FILOSOFI DAN PELAKSANAAN KKN UNIVERSITAS ANDALAS 2012

feri@sipado

Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas

1

KULIAH KERJA NYATA
Kuliah Kerja Nyata : merupakan suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat.
feri@sipado

Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas

2

KKN – PPM

*)

Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat adalah suatu kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Direktorat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2007
feri@sipado

*)

Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas

dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat. saling asah. dilaksanakan di luar kampus. asih. saling menerima dan memberi. KKN PPM diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis.KKN PPM merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi. feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas . Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis.

• Mendorong dan memacu pembangunan nagari dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan. feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas .TUJUAN KKN PPM • Agar Universitas Andalas menghasilkan sarjana yang lebih memahami dan menghayati permasalahan pembangunan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah. • Memberi pengalaman belajar tentang kehidupan sosial masyarakat nagari dan pengalaman dalam kerja nyata pembangunan. • Meningkatkan wawasan dan proses pendewasaan kepribadiaan mahasiswa. Mahasiswa diharapkan dapat belajar dan menanggulangi setiap permasalahan secara pragmatis dan interdisipliner.

TUJUAN KKN PPM (lanjt. sehingga akan lebih mendekatkan Universitas Andalas pada masyarakat.) • Menumbuhkan kepercayaan masyarakat akan kemampuan mahasiswa serta sarjana Universitas Andalas. kemandirian. • Meningkatkan empathy dan kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di dalam masyarakat • Mengembangan soft skill mahasiswa • Melaksanakan terapan ilmu pengetahuan dan teknologi secara team work dan interdisipliner • Mendorong learning community dan learning society • Menanamkan jiwa dan nilai kepribadian nasionalis. etos kerja dan tanggung jawab feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 6 .

Environmental Development feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas .PRINSIP DASAR KKN . Pelestarian Tiga Tujuan Dasar KKN  Pengembangan kepribadian mahasiswa (personality development  Pemberdayaan masyarakat (community empowerment)  Pengembangan institusi (institutional development) c. Keterpaduan Aspek Tri Dharma PT b. Interdisipliner e. Empati-Partisipatif d.PPM a. Realistis-Pragmatis g. Komprehensif-Komplementatif dan berdimensi luas f.

Keluwesan (Flexibility) 4. Gagasan Bersama (Co-Creation) 2. Dana Bersama (Co-Financing) 3. Berkesinambungan (Sustainability) 5.Prinsip Pelaksanaan KKN PPM 1. KKN Berbasiskan Riset (Research Based Community Services) feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas .

PPM PERGURUAN TINGGI DOSEN MAHASISWA MASYARAKAT PEMERINTAH SWASTA feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas .SINERGI KKN .

motivator. dan problem solver.SASARAN UNTUK MAHASISWA • Memperdalam pemahaman dan pengalaman mahasiswa tentang cara berfikir dan bekerja interdisipliner • Mendewasakan alam pikiran mahasiswa dalam penelaahan dan pemecahan masalah • Membentuk sikap. rasa cinta. feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas . dan tanggungjawab mahasiswa terhadap kemajuan masyarakat • Membina Mahasiswa agar menjadi innovator. kepedulian.

SASARAN UNTUK MASYARAKAT • Memperoleh bantuan pikiran dan tenaga merencanakan dan melaksanakan pembangunan • Memperoleh pembaharuan-pembaharuan yang diperlukan dalam pembangunan daerah • Membentuk kader-kader pembangunan di masyarakat sehingga terjamin kesinambungan pembangunan feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas .

SASARAN UNTUK PEMDA • Pemerintah akan terbantu. jika mereka mengsinergikan rencana program pembangunan daerah dengan kegiatan KKN-PPM • Laporan-laporan KKN mahasiswa bisa dijadikan sumber rujukan • Mahasiswa KKN dapat menjadi katalisator pembangunan di komunitas lokal feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas .

SASARAN UNTUK PERGURUAN TINGGI • Perguruan tinggi lebih terarah dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan. dengan adanya umpan balik hasil interaksi mahasiswa dgn masyarakat • Perguruan tinggi dapat menjalin kerjasama dgn instansi pemerintah dan swasta dalam pengembangan Ipteks. • Perguruan tinggi dapat mengembangkan ipteks yang lebih bermanfaat dalam penyelesaian masalah pembangunan feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas .

yaitu Universitas Gadjah Mada ( UGM ) dan Universitas Hasanuddin ( UNHAS ) mempelopori “ Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat “.SEJARAH KKN  Pertama kali KKN dilaksanakan di UNAND pada tahun 1971. feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 14 . dengan nama “ Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat “.  Universitas Andalas ( UNAND ) bersama 2 Universitas lainnya.

