P. 1
Teori Kepribadian Murray

Teori Kepribadian Murray

|Views: 594|Likes:
Published by Marwa Cyankqw

More info:

Published by: Marwa Cyankqw on Jun 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2014

pdf

text

original

TEORI KEPRIBADIAN MURRAY style Click to edit Master subtitle

BIOGRAFY • • Henry Alexander Murray dilahirkan di New York pada tanggal 13 Mei 1893 dan meninggal pada tahun 1988. lalu ia menjadi seorang psikolog. yang kemudian mencapai puncak suksesnya dalam volume buku Explorations In Personality. Karirnya diawali pada tahun 1927 sebagai seorang instruktur di Harvard. lalu bergabung pada Morton Prince di klinik psikologis yang baru didirikan pada saat itu. disana ia mempelajari “Pscychological Types-Jung”.Minatnya pada psikologi berkembang ketika dia menetap di Cambridge. dia mengepalai proyek penelitian yang luas mengenai kepribadian-kepribadian normal. Peranan Murray di bidang psikologi adalah dalam bidang diagmosa kepribadian dan teori kepribadian. Hasil karya terbesarnya yang sangat terkenal adalah teknik evaluasi kepribadian dengan metode proyeksi yang disebut dengan “Thematic Apperception Test (TAT)”. Pada klinik Harvard. dan pengembangan Tes Appresiasi Tematik yang kini sudah digunakan secara luas. Satu kunjungan peribadi ke tempat Jung mengubah secara revolusioner sikapnya terhadap ilmu penngetahuan dan psikoanalisa. .

pengalaman masa lalu. Kesemuanya itu harus ditangkap secara keseluruhan agar dapat difahamimakna dari proses kepribadian seseorang.pengantar • • Teori Murray disebut “personology” . namun konsepnya dalam memahami dan membedakan kebutuhan-kebutuhan manusia. . serta fungsi otaknya . Manusia harus dipahami dalam hubungannya dengan fungsi lainnya : lingkungan. Murray berada dijalur psikoanalisis Freudian. yakni cabang psikologi yang mempelajari kehidupan manusia sebagai individu dan faktor-faktor yang mempengaruhi perjalanan hidupnya. ketidaksadaran dan kesadaran.

5. tidak hanya deskripsi tentang perilaku manusia Mengacu pada serangkaian kejadian sepanjang hidup manusia Mencerminkan elemen perilaku yang menetap. 3. 2. Abstraksi teoritis. 4.PENGERTIAN KEPRIBADIAN 1. berulang. baru maupun unik Agen yang mengatur & memerintah individu “No brain no personality” .

v . Ali-embracing principle (prinsip mencakup semua hal) kepuasan diperoleh dari proses mengurangi tegangan atau mengubah tingkat kebutuhan tegangan. 3. adalah: 1. 2. Longitudinal kepribadian Click to edit Master event selalu berkembang subtitle style hayat.Prinsip-prinsip teori kepribadian Murray. Proses pikologi tergantung kepada proses fisiologi. dibentuk oleh semua sepanjang Sehingga murray menggunakan konsep serial dan proceeding dalam melihat kepribadian seseorang. Murray sangat menekankan pentingnya menghubungkan proses dan event psi dg proses & fungsi otak.

.

Ego. b. atau antara individu dengan objek.Struktur kepribadian Id. c. Id sbg gudang semua impulsif yang dibawa sejak lahir. . scr sadar merencanakan dan menetukan tingkah laku & membuat peluang u/ memperoleh kepuasan id yg positif.Superego a. Proceeding : unit dasar tingkah laku. 2. Ego pusat pengatur semua tingkah laku. interaksi yang waktunya terbatas antara individu dengan orang atau orang2 lain. 1. Super ego internalisasi kekuatan lingkungan sosial atau kultur yang berkembang sepanjang hayat dalam kepribadian. Unit-unit tingkah laku: Proceeding and Serial a.

leadership. rencana aksi u/ mencapai tujuan yg di inginkan. Abilities. b. b. and Achivement : bagian kepribadian yang penting . Ordination. 3.Lanjutan. ex: keterampilan mekanik. and Achivement a. Serial : serangkaian proceeding sehingga merupakan unit tingkah laku yang lebih panjang. Ability menunjukkan apa yang mampu dikerjakan seseorang sedangkan achivement adalah pencapaiannya. Ordination : proses mental yg lebih tinggi yang dipakai seseorang untuk memilih dan menempatkan ke dalam operasi. Abilities. . prestasi intelektual dan perilaku sex.

2. d. bukan terpuaskannya need yg mereduksi tegangan tetapi reduksi tegangan itulah yg menimbulkan kepuasaan.Dinamika kepribadian 1. dg memperhitungkan fakta2 objektif maupun fakta subjektif. need yg bergabung dengan need lainnya. need yg kontras dg need lainnya. Berikut ini tabel dari 20 need. Semua need itu saling berhubungan satu dengan yang lainnya dalam berbagai cara: a. Need yang menjadi bagian dari need lainnya . Need Induced Tension Menurut murray. need yang harus terpuaskan terlebih dahulu sebelum need lainnya dipenuhi.Murray menyimpulkan ada 20 need. Need : pembentuk tingkah laku dari dalam need membantu menentukan cara bagaimana seseorang harus merespon / bagaimana menentukan stimulasi lingkungan. b. c.

Press :pembentuk tingkah laku dari luar press : bentuk penentu tingkah laku yg berasal dari lingkungan. b). Beta press merupakan kualitas lingkungan sebagaimana teramati oleh individu. yaitu : a).alpha press merupakan kualitas lingkungan yg mungkin dlm kenyataan. Ada dua jenis press. yakni motiv yg beroperasi dlm interaksi itu. 5. 4. . interaksi antara need dengan press : thema Thema : aspek dan proceeding yg menggambarkan interaksi antara need dan press.3. Arah tingkah laku : Value and Vactors Value adl muatan tujuan akhir yg ada pada tingkah laku itu.

Property (kekayaan) 3. Reception (menyerap) 3. diantaranya: 1. Acquisition (berusaha memperoleh) • . agama) Vektor merupakan kecenderungan bertindak taraf umum pilihan jenis tingkah laku setiap proceeding. filsafat. Body (kenyamanan fisik) 2.Murray mengusulkan 7 values yg menurutnya masih belum lengkap. Rejection ( menolak) 2. Murray mengusulkan 11 vektor. Affiliation ( afeksi interpersonal) 5. Aesthetic (keindahan) 7. Authory (kekuasaan) 4. diantaranya : 1. Idiology ( sistem nilai. Knowledge ( ilmu pengetahuan) 6.

Conservation (memelihara) 6. Expulsion (menyaring) 9. Transmission (menyampaikan) 8. 7). . Avoidance (menghindar) 6). Construction (membangun) 5. Destruction (menyerang) 10.4. Expression (menyatakan diri) 7. Kunci keunikan : Unity-thema Unity-thema adl thema yang sering muncul sehingga dapat menjadi kunci u/ memahami keunikan pribadi. Regnancy : dasar fisiologik tingkahlaku Regnant adl variabel fisiologik yg menyokong semua fenomena psikologis. Dependence (bertahan) 11. berwujud prose yg saling tergantung yg merupakan konfigurasi2 dominan dalam otak yg mengatur dan mengorganisir tingkah laku.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->