P. 1
Makalah Web Resmi

Makalah Web Resmi

|Views: 159|Likes:
Published by zaky_friends

More info:

Published by: zaky_friends on Jun 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/17/2013

pdf

text

original

COVER ANALISIS SISTEM OFFICIAL SNMPTN 2012

1

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kepada Allah SWT karena berkat Beliau-lah tugas makalah ini bisa selesai. Dan tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah membimbing saya selama ini dengan sabar dan penuh tanggung jawab, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini tepat waktu. Tugas kali ini akan membahas tentang Analisis Sistem . Mudah-mudahan dengan adanya tugas ini kita bisa mengambil hikmahnya dan bisa mengambil inti dari pembahasan makalah tersebut. Saya sebagai penyusun atau pembuat dari makalah ini berharap semoga bisa bermanfaat bagi semua orang yang membacanya. Meskipun dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan yang dilakukan. Maka dari itu kritik dan saran sangat di butuhkan untuk masukan supaya ke depannya bisa menjadi pelajaran yang berharga dan bisa membuat makalah yang lebih baik lagi. Terima kasih.

Pasuruan, 05 Mei 2012

Penyusun

2

DAFTAR ISI Cover Situs……………………………………………………………………... 1
KATA PENGANTAR…………………………………………………………… 2 DAFTAR ISI……………………………………………………………………... 3 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang……………………………………………………….………… 4 1.2 Kegunaan (Usability)……………………………………………..…..……….... 5 1.3 Tampilan (User Interface)..……………………………………..…………….... 5 BAB II ANALISIS SITUS 2.1 Analisis Tampilan Situs……………………………….…………….………… 6 2.2 Analisis Halaman Situs…………………………………………..…………..... 15 BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan……………………………………………………………………. 16 3.2 Saran ……………….…………………………………………………………. 16 DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………...….......... 17

3

BAB I Pendahuluan 1.1 Latar Belakang 1.1.1 Gambaran umum SNMPTN
Untuk mempermudah kita masuk diperguruan tinggi negeri yang kita inginkan kita bisa mendaftar melalui jalur SNMPTN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), disini kita juga bisa memilih Universitas negeri mana saja yang kita inginkan dan juga bisa memilih fakultas beserta jurusan yang akan kita masuki.

1.1.2 Latar belakang Laman Resmi SNMPTN
Dengan kemajuan zaman sekarang kita bisa melakukan apa saja dengan menggunakan kecanggihan internet, contoh nya transaksi jual – beli barang secara online, mencari teman sebanyak-banyaknya didunia maya, daftar SNMPTN, dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lain. Disini saya akan membahas tentang cara daftar SNMPTN secara online, dengan adanya situs ini bisa memper mudah bagi siapa saja yang ingin mendaftar SNMPTN, kita tidak perlu bersusah payah pergi ke suatu Universitas untuk mendaftar sebagai Mahasiswa baru disana cukup dengan kita pergi ke warnet terdekat atau bisa dilakukan dirumah sendiri jika computer anda sudah terhubung dengan internet. Kemudian ikuti langkah-langkah atau cara untuk mendaftar nya

1.1.3 Aspek bahasan Situs
Situs laman resmi SNMPTN ini dikembangkan untuk mempermudah bagi orang-orang yang mau mendaftar keperguruan tinggi negeri yang mereka inginkan. Diharapkan dengan adanya situs ini Sumber Daya Manusia di

Negara kita semakin cerdas dan modern mengikuti kemajuan teknologi saat ini.

4

Kemudahan untuk mengakses dan menjalankan situs ini sangat berpengaruh penting untuk si pengguna, agar si pengguna bisa tertarik untuk mengakses situs ini jadi kita sebagai pengelolah (admin) dari situs ini harus biasa membuat situs ini sesempurna mungkin untuk memikat orang-orang agar mau menggunakan situs ini. Aspek utama yang patut kita bahas dalam suatu proses pembuatan situs yaitu kegunaan (Usability) dan tampilan (User Interface).

1.2

Kegunaan (Usability)
Kegunaan (Usability) sangat berperan penting dalam pengembangan sebuah situs. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplementasikannya pada sebuah situs. Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses perancangan.

1.3

Tampilan (User Interface)
Tampilan (User Interface) ini juga tidak kalah pentingnya dari Usability karena User Interface ini berfokus kepada tampilan dari situs ini sendiri, kegunaan dari User Interface adalah untuk memper indah tampilan dari suatu situs sebagai daya tarik tersendiri agar orang-orang (pengakses) tertarik untuk mengakses situs yang telah kita buat.

5

BAB II ANALISIS SITUS
Situs yang akan dibahas pada makalah ini adalah Laman resmi SNMPTN pada tahun 2012. Situs ini pada intinya berisi tentang pendaftaran ke perguruan tinggi negeri secara online. Situs ini juga berisi tentang informasi yang berhubungan dengan cara melakukan pendaftaran, cara transaksi pembayaran dan pengumumanpengumuman yang berhubungan dengan Mahasiswa baru yang akan mengikuti tes dan pengumuman masuk atau tidak nya diperguruan tinggi negeri yang telah kita pilih. Pada halaman pertama disitus ini memang terlihat simple sehingga tidak membingungkan orang-orang yang mengakses situs ini. 2.1 2.1.1 Analisis Tampilan Situs Header Pada halaman utama disitus ini, pengguna dihadapkan pada header yang berisi logo Tutwuri Handayani yang berada disebelah pojok kiri atas yang merupakan symbol dari pendidikan di Indonesia, ditengah ada tulisan “Laman Resmi SNMPTN 2012 (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2012)” yang merupakan judul dari situs ini sendiri, dan disebelah pojok kanan atas ada logo gambar bendera merah putih disertai juga dengan tulisan “Kepercayaan dalam kebersamaan” yang merupakan semboyan dari situs ini.  Permasalahan dari Header : a. Warna background dan logo “Tutwuri Handayani” sama-sama biru sehingga kelihatanya samar dan tidak cocok. b. Penulisan judul dengan warna putih kurang memperjelas warnanya sehingga warna dari judul itu kalah dengan tulisan “2012” dan “Kepercayaan dalam kebersamaan” sehingga judul dari situs ini kurang menonjol. c. Penempatan background yang berwarna sama dengan warna header nya membuat tampilanya kurang bagus dilihat. d. Ukuran teks judulnya tidak seimbang, ada yang terlalu kecil dan ada yang terlalu besar. Sehingga tulisan yang kecil sulit untuk dibaca atau samar.

6

Solusi : a. Warna background dibedakan dengan warna logo. b. Warna judul di ganti dengan warna yang lebih jelas atau bisa juga dengan pertukaranwarna, warna judul diganti dengan warna kuning dan tulisan yang lain diganti dengan warnah putih. c. Warna salah satunya harus dirubah atau background yang ada dibelakang header dihilangkan agar kelihatan lebih bagus. d. Ukuran teks yang kecil seharusnya dibesarkan sedikit setidaknya bisa dibaca untuk jarak 20-30cm, dan ukuran teks yang terlalu besar diperkecil untuk menyeimbangkan tulisan-tulisan tersebut.

Penempatan background yang berwarna sama dengan warna header nya membuat tampilanya kurang bagus dilihat, Tulisannya tidak seimbang.
Slide show

Gambar 1. Header

2.1.2 Menu utama Menu utama pada situs ini cukup simple dan design nya juga tidak berlebihan, sehingga pengguna tidak akan kesulitan untuk mengakses situs ini. Disamping itu kolaborasi warna biru dan putih sangat cocok sehingga design nya terlihat cerah dan ringan dipandang oleh mata. Tapi kekurangan pada menu utama ini yaitu tidak adanya bantuan untuk pencarian “menu search” jadi jika ada pengguna yang sedang mengakses situs ini dan dia mengalami kesulitan mencari sesuatu yang ingin dicarinya.

7

Kekurangan pada Menu utama : a. Ukuran font dari menu nya terlalu kecil. b. Jarak antara menu yang satu dengan yang lain terlalu dekat. c. Tidak adanya pembatas dari menu yang satu dengan yang lain. d. Gradasi garis pembatas dari background ke web kurang tebal, jadi terlihat seperti tidak ada pembatas nya. e. Warna background dari web dan background pembatas dari layar sama-sama berwarna putih, sehingga design nya terlihat banyak kekosongan. f. Penempatan logo “Mandiri” dan “Telkom Indonesia” kurang tepat sehingga membuat situs ini kurang sedap dipandang.

