Representasi Pengetahuan (Jaringan Semantik & Naskah / Script

)
•Jaringan Semantik• Jaringan semantik merupakan pengetahuan secara grafis yang menunjukkan hubungan antar berbagai objek. Jaringan semantik disusun dari lingkaran-lingkaran yang menunjukkan objek beserta informasi objek-objek tersebut dan arc (lines) yang menunjukkan hubungan antar objek. Objek di dalam jaringan semantik dapat berupa jenis fisik seperti benda (buku, mobil, meja, orang). Sedangkan node bisa merupakan pikiran, kejadian / peristiwa atau tindakan. Gambar berikut menunjukkan representasi pengetahuan menggunakan jaringan semantik.

Kalimat-kalimat yang terbentuk dari representasi jaringan semantik diatas adalah : •Agung adalah mahasiswa yang kuliah di Universitas Gunadarma. •Agung adalah mahasiswa yang kuliah hingga semester 8 agar lulus dan mendapat gelar S1. •Agung mengerjakan PI sebagai syarat lulus dan mendapat gelar S1. •Agung mengerjakan PI bertema aplikasi berbasis telepon selular. •Agung mengerjakan PI menggunakan bahasa pemrograman yaitu J2ME. •Agung menyukai bahasa pemrograman saat belajar di Universitas Gunadarma. •Agung menyukai bahasa pemrograman yaitu J2ME.

•Naskah / Script• Script merupakan representasi terstruktur yang menggambarkan urutan stereotip dari kejadiankejadian dalam sebuah konteks khusus yang sudah dikenal sebagai pengalaman-pengalaman.

3. jika frame menggambarkan objek maka script menggambarkan urutan peristiwa. 2.Scene. yaitu mengacu kepada peran orang-orang yang terlibat dalam peristiwa.Prop.Penguji menanyakan bukti syarat sidang yaitu kartu sidang.Track. lembar penilaian. 4. makalah penulisan ilmiah.Panitia sidang menyiapkan ruang. .Script adalah skema representasi pengetahuan yang sama dengan frame. Elemen script. Berikut ini menunjukkan representasi pengetahuan menggunakan script. script menggunakan serangkaian slot yang berisi informasi tentang orang.Penguji mempersilahkan mahasiswa masuk. .Hasil. 5. . dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa. Perbedaannya. •Prop (pendukung) : OHP. meliputi : 1.Panitia sidang menyiapkan lembar penilaian.Penguji mempersilahkan mahasiswa keluar ruangan. panitia sidang. .Adegan (Scene) 4 : Mahasiswa telah menyelesaikan sidang.Mahasiswa keluar ruangan. •Kondisi Input : Mahasiswa terdaftar untuk mengikuti sidang penulisan ilmiah.Adegan (Scene) 2 : Mahasiswa masuk ke dalam ruangan. kartu sidang. . Dalam menggambarkan urutan peristiwa.Mahasiswa memberikan makalah penulisan ilmiah kepada penguji untuk penilaian.Kondisi (input).Mahasiswa mendapatkan bukti telah mengikuti sidang berupa surat revisi penulisan. yaitu menggambarkan situasi yang harus dipenuhi sebelum terjadi atau berlaku suatu peristiwa dalam script. . yaitu mengacu kepada objek yang digunakan selama peristiwa terjadi.Adegan (Scene) 1 : Persiapan sidang. . 6. 2.Mahasiswa mempresentasikan materinya dengan slide presentasi menggunakan OHP.Adegan (Scene) 3 : Mahasiswa memulai sidang . •Role (peran) : Mahasiswa. .Role. •Jalur (track) : Sidang Penulisan Ilmiah.Penguji mempersilahkan mahasiswa untuk mempersiapkan materinya. slide presentasi. 3.Panitia sidang menyiapkan OHP. surat revisi penulisan. yaitu variasi yang mungkin terjadi dalam suatu script.Mahasiswa menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan oleh penguji. . .dll. objek.Penguji masuk ke dalam ruang sidang. 4. yaitu menggambarkan urutan peristiwa aktual yang terjadi. 1. . penguji. yaitu kondisi yang ada setelah urutan peristiwa dalam script terjadi. . .

Adegan (Scene) 5 : Sidang penulisan berakhir. .Penguji meninggalkan ruangan.5.Panitia sidang mengumumkan mahasiswa yang lulus sidang / tidak lulus sidang.Mahasiswa pusing.Penguji memberikan lembar penilaian kepada panitia sidang. . .Mahasiswa merasa senang dan lega. . . . .Mahasiswa merasa kecewa.Mahasiswa sangat bersyukur.Penguji menginput nilai mahasiswa ke dalam lembar penilaian. .Panitia sidang menandai mahasiswa yang telah menyelesaikan sidang penulisan. . .Mahasiswa merasa kurang puas. •Hasil : .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful