dicetak miring

Warna Sampul

: Biru Muda

Untuk laporan skripsi dianjurkan dilengkapi dengan glosarium pada bagian akhir laporan.

• •   •

Jumlah Halaman seluruh bab : Maksimal 65 hal (?) tidak termasuk lampiran Jenis Jilidan : Hard cover (Skripsi), Soft cover (Proposal- sampul plastik kuning) Batas-batas tulisan : 3,5 cm dari tepi atas dan kiri, 3 cm

5. KERANGKA 5.1. Kerangka Proposal Proposal skripsi disusun tanpa menggunakan sistem pembagian bab. Dalam penulisannya, mulai dari item 1 (Judul), pada setiap pergantian item bahasan tidak perlu berganti halaman.

dari tepi kanan dan dan bawah Lampiran-lampiran : Lampiran bisa dalam buku dan/atau dalam kantong. Nomor Halaman : Terletak di sudut kanan bawah (untuk semua halaman, lembar lampiran diberi nomor halaman)

2

Susunan kerangkanya adalah sebagai berikut: HALAMAN DEPAN/ JUDUL HALAMAN PERSETUJUAN

Jika di dalam proposal diperlukan adanya gambar/ ilustrasi, sebaiknya gambar/ ilustrasi tersebut dimasukkan di dalam tubuh karangan .

5.2. Kerangka Skripsi DAFTAR ISI 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 9. JUDUL ABSTRAK LATAR BELAKANG PENELITIAN RUMUSAN MASALAH TUJUAN PENELITIAN LOKASI PENELITIAN HASIL / KELUARAN YANG DIHARAPKAN Bagi Institusi Bagi Masyarakat Bagi Pemerintah KAJIAN PUSTAKA HALAMAN DEPAN/ JUDUL HALAMAN PERSETUJUAN HALAMAN PERSEMBAHAN (apabila ada) KATA PENGANTAR ABSTRAK DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR GAMBAR DAFTAR LAMPIRAN BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Penelitian 1.2. Sistematika Penelitian 1.3. Maksud dan Tujuan Penelitian 1.4. Lokasi dan Kesampaian daerah 1.5. Hasil Penelitian / Keluaran 1.6. Manfaat *: - Bagi Keilmuan - Bagi Institusi Catatan : • • Paling sedikit harus dikemukakan 2 (dua) manfaat hasil penelitian Bagi proposal yang diajukan untuk mendapatkan dana harus dilampiri dengan rencana anggaran. - Bagi Masyarakat - Bagi Pemerintah BAB 2. KAJIAN PUSTAKA /DASAR TEORI / PUSTAKA TERPILIH BAB 3 METODOLOGI BAB 4 PENYAJIAN DATA (Judul Bab disesuaikan dengan keperluan)

8. MANFAAT*: - Bagi Keilmuan

10. METODOLOGI DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN-LAMPIRAN: - Jadwal Penelitian - Anggaran Penelitian *

3

BAB 5 PEMBAHASAN/ ANALISIS (Judul Bab disesuaikan) BAB 6 KESIMPULAN DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN-LAMPIRAN GLOSARIUM ( Daftar istilah; contoh perhitungan; contoh algoritma dll ) Catatan : Jumlah bab minimal 6, boleh lebih, disesuaikan dengan kebutuhan. 6. PENJELASAN SINGKAT 6.4. Halaman Persetujuan 6.1. Judul Judul ialah nama penelitian yang melukiskan secara singkat tentang isi pokok tulisan. Pemilihan kata yang digunakan untuk judul, sebaiknya sederhana, lugas, tidak bombastis, dan tidak provokatif. 6.2. Halaman Judul Halaman judul/ halaman depan, merupakan halaman pertama dalam sebuah proposal/laporan skripsi. Formatnya secara umum tidak berbeda dengan sampul (cover). Yang dicantumkan pada halaman judul ialah: • • • • • • Judul penelitian yang seluruh karakternya ditulis dengan huruf kapital, dan disusun secara simetris. Jenis laporan ilmiah: SKRIPSI (ditulis dengan huruf kapital) Nama dan nomer mahasiswa penyusun laporan Simbol Perguruan Tinggi. Nama Jurusan, Fakultas, dan Perguruan Tinggi. Tahun penyetujuan/ kelulusan. 6.4. Halaman Persembahan dan Motto Halaman ini memuat motto atau peribahasa yang dirasakan sesuai dengan gejolak kejiwaan atau suasana kebatinan penulis pada saat menyusun tulisannya. Di halaman ini dapat pula dituliskan, kepada siapa karya yang kita susun ini dipersembahkan (hal2 yang utama misalnya bapak…., ibu) (lihat contoh halaman 12) 6.5. Latar Belakang Penelitian Halaman Persetujuan merupakan halaman baru atau halaman yang berbeda dengan Halaman Judul. Isi halaman persetujuan adalah: • • • • • • • judul laporan, nama dan nomer mahasiswa penyusun, jenis laporan, kalimat yang menyatakan tujuan pembuatan laporan, tanggal penyetujuan, nama-nama pembimbing beserta tanda tangan masing-masing, dan persetujuan jurusan 6.3. Abstrak Merupakan bagian tulisan yang berdiri sendiri, menyampaikan informasiinformasi penting dan paling esensial dari seluruh tulisan, atau hasil temuan yang spesifik, dalam bentuk tepat, singkat, dan jelas. Panjangnya tidak lebih dari satu halaman. Dalam penyusunan proposal maupun laporan skripsi, dianjurkan untuk menggunakan abstrak tipe esensi, bukan tipe ringkasan

(lihat contoh halaman 7 dan 8 ).

4

1) Latar Belakang Permasalahan merupakan penjelasan fenomena yang diamati dan menarik perhatian peneliti dan bukan merupakan alasan pemilihan judul. 2) Latar Belakang Penelitian apabila memungkinkan dapat didukung oleh data penunjang, yang dapat digali dari sumber utama dan/atau sumber kedua seperti hasil penelitian terdahulu, jurnal dan internet . 3) Latar Belakang Penelitian memuat hasil penelitian terdahulu (dari jurnal) dengan menyebutkan sumber jurnal yang dipakai sebagai referensi. Penyusunan latar belakang utamanya mengemukakan latar belakang penelitian dari pentingnya persoalan tersebut dijadikan obyek penelitian , atau hal-hal yang menjadikan alasan mengapa penelitian ini dilakukan. 6.6. Rumusan Masalah Rumusan masalah disajikan secara singkat dalam bentuk kalimat tanya yang isinya mencerminkan adanya permasalahan yang perlu dipecahkan sehingga rumusan masalah bisa dipakai pertimbangan menyusun judul dan hipotesa. Bagian ini harus bersifat operasional dan jelas batasannya. Permasalahan akan dibahas dan dikupas lebih lanjut di dalam bab 3 ( dalam metodologi) , serta hasilnya harus dijawab di dalam kesimpulan. 6.7. Tujuan Penelitian Tujuan Penelitian merupakan arah pelaksanaan penelitian. Dalam Tujuan Penelitian diuraikan apa yang akan dicapai. Oleh karena itu, biasanya Tujuan Penelitian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti dan pihak lain yang berhubungan dengan penelitian tersebut. 2) Cara penulisan dari subbab ke subbab yang lain harus tetap mempunyai 6.8. Lokasi Telitian Bagian ini menyatakan dengan jelas lokasi, letak geografis, kondisi geografis, letak astronomis, dan letak administratif daerah penelitian. Dapat dikemukakan pula di sini, luas serta cara pencapaiannya 3) Penulisan nama pengarang dalam Endnotes atau Footnotes yang bersumber dari kepustakaan tidak perlu mencantumkan gelar akademik. keterkaitan yang jelas dengan memperhatikan aturan penulisan pustaka. 6.9. Hasil Penelitian Hasil penelitian merupakan keluaran setelah penelitian selesai dilaksanakan. Hasil penelitian dapat berupa peta, model, formula, konsep, teori, dan sebagainya. 6.10. Manfaat Penelitian Dalam uraian tentang Manfaat Penelitian, dijelaskan tentang kegunaan dan sumbangan yang dapat diberikan sehubungan dengan dilakukannya dan hasil penelitian tersebut. Uraian ini akan menjadi dasar informasi untuk mengajukan saran dan rekomendasi kepada pihak lain yang ingin mengadakan penelitian lebih lanjut. 6.11. Pustaka terpilih dan Dasar teori Kajian Pustaka merupakan ulasan singkat tetapi jelas tentang hasil-hasil penelitian terdahulu yang dianggap paling berkaitan, paling berperan, atau mendasari penelitian yang sekarang dilakukan oleh penulis. Sedangkan Landasan Teori merupakan ulasan singkat dari konsep-konsep/teoriteori/formula-formula yang digunakan dalam penelitian. Penulisan Dasar teori memperhatikan : 1) Dasar teori sebaiknya menggunakan acuan yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti dan acuan-acuan yang berupa hasil penelitian terdahulu (bisa disajikan di Bab II atau dibuat sub-bab tersendiri)

5

4) Untuk memperoleh hasil penelitian yang baik, studi pustaka harus memenuhi prinsip kemutakhiran dan keterkaitannya dengan permasalahan yang ada. Apabila menggunakan literatur dengan beberapa edisi, maka yang digunakan adalah buku dengan edisi terbaru, jika referensi tidak terbit lagi, referensi tersebut adalah terbitan terakhir. Dan bagi yang menggunakan Jurnal sebagai referensi pembatasan tahun terbitan tidak berlaku. 5) Semakin banyak sumber bacaan, semakin baik, dengan jumlah minimal 10 (sepuluh) sumber, baik dari teks book atau sumber lain misalnya jurnal, artikel dari majalah, Koran, internet dan lain-lain.

penerbit, dan halaman atau jumlah halaman (lihat contoh halaman 14). Yang tercantum di dalam Daftar Pustaka tara lain berupa: • • • penelitian-penelitian terdahulu untuk topik yang sejenis, buku-buku teks yang konsep/teori/formulanya digunakan karangan ilmiah atau artikel baik yang diterbitkan maupun yang tidak diterbitkan yang ada hubungannya dengan isi tulisan. 6.14. Lampiran Lampiran memuat hal-hal yang jika dimasukkan ke dalam tubuh karangan/laporan akan mengganggu alur penulisan, misalnya : • • • • Data mentah atau olahan hasil penelitian Penurunan rumus/ contoh perhitungan Analisis/diskripsi hasil pengujian baik lapangan maupun laboratorium Peta-peta, dll.

6.12. Metodologi dan Tahapan Penelitian Metodologi mencakup metode, prosedur, dan peralatan yang digunakan dalam penelitian. Metode penelitian menguraikan tentang cara yang ditempuh dalam penyelesaian penelitian, meliputi formula, variabel, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan data, analisis data, serta cara penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian. Dalam prosedur diuraikan tahapan atau urutan pelaksanaan penelitian secara rinci. Sementara peralatan yang digunakan merupakan alat-alat pengumpulan data baik lapangan maupun laboratorium.

Lampiran dapat berbentuk tabel, gambar, peta, dsb. Peta berukuran besar dilipat secara benar dan rapi sehingga dapat dimasukkan ke dalam kantong yang dilekatkan pada sampul belakang bagian dalam. 6.15. Glosarium

Glosarium merupakan daftar istilah-istilah penting yang digunakan di dalam 6.13. Daftar Pustaka tulisan/laporan, beserta arti atau penjelasannya. Penyusunannya berdasakan urutan abjad.