Solusi : a. Ukuran font Menu nya tidak boleh terlalu kecil dan tidak boleh terlalu besar, ukuran font Menu harus sedang dan enak untuk dilihat sehingga memudahkan pengakses situs ini. b. Jarak antara menu yang satu dengan yang lain kurang melebar, setidaknya jarak antara menu yang satu dengan yang lain yaitu 2cm atau lebih. c. Pembatas antara menu satu dengan yang lain itu juga perlu, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan atau salah pilih yang di lakukan oleh pengakses situs tersebut. d. Gradasi pembatas harus dipertebal untuk memper indah tampilan situs web tersebut. e. Warna background dari layar computer kita diganti dengan warna yang berbeda dengan background dari web tersebut, agar tampilan web nya tidak terlihat kosong. f. Seharusnya penempatan logo “Mandiri” dan “Telkom Indonesia” berada dibawah, agar tampilan nya tidak condong diatas saja.

8

Design menu utama terlihat banyak kekosongan, ukuran font menu nya terlalu kecil, dan gradasi pembatas antara background kurang tebal dan terlihat samar.

Gambar 2. Menu Utama

2.1.3 Gambar dan Iklan 2.1.3.1 Gambar Di situs ini gambarnya hanya ada dua, yaitu gambar lambang “Tutwuri Handayani” yang melambangkan gambar symbol pendidikan di negeri Indonesia ini. Dan gambar yang kedua yaitu gambar “bendera merah putih” yang melambangkan symbol dari Negara kita ini. Dengan adanya gambar bendera merah putih yang ada disebuah situs web tersebut itu melambangkan jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Gambar bendera merah puti dan Tutwuri Handayani”

Gambar 3. Gambar/logo 9

2.1.3.2 Iklan
Di situs ini terdapat sebuah gambar yang mempromosikan suatu bank dan perusahaan yaitu “mandiri” dan “Telkom Indonesia”. Dua iklan tersebut yang telah bekerjasama dengan situs ini. Penempatan sebuah promosi dalam suatu situs memang diperbolehkan, namun jika sebuah situs itu terlalu ramai dengan terlalu banyaknya animasi (bLinking) itu akan menimbulkan ketidak nyamanan kepada si pengguna. Sehingga akan membuat mata pengguna terganggu dengan adanya animasi ini. Selain itu, akan membuat situs ini tidak terkesan serius. Sebaiknya animasi pada promosi lebih simpel dan elegan tetapi tetap menarik perhatian, sehingga tidak mengganggu pengguna dan situs ini berjalan sebagaimana yang diinginkan oleh sang pengelolah (admin).

Iklan dari bank mandi dan PT. Telkom Indonesia yang telah bekerjasama dengan situs web ini.

Gambar 4. Iklan mandiri dan Telkom Indonesia

2.1.4 Link Mengingat pentingnya Link dalam sebuah situs bagi para pengguna untuk memudahkan mereka dalam browsing. Biasanya setiap situs resmi penempatan Link nya harus tepat agar bisa bisa menjadi situs yang bermanfaat bagi penggunya. Demikian pula dengan situs ini penampilan Linknya sudah cukup bagus dan mengacu kepada standarisasi, dimana yang biasanya Link itu berwarna biru dan bergaris bawah, agar lebih sempurna lagi jika Link tersebut menuju ke berita yang lengkap dan tepat.

10

“Link yang ada pada situs ini”

Gambar 5. Link

2.1.5 Search Search merupakan salah satu fitur yang harus ada pada sebuah situs. Fitur search akan memudahkan pengguna untuk menemukan informasi tertentu yang ada di situs dengan mudah dan cepat. Pengguna hanya memasukkan beberapa kata sebagai kata kunci dan sistem situs akan menampilkan halaman hasil yang sesuai dengan kata kunci. Penggunaan fitur ini tentu lebih menghemat waktu pengguna daripada harus browsing ke semua halaman situs untuk mendapatkan informasi tertentu.  Kesalahan : Tidak adanya fitur Search pada situs ini, dengan tidak adanya fitur search tersebut akan memper sulit bagi para pengguna situs ini jika pengguna ingin mencari sesuatu yang dia tidak ketahui akan menambah rumit pekerjaan si pengguna web tersebut.

11

Solusi : Mengingat pentingnya suatu fitur Search dalam sebuah situs web jadi setiap situs diwajibkan menyediakan fitur Search tersebut untuk mempermudah pengguna situs itu sendiri.

2.1.6 Tipografi 2.1.6.1 Relative specification Menurut J. Nielsen ukuran teks menggunakan sebuah skema ukuran relatif (misalnya menggunakan persentase) dibandingkan memberikan ukuran tetap. Contohnya, penggunaan ukuran headline teks 130% lebih baik dari penggunaan ukuran headline teks 13-point type. Jika ukuran yang digunakan adalah ukuran 130%, maka headline akan tetap terlihat lebih besar dari teks yang lain seandainya pengguna memperbesar tampilan teks. Sebagian pengembang situs menggunakan unit pengukuran mutlak untuk menentukan ukuran teks yang digunakan. Hal ini menyebabkan pengguna tidak mungkin mengubah ukuran teks. Ukuran teks yang tidak bisa diubah akan menyebabkan sebagian pengguna sulit untuk membaca informasi yang ada di situs.

2.1.6.2 Penyesuaian font dan pewarnaan
Dalam sebuah situs jenis teks sangat menentukan apakah konten dari suatu situs dapat dengan mudah dibaca oleh pengguna atau tidak. Situs ini menggunakan jenis teks yang cukup baik. Dengan menggunakan jenis teks standart Calibri (Body) tapi ukuran fontnya kurang bagus, di situs ini menggunakan font yang berukuran 10.5pt, teks pada situs ini kurang begitu jelas dilihat dari jarak normal sehingga sedikit menyulitkan pengguna situs ini. Judul header “Laman Resmi SNMPTN 2012 ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2012)” tampak tidak seimbang. Sebaiknya font yang bertulisan “Laman Resmi” agak diperbesar dan font yang bertulisan “SNMPTN 2012” agak diperkecil agar seimbang dan enak untuk dilihat.

12

Penempatan teks sangat tepat Penggunaan warna teks pada bagian heading kurang kontras terhadap warna background sehingga tampak tidak jelas dan sebaiknya tidak menggunakan warna yang sama pada background web dan background layar penuh agar terlihat lebih elegan dan berisi. Penggunaan huruf besar – kecil nya tepat pada tempatnya sehingga terlihat lebih rapih dan tertatah dengan baik.

2.1.7 Pengelompokan menu Pengelompokan menu bertujuan untuk mempermudah pengguna untuk mengakses menu-menu tertentu. Pengelompokan dilakukan terhadap menumenu yang memiliki kedekatan fungsionalitas. Pada situs ini pengelompokkan terdapat pada satu sisi saja yaitu pada kolom sebelah kiri. Menunya terdiri dari “Home, Daftar PRODI, Daftar PTN, Daftar PANLOK, daftarujk, daftarsmta, Berita, LINK PTN, JALUR MASUK, ALUR PENDAFTARAN, TUTORIAL PENDAFTARAN, TATACARA PEMBAYARAN, BIDIK MISI, JADWAL PENTING, HUBUNGI KAMI”. 2.1.8 Screen resolution Hal penting yang harus diperhatikan oleh pengembang situs adalah mengenai lebar (width) halaman situs. Statistik menunjukkan bahwa kebanyakan komputer pengguna saat ini memiliki resolusi 1024 x 768 piksel. Kecendrungan saat ini menunjukkan bahwa resolusi 1024 x 768 piksel akan menjadi resolusi yang paling kecil di masa mendatang. Jika lebar dari halaman situs melebihi resolusi komputer pengguna, maka ketika pengguna mengakses halaman situs, pengguna harus melakukan scrolling ke samping untuk melihat seluruh konten. Hal ini tentu saja kurang bagus karena pengguna membutuhkan usaha yang lebih untuk mendapatkan informasi dari situs. Bisabisa, bukannya tetap mencoba scrolling ke samping, tetapi pengguna malah memilih untuk meninggalkan situs. Tetapi pada situs ini lebar dari situs ini sudah bagus dan tidak perlu menggunakan scrolling untuk melihat ke bagian kanan dan kekiri dari situr tersebut.

13

2.1.9 Scrolling Biasanya pengguna kebanyakan malas untuk melakukan scrolling dan kalaupun mereka melakukan scrolling, maka mereka hanya melakukannya sedikit saja (satu atau dua kali scrolling). Situs ini bisa dikatan sudah memenuhi syarat bagi para pengguna karena pengguna tidak perlu menggunakan srolling secara berkalai-kali untuk mencapai halaman paling bawah.

2.1.10 Judul Halaman (Title) Situs ini sudah cukup baik menampilkan judul tiap halaman pada browser pengguna. Pada judul akan ditampilkan dimana pengguna sedang mengakses situs. Hal ini sangat berguna ketika sedang browsing dalam situs. Informasi yang terdapat pada browser pengguna sudah jelas dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna sehingga membuat pengguna mudah untuk mengaksesnya.

2.1.11 Site map Didalam sebuah situs penting memiliki sebuah site map. Site map menginfomrasikan bagi para pengguna tentang isi situs secara keseluruhan. Dari sinilah terlihat kompleksotas sebuah situs. Seperti halnya daftar isi dalam sebuah buku maka site map dapat digunakan oleh pengguna untuk mencari halaman yang diinginkan. Namun, pada situs yagn dibahas ini tidak ditemukan adanya site map. Padahal kalau melihat dari jumlah Link yang ada, cukup banyak halaman pada situs sehingga akan jauh lebih baik jika terdapat Link yang menuju site map sehingga mempermudda penggunanya untuk mengakses.

14

2.2

Analisis Halaman Situs
Halaman Home Pada umum halaman Home mencerminkan apa yang ingin

disampaikan kepada pengguna yaitu pengguna yang ingin mengetahui keterangan tentang asal muasal dibentuknya undang undang yang berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang

diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil rapat Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 14 Oktober 2011, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2012 merupakan satusatunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2012 dilaksanakan melalui (1) jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan (2) jalur ujian tertulis (khusus program studi Ilmu Seni dan Keolahragaan melaksanakan ujian keterampilan). Sejalan dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, bagi calon yang dinyatakan diterima melalui masing-masing jalur seleksi dapat mengajukan permohonan memperoleh beasiswa Bidikmisi sehingga mendukung keberlanjutan studinya.

15

BAB III
PENUTUP

3.1

Kesimpulan
Didalam suatu situs web kemudahan untuk menjalankannya sangat mutlak diperlukan dalam pengembangan sebuah situs. Hal ini adalah tugas dari seorang pengembang situs untuk memanjakan penggunanya. Jika tidak begitu situs web yang anda buat tidak akan banyak dikunjungi oleh penggunanya. Pada situs “Laman Resmi SNMPTN 2012 ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2012)”, masih terdapat banyak kekurangan. Sebagai situs resmi untuk pendaftaran kesebuah perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia, seharusnya situs ini memberikan kesan formal dan elegan bagi para penggunanya agar para pengguna yang ingin mengikuti SNMPTN ini lebih mudah untuk menjalankan dan mengakses situs ini. Menurut saya masih ada beberapa kekurangan dalam situs web ini yaitu Warna yang tidak kontras dan ukuran font yang kurang seimbang menjadi hal yang perlu diperhatikan.

3.2

Saran
Dalam sebuah situs web kesalahan dan kekurangan itu sering terjadi, hal itu wajar karena yang membuat situs itu sendiri adalah manusia. Tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan jadi kita harus memaklumi itu semua. Namun, jika kita giat belajar dan tidak pantang menyerah untuk membuat situs yang lebih baik lagi pasti kesalhan-kesalahan yang kita lakukan dulu sedikit demi sedikit pasti akan hilang. Dan jangan pernah malu untuk berkonsultasi atau bertanya kepada teman yang lebih berpengalaman dari kita untuk menunjang kesuksesan kita membuat sebuah situs web. Dan saran yang terakhir yang paling penting kita sebagai pengembang sebuah situs web harus mengetahui atau memahami apa yang pengguna inginkan sehingga pengguna tidak merasa kebingungan dan kebosanan dalam mengakses situs

16

DAFTAR PUSTAKA

http://www.snmptn.ac.id/i_home.php?m_id=home&sm_id=home http://www.snmptn.ac.id/ http://www.snmptn.ac.id/i_page.php?m_id=4 http://www.snmptn.ac.id/i_page.php?m_id=20

17

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->