 Pada tahun 1975. feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 15 . berstatus Kokurikuler. KKN ditetapkan sebagai program pendidikan intrakurikuler ( pilot project ). dengan menempatkan mahasiswa yang berminat selama 6 bulan di desa-desa Sumatera Barat. Pada tahun 1973 “ Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat “ diganti namanya: “ Kuliah Kerja Nyata (KKN) “ ( Hasil Seminar Nasional Tgl 17~18 Nopember 1972 ).

KKN menjadi “ Mata Kuliah Wajib / Pilihan “ di beberapa fakultas. Pada tanggal 01 Mei 2007. Magang atau pilihan lainnya harus berpedoman kepada model KKN berikut ini : .a / III / A / Unand2007. 553. Mahasiswa.KKN Kemitraan. yang memutuskan bahwa : “ Semua bentuk mata kuliah seperti PKL. Sejak tahun 2000 s/d 2007. KKU.KKN Tematik . . Come. Masyarakat dan Bencana (Acsidentil). kegiatan “ Berdasarkan Hasil Keputusan Rapat Senat Universitas Andalas. Rektor Universitas Andalas mengeluarkan Surat Keputusan No. Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 16  feri@sipado .  Sejak tahun intrakurikuler 1983 ditetapkan sebagai wajib “ dengan bobot 4 sks. Berbasis Dosen.

KKN ini dapat dilaksanakan kapan saja sepanjang tahun dengan tidak menganggu perkuliahan dari mahasiswa peserta KKN tersebut feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 17 . Universitas Andalas melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler dan KKN Tematik • KKN Tematik adalah program KKN yang dilaksanakan berdasarkan tema tertentu yang diusulkan oleh dosen atau mahasiswa.• Sejak tahun 2009. atau masyarakat atau mitra.

REGULER Alih semester (Juni– Juli) 2. TEMATIK TERSTRUKTUR Setiap saat dengan adanya topik tertentu feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas .JENIS KKN : Berdasarkan waktu Pelaksanaan : 1.

• KKN Tematik Berbasis Masyarakat. • KKN Tematik Berbasis Mitra.JENIS KKN : Berdasarkan Pengusul Tema: • KKN Tematik Berbasis Dosen. feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 19 . • KKN Tematik Penanggulangan Bencana Alam. • KKN Tematik Berbasis Mahasiswa.

Dengan demikian diharapkan alih teknologi dan ilmu pengetahuan dari Universitas Andalas kepada masyarakat dapat terlaksana dengan lebih baik dan cepat. proposal diajukan oleh dosen dengan melibatkan mahasiswa dari beberapa jurusan dan minimal 3 (tiga) fakultas Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 20 feri@sipado . Dalam pelaksanaan KKN Tematik Berbasis Dosen.KKN Tematik Berbasis Dosen Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Berbasis Dosen ditujukan untuk lebih meningkatkan peran aktif dosen Universitas Andalas dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

keahlian.KKN Tematik Berbasis Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Berbasis Mahasiswa dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai pencerahan kreativitas inovasi berlandaskan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta keimanan dan ketaqwaan yang baik. Proposal diajukan ke LPM oleh kelompok mahasiswa feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 21 . sikap tanggung jawab. mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan. membangun kerjasama atau kelompok maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

misal di bidang kesehatan. feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 22 . ekonomi. Kebutuhan akan tenaga mahasiswa ini diajukan melalui surat oleh masyarakat / Wali Nagari. perternakan.KKN Tematik Berbasis Masyarakat KKN Tematik Berbasis Masyarakat diadakan dalam rangka mengakomodasi permintaan / kebutuhan masyarakat akan tenaga terdidik (mahasiswa) dalam membantu mereka melakukan suatu kegiatan. kepada Rektor Universitas Andalas Cq Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat. pertanian. diketahui oleh Camat. hukum dan lainnya. teknik.

Permintaan kerjasama diajukan melalui surat oleh mitra kepada Rektor Universitas Andalas Cq Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat.KKN Tematik Berbasis Mitra KKN Tematik Berbasis Mitra dilaksanakan dalam suatu kerangka kerjasama dengan mitra terkait dalam membantu pelaksanaan program-program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dari mitra tersebut. feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 23 . BUMN. Mitra kerjasama ini bisa berasal dari lembaga pemerintah. perusahaan swasta. lembaga swadaya masyarakat. non pemerintah. dan lain-lain.

banjir bandang. longsor dan lain sebagainya. terutama masyarakat yang ditimpa musibah bencana alam. DPL dan dalam waktu singkat menerjunkan mahasiswa ke lapangan. BP KKN merekrut mahasiswa peserta. feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 24 . Dalam KKN PBA. misalnya gempa bumi.KKN Tematik PBA KKN Tematik Penanggulangan Bencana Alam (PBA) merupakan perwujudan rasa kepedulian dari Civitas Akademika Universitas Andalas akan kesetiakawanan sosial dengan masyarakat.

PELAKSANAAN KKN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2012 feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 25 .

• Telah mengumpulkan sedikitnya 100 sks.Peserta Syarat Mahasiswa peserta KKN : • Terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Andalas pada semester bersangkutan. • Terdaftar sebagai mahasiswa peserta KKN di Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (BP-KKN) Universitas Andalas. • Mengikuti segala ketentuan yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan KKN Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 26 feri@sipado . • Sehat fisik dan mental untuk melaksanakan KKN secara penuh (dibuktikan dengan Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter). dan tidak dalam keadaan hamil bagi mahasiswi.

Lokakarya Nagari 7. Survey 5. Rencana Kerja 6.1. Pembekalan 4. Penentuan Lokasi 3. Pendaftaran Mahasiswa KKN 2. Pelaporan feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas . Pelaksanaan Kegiatan 8.

Pembekalan Kuliah ke1 2 3 4 5 6 feri@sipado Materi Filosofi dan Pelaksanaan KKN Aplikasi Bidang Ilmu dalam KKN Perencanaan Program Kerja (DPL) Materi Khusus Materi Khusus Materi Khusus Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 28 .

orientasi lokasi dan lingkungannya.Pra KKN / Survey Lapangan Survei lapangan dilakukan untuk koordinasi. • Koordinasi dengan Camat. Walinagari/Kepala Desa/Lurah • Sosialisasi dengan tokoh-tokoh masyarakat • Identifikasi potensi dan permasalahan yang ada di masyarakat • Penyusunan rencana kegiatan/program • Akomodasi mahasiswa selama masa KKN feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 29 .

Volume dan waktu 6. Pendanaan feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 30 .5. Penyusunan Rencana Kerja Format Penyusunan Rencana Program : 1. Koordinator Program dan Anggota 7. Kelompok Sasaran 4. Nama program 2. Tujuan Program 3. Alat dan Bahan 5. Indikator Kinerja 8.

feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 31 . dan di Kantor Walinagari/Kepala Desa/Lurah. Orang Tua Tempatan adalah pemilik rumah yang ditempati mahasiswa selama di lokasi KKN. DPL diharapkan juga dapat bertemu dengan Orang Tua Tempatan (OTT) dan pemuka masyarakat lainnya. Operasional penerjunan dikoordinir oleh DPL dibantu oleh Koordinator Mahasiswa DPL akan mengantar dan mendampingi mahasiswa sampai ke Nagari/Desa/Lurah.Penerjunan ke Lapangan Penerjunan mahasiswa KKN ke lokasi diantar oleh DPL.

Lokakarya Rencana Program Rencana program yang telah disusun harus dipresentasikan atau disampaikan dalam suatu lokakarya tingkat nagari yang dihadiri oleh semua mahasiswa. jorong/dusun dan tokoh masyarakat di daerah tersebut. sehingga rencana program tersebut tersosilisasi kepada masyarakat dan mendapat dukungan dari berbagai pihak feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 32 . aparatur nagari/desa. DPL.

mahasiswa harus menyerahkan Laporan Kegiatan KKN (Personal).LAPORAN • Setelah KKN berakhir. 1 Agustus 2012 • Laporan dibuat dalam 2 bentuk : hard copy dan soft copy • Laporan soft copy setiap mahasiswa diserahkan ke Ketua Nagari dan dikompilasi kedalam 1-2 CD (rangkap 2 : DPL dan KKN) • Didalam CD juga dimasukkan file foto-foto dan film /clip video KEGIATAN KKN • Ketua Nagari membuat rekapitulasi kegiatan KKN di Nagari ybs feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 33 . paling lambat tgl.

randai.TEMA UNIVERSITAS “ PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN ADAT DAN BUDAYA “ Mahasiswa dan Generasi Muda di Nagari membentuk suatu lembaga sebagai wadah untuk belajar adat dan budaya (petatah petitih. pasambahan. dll…) Poin = 10 – 20 feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 34 . silat. tari.

KKN EXPO • KKN EXPO 2012 : menampilkan foto-foto dan film / video kegiatan KKN 2012 • Setiap mahasiswa menyiapkan min 1 buah foto kegiatan KKN ukuran 6 R untuk ditampilkan dalam EXPO KKN • 3 Stand terbaik akan diberikan hadiah • 3 film / video terbaik akan diberikan hadiah feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 35 .

TERIMA KASIH feri@sipado Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas 36 .