Bagian ini memuat semua bahan dan sumber acuan yang dipergunakan dan atau dirujuk dalam penelitian atau penyusunan karangan/laporan. Daftar Pustaka disusun berdasarkan abjad, meliputi nama penulis, tahun penerbitan, judul tulisan, seri/volume penerbitan,

6

FORMAT HALAMAN DEPAN (PROPOSAL) BIDANG KAJIAN:

2003 (Tahun Pengajuan) FORMAT HALAMAN PERSETUJUAN (PROPOSAL)

PROPOSAL PENELITIAN

JUDUL PENELITIAN

JUDUL PENELITIAN
Bidang Kajian Oleh: Nama MHS NIM Nama MHS NIM Pembimbing Biaya yang Diperlukan Sponsor ……………………. Mengetahui, Pembimbing I * (Pembimbing Materi) __________________ NIP. Pengusul, : : Yogyakarta, : : : : 1……………………… 2. ……………………..

________________________ NIM. Menyetujui, Ketua Jurusan

JURUSAN TEKNIK GEOLOGI FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA

___________________

7

NIP. Ket * tidak perlu ditulis/dikutip FORMAT HALAMAN DEPAN (SKRIPSI)

(Tahun Penyetujuan/Kelulusan) FORMAT HALAMAN PERSETUJUAN (SKRIPSI)

JUDUL PENELITIAN JUDUL PENELITIAN
SKRIPSI SKRIPSI Oleh: Nama MHS NIM Oleh: Nama MHS NIM Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Teknik Geologi Yogyakarta, ……………………. Menyetujui, Pembimbing I *(Pembimbing Materi) Pembimbing II *(Pembimbing Teknis)

_____________________ NIP. JURUSAN TEKNIK GEOLOGI FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA 2003

________________________ NIP. Mengetahui, Ketua Jurusan

8

________________________ NIP * tidak perlu ditulis/dikutip FORMAT HALAMAN DAFTAR PUSTAKA DAFTAR PUSTAKA

Contoh FORMAT BAB BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang

• Adler, P.M. (1996), Transport in fractal porous media, Journal of Hydrology, 187,
195-213.

• Barthelemy, P., C. Jacquin, J. Yao, J.F. Thovert, & P.M. Adler (1996),

Hierarchical structures and hydraulic properties of a fracture network in the causse of Larzac, Journal of Hydrology 187, 237258

• Bear, J., C.F. Tsang, & G. de Marsily (1993), Flow and Contaminant Transport in
Fractured Rock, Academic Press, Inc., 560 hal.

……………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………….. 1.2. Rumusan Masalah ……………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………. ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………….. 1.3………………………. Dst. ______________________________________________________________ _____ note : Judul dan relevansinya ditentukan MATERI KAJIAN meliputi PENGETAHUAN BIDANG GEOLOGI DENGAN MINAT BIDANG KAJIAN A : Petrologi, Hardrock, Vulkanologi

• Bekri, S, J.F. Thovert, & P.M. Adler (1997), Dissolution and deposition in
fractures, Engineering Geoloy, Vol 48 Nos. 3-4, Elsevier, 283-308

• Bonacci, O., F. Fritz, & V. Denic (1995), Hydrogeology of Slanac Spring Croatia,
Hydrogeology Journal, Vol. 3, No. 3, 31-40.

• Buachidze, G.J. & T.Z. Kiknadze (1992), Hydrogeology of karst in West Georgia,

Hydrogeology of Selected Karst Regions, Vol 13, IAH, Verlag Heinz Heise, 273-285.

• Drogue, C. (1992), Hydrodynamic of karstic aquifers : Experimental sites in the
Mediteranean Karst, southern France, Hydrogeology of Selected Karst Regions, Vol 13, IAH, Verlag Heinz Heise, 97-109.

• ……………….,Laporan Proyek (1991) Bappeda Gunungkidul, Program

Pemanfaatan dan Pelestarian Sumber Air Sebagai Usaha Penanggulangan Kekeringan di Kabupaten Gunungkidul, Pem. Kab. Dati II Gunungkidul, 38 hal.

9

B : Stratigrafi, Paleontologi, Sedimentologi C : Geologi Struktur, Tektonik D : Geologi Lingkungan, Bencana Alam, Geowisata E : Hidrogeologi, Geologi Teknik, F : Pertambangan, Sumberdaya Mineral G : Migas, Energi

10

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->