rpp-trigonometri

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi

: SMK : MATEMATIKA : XI/1 : 1-3 : jam @ 45 menit : Menerapkan perbandingan,fungsi, persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah : Menentukan dan menggunakan nilai perbandingan suatu sudut :1 Menentukan Perbandingan trigonometri suatu sudut dari sisi-sisi segitiga sikusiku secara mandiri 2 Menggunakan Perbandingan trigonometri untuk menentukan panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku melalui diskusi kelompok 3 Menentukan nilai perbandingan trigonometri sudut -sudut diberbagai kuadran melalui diskusi kelompok I. Tujuan Pembelajaran Pertemuan 1 : Setelah pembelajaran selesai, siswa dapat: Menentukan perbandingan trigonometri dari suatu sudut dari sisi-sisi segitiga siku-siku secara mandiri Pertemuan 2 : Setelah pembelajaran selesai, siswa dapat: mengunakan perbandingan trigonometri untuk menentukan panjang sisi dan besar sudut dari segitiga siku-siku melalui diskusi kelompok Pertemuan 3 : menentukan nilai perbandingan trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran melalui diskusi kelompok II. Materi Ajar Pertemuan 1 : Perbandingan trigonometri Pertemuan 2 : Panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku Pertemuan 3 : Perbandingan trigometri di berbagai kuadran

Kompetensi Dasar Indikator

III. Metode Pembelajaran A Tutorial / Ceramah. B Diskusi kelompok. C Tanya jawab D Pemberian tugas

tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari. Alat . Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 A Kegiatan Awal (15’) Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek Absensi Guru menjelaskan topik. tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari. strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari B Kegiatan Inti (110’) menjelaskan pengetian perbandingan trigonometrisuatu sudut segitiga siku-siku secara mandiri menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut segitiga siku-siku secara mandiri C Kegiatan Akhir (10’) peserta didik mengerjakan tes formatif Guru memberikan tugas/PR ditutup dengan doa Pertemuan 2 A Kegiatan Awal Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek Absensi Guru menjelaskan topik. Perangkat penilaian . Soal teori 3. tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari. Lembar kerja 4. strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari B Kegiatan Inti menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut diberbagai kuadran melalui diskusi kelompok menerapkan konsep perbandingan trigonometri pada program keahlian C Kegiatan Akhir peserta didik mengerjakan tes formatif Guru memberikan tugas/PR ditutup dengan doa V. Modul/bahan referensi 2.IV. strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari B Kegiatan Inti menentukan panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku menggunakan perbandingan trigoniometr melalui diskusi kelompoki C Kegiatan Akhir peserta didik mengerjakan tes formatif Guru memberikan tugas/PR ditutup dengan doa Pertemuan 3 A Kegiatan Awal Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek Absensi Guru menjelaskan topik. Bahan dan sumber belajar 1.

d. c. Tes lisan 3. Penilaian 1.VI. Pengamatan 4. tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari. Tanya jawab Pemberian tugas IV. Metode Pembelajaran a. b. Tujuan Pembelajaran Pertemuan 1 : setelah pembelajaran selesai. Tutorial / Ceramah. Diskusi kelompok. Penugasan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi : SMK : Matematika : XI/1 : 4-5 : jam @ 45 menit : menerapkan perbandingan. strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari . Materi Ajar Pertemuan 1 : koordinat kartesius dan kutub Pertemuan 2 : konversi koordinat kartesius dan kutub III. persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar Indikator : mengkonversi koordinat kartesius dan kutup :1 membedakan koordinat kartesius dan koordinat kutup secara mandiri 2 mengkonversi kooordinat katesius ke koordinat kutup atau sebaliknya sesuai prosedur dan rumus yang berlaku melalui diskusi kelompok I.fungsi. 2. Tes teori (tertulis) bentuk essay. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 A Kegiatan Awal (15’) Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek Absensi Guru menjelaskan topik. siswa dapat: membedakan koordinat kartesius dan koordinat kutup sesuai dengan pengertianya secara mandiri mengkonversi koordinat kartesius ke koordinat kutub atau sebaliknya sesuai dengan prosedur dan rumus yang berlaku melalui diskusi kelompok II.

Tes teori (tertulis) bentuk essay. Penilaian 1. Penugasan . Soal teori 3. 2. Lembar kerja 4. tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari. Alat .B Kegiatan Inti (110’) menjelaskan pengertian koordinat kartesius dan kutub secara mandiri menggambar letak titik pada koordinat kartesius dan koordinat kutub secara mandiri C Kegiatan Akhir (10’) peserta didik mengerjakan tes formatif Guru memberikan tugas/PR ditutup dengan doa Pertemuan 2 A Kegiatan Awal (15’) Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek Absensi Guru menjelaskan topik. Bahan dan sumber belajar 1. Perangkat penilaian VI. Pengamatan 4. Tes lisan 3. strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari B Kegiatan Inti (110’) mengkonversi koordinat kartesius ke koordinat kutub atau sebaliknya melalui diskusi kelompok C Kegiatan Akhir (10’) peserta didik mengerjakan tes formatif Guru memberikan tugas/PR ditutup dengan doa V. Modul/bahan referensi 2.

Metode Pembelajaran A Tutorial / Ceramah. Tujuan Pembelajaran Pertemuan 1 : Setelah pembelajran selesai. Materi Ajar Pertemuan 1 : aturan sinus Pertemuan 2 : aturan kosinus III. B Diskusi kelompok. persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar Indikator : menentukan dan menggunakan nilai perbandingan suatu sudut :1 menerapkan aturan sinus untuk mentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga melalui diskusi kelompok 2 menerapkan aturan kosinus untuk mentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga melalui diskusi kelompok I. C Tanya jawab D Pemberian tugas .Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi : SMK : MATEMATIKA : XI/1 : 6-7 : 3 jam @ 45 menit : menerapkan perbandingan. siswa dapat : Menggunakan aturan cosinus untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut suatu segitiga dengan mempresentasikan hasil diskusi kelompok II.fungsi. siswa dapat : Menggunakan aturan sinus untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut suatu segitiga dengan mempresentasikan hasil diskusi kelompok Pertemuan 2 : Setelah pembelajaran selesai.

Modul/bahan referensi 2. Tes teori (tertulis) bentuk essay. Pengamatan 4. tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari. strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari B Kegiatan Inti(110’) menerapka atuaran cosinus menggunakan aturan kosinus untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut suatu segitiga melalui diskusi kelompok dan mempresentasikannya C Kegiatan Akhir(10’) peserta didik mengerjakan tes formatif Guru memberikan tugas/PR ditutup dengan doa V. Tes lisan 3. 2. Penilaian 1. Soal teori 3. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 A Kegiatan Awal (15’) Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek Absensi Guru menjelaskan topik. Perangkat penilaian VI.IV. Penugasan . strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari B Kegiatan Inti (110’) menerapkan atuaran sisnus menggunakan aturan sinus untuk menetukan panjang sisi atau besar sudut suatu segitiga melalui diskusi kelompok dan mempresentasikannya C Kegiatan Akhir (10’) peserta didik mengerjakan tes formatif Guru memberikan tugas/PR ditutup dengan doa Pertemuan 2 A Kegiatan Awal (15’) Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek Absensi Guru menjelaskan topik. Alat . tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari. Bahan dan sumber belajar 1. Lembar kerja 4.

tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari. B Diskusi kelompok. Materi Ajar Pertemuan 1 : Luas segitiga Pertemuan 2 : Luas segitiga III. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 A Kegiatan Awal (15’) Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek Absensi Guru menjelaskan topik. persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar Indikator : menentukan dan menggunakan nilai perbandingan suatu sudut :1 menentukan rumus luas segitiga secara mandiri 2 menentukan luas segitiga dengan menggunakan rumus luas segitiga secara mandiri I.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi : SMK : MATEMATIKA : XI/1 : 8-9 : 3 jam @ 45 menit : menerapkan perbandingan. siswa dapat : Menentukan rumus luas segitiga secara mandiri Pertemuan 2 : Setelah pembelajaran selesai.fungsi. Metode Pembelajaran A Tutorial / Ceramah. strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari B Kegiatan Inti (110’) menjelaskan konsep luas segitiga . C Tanya jawab D Pemberian tugas IV. Tujuan Pembelajaran Pertemuan 1 : Setelah pembelajaran selesai . siswa dapat : Menghitung luas segitiga dengan menggunakan rumus luas segitiga secara mandiri II.

