P. 1
makalah kepemimpinan

makalah kepemimpinan

|Views: 75|Likes:
Published by Yan Pritaningtyas

More info:

Published by: Yan Pritaningtyas on Jun 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/29/2013

pdf

text

original

MAKALAH “SOSOK PEMIMPIN YANG IDEAL DI ZAMAN SEKARANG”

Untuk Memenuhi Syarat Mengikuti LKMM 2012

oleh : Yan Pritanigtyas - (100534402690) (S1 PTE 2010, Offering B)

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO PRODI S1 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO MARET 2012

Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling tinggi dibanding makhluk Tuhan lainnya. Manusia hidup berkelompok baik dalam kelompok besar maupun dalam kelompok kecil.1 LATAR BELAKANG MASALAH Manusia adalah makhluk social yang tidak dapat hidup sendiri. 1. kehidupan social manusiapun perlu dikelola dengan baik. Dalam hidup. Sumber daya yang berjiwa pemimpin. Hidup dalam kelompok tentulah tidak mudah. Hidup yang teratur adalah impian setiap insan. Tidak hanya lingkungan yang perlu dikelola dengan baik. kelompok & lingkungan dengan baik. Khususnya dalam penanggulangan masalah yang relatif pelik & sulit. paling tidak untuk memimpin dirinya sendiri. Manusia di anugerahi kemampuan untuk berpikir. kemampuan untuk memilah & memilih mana yang baik & mana yang buruk. Bagaimana ciri-ciri pemimpin yang baik? . Untuk menciptakan kondisi kehidupan yang harmonis anggota kelompok haruslah saling menghormati & menghargai. Bagaimana hakikat pemimpin? b. Disinilah dituntut kearifan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan agar masalah dapat terselesaikan dengan baik. Menciptakan & menjaga kehidupan yang harmonis adalah tugas manusia.BAB I PENDAHULUAN 1. Untuk itulah dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Keteraturan hidup perlu selalu dijaga. Dengan berjiwa pemimpin manusia akan dapat mengelola diri. manusia selalu berinteraksi dengan sesama serta dengan lingkungan. Dengan kelebihan itulah manusia seharusnya mampu mengelola lingkungan dengan baik.2 RUMUSAN MASALAH a.

baik di lingkungan keluarga. Dengan kata lain. organisasi. mengarahkan. confidence. supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi demi mencapai tujuan perusahaan. kepemimpinan serta kekuasaan. Ketiga kata tersebut memang memiliki hubungan yang berkaitan satu dengan lainnya. dan membimbing asuhannya. Sedangkan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau melakukan pap yang diinginkan pihak lainnya. · Sedangakn menurut Pancasila. Pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasikan. and loyal cooperation in order to accomplish the mission”. Hasibuan.BAB II PEMBAHASAN 2. mengontrol para bawahan yang bertanggung jawab. respect. Malayu S. H. Pemimpin harus bersikap sebagai pengasuh yang mendorong. mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi. beberapa diantaranya : · Menurut Drs. Kepemimpinan adalah seni untuk mempengaruhidan menggerakkan . v Tut Wuri Handayani : Pemimpin harus mampu mendorong orang – orang yang diasuhnya berani berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab.P.”The art of influencing and directing meaninsuch away to abatain their willing obedience. · Menurut Robert Tanembaum. v Ing Madya Mangun Karsa : Pemimpin harus mampu membangkitkan semangat berswakarsa dan berkreasi pada orang – orang yang dibimbingnya. menuntun. perusahaan sampai dengan pemerintahan sering kita dengar sebutan pemimpin. Pemimpin adalah seseorang dengan wewenang kepemimpinannya mengarahkan bawahannya untuk mengerjakan sebagian dari pekerjaannya dalam mencapai tujuan.1 HAKIKAT KEPEMIMIPINAN Dalam kehidupan sehari – hari. beberapa asas utama dari kepemimpinan Pancasila adalah : v Ing Ngarsa Sung Tuladha : Pemimpin harus mampu dengan sifat dan perbuatannya menjadikan dirinya pola anutan dan ikutan bagi orang – orang yang dipimpinnya. Beberapa ahli berpandapat tentang Pemimpin. memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan.

amanah. Mentaliti     Kebijaksanaan atau kebolehan membuat perhitungan yang jauh sebelum bertindak dengan menilai antara yang baik dan buruk berdasarkan pertimbangan ilmu dan pengalaman. Kemasyarakatan     Kesediaan memberi dan menerima pendapat. Sikap positif dan terbuka. dan kerjasama secara royal untuk menyelesaikan tugas – Field Manual 22-100. 3. Antara ketiga-tiga ciri yang dinyatakan. moraliti adalah yang terpenting untuk menilai seseorang pemimpin sama ada baik atau buruk. berkesan atau tidak. ketenangan. baik yang berpunca dari luar diri atau dalam diri sendiri. 2. respek. kepercayaan.orang – orang sedemikian rupa untuk memperoleh kepatuhan. terutama orang yang beragama Islam. kesabaran.2 CIRI-CIRI PEMIMPIN YANG IDEAL Ada beberapa ciri pemimpin yang baik. . Keberanian atau kesungguhan serta kesanggupan menghadapi cabaran dan masalah serta risiko. boleh bertahan lama atau tidak. terutamanya dalam menyelesaikan masalah-masalah yang wujud dalam organisasi. Iman yang teguh. Kebersihan jiwa terutamanya dari segi keadilan. keteguhan pendirian dan ketahanan diri. yang akan berhasil dalam kepemimpinannya. 2. Kebolehan berkomunikasi secara berkesan. Mempunyai kreativiti sendiri. Moraliti    Mempunyai disiplin diri yang unggul. Daya penggerak dan semangat juang yang kuat. Mempunyai inisiatif atau tindakan yang dimulakan sendiri tanpa menunggu orang lain datang kepadanya minta bertindak.

BAB III PENUTUP 3.1 KESIMPULAN  Pemimpin adalah seseorang dengan wewenang kepemimpinannya mengarahkan bawahannya untuk mengerjakan sebagian dari pekerjaannya dalam mencapai tujuan. mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan. Adapun cirri – cirri seorang pemimpin yang ideal. Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. kemasyarakatan dan Moraliti   . Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi. Sedangkan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau melakukan pap yang diinginkan pihak lainnya. dibagi menjadi 3 aspek diantaranya: Mentaliti.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->