Tes lisan 3. Modul/bahan referensi 2. 2. strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari B Kegiatan Inti (110’) menerapkan beberapa rumus luas segitiga yang terkait dengan fungsi trigonometri menentukan luas segitiga secara mandiri C Kegiatan Akhir (10’) peserta didik mengerjakan tes formatif Guru memberikan tugas/PR ditutup dengan doa V.C Kegiatan Akhir (10’) peserta didik mengerjakan tes formatif Guru memberikan tugas/PR ditutup dengan doa Pertemuan 2 A Kegiatan Awal (15’) Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek Absensi Guru menjelaskan topik. Tes teori (tertulis) bentuk essay. persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar Indikator : menerapkan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut :1 menerapkan rumus trigonometri jumlah dua sudut untuk menyelesaikan soal secara mandiri 2 menerapakan rumus trigonometri selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal secara mandiri . Penilaian 1. Pengamatan 4. Perangkat penilaian VI. Soal teori 3. Bahan dan sumber belajar 1. tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari.fungsi. Lembar kerja 4. Alat . Penugasan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi : SMK : MATEMATIKA : XI/1 : 10-12 : 3 jam @ 45 : menerapkan perbandingan.

siswa dapat : Menggunakan rumus trigonometri selisih dua sudut untuk menyelesaikan soa secara mandiril Pertemuan 3 : Setelah pembelajaran selesai. Materi Ajar Pertemuan 1 : Rumus trigonometri jumlah dua sudut Pertemuan 2 : Rumus trigonometri selisih dua sudut Pertemuan 3 : Rumus trigonometri sudut rangkap III. siswa dapat : Menggunakan rumus trigonometri sudut rangkap dalam menyelesaikan soal melalui diskusi kelompok II. siswa dapat : Menggunakan rumus trigonometri jumlah dua sudut untuk menyelesaikan soal secara mandirl Pertemuan 2 : Setelah pembelajaran selesai. strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari B Kegiatan Inti (110’) Menguraikan bentuk rumus trigonometri jumlah dua sudut dan menerapkan rumus tsb dalam menyelesaikan soal secara mandiri C Kegiatan Akhir (10’) peserta didik mengerjakan tes formatif Guru memberikan tugas/PR ditutup dengan doa . C Tanya jawab D Pemberian tugas IV.I. Metode Pembelajaran A Tutorial / Ceramah. tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari. B Diskusi kelompok. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 A Kegiatan Awal (15’) Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek Absensi Guru menjelaskan topik. Tujuan Pembelajaran Pertemuan 1 : Setelah pembelajaran selesai.

2. Lembar kerja 4. Pengamatan 4. Penugasan . Alat . strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari B Kegiatan Inti (110’) Menguraikan bentuk rumus trigonometri selisih dua sudut dan menerapkan rumus tsb dalam menyelesaikan soal secara mandiri Kegiatan Akhir (10’) peserta didik mengerjakan tes formatif Guru memberikan tugas/PR ditutup dengan doa Pertemuan 3 A Kegiatan Awal (15’) Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek Absensi Guru menjelaskan topik. Penilaian 1. Perangkat penilaian VI. strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari B Kegiatan Inti (110’) Menentukan dan menggunakan rumus trigonometri sudut rangkap dalam menyelesaikan soal melalui diskusi kelompok C Kegiatan Akhir (10’) peserta didik mengerjakan tes formatif Guru memberikan tugas/PR ditutup dengan doa V. Soal teori 3. tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari. Modul/bahan referensi 2.Pertemuan 2 A Kegiatan Awal (15’) Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek Absensi Guru menjelaskan topik. Tes teori (tertulis) bentuk essay. tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari. Bahan dan sumber belajar 1. Tes lisan 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful